Your browser does not support JavaScript!

Waresix vs Deliveree: 7 Fakta Kamu Wajib Tahu (2022)

By Steven Widjojo - 15 Sep, 2022

Waresix

Waresix dan Deliveree adalah platform penyedia jasa truk dan kargo yang sangat populer, mereka memungkinkan para pelanggan bisnis untuk memesan, membayar, dan mengelola sejumlah besar vendor truk hanya dari satu titik kontak. Kedua perusahaan ini mengklaim bahwa mereka dapat menghemat waktu dan uang Anda sekaligus meningkatkan kecepatan transportasi, fleksibilitas, dan transparansi. Jadi, tim pemberani kami di Logisticsbid mencoba dan membandingkan Deliveree vs Waresix. Kami mencantumkan 7 hal terpenting yang menurut kami harus dimiliki oleh setiap layanan truk dan kargo dan membandingkan kedua perusahaan pada masing-masing kategori dibawah ini:

1. Dapatkan Harga Terbaik
2. Penjadwalan Pemesanan Anda
3. Layanan yang Didapatkan
4. Pilihan Armada
5. Area Layanan
6. Kualitas Pelacakan
7. Pengalaman CS

Hasil Perbandingan (Deliveree 🥇)

Meskipun ada hal-hal positif untuk dikatakan tentang kedua penyedia layanan tersebut, Deliveree lebih unggul dari Waresix sebagai logistics company pengiriman barang pada sebagian besar kategori dengan total keunggulan mencapai 6 dari 7 kategori yang kami tentukan. Dengan 19 total poin, Deliveree mengungguli kompetisi dengan penawaran harga dalam 30 detik, penjadwalan mudah menggunakan ponsel atau laptop, paket layanan yang jelas dan inklusif, pemilihan truk besar, pelacakan peta langsung, dan dukungan CS luar biasa yang beroperasi selama 24 jam yang bahkan tetap buka pada hari libur. Beberapa hal tersebut adalah fakta yang kamu wajib tahu. Di sisi lain, cakupan area layanan nasional W6 tentu saja mengalahkan cakupan Deliveree yang saat ini berfokus pada area pulau Jawa dan secara keseluruhan, Waresix mendapatkan 12 total poin di  7 kategori yang ada.

7 Kategori Perbandingan

DelivereeWaresix
Dapatkan Harga Terbaik🥇🥇🥇🥇
Penjadwalan Pemesanan Anda🥇🥇🥇🥇
Layanan yang Didapatkan🥇🥇🥇🥇🥇
Pilihan Armada🥇🥇🥇🥇🥇
Area Layanan🥇🥇🥇🥇
Kualitas Pelacakan🥇🥇🥇🥇
Pengalaman CS🥇🥇🥇🥇🥇
Total Poin1912

Detail Pemesanan Kami

Dalam uji coba pemesanan kami, kami memesan truk Fuso berukuran 28 meter kubik untuk pengiriman dari gudang klien kami yang terletak di Cakung, Jakarta Timur ke pusat distribusi mereka di Kota Semarang dengan membawa sejumlah besar kotak barang jadi FMCG untuk didistribusikan lebih lanjut ke titik penjualan mereka. Lihat detailnya di bawah.

Detail Pemesanan

Jenis
Layanan
FTL
Titik
Penjemputan
Cakung, Jakarta Timur,
Jakarta
Titik
Pengiriman
Kota Semarang,
Semarang
Jarak
Pengiriman
474 km
Jenis
Armada
Fuso
Detail
Barang
Barang jadi FMCG
dalam kotak
Volume
Barang
25 kubik meter
Tanggal
Pemesanan
Awal bulan Maret 2022

Dapatkan Harga Terbaik (Deliveree 🥇)

Fakta kamu wajib tahu selanjutnya adalah harga Deliveree lebih murah dibandingkan tarif Waresix dengan layanan antar jemputnya, terdapat perbedaan harga sebesar 19%. Harga Deliveree sudah termasuk semua layanan standar, namun Waresix memiliki biaya tambahan untuk bongkar muat yang mereka sarankan agar kami negosiasikan langsung dengan pengemudi dan mereka juga membebankan pajak sebesar 1% dari total harga pengiriman.

Perbandingan Harga

DelivereeWaresix
Penawaran HargaRp 3,4 jutaRp 4,16 juta
PajakSudah termasukRp 41 ribu
(1% dari harga)
Total HargaRp 3,4 jutaRp 4,2 juta

Cara Mendapatkan Harga Mereka (Deliveree 🥇)

Fakta kamu wajib tahu yang lain yaitu berkaitan dengan metode untuk mendapatkan penawaran harga dari Deliveree sangat cepat, sederhana, otomatis, dan komprehensif yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Di sisi lain, proses untuk mendapatkan harga dari jasa pengiriman Waresix cukup cepat dan murah dibandingkan ekspedisi di luar sana, namun proses pemesanan mereka masih seperti tradisional yang membuthkan kami untuk bolak-balik menghubungi  CS dan PIC mereka (“penanggung jawab”) melalui Whatsapp dan akhirnya mendapatkan penawaran harga setelah sekitar 24 jam. Perbandingan pengalaman kami dapat dilihat di bawah ini.

Perbandingan Cara Mendapatkan Harga Deliveree vs Waresix

TahapanDelivereeWaresix
Tahap 1Buka aplikasi seluler atau kalkulator online di website mereka.Hubungi CS untuk dapatkan nomor PIC.
Tahap 2Masukan titik jemput dan titik antar.PIC akan menghubungi Anda.
Tahap 3Pilih tipe armada dan waktu penjemputan.Berikan informasi barang dan alamat pengiriman ke PIC
Tahap 4Pilih opsi tambahan jika dibutuhkanTunggu PIC untuk berikan penawaran harga.
Tahap 5Terima penawaran harga.Terima penawaran harga.
Total WaktuKurang dari 3 menitLebih dari 24 jam.

.
Dengan Deliveree, kami memiliki pilihan untuk menggunakan aplikasi seluler, aplikasi web, atau kalkulator harga di situs web mereka. Kami juga dapat memilih jenis armada sendiri, memilih tanggal dan waktu pengambilan (mereka juga menawarkan bahwa semua armada mereka tersedia untuk pengambilan pada hari yang sama), memasukkan alamat, dan memilih dari banyak opsi tambahan. Penawaran harga Deliveree cukup instan dan hanya membutuhkan beberapa detik untuk menghitung di aplikasi dan situs web mereka.

Di sisi lain, pada saat uji coba kami di bulan Maret 2022, W6 tidak memiliki aplikasi yang tersedia untuk pelanggan di Google Play atau Apple Apps Store yang memungkinkan kami untuk mendapatkan penawaran harga. Oleh karena itu, satu-satunya pilihan yang kami miliki adalah melalui proses manual yang sangat mirip dengan proses perusahaan logistik atau truk tradisional.

Penjadwalan Pemesanan (Deliveree 🥇)

Setelah kami menerima harga dari mereka, langkah selanjutnya adalah menjadwalkan dan mengkonfirmasi pemesanan kami. Deliveree menawarkan pengambilan di hari yang sama dalam kurun waktu beberapa jam dan Deliveree juga memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pemesanan untuk beberapa minggu ke depan. Kami merasa cukup fleksibel dengan proses pemesanan mereka. Pengalaman penjadwalan dan konfirmasi pemesanan juga tergolong sangat cepat dan komprehensif karena hanya dengan beberapa klik tombol. Setelah kami mengklik, kami diberikan truk dan sopir dalam waktu sekitar 5 menit melalui aplikasi mereka.

Meskipun demikian, kami mengalami satu ketidaknyamanan saat menggunakan kalkulator harga situs web dari Deliveree untuk mendapatkan penawaran harga kami. Kalkulator harga di situs web mereka memiliki tombol “Pesan Sekarang” yang akan memindahkan Anda ke aplikasi mereka dan membuatkan pemesanan untuk Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu meninjau dan mengkonfirmasi pemesanan tersebut. Namun, kami melakukannya di situs web seluler dan belum menginstal aplikasi seluler mereka sehingga hal tersebut meminta kami untuk menginstal aplikasi mereka terlebih dahulu. Kemudian hal yang perlu kami lakukan yaitu kembali ke kalkulator harga situs web dan mengklik “Pesan Sekarang” lagi. Kami berharap Deliveree dapat segera menyederhanakan langkah-langkah ini.

Pengalaman pemesanan kami dengan W6 mencerminkan pengalaman yang jauh lebih tradisional. W6 memungkinkan Anda memesan untuk pengambilan di hari berikutnya atau lebih (mereka tidak mendukung pemesanan di hari yang sama). Setelah menunggu 24 jam untuk mendapatkan penawaran harga kami, kami kemudian mengkonfirmasi melalui Whatsapp dengan PIC dan menerima informasi terkait dengan truk yang ditugaskan kepada kami kurang lebih 3 jam setelah itu.

Perbedaan Cara Pemesanan

DelivereeW6
MetodeAplikasi seluler atau websiteWhatsApp
PemesananPenjemputan tercepat 3 jamPenjemputan tercepat hari esok
Waktu konfirmasi5 menit3 jam

Layanan yang Anda Dapatkan (Deliveree 🥇)

Baik Deliveree maupun Waresix menyediakan paket layanan standar kompetitif yang termasuk dalam pemesanan kami. Namun, layanan Deliveree bersifat all-in yang mencakup dukungan CS 24/7 sebelum, selama, dan setelah pemesanan kami, dan asuransi gratis dari AXA hingga Rp 25.000.000. Di sisi lain, CS dari W6 hanya tersedia dari pukul 08:30 hingga 18:30 setiap hari, namun mereka memungkinkan kami untuk mengobrol dengan menara kontrol (PIC) mereka yang tersedia 24/7. Akses ini akan tersedia sesaat setelah pemesanan kami dibuat. Selain itu, W6 mengkompensasi asuransi gratis yang tidak mereka miliki dengan waktu tunggu yang lebih lama dan kami pikir itu cukup adil. Periksa perbandingan mereka di bawah ini.

Layanan Standar (Fuso)

DelivereeW6
PengemudiAsuransi Tambahan
BBMPengembalian Dokumen
Tol dan ParkirTol dan Parkir
CS: 24/7
Menara Kontrol: 24/7
CS: 08:30 – 18:30
Menara Kontrol: 24/7
Gratis Waktu Tunggu 12 JamGratis Waktu Tunggu 24 Jam
Pengembalian DokumenPengembalian Dokumen
Asuransi Gratis dari AXAAsuransi dengan Biaya Tambahan

.
Kedua platform juga menawarkan add-on opsional yang harus Anda bayar jika menggunakannya. Namun, Deliveree memiliki lebih banyak opsi daripada W6. Lihat perbandingan kami di bawah ini.

Layanan Tambahan

DelivereeW6
Asuransi TambahanAsuransi Tambahan
Pengembalian DokumenPengembalian Dokumen
Alat Keselamatan Pengemudi
Staf Pelanggan
TKBMTKBM
Tes Rapid Pengemudi
Feri
Sewa Peralatan

*Note: Layanan opsi tambahan Deliveree bervariasi bergantung pada jenis armada yang digunakan.

Pilihan Armada (Deliveree 🥇)

Deliveree dan W6 sama-sama memiliki opsi armada yang lengkap dan tampaknya mereka berspesialisasi dalam jasa pengiriman dengan truk berukuran besar hingga sedang. Satu-satunya perbedaan yang terlihat jelas yaitu Deliveree menawarkan lebih banyak jenis armada yang menjangkau armada lebih kecil seperti ekonomi dan bahkan sepeda motor.

Perbandingan Armada Deliveree vs W6

Pilihan ArmadaDelivereeW6
Tronton
Fuso Berat
Fuso Ringan
Double Engkel
Engkel
Mobil Bok
Mobil Pickup
Van
Ekonomi
Sepeda Motor

Cakupan Area Layanan (W6 🥇)

W6 menyediakan layanan nasional yang sangat menarik bagi bisnis yang membutuhkan truk dan pengiriman barang ke seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai perbandingan, Deliveree mengkhususkan layanan mereka di Jawa dan Sumatera.

DelivereeW6
Jawa dan SumatraNasional

Kualitas Pelacakan (Deliveree 🥇)

Deliveree dan W6 memiliki metode pelacakan yang sangat berbeda, ini juga merupakan fakta yang kamu wajib tahu. Deliveree menyediakan pelacakan real time melalui peta Google di aplikasinya dan juga memungkinkan Anda untuk membagikan tautan web melalui Whatsapp kepada siapa pun yang ingin melihat posisi truk atau barang yang dikirim. Kemudia mereka dapat mengeklik tautan dan melihat pelacakan dari peramban web mereka tanpa memasang atau mendaftar. Kami menemukan pelacakan real time Deliveree sangat akurat dan cepat dengan armada yang dimonitor secara real-time.

Disisi lain, W6 tidak menawarkan pelacakan real time. Namun, Anda dapat Whatsapp menara kontrol (PIC) untuk pembaruan status dan mereka akan memberi Anda lokasi dari pengemudi. Namun, Anda harus bersabar karena ketika kami mencobanya, waktu responsnya kurang lebih sekitar 30 menit.

DelivereeW6
MetodePelacakan real-timeUpdate via WhatsApp
Waktu ResponReal-timeDelay 30 menit
Kualitas PelacakanSangat akuratLokasi umum

Pengalaman Dukungan CS (Deliveree 🥇)

Kami adalah pengguna besar dari dukungan CS. Berdasarkan pengalaman kami, baik Deliveree maupun W6 memiliki layanan dukungan CS yang terlatih dan profesional. Namun, perbedaan mereka terlihat pada detailnya. Dukungan CS Deliveree buka sepanjang waktu (tidak pernah tutup, bahkan pada hari Minggu) sementara W6 beroperasi setiap hari pada pukul 08:30 hingga 18:30. Namun, mereka menyediakan menara kontrol 24/7 yang hanya tersedia saat pemesanan telah dibuat. Dalam hal waktu respon, CS Deliveree cukup cepat merespon kami dengan waktu response sekitar 30-60 detik, sementara kami harus menunggu 5-30 menit untuk respon dari W6.

DelivereeW6
AksesWhatsApp, Chat via App/Web, Email, dan TelfonWhatsApp, Chat via Website, Email, dan Telfon
Jam Kerja24/708:30 – 18:30
24/7 (Menara Kontrol)
Waktu Respon30 – 60 detik5 – 30 menit
Kualitas ResponBagusBagus

Hal yang Dapat Ditingkatkan

Seperti yang kami rasakan selama pengalaman menggunakan layanan Deliveree dan W6, ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan. Sejujurnya, kami ingin membuat daftar lengkap dari hal negatif  yang kami rasakan dalam setiap tahapan dari pemesanan ini.  Kami ingin mengimbangi pujian yang kami berikan kepada kedua platform dalam perbandingan yang kami lakukan.

Bagi Deliveree, hal yang cukup meresahkan kami adalah area layanan mereka yang terbatas. Mereka unggul di sebagian besar kategori tetapi kurangnya cakupan nasional mengecewakan dan kami berharap mereka segera mengubahnya. Untuk W6, pengalaman yang kurang baik yaitu kenyataan bahwa mereka menolak untuk memberikan Whatsapp atau nomor telepon pengemudi truk atau petugas operator dari perusahaan pengemudi truk. Mereka mengharuskan kami untuk hubungi CS mereka untuk semua komunikasi. Jadi kami harus menghubungi CS mereka, dan CS mereka harus mendapatkan informasi dari pengemudi truk, dan kemudian kembali kepada kami. Dengan menggunakan pendekatan perantara ini, komunikasi dan penyampaian informasi menjadi sangat lambat dan cukup merepotkan. Kami berharap mereka segera memperbaikinya.

Disclaimer

Artikel ini ditulis pada Maret 2022 dan memuat ulasan serta perbandingan asli yang merupakan hasil dari pengalaman penelitian dan pengujian tim kami secara langsung dengan menggunakan informasi yang tersedia pada saat itu pada situs web resmi kedua perusahaan, layanan pelanggan, serta aplikasi dari masing-masing perusahaan (jika tersedia). Untuk Informasi terbaru tekait dengan ketersedian tipe atau jumlah armada,  area layanan, paket layanan, harga, serta detail informasi lainnya, kami menyarankan pembaca untuk menghubungi masing-masing perusahaan secara langsung.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara memesan truk dengan Waresix?

Hubungi CS mereka melalui situs web atau akun Whatsapp mereka. Berikan semua informasi standar tentang pemesanan truk atau kargo Anda. Tunggu hingga 24 jam untuk mendapatkan penawaran harga Anda dan kemudian jika tertarik, Anda dapat konfirmasikan pemesanan Anda. Setelah Anda mengonfirmasi, Anda akan mendapatkan truk dalam kurun waktu 3 jam. Artikel kami mengeksplorasi pengalaman pemesanan ini dan membandingkannya dengan nama besar lain di industri ini logistik yaitu Deliveree. Dapatkan fakta kamu wajib tahu dan perbandingannya di artikel ini.

Bagaimana Waresix dibandingkan dengan pesaingnya?

Waresix adalah pesaing kuat di pasar platform truk yang sedang berkembang di Indonesia. Mereka bangga dengan pilihan truk yang luas, cakupan nasional, dan reputasi yang baik. Pesaing terbesar mereka adalah Deliveree, Kargo Technologies, Ritase, dan GoBox. Pelajari lebih lanjut tentang kekuatan Waresix dan area yang dapat ditingkatkan dalam artikel ini.

Bagaimana harga Waresix dibandingkan dengan harga rata-rata pasar?

Waresix menawarkan harga yang kompetitif tetapi kami selalu merekomendasikan perbandingan harga untuk memastikan Anda mendapatkan kesepakatan harga terbaik untuk setiap pemesanan truk atau pengiriman kargo. Dalam perbandingan kami memesan FTL dengan Truk Fuso dari Jakarta ke Semarang (sekitar 474 km), kami menemukan harga Waresix lebih mahal sekitar 19% daripada salah satu pesaing utama mereka, Deliveree. Dapatkan penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Laporan TIA Sebutkan Pasar 3PL Dalam Kondisi Prima
  2. 3 Cara Mendorong Keberlanjutan dalam Transportasi
  3. Manfaat Memilih Partner 3PL di Jangka Panjang