Your browser does not support JavaScript!

JNE Trucking vs Deliveree: Menandingkan Raja Ekspedisi {2022}

By Cat Dewinta - 15 Okt, 2022

JNE Trucking

JNE Trucking dan Deliveree adalah raja ekspedisi di Indonesia dengan brand yang sudah terkenal, armada truk besar, dan layanan yang kompetitif. Tapi bagaimana jika kita bandingkan dan mana yang lebih baik? Tim editorial kami melakukan pengiriman barang dengan kedua layanan tersebut untuk menemukan jawabannya. Kami menemukan beberapa perbedaan besar (serta persamaan) dengan melibatkan tujuh kategori di bawah ini. Artikel ini adalah penyelaman mendalam kami untuk melihat lebih dalam dari ujung bongkahan es di permukaan guna menemukan apakah JNE Trucking dan Deliveree memenuhi gelar sebagai raja ekspedisi.

7 Kategori Perbandingan

1Mendapatkan Penawaran Harga
2Penjadwalan Pemesanan
3Waktu Pengiriman
4Pelacakan Pengiriman
5Dukungan Pelanggan
6Performa Pengemudi
7Penanganan Muatan

Pemenang Utama: Deliveree

Setelah menggunakan Deliveree dan JNE untuk transportasi kargo kami, pemenang utama dari perbandingan kami adalah Deliveree. Kami terkejut bahwa Deliveree mampu unggul dalam semua 7 kategori perbandingan. 7 kategori ini mewakili hal terpenting yang harus dinilai oleh layanan truk mana pun. Kami menunjukkan pemenang setiap kategori di bawah ini dalam urutan kronologis yang kami alami selama pemesanan kami yang sebenarnya.

JNE TruckingDeliveree
Mendapatkan Tawaran Harga👑
Penjadwalan Pemesanan👑
Waktu Pengiriman👑
Pelacakan Pengiriman👑
Dukungan Pelanggan👑
Performa Pengemudi👑
Penanganan Muatan👑
TOTAL07

.
Guna mempelajari lebih lanjut tentang pemesanan kami dan komentar lebih rinci tentang bagaimana Deliveree dibandingkan dengan JNE Trucking dalam masing-masing dari 7 kategori, teruslah membaca untuk diskusi dan analisis lebih mendalam di bawah ini.

Mengenai Pengiriman Kami

Sebelum kita menggali lebih jauh perbandingan antara raja ekspedisi, di bawah ini adalah detail lebih lanjut tentang pemesanan dan barang yang dipindahkan tim redaksi kami selama pemesanan perbandingan nyata ini. Seperti yang Anda lihat, kami menjaga hal-hal seadil dan sekonsisten mungkin antara kedua penyedia, penting bagi kami untuk mempertahankan perbandingan apple-to-apple yang adil dan setara.

Rincian Pengalaman Pemesanan

JNE TruckingDeliveree👑
Pilihan LayananJNE LogisticsDeliveree Satu Kendaraan
TujuanPick-up: Jakarta
Drop-off: Bogor
Jarak: 42 km
Pick-up: Bogor
Drop-off: Jakarta
Jarak: 42 km
Tipe KendaraanEngkel BoxEngkel Box
Berat Muatan200 kg (Furniture)200 kg (Furniture)
HargaRp 2,256,000Rp 555,500

.
Dalam ulasan ini, kami akan membahas ketujuh kategori dan memberikan pemikiran jujur kami terkait dengan pengalaman pemesanan dengan layanan JNE Trucking dan Deliveree.

Penawaran Harga (Price Quote)

Pertama dan terpenting adalah perbandingan harga! Hal pertama yang kami lakukan dengan kedua penyedia truk adalah mendapatkan penawaran harga untuk pemesanan truk kami. Ketika kami menghubungi CS Deliveree dari situs web mereka, mereka menjawab obrolan kami dengan sangat cepat dan memberi kami penawaran harga hanya dalam beberapa menit. Mereka mengobrolkan tautan kepada kami yang kami klik untuk mendapatkan penawaran instan kami. Mereka juga menjelaskan bahwa kami dapat mengunjungi kalkulator kutipan instan mereka di situs web mereka kapan saja untuk mendapatkan lebih banyak kutipan harga dengan sangat cepat. Di sisi lain, pengalaman kami dalam mendapatkan penawaran harga JNE Trucking lebih rumit dan kami harus melewati beberapa rintangan selama 24 jam untuk akhirnya mendapatkan penawaran harga kami. Kedua pengalaman ini sangat berbeda!

Langkah-langkah Mendapatkan Penawaran Harga

JNE TruckingDeliveree👑
Mendapatkan Tawaran Harga1. Hubungi CS dan dapatkan kontak PIC JNE Logistics1. Buka aplikasi mobile atau desktop
2. Hubungi PIC melalui WhatsApp2. Input alamat pick-up dan drop-off
3. Menjawab sejumlah pertanyaan mengenai pemesanan3. Memilih layanan tambahan
4. Mendapatkan dokumen penawaran harga4. Mendapatkan tawaran harga
Durasi: Sekitar 24 jam Durasi: 5 menit ✅
Harga FinalRp 2,256,000 Rp 555,500 ✅

.
Apakah Anda ingin melihat rincian harga yang lebih rinci dari setiap kutipan yang kami terima? Lihat di bawah untuk kutipan yang dikelompokkan berdasarkan item baris dengan komentar kami tentang apakah item tersebut termasuk dalam harga atau tidak atau jika Anda harus membayar ekstra untuk itu.

Perbandingan Penawaran Harga (Untuk Engkel Box)

JNE TruckingDeliveree
Penawaran HargaRp 1,9 JutaRp 480,5 Ribu
Pengemudi & BensinTermasukTermasuk
PPNTermasukTermasuk
Bongkar-MuatRp 300 RibuTermasuk
Bantuan TambahanTermasuk dalam bongkar-muatRp 75 Ribu
Asuransi StandarRp 56 RibuTermasuk
Tol & ParkirTidak termasuk, sesuai permintaanTidak termasuk, sesuai permintaan
Maks. PemberhentianBiaya tambahan, maks. 4 lokasiBiaya tambahan, maks. 10 lokasi
Waktu TungguTidak diperbolehkan ada waktu tunggu60 menit per lokasi
OvernightBiaya tambahan 35% dari penawaran hargaRp 20,000/jam setelah waktu tunggu gratis
Kirim Balik PODTermasukBiaya tambahan

.

Menjadwalkan Pemesanan Pengiriman Kami

Dalam hal penjadwalan penjemputan kami, cara penjadwalan pengiriman JNE Trucking sangat berbeda dibandingkan dengan Deliveree. Kami melakukan penjadwalan secara manual dengan menghubungi PIC JNE Logistics dan mengobrol dengan mereka setelah melakukan pembayaran berdasarkan penawaran harga mereka. Mereka sangat menganjurkan kami untuk menjadwalkan penjemputan kami setidaknya 24 jam sebelumnya. Ini sangat berbeda dari Deliveree di mana kami dapat menjadwalkan penjemputan kami dari aplikasi seluler atau situs web mereka sendiri (ini ternyata jauh lebih cepat karena kami tidak perlu mengejar siapa pun dan menunggu mereka merespons). Aplikasi mereka memberi kami opsi untuk menjadwalkan penjemputan 2 jam dari sekarang atau kapan saja sesudahnya hingga 2 minggu.

JNE TruckingDeliveree👑
MetodeWhatsappAplikasi Mobile atau Website
Pilihan PenjadwalanMin: 24 jam sebelumnyaMin: 2 jam sebelumnya
Max: 2 minggu lebih awal
Kecepatan Konfirmasi Jadwal2 Jam15 Menit

.
Kedua pengalaman penjadwalan bekerja dengan baik. Namun, dalam hal kecepatan, kemudahan, dan waktu pengambilan, Deliveree jelas menjadi pemenangnya. Saat kami merenungkan pengalaman, sungguh menakjubkan bagaimana truk besar sekarang dapat dijadwalkan untuk diambil hanya dalam waktu 2 jam. Ini tidak mungkin dilakukan hanya beberapa tahun yang lalu dan sangat menarik untuk melihat bagaimana pengalaman truk terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Berapa Lama Pengiriman Kami

Pengiriman yang kami lakukan dengan kedua raja ekspedisi terdiri dari serangkaian proses pickup atau kedatangan di lokasi penjemputan, muat di lokasi jemput, bongkar di lokasi antar, dan durasi perjalanan dari lokasi jemput ke antar. Berikut merupakan rekam kegiatan dan durasi proses-proses pengiriman tersebut.

JNE TruckingDeliveree👑
Kedatangan ke Lokasi Pick-upOn-timeOn-time
Muat di Lokasi Pick-up60 Menit30 Menit
Bongkar di Lokasi Drop-off73 Menit34 Menit
Waktu Perjalanan2 Jam 43 Menit2 Jam 54 Menit
Total Durasi4 Jam 56 Menit3 Jam 58 Menit

.
Truk JNE memakan waktu perjalanan yang sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Deliveree. Namun, dalam hal bongkar-muat baik di lokasi jemput maupun lokasi antar Deliveree memiliki kecepatan yang jauh lebih baik. Sehingga, kami menilai bahwa proses pengiriman dengan Deliveree lebih cepat dan efisien.

Melacak Pengiriman Kami

Salah satu cara untuk mengamankan proses pengiriman Anda adalah hak istimewa untuk dapat menunjukkan dengan tepat lokasi muatan Anda saat ini. Terutama untuk pengiriman jarak jauh. Tabel di bawah ini menunjukkan metode pelacakan Deliveree dan JNE. Faktor ini menambah daftar perbedaan mereka, sebagai layanan konvensional, JNE menawarkan cara bagi Anda untuk terhubung dengan Admin ketika Anda ingin mengetahui kemajuan atau lokasi pengiriman Anda saat ini. Saat menjadi aplikasi berbasis teknologi, Deliveree menawarkan cara yang lebih nyaman bagi Anda untuk melacak muatan dan waktu kedatangan dengan pelacakan peta langsung mereka yang juga real-time.

JNE TruckingDeliveree👑
Metode PelacakanWhatsApp AdminLive-map Tracking (App)
Waktu Respon8-10 MenitLive
Kualitas ResponChat lokasi umumTitik peta akurat

.
Kami memberikan pemenang kepada Deliveree untuk kategori ini karena alasan fleksibilitas. Memiliki pelacakan peta langsung lebih nyaman dibandingkan dengan menghubungi seseorang. Ini juga memberikan akurasi yang lebih tinggi dan lebih cepat.

Chatting dengan Customer Support

Bukan rahasia lagi betapa pentingnya ketersediaan dukungan pelanggan, terutama untuk pengiriman besar dan besar di mana taruhannya lebih tinggi daripada kebanyakan pengiriman muatan kecil hingga sedang. Kami menilai beberapa faktor yang menurut kami berkontribusi untuk memastikan kepuasan pelanggan dalam tabel di bawah ini.

JNE TruckingDeliveree👑
PersonaliaAdmin/PICCustomer Service
Ketersediaan8:00 – 19:00 WIB24 Jam/7 Hari
MetodeWhatsApp, TelponChat aplikasi, Telpon, Email
Waktu Respons1-120 Menit1-2 Menit
Kualitas ResponsMedium-SlowCepat

Performa Pengemudi

Pengemudi sebagai personalia terdekat yang bertanggung jawab terhadap muatan dan kendaraan harus mampu memenuhi standar tertentu yang menunjang keberhasilan proses pengiriman. Selama pengalaman kami, kami menemukan empat faktor utama yang menentukan apakah pengemudi berkinerja baik atau tidak. Dalam kasus JNE, pengemudi didampingi oleh administrator dari JNE untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tapi, itu tidak menghilangkan peran vital yang dimainkan pengemudi.
.

JNE TruckingDeliveree👑
TampilanTidak ada seragamSeragam
Celana PendekCelana Panjang
SandalSepatu
Tanpa ID CardAda ID Card
Tanpa Masker WajahMasker Wajah
Ketepatan WaktuPenjemputan: 1 jam sebelumPenjemputan: 5 menit sebelum
Pengiriman: On-timePengiriman: On-time
KeramahanRamah, suka mengobrolRamah, fokus
Cepat dalam merespon permintaanCepat dalam merespon permintaan
Performa di LokasiLama dalam bongkar-muatCepat dalam bongkar-muat
Sangat bergantung pada AdminTangkas dalam penyelesaian masalah secara independen

Penaganan Muatan Kami

Cara layanan ekspedisi menangani beban kami juga merupakan salah satu kategori paling vital untuk menentukan kualitas layanan mereka. Berdasarkan pengalaman kami dalam memesan pengiriman untuk muatan berat dan besar, kami berharap penyedia layanan mengetahui cara terbaik menangani muatan kami, memastikan keamanannya, dan menyediakan apa pun yang mungkin kami perlukan selama proses pengiriman seperti ketersediaan peralatan dan penolong.

JNE TruckingDeliveree👑
Bantuan TambahanTermasuk dalam bongkar muatAda biaya tambahan
Peralatan PengemudiTidak tersediaAda biaya tambahan
Kecepatan bongkar muat±60 menit per lokasi±30 menit per lokasi

.
Selama pemesanan kami, admin tidak menemani pengemudi ke area drop-off. Ketika kami tiba, sopir kami sendirian dan harus menangani bongkar-muat sendiri. Ini juga menghabiskan energi kami, karena receiver harus menawarkan bantuan untuk menangani bongkar muat.

Kesimpulan

Sangat disayangkan bagaimana raja perusahaan trucking ternama seperti JNE berkinerja kurang memuaskan dalam melayani pelanggan. Dalam ulasan yang menandingkan raja-raja ekspedisi ini, tim editorial kami belajar pelajaran berharga di mana terkenal tidak selalu berarti yang terbaik. Sekarang, kami memiliki cukup banyak pengalaman baik dengan Deliveree, dan sekali lagi mereka telah memberi kami layanan prima.

Setiap pengiriman besar dan besar mungkin memerlukan proses yang lebih lama dan rumit untuk dikirimkan. Seperti yang selalu kami sarankan di banyak artikel ulasan kami, kuncinya adalah memahami kebutuhan pengiriman Anda dan kemudian mencari ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau bahkan bekerja ekstra untuk Anda. Kami telah meninjau banyak nama besar, perusahaan berbasis teknologi, dan pelopor dalam hal truk, dan semuanya memiliki cukup beragam fitur layanan, manfaat, dan add-on yang dapat Anda pilih. Ulasan ini adalah salah satu upaya besar kami untuk mencari tahu apa yang terbaik di luar sana dan bagaimana Anda harus selalu rajin meneliti dan menandingkan dengan seksama penyedia truk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kami.

Galeri Foto

Deliveree

JNE Trucking

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana perbandingan layanan JNE Trucking dengan Deliveree?

Kami mencoba kedua layanan tersebut. Artikel kami menjelaskan tujuh kategori perbandingan yang cukup membandingkan JNE dengan Deliveree, mulai dari; mendapatkan penawaran harga, penjadwalan, kinerja pengemudi, hingga penanganan beban. Berdasarkan pengalaman kami, Deliveree adalah pemenang di hampir semua kategori, sedangkan penyedia pionir JNE hampir sama kuatnya. Cari tahu lebih lanjut tentang kategori lain dan siapa yang lebih baik di artikel kami!

Dari kedua jasa trucking, JNE Trucking dan Deliveree, mana yang lebih murah?

Pengalaman pemesanan kami yang sebenarnya menunjukkan bahwa Deliveree memiliki harga yang jauh lebih murah daripada JNE. Yang mengejutkan adalah harga Deliveree menawarkan lebih banyak inklusi harga seperti bongkar muat dan asuransi yang kami harus membayar biaya tambahan dengan JNE. Lebih lanjut dalam edisi ulasan eksklusif kami, kami membandingkan kedua layanan untuk menunjukkan kepada Anda pengalaman pemesanan kami yang sebenarnya, termasuk mendapatkan penawaran harga dan menandingkan harga serta manfaat yang disertakan. Baca lebih lanjut untuk mengungkap pemenang sejati!

Bagaimana cara memesan truk atau ekspedisi dengan JNE Trucking atau Deliveree?

Dalam memesan JNE, Anda harus Whatsapp admin mereka menggunakan nomor telepon yang diberikan oleh CS mereka. Hubungi CS mereka dengan menghubungi nomor hotline mereka di situs web mereka. Setelah Anda melakukan ini, berharap untuk menjawab beberapa pertanyaan dari admin JNE dan kemudian menunggu 24 jam untuk penawaran akhir. Di sisi lain, pengalaman Deliveree sangat berbeda. Unduh aplikasi mereka, masukkan detail pemesanan Anda, dan terima penawaran instan di aplikasi mereka dalam beberapa detik.


Artikel Terkait