Your browser does not support JavaScript!

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota: 4 Pilihan Top 2022

By Cat Dewinta - 15 Okt, 2022

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota

Kami memahami betapa sulitnya mendapat muatan saat Anda berada di luar kota. Untuk membantu Anda menemukan lowongan kerja sopir truk luar kota, kami telah menilai dan meninjau 4 aplikasi teratas yang dapat Anda manfaatkan agar Anda tidak pernah menngendarai truk Anda dalam keadaan kosong. Artikel kami mencakup Deliveree, Kargo Technologies, GoBox, dan Ritase yang semuanya menyediakan lowongan kerja sopir truk untuk muatan balikan Anda. Kami ulas perkiraan penghasilan, manfaat, dan yang terpenting, bagaimana Anda dapat menggunakan aplikasi keempatnya untuk mendapatkan lowongan kerja sopir truk ekspedisi yang sesuai dengan rute yang Anda inginkan.

Lowongan Kerja Sopir Truk Deliveree

Deliveree adalah penyedia transportasi truk dan kargo terkenal yang mencakup seluruh Jawa dan sebagian wilayah Sumatera. Platformnya menerima ribuan pesanan setiap hari, terutama pada rute antar kota dengan truk seperti Engkel, Double Engkel, Double Engkel Long, Fuso, dan Tronton. Ini adalah di antara 10 jenis kendaraan yang diterima Deliveree. simak selengkapnya mengenai lowongan kerja sopir truk luar kota yang ditawarkan oleh mereka lebih lanjut di bawah ini.

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota untuk Deliveree

Sebagai salah satu dari 4 pilihan top ekspedisi, keuntungan terbesar Deliveree untuk driver adalah kemampuan yang mereka berikan kepada Anda untuk memilih pemesanan yang Anda inginkan. Semua pemesanan bersifat opsional sehingga Anda dapat meninjau dan menerima pemesanan yang paling sesuai dengan jadwal dan rute Anda. Tetapi cepatlah karena aplikasi mereka kompetitif sehingga pemesanan yang baik diterima oleh pengemudi dengan cepat. Selain itu, mereka memiliki fitur yang belum pernah kami lihat sebelumnya yang disebut Pemesanan Prioritas. Pemesanan Prioritas memungkinkan Anda untuk mengatur preferensi rute Anda di aplikasi dan ketika pemesanan tersedia yang cocok dengan preferensi tersebut, Anda mendapatkan peringatan suara khusus dan diizinkan untuk menerima pemesanan itu lebih cepat daripada yang lain. Ketika kami bertanya kepada Deliveree mengapa mereka membuat Pemesanan Prioritas, inilah jawaban mereka:

“Tujuan kami adalah untuk memungkinkan pengemudi kami memaksimalkan penggunaan kendaraan mereka. Saat Anda mengemudikan kendaraan Anda kembali kosong, Anda tidak mendapatkan dan kehilangan uang. Saat Anda mengendarai kendaraan Anda kembali dengan muatan, Anda meningkatkan pemanfaatan kendaraan Anda dan karenanya meningkatkan penghasilan Anda. Inilah yang kami inginkan untuk Anda, jadi kami membuat Pesanan Prioritas untuk membantu Anda mencapainya.”
 Apoorvaa Agarwal, Indonesia Country Director, Deliveree

Saat Anda membuka aplikasi driver, tampilan pertama yang akan Anda lihat adalah Halaman “Permintaan”, di mana Anda akan melihat detail pemesanan yang diberikan kepada Anda. Tombol “Pesanan Prioritas” terletak di kiri bawah. Dengan alat ini, Anda dapat memilih kriteria berikut untuk permintaan pemesanan Anda:

  1. Tipe Jadwal Pemesanan
  2. Filter “Arah Pulang”
  3. Hingga 4 tambahan prioritas lokasi penjemputan dan pengantaran.

1. Memilih Tipe Jadwal Pemesanan
Di Deliveree, ada beberapa jenis waktu pemesanan yang bisa dilakukan, seperti segera (dalam 2-4 jam), terjadwal (seawal 2 minggu), sehari penuh (pemesanan 8-10 jam), dan banyak lagi. Di dalam Pesanan Prioritas, bagian pertamanya disebut “Pengaturan Permintaan Baru” di mana Anda diminta untuk memilih jenis waktu.

2. Filter Arah Pulang
Bagian kedua adalah filter backhaul. Mengaktifkan sakelar “aktif” memungkinkan Anda melihat pemesanan yang memiliki rute dengan lokasi pengantaran terakhir di sekitar area rumah Anda. Nanti, saat Anda kembali ke halaman Permintaan, aplikasi akan menyimpan pemesanan yang sesuai dengan rute backhaul untuk ditampilkan di bagian atas daftar pemesanan untuk Anda. Akan ada ikon teropong sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

3. Tambahan Prioritas Lokasi Penjemputan dan Pengantaran
Ini memungkinkan Anda untuk mengatur pemesanan prioritas Anda berdasarkan lokasi penjemputan dan/atau pengantaran yang Anda inginkan untuk mendapatkan pemesanan dengan rute yang cocok dalam radius 4 km. Berikut beberapa contohnya:

  • Anda dapat mengatur penjemputan sebagai lokasi Anda saat ini dan lokasi pengantaran ke Surabaya.
  • Atau, Anda dapat memasukkan lokasi penjemputan dan pengantaran untuk mendapatkan pemesanan yang sesuai dengan rute dalam jarak 4 km.

Ini cara yang bagus untuk mendapatkan pemesanan antarkota. Anda dapat menambahkan hingga 4 prioritas lokasi penjemputan dan pengantaran yang berbeda ke Pesanan Prioritas Anda.

Estimasi Pendapatan & Benefit

Deliveree memberikan insentif besar untuk pengemudi mereka. Di bawah ini, kami membagikan perkiraan pendapatan untuk armada truk yang dapat Anda harapkan saat menjadi pengemudi Deliveree. Perhatikan bahwa penghasilan Anda dapat bervariasi tergantung pada jumlah pesanan yang Anda ambil, jenis pesanan, dan jarak.

Tabel: Estimasi Pendapatan Deliveree untuk Truk dengan 20 Pemesanan

Tipe KendaraanEstimasi Pendapatan
Engkel (CDE)Rp 20 jt
Double Engkel (CDD)Rp 24 jt
CDD LongRp 31 jt
FusoRp 45 jt
TrontonRp 53 jt

.
Setelah Anda diterima sebagai pengemudi Deliveree, ada beberapa keuntungan dan bonus yang dapat Anda harapkan dalam hal insentif tambahan seperti stiker pembayaran bulanan dan bonus aktivitas lainnya. Manfaat dalam bentuk kelas sertifikasi yang memungkinkan pengemudi memperoleh serangkaian keterampilan untuk mengakomodasi pemesanan yang lebih khusus. Dan manfaat lainnya seperti fleksibilitas jam kerja, di mana Anda dapat memilih untuk bekerja penuh waktu, paruh waktu, atau kapan saja.

Tipe Kendaraan yang Diterima

Berikut adalah 10 kendaraan dan truk yang diterima di platform Deliveree.

Tabel: Jenis Kendaraan yang Diterima Deliveree

TipeKapasitas
Motor20 kg
Ekonomi200 kg
Van720 kg
Mobil Box800 kg
Mobil Pickup800 kg
Engkel (CDE)2,2 ton
Double Engkel (CDD)4 ton
CDD Long5 ton
Fuso8 ton
Tronton18 ton

Lowongan Kerja Sopir Truk Ritase

Ritase adalah platform logistik seperti Deliveree dan Kargo Tech yang beroperasi di antara pihak-pihak yang mereka sebut sebagai shipper (pelanggan), transporter (vendor truk), dan driver. Salah satu platform dengan permintaan tinggi dengan cakupan area adalah sebagai berikut:

  • Lokasi Penjemputan: Jabodetabek
  • Lokasi Pengantaran: Jawa & Bali

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota Untuk Ritase

Di Ritase, ada dua cara Anda bisa mendapatkan lowongan kerja sopir truk, dari penugasan Aplikasi Pengemudi dan Penawaran di Aplikasi Ritase TMS jika Anda adalah transporter atau vendor truk.

1. Aplikasi Pengemudi: Tugas
Setelah Anda terdaftar sebagai Pengemudi Ritase, Anda akan mendapatkan akses ke aplikasi Pengemudi Ritase. Anda akan mendapatkan permintaan pemesanan dari halaman pertama, Halaman “Tugas”. Di sana, Anda dapat melihat detail tentang pengantaran pemesanan, lokasi penjemputan, dan detail lainnya. Ini akan menjadi tempat utama di mana Anda bisa mendapatkan pemesanan.

Sayangnya, tidak banyak fitur yang tersedia untuk aplikasi Ritase Driver. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kontrol atas pemesanan yang ingin Anda ambil, di Ritase, Anda akan dapat melakukannya jika Anda bergabung dengan transporter.
.
2. Aplikasi Ritase TMS: Bidding
Jika Anda seorang vendor truk atau disebut juga Transporter, Anda akan diizinkan untuk mengakses Aplikasi Ritase TMS di mana Anda dapat melakukan penawaran. Proses penawaran memungkinkan baik pengangkut dan pelanggan untuk menentukan harga yang sesuai secara bersama-sama.

Selama proses bidding, terdapat checkbox transporter dapat mencentang checkbox sistem untuk mendapatkan backhaul order khusus untuk driver. Untuk melakukannya, Anda perlu memasukkan harga, tanggal, dan waktu tunggu maksimum yang Anda inginkan. Setelah pesanan backhaul yang Anda usulkan dikirimkan, Anda dapat menunggu pelanggan menerimanya dan sistem memberikannya kepada Anda.

Fitur kalender Ritase TMS memungkinkan Anda memberi tahu pelanggan dan sistem bahwa Anda tersedia untuk mengambil pemesanan untuk rute, harga, kendaraan, dan waktu tertentu. Dan kemudian, Anda harus menunggu sampai sistem menemukan pesanan yang sesuai dengan kriteria Anda.

Estimasi Pendapatan & Benefit

Di Ritase, sebagian besar pesanan akan melalui proses penawaran yang dilakukan di aplikasi seluler atau situs web TMS mereka. Penawaran mengharuskan pelanggan dan pengemudi untuk menyepakati harga untuk pesanan tertentu. Dengan demikian, tidak ada perkiraan tetap atau rentang penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Dalam hal manfaat Pengemudi, ada beberapa hal yang dapat Anda nantikan, yang pertama adalah Insentif Poin dan Hadiahnya, yang memungkinkan Anda mengumpulkan poin untuk setiap pesanan yang Anda selesaikan. Dan poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai item seperti BBM, Pulsa, Kuota Internet, atau Voucher Belanja untuk toko-toko yang bekerjasama dengan Ritase. Dan yang kedua adalah Asuransi Pengemudi, dimana Anda berhak mendapatkan perlindungan asuransi jiwa.

Tipe Kendaraan yang Diterima

Ada lima jenis kendaraan dan truk utama yang dapat Anda daftarkan untuk Ritase. Anda juga dapat mendaftar jika Anda memiliki truk reefer atau pendingin dalam 4 kriteria (tidak termasuk Van).

Tabel: Kendaraan dan Truk yang Diterima Ritase

TipeKapasitas
Van720 kg
Mobil Pickup800 kg
Engkel (CDE)2,2 ton
Double Engkel (CDD)4 ton
CDD Long5 ton

Lowongan Kerja Sopir Truk Kargo Technologies

Kargo Technologies memberikan salah satu lowongan kerja sopir truk ekspedisi yang populer di kalangan pengemudi truk dan vendor. Saat ini mereka menerima 8 jenis kendaraan dan truk dengan wilayah pelayanan Jabodetabek, Bali, dan Sumatera.

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota untuk Kargo Technologies

Menurut situs Kargo Tech, Anda bisa mendapatkan pesanan apa pun melalui aplikasi Kargo Driver yang disebut Mitra Kargo. Untuk mendapatkan akses ke aplikasi, pertama, Anda harus terdaftar sebagai driver Kargo Tech.

1. Halaman Pengiriman
Di dalam aplikasi, Anda dapat menggunakan halaman “Pengiriman” untuk menemukan potensi pemesanan yang dapat Anda ambil. Ini berisi dua bagian yang disebut, “Pengiriman Saat Ini” dan “Pengiriman Berikutnya,” di mana Anda dapat melihat semua permintaan yang aktif. Tidak banyak kendali atas jenis permintaan yang akan Anda terima.

2. Halaman Informasi Muatan
This page is available in the app to show the list of companies that works with Kargo Tech and their load details, operational hours, potential fee, and more.

3. Program Backhaul
Di luar aplikasi Mitra Kargo, Kargo Tech memiliki program backhaul untuk armada dan pengemudi yang selektif. Program backhaul saat ini tersedia untuk pengemudi dengan kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki Tronton Wing Box dengan kapasitas 25 ton
  • Memiliki akun Vendor Kargo

Saat ini, rute backhaul hanya tersedia di area berikut:

  • Jawa Barat : Bekasi, Cikarang
  • Jawa Tengah : Semarang, Sragen, Solo, Cilacap

Proses pendaftaran program backhaul dengan cara menghubungi admin melalui WhatsApp, informasi tentang admin backhaul tersedia di situs Kargo Tech.

Estimasi Pendapatan & Benefit

Informasi tentang perkiraan pendapatan Kargo Technologies tidak tersedia untuk umum. Namun, kami dapat mengumpulkan beberapa informasi berguna sebagai berikut:

Tabel: Estimasi Penghasilan Pengemudi Kargo Technologies untuk Engkel dan Tronton

Tipe KendaraanEstimasi Pendapatan
Truk EngkelJarak tempuh 700 km: Rp 3,5 jt
Jarak tempuh 1.200 km: Rp 6 Juta
Truk TrontonJarak tempuh 700 km: Rp 6 jt
Jarak tempuh 1.200 km: Rp 9,5 Juta

.
Harap dicatat bahwa perkiraan ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat komisi dan area layanan saat ini. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda harapkan saat melamar sebagai driver Kargo Tech seperti kemudahan akses beban harian, mendapatkan backhaul, dan pembayaran yang cepat.

Tipe Kendaraan yang Diterima

Ada 8 jenis truk yang diterima Kargo Tech saat ini. Lihat di tabel di bawah ini:

Tabel: Kendaraan yang Diterima Kargo Tech

TipeKapasitas
Van720 kg
Mobil Box800 kg
Mobil Pickup800 kg
Engkel2,2 ton
Double Engkel4 ton
CDD Long5 ton

Lowongan Kerja Sopir Truk GoBox

GoBox adalah cabang layanan dari platform GoJek terkenal yang populer untuk pindahan rumah daripada barang bisnis. Mereka menerima berbagai macam kendaraan, termasuk truk engkel, pick up kecil, dan blind van. GoBox menawarkan berbagai area layanan, termasuk 16 kota besar Indonesia di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Lowongan Kerja Sopir Truk Luar Kota untuk GoBox

Mirip dengan sebagian besar aplikasi dari penyedia lain. Setelah Anda terdaftar sebagai driver GoBox yang aktif, Anda akan memiliki akses untuk melihat semua permintaan Anda di Aplikasi Driver Gojek.

1. Dapatkan Pesanan dari Halaman Permintaan
Kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pesanan yang akan datang dari halaman permintaan. Juga akan ada peringatan notifikasi yang akan Anda terima saat aplikasi Anda dalam keadaan siaga atau disetel bahwa Anda siap menerima pesanan.

2. Jenis Pemesanan
Ada dua jenis pemesanan yang dapat Anda lakukan, yang pertama adalah pemesanan angkutan barang untuk barang besar seperti sepeda motor dan pemesanan pindahan untuk mengakomodasi pelanggan untuk mengangkut barang-barang terkait pindahan mereka.

Tidak banyak detail yang dapat dikumpulkan tim kami dalam hal bagaimana driver GoBox bisa mendapatkan pemesanan backhaul atau jarak jauh. Meskipun GoBox memiliki area layanan paling banyak, mereka lebih terkenal untuk orang-orang yang pindah rumah atau mengangkut sepeda motor.

Estimasi Pendapatan & Benefit

GoBox hanya mengungkapkan perkiraan pendapatan umum mereka, yang dapat Anda temukan di bawah.

Tabel: Estimasi Penghasilan GoBox

Durasi WaktuEstimasi Pendapatan
HarianSekitar Rp 500-700 rb (>2 Pemesanan)
BulananSekitar Rp 12 jt (>2 Pemesanan)

.
Meskipun ada beberapa manfaat dan bonus tambahan yang dapat Anda harapkan seperti bonus Aktivitas di mana Anda mungkin menerima sekitar Rp 35-90 rb per jumlah pesanan yang Anda selesaikan, ada juga Asuransi Pengemudi yang dapat Anda manfaatkan dalam bentuk asuransi kesehatan.

Tipe Kendaraan yang Diterima

Hanya ada 4 jenis truk yang diterima GoBox. Seperti namanya, GoBox hanya menerima kendaraan dan truk dengan kargo Box dan bukan truk pickup.

Tabel: Kendaraan dan Truk yang Diterima GoBox

TipeKapasitas
Van720 kg
Mobil Box800 kg
Engkel Box2,2 ton
Double Engkel Box4 ton

Persyaratan dan Proses Registrasi

Ketika mengandalkan broker beban tidak resmi terlalu tidak pasti dan rumit, bergabung dengan perusahaan ekspedisi konvensional bisa terlalu mengikat. Di situlah 4 pilihan top layanan ekspedisi online seperti Deliveree, Kargo Tech, Ritase, dan GoBox hadir dengan solusi dimana Anda tetap bisa fleksibel dan yakin akan mendapatkan pesanan setiap hari. Kami secara khusus meninjau empat ekspedisi online untuk pengiriman antar kota dengan permintaan tinggi dan peluang untuk mendapatkan lowongan kerja sopir truk luar kota dan muatan balikan, sehingga Anda dapat memaksimalkan penghasilan Anda dan menghindari pulang dalam keadaan kosong.

Daftar Driver Truk Deliveree 2022

Untuk menjadi pengemudi Deliveree, Anda harus melengkapi persyaratan dan proses pendaftaran. Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang perlu Anda persiapkan untuk proses pendaftaran.

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • SIM (SIM harus sesuai dengan kendaraan yang Anda daftarkan)
  • KK
  • STNK aktif
  • Pajak kendaraan
  • KIR
  • SKCK (Opsional)

Deliveree menawarkan dua cara untuk mendaftar sebagai pengemudi atau vendor truk, online dan offline. Pendaftaran online memungkinkan Anda untuk mendaftar di mana saja dan kapan saja. Sementara pendaftaran offline di tempat memungkinkan Anda mengunjungi pusat pelatihan mereka dan meminta seseorang untuk memandu prosesnya. Pusat pelatihan mereka tersedia di beberapa kota di Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan banyak lagi.

Tabel: Proses Registrasi Deliveree Online dan Offline

RegistraisRincian
Online (Aplikasi)
  1. Instal aplikasi Deliveree Driver di Playstore
  2. Isi formulir pendaftaran
  3. Selesaikan proses pelatihan
  4. Bayar deposit dan tunggu 1-2 hari untuk diaktifkan
Offline (Di Lokasi)
  1. Dapatkan informasi tentang lokasi pelatihan terdekat.
  2. Bawa semua dokumen yang dibutuhkan dan kendaraan Anda.
  3. Selesaikan proses pelatihan
  4. Dapatkan diverifikasi dan diaktifkan di situs.

Daftar Driver Truk Ritase 2022

Berikut ini adalah dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk pendaftaran online Ritase.

  • KTP
  • NPWP
  • SIM
  • STNK

Setelah Anda mengumpulkan dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan proses aktivasi.

  1. Kunjungi halaman pendaftaran Ritase dan pilih Pengemudi (jika Anda seorang pengemudi individu) atau Transporter (jika Anda adalah vendor truk)
  2. Buat akun pengemudi Anda dengan mengisi formulir online
  3. Tunggu email konfirmasi
  4. Dapatkan Aplikasi Driver Ritase dan selesaikan proses pendaftaran
  5. Tunggu Tim Ritase memverifikasi data Anda dan mengaktifkan akun Anda

Daftar Driver Truk Kargo Technologies 2022

Ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan sebelum melamar Kargo Tech Transporter:

  • KTP
  • SIM
  • KK/NPWP Perorangan
  • Foto STNK dan Plat Nomor
  • Akun rekening bank

Dokumen-dokumen di atas kemudian akan digunakan selama proses pendaftaran yang kami rangkum dalam 5 langkah mudah di bawah ini:

  1. Instal aplikasi Kargo Vendor di Playstore
  2. Isi formulir yang sesuai
  3. Tunggu verifikasi dari tim teknologi Kargo
  4. Bayar setoran dan aktifkan

Daftar Driver Truk GoBox 2022

Proses pendaftaran GoBox mengharuskan pelamarnya untuk menyiapkan salinan fisik dari dokumen-dokumen berikut.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • SIM yang berlaku cocok dengan kendaraan yang Anda daftarkan.
  • STNK
  • SKPD
  • SKCK
  • KIR

Berhati-hatilah karena pendaftaran GoBox tidak selalu terbuka. Anda dapat secara teratur memeriksa halaman web rekrutmen pengemudi mereka dan begitu ada pendaftaran terbuka, harap baca dengan seksama untuk lokasi di mana pendaftaran saat ini dibuka. Jika Anda memenuhi syarat untuk itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Baca detail rekrutmen terbuka bagian Gabung GoBox di situs GoJek dengan cermat.
  2. Mengisi formulir pendaftaran terbuka secara online.
  3. Tunggu SMS dan undangan pelatihan ke driver center terdekat.
  4. Selesaikan pelatihan, bayar deposit, dan aktifkan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah lowongan kerja sopir truk luar kota ekspedisi online lebih menguntungkan?

Bergabung dengan ekspedisi online yang hebat memungkinkan Anda mengakses permintaan pemuatan rutin dan tetap fleksibel terhadap waktu. Apalagi jika dibandingkan dengan bekerja sama dengan calo beban tidak resmi yang tidak pasti dan perusahaan ekspedisi konvensional yang mungkin terlalu mengikat. Selain itu, baca bagaimana Deliveree dan Ritase dapat memudahkan Anda dalam menemukan pesanan jarak jauh dan jarak jauh di artikel kami!

Lowongan kerja sopir truk ekspedisi mana yang memungkinkan Anda memaksimalkan penghasilan?

Penyedia ekspedisi yang baik adalah yang memastikan truk Anda tidak pernah mengosongkan sebagian besar jam operasional Anda. Ketika Anda menerima pesanan dari titik A ke titik B dan kembali dari titik B ke A kosong, itu adalah peluang dan biaya yang terbuang sia-sia. Kami mencakup ekspedisi online seperti Deliveree dan Ritase yang memiliki cara canggih untuk menjaga truk Anda tetap penuh dan lebih memaksimalkan pendapatan Anda. Pelajari lebih lanjut di artikel kami!

Mengapa muatan balikan penting di lowongan kerja sopir truk ekspedisi?

Tidak banyak perusahaan ekspedisi yang menyadari bahwa mencegah truk pengiriman pulang dalam keadaan kosong dapat meningkatkan penggunaan truk dan memaksimalkan pendapatan. Beberapa penyedia ekspedisi justru menerapkannya. Bagaimana mereka melakukannya? Misalnya, aplikasi pengemudi Deliveree memungkinkan pengemudi untuk diberitahu ketika ada pemesanan yang sesuai dengan rute backhaulnya. Baca lebih lanjut tentang bagaimana Deliveree dan ekspedisi online lainnya melakukannya di artikel kami!


Artikel Terkait

  1. Ritase Logistik: Siap Berkontribusi Bangun IKN
  2. Ekspansi Kargo Tech Ke Area Layanan Lebih Luas
  3. Kesehatan Kulit Sangat Penting bagi Pengemudi Truk