Your browser does not support JavaScript!

Pelajari Semua Tentang Packing Kayu J&T Cargo Di Sini

Penulis Andi Saputra - Diperbarui pada April 06, 2024

Pelajari Semua tentang Packing Kayu J&T Cargo Di Sini

Banyak orang memilih menggunakan packing kayu dari J&T Cargo karena kekuatannya yang tinggi dalam mengirimkan barang yang mudah pecah. Hampir semua layanan ekspedisi di Indonesia, termasuk J&T Express, ya J&T resmi menghadirkan layanan kargo dan menyediakan layanan packing kayu untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi barang kiriman.

Dengan menggunakan packing kayu, risiko kerusakan barang saat pengiriman dapat diminimalisir. Hal ini juga berlaku pada layanan packing kayu yang ditawarkan oleh JNE. Meskipun dengan perhitungan biaya yang berbeda, kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dalam memberikan perlindungan maksimal bagi barang yang dikirimkan.

Salah satu kelebihan utama dari penggunaan packing kayu adalah kemampuannya dalam menghindari kerusakan barang selama perjalanan. Dalam pengiriman, barang yang dikemas dengan packing kayu akan terlindungi dari guncangan dan getaran yang mungkin terjadi selama proses pengiriman. Sehingga, produk yang dikirimkan dapat tiba di tujuan dengan selamat dan terjaga kualitasnya.

Layanan packing kayu J&T merupakan pilihan yang tepat untuk kirim barang elektronik via J&T Cargo, paket dengan berat yang tinggi dan mudah pecah. Kemasan kotak kayu ini juga dapat melindungi paket agar tidak merusak kiriman lainnya selama pengiriman.

Selain itu, kekuatan packing kayu J&T juga mampu mengatasi risiko kerusakan barang yang terjadi selama pengiriman melalui cargo, trucking, maupun pengiriman melalui pesawat terbang. Dengan menggunakan packing kayu, pengirim dapat memastikan bahwa barang yang dikirimkan akan tetap aman dan selamat sampai ke tangan penerima.

Perlu diingat bahwa layanan packing kayu J&T juga memiliki perhitungan biaya yang berbeda dengan layanan pengiriman reguler. Oleh karena itu, sebelum memilih layanan ini, pastikan untuk cek ongkir dan biaya yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran dan berat barang yang akan dikirimkan.

Ketentuan Packing Kayu J&T

  • Layanan pengemasan kayu yang disediakan oleh J&T Express sangat membantu pengirim dalam mengirimkan barang elektronik atau barang yang mudah pecah dan rusak lainnya dengan aman. Layanan ini disediakan oleh petugas di setiap counter J&T, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan ini. Namun, penggunaan layanan ini tidak sembarangan dan ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Jika Anda berminat menjadi membuka counter J&T Cargo, silakan baca ketentuan dan cara daftar franchise J&T Cargo.
  • Pertama-tama, paket harus dikemas dengan baik, terutama ketika menggunakan packing kayu. Ini penting untuk memastikan keamanan barang selama perjalanan. Jika pengirim tidak mengemas barang dengan benar dan terjadi kerusakan, maka pengirim harus bertanggung jawab sepenuhnya atas kerusakan tersebut.
  • Kedua, biaya pengiriman akan ditentukan berdasarkan berat asli dan dimensi dengan nilai yang lebih besar. Jika pengiriman memiliki berat yang lebih besar dari kemasan, maka biaya pengiriman akan dihitung berdasarkan berat kemasan. Oleh karena itu, penting bagi pengirim untuk memperkirakan dengan tepat berat dan dimensi paket yang akan dikirimkan.
    Ketiga, pengirim wajib memberikan informasi yang jelas mengenai barang yang dikirim dan estimasi nilainya. Hal ini untuk memudahkan proses klaim jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman.
  • Selain itu, pengirim juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa barang yang tidak diizinkan untuk dikirimkan melalui J&T Express, seperti jenazah, senjata, uang, dan barang yang melanggar undang-undang di Indonesia. Penggunaan layanan packing kayu tidak dapat dijamin sepenuhnya aman, oleh karena itu J&T Express menyarankan pengguna jasanya untuk menggunakan asuransi. Apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman, pengirim dapat mengajukan klaim paling lambat 3 hari setelah menerima paket dan menghubungi pihak J&T untuk mengajukan klaim.
  • J&T tidak akan memberikan ganti rugi apabila terjadi hal yang diluar kemampuan kontrol seperti bencana alam atau kejadian di jalan yang tidak dapat dihindari. Jika penerima paket tidak mengajukan komplain, maka pengiriman dianggap telah diterima dengan benar.
  • Beberapa jenis barang tidak diperbolehkan untuk dikirim melalui layanan J&T Express, seperti jenazah, senjata, amunisi, uang, logam mulia, perhiasan bernilai tinggi, barang seni, obat terlarang, binatang, surat berharga, bahan mudah terbakar, dan barang-barang yang melanggar hukum di Indonesia. Namun, J&T Express menawarkan layanan packing kayu yang sering digunakan untuk barang-barang yang mudah pecah dan risiko kerusakannya tinggi. Dengan menggunakan packing kayu, barang-barang tersebut dapat terhindar dari kerusakan selama perjalanan dan dilindungi dari guncangan dan getaran. Layanan ini juga dapat digunakan untuk pengiriman melalui cargo, trucking, dan pesawat terbang.
  • Namun, jika pelanggan tidak mengasuransikan paketnya dan terjadi kerusakan atau kehilangan, ganti rugi yang diberikan hanya sebesar 10 kali ongkos kirim atau nilai harga barang terendah. Misalnya, untuk paket dengan nilai Rp.1.000.000, ganti rugi maksimal yang diberikan adalah Rp.1.000.000, sedangkan untuk dokumen hanya sebesar Rp.100.000. Oleh karena itu, penting bagi pelanggan untuk mempertimbangkan untuk mengasuransikan paketnya agar dapat merasa lebih aman selama pengiriman.
  • J&T Express memiliki hak untuk memeriksa barang yang akan dikirimkan oleh pelanggan untuk memastikan kesesuaian dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, J&T Express menyarankan pengguna jasanya untuk menggunakan asuransi agar paket tetap terlindungi selama perjalanan. Jika pelanggan memilih untuk mengasuransikan paketnya, ia akan mendapatkan ganti rugi maksimal sebesar Rp.20.000.000 atau sesuai dengan nilai barang yang dikirimkan. Sedangkan untuk dokumen, ganti rugi maksimal yang diberikan adalah sebesar Rp.2.000.000 ketika hilang atau rusak.

Selain itu, penting bagi pelanggan untuk memahami proses dan update terkait pengiriman mereka. Untuk itu, Anda dapat mempelajari arti status pengiriman J&T Cargo untuk mengikuti perkembangan paket Anda dari waktu ke waktu dan memastikan bahwa paket tersebut bergerak sesuai dengan jadwal yang diharapkan.

Biaya Packing Kayu J&T

Packing kayu yang disediakan oleh J&T Express merupakan solusi yang baik untuk mengirimkan barang-barang yang mudah pecah atau rusak. Namun, harus diingat bahwa penggunaannya tidak bisa sembarangan dan hanya untuk paket khusus seperti barang elektronik, televisi, laptop, dan lain-lain. Untuk memudahkan pelanggan, J&T menyediakan layanan pengemasan kayu yang dilakukan oleh petugas mereka sendiri di setiap counter. Jika Anda memerlukan bantuan atau ingin menemukan lokasi terdekat, Anda dapat dengan mudah cari agen J&T Cargo terdekat yang menyediakan layanan ini.

Namun, perlu diketahui bahwa J&T Express memiliki beberapa ketentuan yang harus dipenuhi ketika menggunakan packing kayu. Salah satunya adalah paket harus dikemas dengan baik agar isi barang dapat terlindungi dengan baik selama perjalanan. Jika pengemasan dilakukan oleh pengirim sendiri dan terjadi kerugian pada isi paket, maka sepenuhnya ditanggung oleh pengirim.

Pengiriman dengan menggunakan packing kayu juga mempengaruhi biaya pengiriman yang harus dibayar. Berat asli atau dimensi dengan nilai lebih besar dijadikan acuan untuk ongkos kirim. Jika terdapat penambahan berat karena kemasan, maka akan dijadikan acuan untuk penagihan. Selain itu, pengirim juga harus memberikan informasi yang jelas tentang barang yang dikirim dan estimasi nilainya.

Namun, ada beberapa barang yang tidak boleh dikirimkan melalui J&T Express, seperti jenazah, senjata, amunisi, uang, logam mulia, perhiasan bernilai tinggi, barang seni, obat terlarang, binatang, surat berharga, bahan mudah terbakar, dan barang yang melanggar undang-undang di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan ketentuan ini sebelum mengirimkan paket.

J&T Express memiliki hak untuk memeriksa barang yang dikirimkan dan mengklaim paket hilang atau rusak paling lambat 3 hari setelah diterima. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan asuransi agar paket dapat terlindungi dengan baik selama perjalanan. Bagi yang menggunakan asuransi, akan mendapatkan ganti rugi maksimal Rp. 20.000.000 atau sesuai dengan nilai barang yang dikirimkan, sedangkan untuk dokumen maksimalnya Rp. 2.000.000 ketika hilang atau rusak. Namun, jika tidak menggunakan asuransi, ganti rugi ketika barang rusak atau hilang maksimum 10 kali ongkos kirim atau nilai harga barang terendah. Untuk paket, nominal ganti rugi yang diberikan sebesar Rp. 1.000.000 sedangkan untuk dokumen sebesar Rp. 100.000.

Perlu diingat bahwa biaya packing kayu J&T akan bervariasi untuk setiap paket karena menggunakan perhitungan berat asli dan disesuaikan dengan ongkos kirim. Biaya packing kayu termasuk dalam biaya tambahan sehingga tidak diperhitungkan dalam ongkos kirim utama. Besaran biayanya juga akan mengikuti tarif dasar J&T untuk tiap wilayahnya. Meskipun packing kayu J&T terbuat dari bahan yang kuat, jika terkena hujan, air bisa masuk ke dalamnya sehingga perlu dibungkus dengan lapisan tambahan untuk menjaga perlindungannya. Namun, packing kayu J&T merupakan solusi yang ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan untuk kegunaan lainnya setelah selesai digunakan.

Cara Menghitung Harga Packing Kayu J&T

Untuk menghitung biaya packing kayu J&T, perhitungannya didasarkan pada berat asli paket yang dikalikan dengan parameter yang telah ditetapkan oleh J&T. Selain itu, biaya packing kayu juga akan ditambahkan pada tarif dasar J&T per kilogram, sehingga menjadi biaya tambahan pada ongkos kirim.

Setiap outlet J&T telah menyediakan layanan packing kayu, di mana perhitungan biaya akan langsung dimasukkan ke dalam sistem. Namun, jika Anda ingin menghitung biaya packing kayu secara mandiri, J&T memiliki rumus yang bisa dijadikan acuan, yaitu BERAT AKTUAL + (30% + BERAT AKTUAL).

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirimkan laptop dari kota A ke kota B dengan berat 6kg, dan biaya ongkir per kilogram dari kota A ke B sebesar Rp.15.000, maka Anda bisa menghitungnya dengan rumus tersebut. Berat packing kayu yang diperoleh adalah 6kg + (30% x 6kg) = 6 + 1,8kg = 6,8kg. Biaya packing kayu yang harus dibayar adalah 7kg x Rp.15.000 = Rp.105.000. Jika hasil perhitungan memiliki angka koma, maka akan dibulatkan ke atas.

Meskipun packing kayu memiliki tarif lebih mahal, namun mampu memberikan perlindungan maksimal untuk barang yang dikirimkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap paket kayu belum dilengkapi dengan asuransi, sehingga perlu dikenakan biaya tambahan. Meskipun bentuknya kurang menarik karena hanya berupa kotak, namun packing kayu mampu menahan benturan dan guncangan sehingga barang yang dikirimkan tetap aman. Selain itu, packing kayu J&T juga ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain setelah digunakan. Namun, perlu diingat bahwa packing kayu tidak sepenuhnya tahan air, sehingga jika terkena hujan, sebaiknya dilapisi dengan bahan pelindung tambahan.

Akhir Kata

Saat hendak mengirimkan barang yang rentan terhadap kerusakan, seperti barang elektronik atau pecah belah, penggunaan kemasan kayu dapat menjadi pilihan yang tepat. Meski terkadang dianggap kurang modern, penggunaan kemasan kayu tetap direkomendasikan oleh J&T untuk memastikan keamanan barang yang dikirim.

Namun, penting untuk diingat bahwa pembuatan kemasan kayu sebaiknya diserahkan kepada ahlinya, seperti pihak J&T, agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dalam hal ini, penggunaan jasa ekspedisi memang sangat dianjurkan agar barang dapat tiba dengan aman di tujuan.

Walaupun biaya pengiriman dengan kemasan kayu dapat lebih mahal dibandingkan dengan kemasan biasa, namun keamanan barang yang terjamin menjadi nilai tambah yang sangat penting. Selain itu, kemasan kayu yang ramah lingkungan dapat dimanfaatkan kembali setelah digunakan.

Cek Ongkir J&T Cargo