Jasa Pengiriman Cargo Ekspedisi Truk (2021)

By Pandu Saputra - RmVicnVhcnkgMTcsIDIwMjE=

Jasa Pengiriman Cargo Ekspedisi

Saat ini, dunia logistik Indonesia telah berkembang di bawah terobosan teknologi yang selalu berubah dan berkembang pesat. Babak baru logistik, dijalankan oleh ratusan perusahaan pengiriman cargo yang muncul dan tumbuh cepat, telah menetapkan standar baru tentang bagaimana layanan harus diberikan oleh penyedia logistik. Kami telah memantau pergerakan para pemimpin alami dan pelopor di Indonesia dan melihat bagaimana mereka tumbuh, beradaptasi, dan membedakan diri dari persaingan di industri cargo ekspedisi.

Tim kami menyisir dari “tumpukan jerami” perusahaan ekspedisi truk dan menemukan 4 perusahaan pengiriman cargo rintisan terkemuka ini yang mengganggu skema logistik Indonesia. Mereka adalah Deliveree, Lalamove, Logisly, dan On-Truck. Selamat menikmati artikel di bawah ini untuk referensi Anda.

Deliveree

Deliveree adalah perusahaan multinasional yang masuk ke Indonesia untuk memperkenalkan cara mudah memesan truk, melakukan pengiriman cargo dan menghemat banyak biaya dengan menggunakan terobosan teknologi cargo ekspedisitruk. Mereka telah menjadi bagian integral dari ekosistem logistik Indonesia yang melayani perusahaan blue chip dan pasar penting. Tom Kim dan Quan Nguyen membawa Deliveree ke Indonesia pada tahun 2015. Saat itu, Deliveree telah berhasil mendapatkan pendanaan dari investor sebesar $ 14,5 untuk Seri A. Dengan kerja keras dari 200 karyawannya, mereka telah memenangkan pasar dan memimpin merevolusi industri angkutan truk dan cargo ekspedisi truk yang kaku di Indonesia. Deliveree telah menjadi nama yang mendominasi di berbagai perusahaan untuk layanan penyewaan truk dan pengiriman cargo.

 

Tahun didirikan2015
FounderTom Kim dan Quan Nguyen
KantorIndonesia, Thailand, Philippines
Staf200 – 500
Area operasionalSeluruh Jawa, Denpasar, Mataram, dan sebagian Sumatera
PlatformAndroid, iOS, dan desktop app
Rating platform4,8 dari 14,639 rating
Platform di download1,000,000+
Tipe trukCity car, MPV, van, small pickup, small box, engkel, double engkel, double engkel long, fuso, tronton, wingbox
Tipe barangApapun

 

Sejauh ini, Deliveree sudah memiliki sebanyak 35.000 mitra pengemudi yang tersebar di Jawa dan telah melayani jutaan pelanggan dalam jasa pengiriman cargo setiap harinya. Warna hijaunya yang khas membuat merek mereka mudah dikenali di internet atau di dunia nyata. Tim kami mencoba menggunakan aplikasinya dan menyimpulkan bahwa ada banyak fitur menarik gratis dan berbayar yang bisa digunakan saat cargo ekspedisi truk. Beberapa fitur favorit kami antara lain: kemudahan penjadwalan pengiriman, SLA pengiriman, asuransi gratis, dan bebas memilih driver favorit (jika ada).

Jam operasional Deliveree adalah 24/7, serta dukungan pelanggan mereka. Jadi bisa dibilang kamu bisa kirim barang dengan mudah karena tim CS mereka akan selalu siap membantu jika menemui kendala dalam pengiriman cargo Anda. Tim CS mereka dapat dihubungi melalui obrolan langsung atau email.

Baca juga: Harga Ekspedisi Pengiriman Barang Murah (Edisi 2021)

Lalamove

Dimulai di Hong Kong pada tahun 2013, Lalamove kini hadir di 24 pasar di Asia, Amerika Latin, dan bahkan AS. Mereka tiba di industri sebagai opsi jasa pengiriman cargo di hari yang sama yang berkomitmen untuk merevolusi Logistik melalui terobosan teknologi cargo ekspedisi truk. Saat ini di Indonesia jumlah kendaraan Lalamove sudah lebih dari 15.000, dengan konsentrasi pada sepeda motor.

 

Tahun didirikan2013
FounderShing Chow
Kantor24 di seluruh Asia, Latin America, dan Amerika Serikat
Staf1,400
Area operasionalJabodetabek
PlatformAndroid, iOS, dan desktop app
Rating platform4,7 di Android
Platform di download5,000,000+
Tipe trukMotor, city car, van, small pickup, small box, and engkel
Tipe barangApapun

 

Menghubungkan pasokan dan permintaan, dengan kata lain pengirim dan pengemudi melalui platform aplikasi, mereka terus berkembang pesat dengan lebih dari 5 juta unduhan di Play Store di seluruh dunia. Di Indonesia saat ini beroperasi di wilayah Jabodetabek dengan jenis kendaraan antara lain sepeda motor untuk angkutan kota dan truk hingga engkel boks.

Logisly

Sama seperti dua perusahaan sebelumnya, Logisly merupakan platform digital cargo ekspedisi truk yang menghubungkan penyedia truk dengan masyarakat yang membutuhkan pengiriman cargo. Logisly relatif baru, mereka didirikan pada tahun 2019. Pendiri Logisly adalah mantan Head of Product Kudo, dan atas pendanaan Seri A, Logisly mengumpulkan $ 6 juta. Logisly menekankan bahwa layanan mereka sebagian besar untuk B2B dengan dukungan lebih dari 200 vendor truk per Januari 2021. Oleh karena itu, ada beberapa fitur yang menurut kami akan berguna bagi para pemilik usaha saat hendak mengirimkan barangnya bersama mereka.

 

Tahun didirikan2019
FounderRoolin Njotosetiadi dan Robbi Baskoro
KantorIndonesia
Staf51 – 200
Area operasionalJawa, Sumatera, dan Bali
PlatformAndroid, dan desktop app
Rating platform4,4 dari 67 rating
Platform di download1,000+
Tipe trukVan, engkel, tronton, trailer
Tipe barangApapun

 

Kira-kira sama dengan Deliveree, Logisly saat ini memiliki sekitar 35.000 truk yang terdaftar di peronnya. Dengan jumlah truk yang banyak, menjadi tantangan bagi Logisly untuk selalu menjaga kualitas layanannya dalam pengiriman cargo. Karena itu, mereka menerapkan pelatihan dan pembinaan khusus kepada para pengemudi. Selain itu, tim CS mereka juga akan siap menjawab dan membantu permasalahan Anda. Tim CS mereka dapat dihubungi melalui Whatsapp 24/7.

On-trucks

Perusahaan lokal ini didirikan pada tahun 2016, didanai swasta dan memiliki lebih dari 400 vendor truk yang tersebar di Jawa. Angka ini akan terus bertambah karena tim On-Trucks berambisi untuk melebarkan jasa pengiraman cargo mereka ke pulau lain di Indonesia seperti Sulawesi, Sumatera, hingga Papua.

 

Tahun didirikan2016
FounderYohanes Rocky
KantorIndonesia
Staf51 – 100
Area operasionalJawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Flores, dan Papua
PlatformAndroid, iOS, dan desktop app
Rating platform4,7 dari 1,101 rating
Platform di download5,000+
Tipe trukVan, small box, engkel, double engkel, fuso, tronton, trailer
Tipe barangApapun

 

Satu hal yang membedakan On-Trucks dari ketiga provider di atas adalah, mereka menyediakan layanan lain selain jasa pengirman cargo dalam aplikasinya. Ada jasa derek mobil serta jasa persewaan bus, namun sepertinya ini adalah jasa sampingan yang diberikan oleh mereka. Fokus utama mereka tetap pada menyewa truk untuk pengiriman berbagai barang di Indonesia. Pada saat artikel ini ditulis, tim editorial kami telah mencoba menghubungi tim CS On-Trucks melalui nomor Whatsapp yang mereka berikan di situsnya, namun sepertinya nomor tersebut sudah tidak aktif atau sudah digunakan. Jadi kami menyarankan Anda untuk menelepon atau mengirim email kepada tim mereka secara langsung jika Anda memiliki pertanyaan.

Kata-kata terakhir

Pada akhirnya semua perusahaan yang dibahas di atas memiliki satu kesamaan yaitu memanfaatkan terobosan teknologi untuk mempermudah proses logistik. Mereka semua tergolong perusahaan marketplace, mengutamakan B2B, dan berkeinginan untuk terus mengembangkan layanan jasa pengiriman cargo dan fitur dalam aplikasi. Kembali ke yang anda cari, apakah jasa yang anda cari di Lalamove? atau di Deliveree, Logisly atau On-Trucks? Karena tim kami percaya bahwa setiap perusahaan memiliki kelebihannya masing-masing. Pada akhirnya, kami yakin bahwa apa pun yang Anda pilih dari para pelopor ini, Anda tidak akan pernah melihat logistik tradisional dengan cara yang sama lagi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Di mana saya bisa menemukan daftar pengiriman cargo di Indonesia?
    Dengan pencarian yang mudah melalui Google, Anda akan disajikan dengan ribuan artikel yang membahas daftar penyedia jasa pengiriman cargo. Perlu dicatat bahwa ada berbagai jenis penyedia pengiriman di luar sana (paket atau truk adalah salah satunya). Kami menyarankan Anda untuk memeriksa situs Tawaran Logistik untuk perbandingan lengkap dari penyedia logistik di luar sana, atau mengunjungi situs web lain untuk informasi tambahan. Di situs tersebut, Anda akan melihat beberapa informasi tentang anak layanan yang mereka sediakan, fitur mereka, saluran dukungan pelanggan, dan terkadang metode harga yang mereka gunakan.
  2. Bagaimana cara termudah untuk memesan jasa pengiriman cargo?
    Melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone atau desktop Anda. Dengan perusahaan logistik berbasis terobosan teknologi ini, Anda bisa memesan layanan truk dari mana saja dan kapan saja hanya dari ujung jari Anda. Ini berbeda dengan cara tradisional, di mana Anda diharuskan menelepon, mengirim SMS, atau mengirim email ke penyedia jika Anda ingin mengetahui ketersediaan truk atau jika Anda ingin memesannya. Ini akan menghemat banyak waktu Anda karena Anda tidak perlu bolak-balik dengan penjual atau perwakilan mereka.
  3. Bagaimana saya bisa mendapatkan penawaran harga dari setiap penyedia cargo ekspedisi truk?
    Cara tradisional adalah menghubungi nomor telepon masing-masing penyedia, tetapi empat penyedia yang telah kita diskusikan di atas menyediakan kalkulator online di situs web masing-masing. Dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda bisa mendapatkan perkiraan harga dari jasa pengiriman cargo dengan mereka. Informasi yang harus Anda siapkan adalah alamat penjemputan dan pengiriman barang, serta jenis truk yang ingin Anda sewa. Beberapa kalkulator online tercanggih juga memberikan Anda beberapa fitur tambahan seperti membagikan harga yang telah Anda peroleh, atau tombol sederhana untuk membawa Anda langsung ke aplikasinya, sehingga Anda dapat memesan jasa pengiriman cargo dalam hitungan menit.