Pengiriman Cargo Murah – Jasa Ekspedisi Truck 2021

By Rica Prasetio - TWFyY2ggMywgMjAyMQ==

Pengiriman Cargo Murah Expedisi Truk

Jaringan logistik pengiriman cargo murah kecil dan besar di Indonesia tahun 2021 telah tumbuh secara eksponensial hingga pelanggan kewalahan dengan pilihan. Harga yang sangat rendah melimpah di pasar dan sulit bagi pelanggan untuk membedakan layanan di seluruh penyedia.

Tim editorial kami telah melakukan analisis harga pengiriman cargo murah yang komprehensif di seluruh penyedia layanan terpilih untuk menentukan apa di balik rupiah. Bagaimana mereka menyusun harga mereka? Nilai apa yang Anda dapatkan dari layanan mereka? Siapa pilihan yang disukai? Dengan penyedia jasa ekspedisi truck FTL dan LTL yang dipilih, kami memberikan Anda detail agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih di antara penyedia ini.

Identifikasi jenis kargo Anda

Ada dua jenis metode pengiriman cargo yang tersedia, yaitu LTL (Less Truck Load) dan FTL (Full Truck Load). Apa arti kedua istilah tersebut? LTL mengacu pada pengangkutan kargo yang relatif kecil. Pengangkut kargo LTL biasanya menangani pengiriman kecil kargo dari berbagai bisnis, dengan semua ruang berbagi kargo di atas jasa ekspedisi truck. Ketika bisnis memilih untuk mengirimkan LTL, mereka masing-masing membayar biaya untuk porsi jasa ekspedisi truck yang ditempati kargo mereka. Hasilnya adalah moda transportasi pengiriman cargo murah dan ekonomis untuk bisnis dan pemanfaatan penuh armada pengangkut barang LTL. Berbeda dengan pengiriman LTL, FTL ideal untuk pengiriman cargo yang lebih besar di mana seluruh muatan kargo dari satu bisnis menempati ruang di jasa ekspedisi truck yang ditujukan ke satu klien.

Baca juga: Jasa Pengiriman Kargo Indonesia – Rental Truk (2021)

Berikut beberapa manfaat dari kedua metode tersebut:

Less Truck LoadFull Truck Load
  • Kemanan dan pemantauan
  • Meminimalisir biaya
  • ETA dapat disesuaikan
  • Keamanan dan pemantauan
  • Ideal untuk pengiriman barang besar
  • Menawarkan pengiriman yang lebih cepat dibanding LTL
  • Ideal untuk kargo dengan resiko tinggi atau halus
  • Tidak ada transfer muatan — pengiriman tetap di truk yang sama selama seluruh perjalanan

LTL vs FTL, mana yang lebih baik?

Saat mengevaluasi pro dan kontra pengiriman LTL vs FTL, apa yang terbaik bergantung pada kebutuhan bisnis Anda dan rincian pengiriman Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat menentukan metode pengiriman mana yang terbaik untuk Anda:

  1. Berat
    Pengiriman LTL biasanya memiliki berat antara 1 – 100 kg, sehingga ideal untuk kargo dengan berat antara ini. Pengiriman FTL, sebaliknya, sangat ideal untuk pengiriman yang lebih besar dengan ambang batas 100 kg.
  2. Kecepatan
    Seberapa cepat Anda membutuhkan barang Anda untuk sampai di tempat tujuan? Karena Anda tidak berbagi ruang kargo dengan bisnis lain dengan FTL, metode ini adalah pilihan terbaik jika Anda mencari kecepatan pengiriman yang lebih cepat. Bahkan jika berat muat Anda kurang dari 100 kg, jika Anda ingin barang Anda tiba dengan cepat dan anggaran bukan masalah, FTL mungkin adalah pilihan terbaik Anda.
  3. Biaya
    Untuk pengiriman berat, FTL jelas lebih unggul dari segi harga karena cenderung menghitung harga ekspedisi murah berdasarkan jenis jasa ekspedisi truck nya saja. Berbeda dengan LTL yang akan menagih Anda dengan harga perkilogram yang jika dibandingkan dengan FTL akan sangat mahal. Begitu pula sebaliknya, jika barang Anda kecil dan ringan, LTL akan memberikan harga yang lebih ekonomis untuk Anda.
  4. Pecah belah
    Apakah produk Anda rapuh atau berisiko tinggi? Saat menimbang LTL vs FTL, pertimbangkan bahwa FTL cocok untuk barang yang lebih rapuh. Karena barang tetap berada di satu jasa ekspedisi truck untuk seluruh perjalanan (tanpa dipindahkan selama pengangkutan) dengan FTL, risiko kerusakan atau kerusakan lebih kecil. Sebaliknya, jika kiriman Anda tahan lama, LTL mungkin merupakan pilihan terbaik untuk mengurangi biaya.

Perbandingan harga untuk layanan FTL

Tim kami mencari dan memilih beberapa penyedia pengiriman dari ribuan daftar terbaru 2021 dan kami menemukan 6 penyedia, masing-masing 3 dari setiap metode. Tabel di bawah ini adalah penyedia yang menggunakan metode FTL untuk layanan pengiriman mereka. Di bawah ini contoh harga pengiriman ekspedisi murah dari Jakarta menggunakan truk CDE berkapasitas 2.2 ton.

TujuanDelivereeCargonesiaIndah Cargo
Bandung1,25 jt 🌟5,5 jt7,9 jt
Semarang2,65 jt 🌟7,7 jt7,1 jt
Solo3,25 jt 🌟8,8 jt7,1 jt
Surabaya3,45 jt 🌟8,8 jt6,2 jt

Dari contoh harga di atas, kita dapat melihat bahwa pengiriman cargo murah Deliveree merupakan penyedia jasa pengiriman cargo dengan harga ekspedisi murah dibandingkan kedua penyedia lainnya di 2021. Harga dari cargo murah Deliveree merupakan harga jasa pengiriman jarak jauh yang meliputi supir, sewa jasa ekspedisi truck, jasa bongkar muat, BBM, hingga jalan tol dan parkir (berdasarkan informasi dari website mereka).

Perbandingan harga untuk layanan LTL

Sekarang kita telah melihat contoh perbandingan harga pengiriman FTL, mari kita lihat LTL. Ketiga penyedia jasa pengiriman cargo murah di bawah ini telah mengukir namanya sejak lama sebagai jasa kurir yang andal, murah, dan cepat. Mereka adalah JNE, J&T, dan Ninja Express. Kami mencoba membandingkan harga pengiriman dari Jakarta ke beberapa kota seperti pada tabel di bawah ini untuk pengiriman barang dengan berat 50 kg.

TujuanDelivereeCargonesiaIndah Cargo
Bandung550 rb 🌟600 rb550 rb 🌟
Semarang900 rb 🌟950 rb1,45 jt
Solo900 rb950 rb875 rb 🌟
Surabaya950 rb1 jt925 rb 🌟

Hasilnya cukup mengejutkan! Harga pengiriman cargo murah dari JNE dan Ninja Express sangat mirip satu sama lain. Dan diantara ketiganya, harga dari J&T lah yang paling mahal. Perlu diketahui, kami mencermati harga pengiriman ketiga provider tersebut untuk jasa kurir regular dengan ETA, dalam artian barang Anda akan sampai dalam waktu 1 hingga 2 hari setelah diserahkan ke agen masing-masing provider.

Memilih provider termurah

Sekarang Anda sudah memiliki patokan tentang harga ekspedisi murah baik barang kecil maupun besar. Anda selalu dapat beralih antara penyedia FTL dan LTL tergantung pada kebutuhan Anda. Perlu diingat bahwa sample pricing yang diberikan oleh tim editorial kami telah melalui proses shortlisting yang cukup lama, dan tim kami menyimpulkan bahwa pengiriman cargo murah Deliveree adalah penyedia layanan termurah untuk FTL. Sementara itu, Ninja Express saat ini bersaing ketat dengan JNE sebagai layanan pengiriman termurah untuk pengiriman cargo LTL. Jangan lupa untuk selalu mengecek ulang layanan dan harga masing-masing provider agar Anda mendapatkan harga ekspedisi murah dengan keuntungan terbaik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Di mana saya dapat menemukan daftar pengiriman cargo murah 2021?
    Ada banyak penulis di situs berita atau blog yang membahas hal ini. Ada juga beberapa situs yang menyediakan daftar penyedia jasa pengiriman diantaranya Logisticsbid, Kompasiana, Tech In Asia, Kumparan, dan beberapa situs blog lainnya. Mereka tidak hanya memberikan daftar, mereka juga memberikan saran dan pro atau kontra dari masing-masing penyedia tersebut. Dengan perspektif yang mereka berikan, kami berharap Anda dapat lebih bijak dalam memilih penyedia yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Apa cara termudah untuk membandingkan harga beberapa cargo murah?
    Cara pertama adalah dengan langsung mengunjungi website masing-masing provider, ini mungkin memakan waktu lebih lama, namun informasi yang Anda dapatkan akan lebih akurat karena Anda mengecek informasinya langsung di situs resminya. Cara kedua adalah mengunjungi situs pihak ketiga seperti pluginongkoskirim, cektarif, atau berdu.id yang menyediakan tabel perbandingan harga cargo murah antara beberapa penyedia pengiriman sekaligus. Cara kedua bisa menghemat lebih banyak waktu, tapi jangan lupa untuk selalu melakukan cross check!
  3. Apakah penyedia pilihan saya menawarkan harga terbaik untuk ekspedisi murah?
    Pertanyaan yang harus Anda jawab adalah: apakah penyedia pilihan Anda menyediakan layanan yang Anda butuhkan? Dan apakah Anda sudah memeriksa ulang dengan penyedia lain? Kata murah sebenarnya cukup relatif dan subyektif, tetapi kita selalu bisa membandingkan harga untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Identifikasi kebutuhan pengiriman Anda terlebih dahulu, kemudian berdasarkan checklist yang Anda miliki, Anda bisa mulai berburu penyedia yang menawarkan harga terbaik dengan keuntungan terbaik.