Your browser does not support JavaScript!

Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Besar (Pilihan 2021)

By Pandu Saputra - April 22, 2021

Perusahaan jasa Pengiriman Barang Besar

Perusahaan jasa pengiriman barang besar hadir dalam berbagai macam inklusi harga dan standar layanan. Hal ini membuat beberapa di antaranya lebih bermanfaat untuk bisnis tertentu daripada yang lain, bergantung pada persyaratan pemesanan mereka. Untuk menjelaskan lebih lanjut tentang hal ini, tim editorial kami telah mengumpulkan dan memilih tiga pemain terkemuka untuk jasa pengiriman barang besar di Indonesia dan menghasilkan perbandingan rinci dari layanan & fitur mereka. Dengan Deliveree, Sentral Cargo, & Cargonesia sebagai penyedia pengiriman barang terpilih kami, mari kita lihat apa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ini.

Harga & Ilustrasi Kecepatan Pemesanan

Harga dan kecepatan pemesanan jasa pengiriman barang besar penting bagi banyak bisnis. Kami yakin lebih mudah bagi pelanggan untuk memvisualisasikan perkiraan harga dan kecepatan setiap perusahaan logistik melalui beberapa ilustrasi pemesanan. Jadi, kami membuat tabel perbandingan sederhana yang terdiri dari uji coba pemesanan untuk tiga rute berbeda dengan tiga ukuran kargo berbeda.

Jakarta – Cikarang, 100 Kg

PenyediaWaktu EstimasiTarif
Deliveree1 j 49 m Rp270 rb
Sentral Cargo24 j – 48 j Rp210 rb
Cargonesia(tidak melayani area Cikarang)(tidak melayani area Cikarang)

Jakarta – Bandung, 1000 Kg

PenyediaWaktu EstimasiTarif
Deliveree5 j 44 m Rp1.25 jt
Sentral Cargo24 j – 48 j Rp2 jt
Cargonesia 24 j – 48 jRp 2.5 jt

Jakarta – Surabaya, 2000 Kg

PenyediaWaktu EstimasiTarif
Deliveree31 j 48 m Rp3.45 jt
Sentral Cargo48 j – 72 j Rp4.02 jt
Cargonesia 72 j – 96 jRp7 jt

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa estimasi kedatangan rata-rata penyedia jasa pengiriman barang besar adalah sekitar 1-2 hari untuk yang tercepat dan 3 – 4 hari sebagai estimasi kedatangan terlama. Deliveree, di sisi lain, tampil sebagai pengecualian dengan memberikan perkiraan kedatangan cepat dalam beberapa jam. Ini mungkin karena sifat mereka sebagai perusahaan jasa pengiriman barang berbasis aplikasi yang menghilangkan beberapa lapisan dari proses pemesanan yang dibutuhkan perusahaan konvensional. Melalui aplikasi Deliveree, pelanggan dapat mengatur titik penjemputan, titik pengantaran, jenis kendaraan dan menjadwalkan waktu pengiriman hanya dengan beberapa klik.

Dalam hal harga, di samping ilustrasi pemesanan untuk jasa pengiriman barang besar dalam kota dari Jakarta ke Cikarang, Deliveree berada di atas angin sebagai yang termurah di antara ketiganya. Namun, selama uji coba ilustrasi ini, tim editorial kami juga menemukan bahwa Deliveree memiliki kecenderungan menjadi sangat mahal dalam hal pengiriman barang medium dari 10 Kg – 100 Kg. Bisa dibilang meski memiliki berbagai macam jenis kendaraan termasuk truk kecil hingga sedang, Deliveree lebih cocok untuk pengiriman barang di atas 100 Kg. Perusahaan termurah kedua adalah Sentral Cargo. Meskipun Sentral Cargo tampaknya lebih mahal daripada Deliveree, mereka masih relatif lebih murah daripada perusahaan jasa pengiriman barang lain untuk kargo berukuran besar.

Selengkapnya: Cek Tarif Ongkir Ekspedisi – Pengiriman Lewat Cargo (2021)

Fitur & Layanan Standar

Rentang dan varian layanan jasa pengiriman barang besar yang ditawarkan satu perusahaan logistik dapat sangat memengaruhi harga akhir pemesanan apa pun. Oleh karena itu, tim kami telah membantu Anda menjalankan tiga penyedia layanan tambahan dan membuat tabel komparatif lengkap di bawah ini.

InformasiDelivereeSentral CargoCargonesia
Lacak langsung
Asuransi barang
Layanan packing
Customer Service
Program Bisnis
Door-to-door

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa Sentral Cargo dan Cargonesia memiliki layanan yang harus dimiliki oleh tipikal perusahaan jasa pengiriman barang besar konvensional: asuransi, pengepakan, dan layanan pelanggan. Selain itu, Cargonesia juga menyediakan layanan door-to-door untuk keperluan pindahan rumah. Layanan door-to-door ini tersedia untuk wilayah DKI Jakarta. Perusahaan jasa pengiriman barang lain yang juga menyediakan layanan door-to-door adalah Deliveree. Deliveree memungkinkan pengguna untuk meminta titik penjemputan dan pengantaran sendiri dan itu berlaku untuk seluruh wilayah Jawa, Bali, Lombok, dan setengah Sumatera. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki fitur live tracking untuk melacak pengemudi secara live dan Program Bisnis yang memberikan banyak keuntungan eksklusif bagi pemilik bisnis.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian cepat yang telah dilakukan tim Logisticsbid, kami cukup yakin bahwa Deliveree adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang tercepat dan memiliki layanan dan fitur ekstra untuk ditawarkan. Namun, setiap penyedia logistik juga hadir dengan fitur unik dan inklusi harga yang akan lebih bermanfaat bagi pelanggan tertentu dengan kebutuhan unik dan spesifik mereka sendiri. Jika pelanggan mengutamakan keamanan pemesanan, maka Sentral Cargo dan Cargonesia lebih diutamakan karena layanan mereka termasuk pengepakan.

Selengkapnya: Cek Ongkir Cargo Pengiriman Barang Tercepat (Update 2021)

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Bagaimana cara melakukan pengiriman barang?

Ada banyak cara untuk melakukan pemesanan jasa pengiriman karena beberapa perusahaan jasa pengiriman barang memiliki cara berbeda bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan. Jadi yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memutuskan penyedia mana yang akan Anda pesan. Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman barang akan meminta Anda menghubungi cabang terdekat mereka untuk membahas lebih lanjut tentang informasi pemesanan sebelum akhirnya membuat pemesanan. Beberapa penyedia berbasis aplikasi lainnya, seperti Deliveree, hanya meminta Anda untuk mengunduh aplikasinya dan pemesanan dapat langsung dilakukan melalui sana.

2. Apa perbedaan antara jasa pengiriman barang besar dengan penyedia logistik lainnya?

Layanan pengiriman untuk kargo besar sangat berbeda dengan penyedia lain dalam hal harga dan persyaratan berat untuk pemesanan. Bagi perusahaan jasa pengiriman barang besar, semakin besar barang maka semakin murah harganya dibandingkan dengan penyedia lain. Mereka juga memiliki persyaratan mengenai berat minimum per pemesanan yang kebanyakan lebih dari 10 Kg. Di sisi lain, ada juga penyedia kargo yang tidak membatasi berat minimum per pemesanan seperti Deliveree. Itu karena Deliveree memiliki varian jenis kendaraan yang besar mulai dari truk kecil, truk medium seperti CDE dan CDE, hingga kargo besar seperti fuso dan tronton.

3. Di mana saya dapat menemukan perusahaan jasa pengiriman barang terdekat?

Anda dapat dengan mudah menemukan penyedia kargo terdekat dengan mencari melalui internet. Sebagian besar perusahaan jasa kargo menyediakan daftar cabang mereka di situs web mereka, sehingga pelanggan dapat dengan bebas memilih mana yang terdekat dari wilayah mereka. Pilihan lainnya adalah penyedia kargo yang menyediakan layanan door-to-door seperti Deliveree. Layanan door-to-door Deliveree akan mengambil dan menurunkan barang Anda di area yang Anda minta.