Your browser does not support JavaScript!

Cara Cek Ongkos Kirim – Jasa Pengiriman Barang Murah (2021)

By Bayu Hermawan - 15 Oct 2021

Cara Cek Ongkos Kirim

Dengan banyaknya penyedia logistik di negara ini, harga menjadi salah satu faktor terbesar dalam memenangkan pelanggan. Meskipun hal ini membuat segalanya menjadi lebih menantang bagi pesaing, ini berarti kabar baik bagi pelanggan karena mereka memiliki harga yang lebih baik. Redaksi kami akan membagikan tips dan trik rahasia cara cek ongkos kirim terbaik di artikel ini. Sebagai permulaan, redaksi kami selalu menyampaikan tentang mendapatkan jasa pengiriman barang murah terbaik: “Cari lebih jauh dari sekedar angkanya”. jasa pengiriman barang murah terbaik sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, tidak ada gunanya mendapatkan harga termurah pasaran jika kebutuhan Anda tidak terpenuhi. Tim kami akan memberikan pendekatan terstruktur untuk cara cek ongkos kirim terbaik yang berlaku untuk hampir semua kasus.

Tip 1: Tentukan Skala Kebutuhan Anda

Ini adalah tip paling umum namun salah satu tip terpenting yang perlu diingat saat cek ongkos kirim dan memilih jasa pengiriman barang murah terbaik. Anda harus memahami bahwa meskipun penyedia jasa pengiriman barang murah berlimpah, tidak ada yang namanya penyedia all-in-one. Sebagian besar provider memiliki lini layanan utama yang menjadi spesialisasi mereka. Nama-nama rumah tangga yang sering Anda dengar seperti JNE, J&T, dan Sicepat kebanyakan mengkhususkan diri pada pengangkutan barang ukuran paket dan parsel. Sedangkan untuk angkutan barang berukuran besar, beberapa nama yang mengkhususkan diri di bidang tersebut adalah Deliveree, Indah Cargo, dan Cargonesia. Mengapa spesialisasi ukuran penting? Nah, pada akhirnya, ini menentukan harga karena Anda akan melihat bahwa ketika barang semakin besar dan berat, semakin besar kemungkinan harga yang disebutkan terakhir menjadi lebih murah.

Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda bahkan mungkin perlu memperluas pendekatan pertama ini lebih jauh dan mengajukan pertanyaan seperti “Apakah saya memerlukan layanan LTL atau FTL?” dan “Seberapa sering saya membutuhkan jasa transportasi barang?”. Jika jawaban Anda kebetulan FTL dengan frekuensi tinggi, maka Anda mungkin harus melihat penyedia jasa pengiriman barang murah yang menawarkan layanan khusus untuk bisnis. Ini karena dalam kasus ini, membuat perjanjian bisnis akan memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dan SLA yang lebih baik untuk harga yang Anda bayarkan. Beberapa jasa pengiriman barang murah terupdate yang kami rekomendasikan di tahun 2021 adalah Deliveree, REX, Indah Cargo, dan lain-lain.

Baca lebih lanjut tentang beberapa pilihan ekspedisi terbaik: Jasa Pengiriman Cargo Ekspedisi (Terobosan Teknologi)

Tabel di bawah ini menunjukkan ringkasan rekomendasi penyedia dari editor kami dan layanan mereka.

PerusahaanBesarFTLBisnis
JNE👍
J&T👍
Sicepat👍
Deliveree👍👍👍👍
Indah Cargo👍👍👍👍
Cargonesia👍👍👍👍

 

Tip 2: Pertimbangkan Resiko Anda

Selanjutnya, selalu ingat nilai barang Anda dan nilai tingkat risiko yang ingin Anda tanggung dalam hal kerusakan atau bahkan kerugian. Kenapa melakukan ini? Pertanggungan. Pahamilah bahwa seringkali, asuransi tidak termasuk dalam harga dasar sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan berapa biaya asuransi tambahan tersebut. Penyedia sering kali menyembunyikan biaya asuransi dari penawaran harga awal agar lebih menarik dan sangat bisa dimengerti untuk bisnis. Meskipun tergantung pada penyedia, perkirakan biaya asuransinya sebagian kecil dari nilai barang yang Anda angkut. Berikut adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda dengar, Deliveree dan Paxel menyediakan asuransi gratis di semua pemesanan sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkannya untuk masing-masing mengirimkan barang besar dan kecil di 2021.

Tip 3: Pelayanan Di Luar Angkutan Barang

Bayangkan sebuah skenario di mana furnitur besar yang dibeli pelanggan Anda tiba di lokasi dan tiba-tiba mereka harus membongkarnya sendiri tanpa bantuan dari petugas pengiriman. Itu akan menjadi penghalang besar bagi pelanggan Anda yang berdampak buruk bagi bisnis Anda. Itulah pentingnya layanan tambahan, jadi Anda harus selalu mempertimbangkan layanan lain yang Anda butuhkan selain hanya transportasi barang itu sendiri. Itu bisa berupa hal-hal seperti, pembantu ekstra dalam bongkar muat, pengembalian dokumen, pelacakan, dukungan CS, layanan penjemputan, dan banyak lagi. Juga, perlu diingat bahwa layanan semacam itu mungkin datang dengan harga tambahan, jadi selalu coba untuk berkomunikasi secara jelas dengan perwakilan penyedia. Berikut adalah beberapa nama yang kami rekomendasikan untuk melihat lebih jauh layanan tambahan yang mereka sediakan:

PerusahaanLayanan Tambahan
DelivereeExtra helper, pengembalian dokumen, waktu tunggu
Sentral CargoBayar ongkir ditempat, extra helper
LalamoveWaktu tunggu, extra helper, door to door delivery
CargonesiaPacking, insurance

Tip 4: Transparansi Harga

Di sini, semuanya tentang harga itu sendiri. Ketika kita berbicara tentang transparansi harga, topiknya terutama tentang dua hal yaitu seberapa mudah mendapatkan harga dari penyedia dan seberapa banyak informasi yang disertakan dalam detail harga. Dalam hal kemudahan mendapatkan harga, cara termudah untuk menilai hal ini adalah melalui situs web penyedia dan melihat apakah Anda bisa mendapatkan penawaran harga atau perkiraan langsung dari suatu tempat di sana. Jika Anda kebetulan menemukan kalkulator harga atau daftar harga terbaru, Anda dapat mempertimbangkan harga mereka agar mudah diakses, dan itu bagus. Berikut beberapa cara cek ongkos kirim yang umum untuk memeriksa harga terupdate 2021:

  • Kalkulator harga online
  • Daftar tarif per kilogram dan rute
  • Menghubungi perwakilan penyedia

Pada tip 2 kami menyebutkan bahwa seringkali penyedia akan menyembunyikan beberapa biaya tambahan untuk membuat penawaran harga awal lebih menarik. Cara cek ongkos kirim di bagian inilah Anda mencari dan mendapatkan transparansi penuh tentang harga dengan melihat informasi tertulis atau bahkan bertanya dengan perwakilan mereka secara lisan. Beberapa biaya tambahan umum yang kami sarankan untuk selalu dicari tahu adalah sebagai berikut:

  • Asuransi
  • Pengepakan
  • Biaya Bongkar Muat

Salah satu contoh bagus dari penetapan harga transparan adalah Deliveree. Inilah alasannya:

Price Transparency

Inilah yang Anda lihat jika Anda menggunakan kalkulator harga mereka untuk memeriksa harga. Sekarang, perhatikan bahwa mereka menulis dengan jelas apa saja yang termasuk dalam harga serta informasi yang jelas tentang tol dan biaya parkir di bawah harga itu sendiri. Anda juga dapat melihat hal serupa di antarmuka pemesanan di aplikasi mereka, rincian harga ditampilkan sebelum Anda mengonfirmasi pemesanan.

Kesimpulan

Angka bisa meyakinkan tetapi tidak membuat Anda lupa bahwa Anda sedang mencari untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Selain hanya melihat harga, tentukan apa yang perlu dipenuhi dan apakah penyedia dapat memenuhi permintaan Anda. Harga terbaik dan terupdate 2021 bukan hanya harga terendah, tetapi lebih dari nilai yang Anda dapatkan untuk apa yang Anda bayar. Sekarang setelah Anda mengetahui semua ini, Anda dapat menggunakan ini sebagai pedoman untuk cara cek ongkos kirim terbaik dan menjadi pengambil keputusan yang lebih baik.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Bagaimana cara tercepat untuk cek ongkos kirim?

Cara cek ongkos kirim tercepat langsung dari provider adalah melalui kalkulator harga online yang biasanya tertera di website masing-masing seperti Deliveree, Indah Cargo, JNE, Wahana, dan masih banyak lagi lainnya. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mendapatkan perkiraan harga atau bahkan penawaran harga yang sebenarnya. Jika tidak ada kalkulator harga, Anda dapat mencoba mencari daftar tarif dan mencoba menghitung tarif berdasarkan berat barang Anda.

2. Bagaimana cara saya mendapatkan jasa pengiriman barang murah terbaik untuk kebutuhan saya?

Hal pertama yang pertama, tentukan kebutuhan yang perlu dipenuhi. Misalnya, persempit ke LTL atau FTL, lalu cari penyedia yang melayani layanan tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan asuransi dan layanan tambahan lainnya yang lebih dari sekadar transportasi barang. Kemudian, sebagai langkah terakhir, periksa harga secara langsung dan tinjau komponen harga untuk mendapatkan transparansi harga sepenuhnya. Ini akan membantu Anda menentukan dengan tepat penyedia mana yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan harga terendah.

3. Cara cek ongkos kirim dan bandingkan beberapa penyedia secepatnya?

Jika memeriksa harga dari masing-masing penyedia satu per satu terlalu merepotkan bagi Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan situs pihak ketiga seperti berdu, cekongkoskirim, atau rajaongkir. Situs-situs ini mengumpulkan harga dari berbagai penyedia dan dapat menampilkan beberapa harga dalam satu halaman. Ini pasti akan membantu Anda membuat perbandingan lebih mudah dalam hal angka. Namun, harga yang Anda lihat akan terbatas pada penyedia yang tersedia di situs tersebut, jadi kami menyarankan untuk selalu melakukan penelitian ekstensif.