Your browser does not support JavaScript!

Cara Daftar Kurir Online 5 Platform Terbesar (2022)

By Cat Dewinta - 15 Ags, 2022

Cara daftar kurir online

Artikel ini adalah panduan eksklusif kami cara daftar kurir untuk 5 platform ekspedisi online besar dengan permintaan tertinggi: Deliveree, Lalamove, GoBox, GrabExpress, dan Maxim Cargo. Untuk menemukan platform daftar kurir terbaik untuk Anda, kami memandu Anda tentang persyaratan terperinci, proses pendaftaran, dan perkiraan pendapatan. Pada akhirnya, kami memberi Anda pro dan kontra dari setiap cara daftar kurir online sehingga Anda dapat memilih dengan bijak.

Cara Daftar Kurir Deliveree

Deliveree adalah salah satu layanan pengiriman truk dan kargo paling populer di Indonesia dengan volume pesanan harian yang tinggi dan basis pelanggan bisnis terkenal yang menggunakannya. Mereka menerima 10 jenis kendaraan mulai dari ekonomi, van, kotak kecil, dan pickup kecil hingga truk yang lebih besar seperti engkel, engkel ganda, fuso, dan tronton. Awal tahun ini, Deliveree meluncurkan sepeda motor sebagai tipe armada baru mereka di wilayah Jabodetabek. Secara keseluruhan, Deliveree adalah pilihan yang populer di kalangan pelamar daftar kurir.

Di bawah ini, kami membagikan kepada Anda beberapa perkiraan pendapatan dan insentif yang bisa Anda dapatkan jika Anda bergabung dengan mereka. Informasi ini diambil dari situs web dan halaman media sosial mereka.

Tabel: Estimasi Pendapatan & Insentif Tambahan Deliveree 2022

Estimasi Penghasilan Bulanan Motor: Rp 4,8 Jt
*20 Pemesanan/BulanEkonomi: Rp 25,6 Jt
Van: Rp 28,1 Jt
Mobil Pickup: Rp 28,9 Jt
Mobil Box: Rp 31,1 Jt
Insentif Tambahan– Bonus Aktivitas: Tersedia berdasarkan aktivitas
– Pasang Sticker: Pembayaran Bulanan

*sampel pendapatan di Area Jakarta

Kami menyarankan untuk memeriksa kalkulator pendapatan di situs web mereka untuk kendaraan yang lebih besar. Situs web Deliveree memiliki bagian driver yang berisi informasi dan FAQ bermanfaat yang dapat Anda periksa sebelum mendaftar dan diaktifkan sebagai driver. Selanjutnya simak bagaimana cara daftar kurir di Deliveree.

Persyaratan

Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang perlu Anda persiapkan untuk proses pendaftaran.

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • SIM (SIM harus sesuai dengan kendaraan yang Anda daftarkan)
  • KK
  • STNK aktif
  • Pajak kendaraan
  • KIR
  • SKCK (Opsional)

Langkah Pendaftaran

Deliveree menawarkan dua proses pendaftaran cara daftar kurir online dan offline. Cara paling populer untuk mendaftar adalah online melalui Aplikasi Driver mereka. Namun, pilihan lain adalah mendaftar secara offline, tersedia di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lainnya.

Registrasi online:
1. Instal aplikasi Deliveree Driver di Playstore
2. Isi formulir pendaftaran
3. Selesaikan proses pelatihan
4. Bayar deposit dan tunggu 1-2 hari untuk diaktifkan

Pendaftaran Offline di Tempat
1. Dapatkan informasi tentang lokasi pelatihan terdekat.
2. Bawa semua dokumen yang diperlukan dan kendaraan Anda.
3. Selesaikan proses pelatihan
4. Dapatkan verifikasi dan aktivasi di situs.

🟢 Apa yang Kami Sukai Tentang Deliveree

Dari puluhan platform ekspedisi online yang telah kami uji, Deliveree adalah yang terbaik karena memiliki volume pesanan yang tinggi serta aplikasi yang mudah digunakan dengan alat dan fitur hebat ditambah hotline dukungan khusus untuk pengemudi yang buka 24 jam per hari, 7 hari per minggu.

Beberapa sorotan dari proses pendaftaran Deliveree:

1. Mereka menerima lebih dari 10 jenis kendaraan dan truk.
2. Pendaftaran tersedia secara online, atau Anda dapat melakukannya di pusat pengemudi mereka.
3. Aplikasi driver yang ramah pengguna namun kuat.
4. Hapus penaksir penghasilan yang dapat Anda gunakan sebelum memutuskan apakah Anda ingin bergabung.

🔴 Apa yang Dapat Ditingkatkan oleh Deliveree

Wilayah layanan Deliveree adalah Jawa dan sebagian Sumatera. Mereka belum secara nasional. Ketika kami bertanya kepada CS mereka, kami diberitahu bahwa mereka belum memiliki komitmen waktu kapan mereka akan meluncurkan area layanan baru di luar Jawa dan Sumatera. Jika Anda berada di luar area layanan ini, kami sarankan Anda melihat salah satu aplikasi lain yang kami bahas dalam panduan ini.

Cara Daftar Kurir Lalamove

Lalamove adalah layanan populer lainnya yang menghadirkan kendaraan kecil termasuk sepeda motor, sedan, ekonomi, van, pikap kecil, boks kecil, boks engkel, dan pikap engkel. Mereka tersedia di semua kota besar di Jawa tetapi berspesialisasi dalam pemesanan jarak pendek. Satu-satunya rute kota-ke-kota yang mereka tawarkan adalah antara Jakarta dan Bandung. Kami menelusuri situs web daftar kurir Lalamove untuk menemukan perkiraan penghasilan untuk Anda serta insentif tambahan. Lihat di bawah untuk apa yang kami temukan.

Tabel: Estimasi Pendapatan & Insentif Tambahan Lalamove 2022

Estimasi PenghasilanHarian: Hingga Rp 500-700 Rb
Bulanan: Hingga Rp 8,5 Jt
Insentif Tambahan– Rp 30 rb untuk 2 pemesanan selesai
– Rp 200 rb untuk 10 pemesanan selesai
– Bonus pasang stiker bulanan

*Berdasarkan Lalamove Website

Persyaratan

Beberapa dokumen yang harus Anda serahkan untuk proses pendaftaran.

– KTP pribadi
– KTP kontak darurat
– Nomor telepon kontak darurat
– SIM berlaku untuk kendaraan yang Anda daftarkan
– STNK
– KK
– SKCK

Langkah Pendaftaran

Proses pendaftaran Lalamove sebagian besar dilakukan secara online. Anda harus melakukan langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan pendaftaran dan diaktifkan.

1. Instal aplikasi Lalamove Delivery Partner di Playstore
2. Isi formulir pendaftaran
3. Ikuti pelatihan online
4. Bayar deposit dan tunggu 1-3 hari untuk mengaktifkan

🟢 Yang Kami Sukai Tentang Lalamove

Lalamove baru di Indonesia tetapi telah menjadi populer di kalangan pengemudi dan pelanggan ritel dalam waktu singkat. Beberapa sorotan dari proses pendaftaran Lalamove:

1. 8 jenis kendaraan dan truk
2. Manfaat asuransi untuk pengemudi
3. Pendaftaran online

🔴 Apa yang Dapat Ditingkatkan Lalamove

Lalamove tidak tersedia di banyak tempat karena sebagian besar aplikasi di daftar 5 teratas kami. Mereka hanya tersedia di kota-kota besar dan hanya di Jawa. Jika Anda mencari pekerjaan jarak jauh dengan harga lebih tinggi atau mencoba mencari pekerjaan backhaul untuk mendapatkan bayaran saat Anda mencoba pulang, Lalamove tidak akan menjadi pilihan yang baik untuk Anda kecuali Jakarta <> Bandung.

Cara Daftar Kurir GoBox

GoBox, sebagai bagian dari platform GoJek yang terkenal, juga merupakan layanan pengiriman yang populer di Indonesia, terutama untuk pindahan rumah. Mereka menerima jenis kendaraan, antara lain blind van, small box, small pickup, dan engkel truck (CDD). GoBox merupakan salah satu platform dengan banyak pilihan wilayah layanan, termasuk 16 kota besar di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Kami mengumpulkan perkiraan pendapatan bulanan GoBox dan daftar informasi insentif aktivitas harian di bawah ini.

Tabel: Estimasi Pendapatan & Insentif Tambahan GoBox

Estimasi PenghasilanHarian: Sekitar Rp 500-700 rb (> 2 pesanan)
Bulanan: Sekitar Rp 12 Jt (>20 pesanan)
Angka Pemesanan>20 Pemesanan per bulan
Pembayaran– Mingguan
– Harian
Bonus TambahanTersedia berdasarkan aktivitas

*sampel pendapatan di Area Jawa

Persyaratan

Proses pendaftarannya mengharuskan pelamar untuk menyiapkan salinan fisik dari dokumen-dokumen berikut.

– Kartu Tanda Penduduk (KTP)
– SIM yang berlaku cocok dengan kendaraan yang Anda daftarkan.
– STNK
– SKPD
– SKCK
– KIR

Langkah Pendaftaran

Pendaftaran GoBox tidak selalu terbuka. Oleh karena itu, kami sarankan Anda secara teratur memeriksa halaman web rekrutmen driver mereka. Harap diperhatikan bahwa pendaftaran tidak selalu terbuka untuk semua lokasi, jadi Anda harus membaca dengan seksama.

Ketika Anda melihat pendaftaran terbuka di situs mereka, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:
1. Baca detail rekrutmen terbuka bagian Gabung GoBox di situs GoJek dengan cermat.
2. Mengisi formulir pendaftaran terbuka secara online.
3. Tunggu SMS dan undangan pelatihan ke driver center terdekat.
4. Selesaikan pelatihan, bayar deposit, dan aktifkan.

🟢 Apa yang Kami Suka Tentang GoBox

Menjadi salah satu dari sekian banyak pilihan transportasi di Aplikasi GoJek, GoBox telah menjadi pilihan populer untuk pindah rumah karena kenyamanannya. Berikut beberapa hal yang kami sukai dari GoBox yang mungkin Anda nantikan sebagai driver.

1. Insentif harian mudah dicapai dengan mengambil setidaknya 2 pemesanan.
2. Memiliki wilayah pelayanan terluas (16 kota besar di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, & Sulawesi)
3. Sebagai pengemudi aktif, Anda berhak atas asuransi pengemudi mereka.

🔴 Apa yang Dapat Ditingkatkan oleh GoBox

Meski popularitas GoBox cukup tinggi di kalangan pengguna GoJek, namun cukup disayangkan pendaftaran GoBox tidak selalu dibuka. Tidak mungkin calon pengemudi bisa mendapatkan notifikasi ketika ada pendaftaran terbuka di kota mereka. Hal lain yang menurut kami dapat ditingkatkan oleh GoBox adalah menerima lebih banyak jenis truk. Saat ini, mereka hanya menerima beberapa jenis kendaraan; van, kotak kecil, pikap kecil, kotak engkel, dan engkel bak.

Cara Daftar Kurir GrabExpress

Baru-baru ini, GrabExpress telah menjadi pilihan pengiriman populer untuk platform e-commerce dan pengecer di samping GoBox/GoSend. Dengan dua pilihan kendaraan yang tersedia (sepeda motor dan mobil), kurir GrabExpress beroperasi pada pengiriman jarak pendek dengan kapasitas muatan maksimum 150 kg. Untuk pengiriman antar kota, GrabExpress menggunakan layanan lain seperti Ninja Xpress dan Anteraja. Untuk wilayah layanan, GrabExpress memiliki pilihan wilayah operasional terluas untuk pengiriman dalam kota dengan 34 kota besar di Indonesia, meliputi sebagian Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Kami mengumpulkan perkiraan pendapatan yang bisa Anda dapatkan setiap hari dan setiap bulan untuk Area Kota Jawa dan dua jenis bonus yang dapat Anda harapkan untuk pengemudi baru dan imbalan berbasis aktivitas.

Tabel: Estimasi Pendapatan & Insentif Tambahan GrabExpress 2022

Pendapatan DasarHarian: Sekitar Rp 500-700 rb
Bulanan: Sekitar Rp 5-8 Jt
Insentif Tambahan– Untuk driver baru: Bonus aktivitas Rp 250 rb/minggu
– Untuk driver regular: Insentif setelah 4 pesanan per hari

*sampel pendapatan kota-kota di area Jawa

Persyaratan

Seperti platform lainnya, Anda harus menyiapkan salinan fisik dari dokumen yang diperlukan. Yang unik dari pendaftaran GrabExpress adalah Anda harus memberikan bukti domisili Anda saat ini dengan KTP atau surat domisili yang dikeluarkan oleh kantor pemerintah setempat. Lihat dokumen lengkap yang diperlukan di bawah ini.

– KTP atau Surat Domisili (Jika Alamat KTP berbeda dengan alamat sekarang)
– SIM
– STNK
– Dokumen Pajak Kendaraan
– SKCK

Langkah Pendaftaran

Tidak seperti platform lainnya, di Grab Express, Anda harus hadir di Grab Driver Center terdekat untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Untungnya, pusat pengemudi tersedia di kota mana pun di mana layanan ini tersedia. Berikut adalah ringkasan proses pendaftaran GrabExpress.

1. Kunjungi Situs Web Pendaftaran Grab untuk mengisi formulir secara online.
2. Kunjungi Lokasi Pengemudi Grab untuk verifikasi dokumen
3. Selesaikan proses pelatihan di tempat.
4. Bayar deposit dan aktifkan.

🟢 Yang Kami Sukai Tentang GrabExpress

Kami memilih tiga hal bermanfaat jika Anda bergabung dengan GrabExpress.

1. Salah satu platform dengan area layanan terluas.
2. Insentif besar untuk pengemudi baru di bulan aktif pertama mereka.
3. Akses yang baik ke pusat-pusat pengemudi di seluruh Indonesia.

🔴 Apa yang Dapat Ditingkatkan oleh GrabExpress

Sebagai pengemudi GrabExpress, Anda tidak akan memiliki opsi untuk mendapatkan pemesanan antar kota, dan permintaan pengiriman lebih cenderung berupa pemesanan jarak dekat. Peluang pengemudi untuk memaksimalkan pendapatannya mungkin hanya tersedia dari bonus aktivitas harian. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa Grab Express tidak menerima berbagai macam kendaraan; mereka hanya menerima sepeda motor dan mobil.

Cara Daftar Kurir Maxim Cargo

Mirip dengan GoBox dan GrabExpress, Maxim Cargo merupakan salah satu layanan pengiriman online yang merupakan bagian dari platform taksi online. Perbedaan utama adalah bahwa cara daftar kurir Maxim Cargo memungkinkan pengemudi dan pelanggan mereka untuk menawar dan mendapatkan harga pengiriman yang disepakati oleh pelanggan dan pengemudi. Maxim Cargo memiliki harga dasar yang dapat Anda gunakan sebagai harga minimum yang ditawarkan, sehingga Anda tidak akan dibayar lebih rendah dari standar. Situs web mereka memiliki kalkulator pendapatan umum yang dapat Anda gunakan untuk menemukan estimasi pendapatan Anda. Di bawah ini, kami merangkum perkiraan pendapatan bulanan umum dan daftar insentif tambahan yang bisa Anda dapatkan.

Tabel: Estimasi Pendapatan & Insentif Tambahan Maxim Cargo 2022

Pendapatan DasarBulanan: Sekitar Rp 6-10Jt
Insentif Tambahan– Waktu sibuk dan bonus cuaca buruk
– Referral bonus dengan mengundang 1 pelanggan dengan kode referral (Rp 10 rb per pelanggan)

*sampel pendapatan di Area Jakarta

Persyaratan

Maxim Cargo mengharuskan Anda untuk menyiapkan lebih sedikit dokumen daripada platform lain. Berikut dokumen yang diperlukan untuk melengkapi proses registrasi Maxim Cargo.
– SIM
– STNK
– KTP
– SKCK

Langkah Pendaftaran

Untuk mendaftar, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan secara online kapan saja, namun Anda perlu memastikan bahwa wilayah domisili Anda berada dalam wilayah layanan Maxim Cargo.

1. Instal Aplikasi Taxsee Driver di Playstore
2. Masuk ke situs Taxsee Registration dan isi formulir (pilih opsi Kargo)
3. Masuk ke aplikasi
4. Bayar deposit dan tunggu aktivasi

🟢 Yang Kami Sukai Tentang Maxim Cargo

Maxim Cargo dikenal di kalangan pelanggan Maxim Taxi. Layanan kargo mereka populer untuk pemindahan rumah dan transportasi bahan mentah dengan pickup kecil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang mungkin bermanfaat bagi pengemudi potensial.

1. Peluang untuk menerima pengiriman antar kota yang memungkinkan Anda menghasilkan lebih banyak.
2. Layanan tersedia di wilayah yang luas meliputi kota-kota besar di Jawa, sebagian Sumatera, dan sebagian Kalimantan.

🔴 Apa yang Dapat Ditingkatkan Maxim Cargo

Ada juga beberapa hal yang menurut kami dapat ditingkatkan. Yang pertama adalah jenis kendaraan yang diterima terbatas (4 jenis; sepeda motor, mobil, kotak kecil, dan pikap kecil), dan yang kedua adalah program kurangnya bonus. Insentif tambahan saat ini yang dapat Anda harapkan dari menjadi pengemudi Maxim Cargo adalah kenaikan harga saat hari hujan atau cuaca buruk dan insentif rujukan pengemudi sebesar Rp 10 rb per pelanggan baru.

Mana Yang Harus Anda Pilih?

Memilih platform ekspedisi online terbaik untuk bergabung dan daftar kurir memerlukan pemahaman tentang persyaratan dasar, proses, dan potensi keuntungan atau insentif yang bisa Anda dapatkan. Jika dibandingkan secara singkat, Deliveree lebih unggul dalam hal pendapatan tertinggi yang ditawarkan. Platform lain, seperti GoBox dan Grab Express, menawarkan jangkauan layanan yang luas bagi pengemudi untuk bergabung. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui platform mana yang memiliki permintaan tinggi karena pendapatan Anda akan bergantung pada jumlah pemesanan yang Anda ambil dan jarak yang Anda tempuh.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Siapa 5 besar platform daftar kurir online dengan pendapatan terbanyak?

Tim kami telah mengumpulkan perkiraan pendapatan dari Deliveree, Lalamove, GoBox, GrabExpress, dan Maxim Cargo. Tergantung pada tingkat aktivitas Anda dan pesanan yang Anda terima, mereka menawarkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Dari 5 layanan tersebut, perkiraan pendapatan pengemudi Deliveree adalah yang tertinggi. Cari tahu lebih lanjut di artikel kami!

Cara daftar kurir mana yang paling mudah dan cepat?

Semua 5 layanan memiliki proses pendaftaran yang mudah diikuti yang dapat diselesaikan dalam 1 hingga 3 hari (paling lama). Jika Anda mencari pendaftaran dan aktivasi 1 hari, pilihan terbaik adalah Deliveree, Lalamove, dan Maxim Cargo. Panduan kami memberikan penjelasan lengkap tentang opsi pendaftaran Anda dengan setiap layanan.

Layanan mana yang memberi Anda pilihan cara daftar kurir online atau tatap muka?

Dari 5 layanan teratas yang tercakup dalam panduan kami, Deliveree adalah satu-satunya yang menawarkan Anda pilihan untuk mendaftar sepenuhnya secara online atau melakukannya secara langsung di pusat pelatihan mereka. GrabExpress dan GoBox mengharuskan Anda untuk mengisi formulir online dan kemudian mengunjungi cabang terdekat untuk mengikuti pelatihan. Lalamove dan Maxim Cargo hanya menawarkan opsi online. Dapatkan detail lebih lanjut dengan membaca panduan kami.