Terminologi Transportasi dan Logistik: Panduan Definitif

By Pandu Saputra - MjggTWVpLCAyMDIx

Terminologi Transportasi dan Logistik Panduan Definitif

Ada berbagai terminologi logistik yang perlu dipertimbangkan, seperti logistik last mile dan pengiriman last mile, namun mungkin membingungkan karena semua kargo memiliki segmen last mile. Ini cukup rumit, dan dipengaruhi oleh perspektif unik setiap orang tentang industri ini. Panduan referensi komprehensif ini untuk Anda, baik Anda baru di sektor transportasi, profesional berpengalaman, atau hanya ingin lebih memahami terminologi transportasi dan logistik. Berikut ini adalah daftar istilah yang umum digunakan yang dapat membantu Anda dalam membaca tagihan pengiriman, artikel, komentar, dan pesan tentang transportasi dari profesional transportasi dan media arus utama.

Terminologi yang Digunakan dalam Terminologi Transportasi Glosarium

Jumlah yang ditagih untuk layanan tambahan, tambahan, atau unik yang diberikan, biasanya tarif tetap. Terpal, dunnage, singgah, dan penahanan hanyalah beberapa contoh.

Pengangkutan FSC + Jalur: All-in-One Haul

Backhaul (Head haul): Perjalanan pulang kendaraan pengangkut dari lokasi pengiriman ke titik asalnya.

Bill of Lading (BOL): Versi elektronik dari dokumen antara pengirim dan pengangkut yang mengakui penerimaan barang untuk transportasi (eBOL). Menjelaskan sifat kargo, beratnya, ukuran, dan/atau jumlah bagiannya, serta asal dan tujuannya.

Blockchain: Buku besar layanan yang dapat dilacak yang membuat blok data yang tidak dapat diubah dan menghilangkan semua bahaya manipulasi data. Blockchain unik di antara terminologi logistik karena dapat berupa konsorsium swasta atau sistem yang diperdagangkan secara publik.

Broker (Freight): Orang atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara antara orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman dan pengangkut motor berlisensi. Menentukan kebutuhan pengirim dan mencocokkannya dengan pengangkut yang mampu mengirimkan barang dengan biaya yang wajar.

Carrier: Perusahaan yang mengangkut barang dari titik A ke titik B menggunakan truk dan/atau trailer.

Coil Racks adalah dudukan prefabrikasi yang terbuat dari kayu atau baja yang digunakan untuk menahan gulungan gulungan dan mencegahnya menggelinding dari trailer.

Compliance, Safety, and Accountability (CSA) adalah program peraturan truk FMCSA yang dirancang untuk memberikan perhatian kepada operator dan pengemudi motor dari FMCSA dan Mitra Negara mengenai potensi masalah keselamatan, dengan tujuan akhir mengurangi kecelakaan truk dan bus besar, cedera, dan kematian .

Setiap bagian dari perdagangan, termasuk bahan mentah, barang-barang manufaktur, dan barang-barang tumbuh, disebut sebagai komoditas.

Orang atau lokasi kepada siapa kiriman akan dikirimkan, baik melalui darat, laut, atau udara, dikenal sebagai penerima barang.

Kontainer (Pengiriman Kontainer): Kotak persegi panjang dengan dimensi standar yang digunakan untuk mengangkut barang dengan kapal, kereta api, atau jalan raya. Kontainer pengiriman internasional memiliki panjang 20′ atau 40′, sesuai dengan standar ISO, dan dirancang agar sesuai dengan palka kapal. Kontainer domestik memiliki panjang hingga 53 kaki, terbuat dari bahan ringan, dan secara eksklusif ditujukan untuk digunakan di rel dan jalan raya.

Distribution Center (DC) adalah fasilitas penyimpanan di mana barang dan bahan disimpan sampai siap untuk diangkut ke tujuan akhir.

Mengoperasikan truk tanpa kargo dikenal sebagai dead-heading.

Declared Value: Nilai yang dinyatakan oleh pengirim atau pemilik barang kiriman yang diimpor untuk dijual kembali.

Armada khusus adalah kumpulan truk yang digunakan pengirim secara eksklusif untuk mengangkut semua barang. Biasanya datang dengan harga yang lebih tinggi, tetapi menjanjikan kapasitas yang terjamin, layanan yang lebih baik dan lebih tepat waktu, dan penetapan harga yang terkunci bahkan jika ada gangguan.

Awak setia adalah sekelompok pengemudi yang bergantian mengemudikan satu truk.

Dedicated Truck: Pengemudi yang menarik barang untuk satu pelanggan dan hanya beban pelanggan itu yang ada di truk. Tidak ada beban parsial yang dapat ditambahkan.

The Department of Transportation (DOT) bertanggung jawab untuk mengawasi jalan raya federal, udara, kereta api, maritim, dan tugas administrasi transportasi lainnya di Amerika Serikat.

Detention/Demurrage: Biaya yang dikenakan oleh pengangkut untuk mempertahankan peralatan mereka untuk jangka waktu yang lama. Bongkar muat yang tidak tepat waktu adalah penyebab paling umum.

Thru Trailer Service (TTS) identik dengan Door-to-Door, meskipun bisa juga merujuk pada pemrosesan kiriman dari pengirim ke penerima.

Nomor D.O.T.: Izin yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan untuk menyewa operator. (Jangan bingung dengan Motor Carrier.)

Sebuah flatbed dengan dek terendah dikenal sebagai double drop. Biasanya digunakan untuk barang yang terlalu tinggi atau besar.

Dunnage adalah jenis bahan pengisi yang digunakan untuk melindungi barang agar tidak bergeser atau jatuh. Kayu, bantalan busa, atau tas tiup biasanya digunakan.

Status Tugas: Semua interval kerja dan relaksasi harus didokumentasikan dalam buku catatan harian 24 jam (Catatan Status Tugas). Itu harus terus diperbarui dengan perubahan status tugas terbaru. Pengemudi harus menyimpan catatan selama tujuh hari terakhir dan memberikannya kepada petugas penegak hukum sesuai permintaan.

Electronic Logging Device (ELD): Sebuah perangkat digital yang melacak data yang relevan untuk pengemudi truk, seperti waktu mengemudi, jarak tempuh, dan kecepatan, antara lain. Ini diwajibkan oleh persyaratan ELD di Amerika Serikat, dan akan diwajibkan oleh mandat ELD Kanada setelah sepenuhnya diimplementasikan.

Kendaraan yang membantu pergerakan barang berukuran besar dan over-dimensional dikenal sebagai pengawal. Pengawal memastikan truk memiliki cukup ruang untuk bergerak dan memperingatkan pengemudi ketika kargo mendekat. Dengan menggunakan lampu suar dan/atau bendera, Anda dapat membantu dalam pengendalian lalu lintas.

Nilai Kelebihan: Jumlah nilai kiriman yang dinyatakan melebihi batas kewajiban pengangkut.

Pengiriman cepat adalah proses pengiriman sesuatu dengan kecepatan lebih cepat dari biasanya. Biasanya, pengemudi tim, layanan semalam, dan/atau penerbangan disertakan.

Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA) adalah divisi dari Departemen Perhubungan yang bertugas mencegah kematian dan cedera yang disebabkan oleh kendaraan bermotor komersial dengan menegakkan undang-undang keselamatan dan meningkatkan sistem informasi keselamatan.

Kelas Pengangkutan: Kategori angkutan yang ditunjuk oleh Asosiasi Lalu Lintas Pengangkutan Motor Nasional dalam pengiriman LTL. Menentukan dimensi, nilai, dan kesulitan pengiriman kargo Anda. Biaya pengiriman pengangkut ditentukan oleh ini.

Freight Forwarder: Freight Forwarder pihak ketiga memfasilitasi pengiriman produk. Didefinisikan sebagai pengangkut dan dapat dimintai pertanggungjawaban atas klaim dan kehilangan kargo, mirip dengan “Broker Pengangkutan”, tetapi sering menangani komoditas internasional.

Fuel Surcharge (FSC): Biaya pengangkutan barang dapat dipengaruhi secara signifikan oleh harga bahan bakar. Akibatnya, Administrasi Informasi Energi Departemen Energi Amerika Serikat mengeluarkan Indeks Bahan Bakar Rata-Rata Nasional A.S. mingguan. Perusahaan transportasi barang sering menambahkan biaya layanan pengiriman (FSC) ke biaya pemindahan barang, yang baik dalam sen per mil atau sebagai persentase dari harga pengangkutan jalur.

Penggunaan truk full dry van, flatbed, atau reefer untuk mengangkut barang disebut sebagai muatan truk penuh (FTL atau FT dalam istilah logistik). Pengiriman yang lebih kecil, seperti LTL dan parsel, dapat digunakan jika melalui konsolidasi kargo.

Bahan berbahaya, seperti yang didefinisikan oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA). Departemen Perhubungan di Amerika Serikat secara ketat mengatur transportasi bahan berbahaya.

Trailer yang lebih kecil ditarik oleh truk pickup yang lebih besar adalah komoditas yang didambakan. Sebuah traktor-trailer khas memiliki panjang 24-40 kaki dan tidak dapat membawa beban sebanyak trailer-traktor standar. Muatan yang lebih kecil atau pengiriman LTL adalah hal biasa.

Hours of Service (HOS): Peraturan yang membatasi jumlah waktu dan jarak yang dapat ditempuh pengemudi.

Perjanjian Pertukaran: Sebuah kontrak antara dua perusahaan yang memungkinkan mereka untuk menukar atau mengendalikan sebuah trailer untuk mengambil dan mengirimkan pengiriman. Kota perbatasan adalah tempat umum bagi bisnis Meksiko dan Amerika untuk bertemu untuk melintasi perbatasan.

Intermodal: Trailer atau peti kemas tunggal yang melintasi berbagai moda transportasi, seperti truk/kapal atau truk/kereta api, dalam perjalanannya ke tujuannya.

Just in Time (JIT) adalah teknik manufaktur yang mengandalkan pengiriman suku cadang dan persediaan dalam jumlah kecil yang sering untuk mengurangi persediaan di tempat.

Jalur adalah jalur yang mengarah dari titik A ke titik B. Banyak bisnis akan memiliki “jalur khusus” yang mereka gunakan setiap hari.

Last atau Final Mile: Menjelaskan pergerakan terakhir suatu item ke tujuan akhirnya; itu bisa berupa kotak dengan banyak pengiriman mil terakhir di atas kapal atau muatan/truk produk yang besar, selama semuanya dikirim ke tujuan akhir mereka. Satu mil terakhir ke toko dan satu mil terakhir ke pelanggan juga disertakan.

Ketika pengemudi ditahan semalaman atau selama 24 jam sambil menunggu untuk mengambil atau mengantarkan kiriman, ini disebut sebagai singgah. Biasanya, ada biaya yang terlibat.

Line Haul: Biaya pengangkutan produk per mil dalam dolar dan sen.

Pengemudi truk menyimpan buku catatan di mana mereka mencatat jam layanan dan status tugas mereka untuk setiap periode 24 jam. Departemen Perhubungan AS memerlukan ini dalam transportasi komersial antar negara bagian, dan mereka juga dikenal sebagai buku catatan elektronik (elogs) dalam bahasa logistik.

Less-Than-Truckload (LTL): Kuantitas kargo kurang dari yang dibutuhkan untuk menerapkan tarif full truckload (FTL). Untuk menghemat uang bagi pengirim, pengangkut mungkin sering menggabungkan banyak pengiriman LTL pada truk yang sama.

Transportasi terkelola, sering dikenal sebagai transportasi sebagai layanan, adalah layanan di mana sebuah perusahaan, biasanya penyedia logistik pihak ketiga (3PL), mengambil alih dan mengelola semua kebutuhan pengiriman dan logistik mulai dari tender hingga pengiriman akhir.

Federal Motor Carrier Administration mengeluarkan lisensi untuk menyewa operator yang disebut nomor pembawa motor (MC#) (FMCSA). Nomor USDOT adalah singkatan yang paling umum.

Perbandingan standar komoditas yang bepergian dalam perdagangan antarnegara bagian, intranegara bagian, dan internasional adalah National Motor Freight

National Motor Freight Classification (NMFC). Berdasarkan penilaian terhadap empat karakteristik transportasi yaitu kepadatan, daya simpan, penanganan, dan pertanggungjawaban, terdapat 18 klasifikasi komoditas. Daya angkut suatu komoditas ditentukan oleh sifat-sifat ini.

NVOCC (Non-Vessel Operating Common Carrier): Jenis penyedia layanan laut yang menyediakan semua layanan, seperti penerusan, tetapi tidak mengoperasikan kapal.

Seorang pengemudi truk yang memiliki dan mengoperasikan truk mereka sendiri dikenal sebagai pemilik-operator (s).

Kargo yang melebihi batas yang ditentukan secara hukum untuk lebar, panjang, tinggi, dan/atau berat dan tidak dapat dipecah menjadi komponen yang lebih kecil disebut sebagai over-dimensional (Wide Load).

Pallet Jack: Juga dikenal sebagai paket kecil, jenis pemenuhan pesanan ini adalah yang paling umum di e-commerce dan biasanya berbobot kurang dari 150 pound.

Parcel: Juga dikenal sebagai kotak kecil, parsel adalah jenis pemenuhan pesanan yang biasanya beratnya kurang dari 150 pon dan merupakan yang paling umum di e-commerce.

Partial: Truk digunakan untuk menggabungkan banyak pengiriman dari berbagai pelanggan untuk mengisi truk sepenuhnya. Karena berbagai perhentian, waktu transit bisa lebih lama daripada truk khusus.

Izin adalah otorisasi yang dikeluarkan negara bagian yang memungkinkan pengangkut memindahkan barang yang melebihi batas berat dan ukuran yang sah.

Plakat adalah tanda peringatan yang dipasang di keempat sisi trailer untuk menunjukkan bahwa trailer sedang mengangkut kargo berbahaya.

Proof of Delivery (POD): Dokumen yang ditandatangani (biasanya Bill of Lading) yang menunjukkan bahwa kiriman telah tiba di tujuannya. Dimungkinkan juga untuk memilikinya dalam format elektronik (ePOD untuk referensi dalam terminologi logistik).

Pengangkut memberikan nomor PRO untuk pengiriman sebagai referensi. Ini juga digunakan untuk melacak sesuatu.

Pup Trailer: Sebuah poros tunggal, semitrailer pendek yang biasanya panjangnya antara 26′ dan 32′.

Rail: Transportasi kereta api yang harus memenuhi kriteria tambahan seperti ketepatan waktu, kepadatan muatan, dan kedekatan dengan jalur rel lokal.

Ramps: Digunakan oleh beberapa pengemudi truk dek terbuka untuk mempermudah bongkar muat kargo. Biasanya ditemui di dek tangga yang mencoba mengangkut mobil dan mesin yang dapat dilalui lainnya.

Konfirmasi Tarif: Dokumen yang mengonfirmasi harga yang disepakati antara pengirim dan pengangkut untuk biaya layanan.

Sebuah trailer dengan dinding terisolasi dan unit pendingin mandiri dikenal sebagai reefer. Moda transportasi paling populer untuk makanan.

RGN (Removable Goose Neck): Bentuk khusus trailer flatbed jarak jauh yang memungkinkan akses drive-on dan drive-off. Dek trailer terhubung ke “gooseneck” yang dapat dinaikkan dan diturunkan sebelum dipindahkan dari trailer untuk transit.

Software-as-a-Service (SaaS): Jenis perangkat lunak yang menyediakan mekanisme pembayaran berbasis langganan, serta fleksibilitas dan skalabilitas tingkat tinggi, untuk memungkinkan peningkatan administrasi dan lapangan bermain yang setara untuk bisnis dari semua ukuran. Hampir semua sistem catatan atau sumber daya digital dapat memperoleh manfaat dari sistem berbasis SaaS.

Pengirim: Pengirim, eksportir, atau penjual yang disebutkan dalam bill of lading, yang mungkin atau mungkin bukan orang yang sama yang memulai kargo.

Sliding Tandem: Mekanisme yang memungkinkan suspensi gandar tandem di belakang semitrailer digerakkan maju mundur dengan tujuan mengubah distribusi bobot antara gandar dan roda kelima.

Spread Axle (Spread Tandem): Rakitan gandar tandem yang diberi jarak dari jarak standar 54”.

SCAC (Standard Carrier Alpha Code): Kode empat huruf yang digunakan untuk mengidentifikasi bisnis transportasi.

Tali vinil yang kuat digunakan untuk mengamankan dan mengikat kargo ke trailer.

Tanker: Sebuah silinder yang digunakan untuk mengangkut cairan seperti bensin atau minyak.

Tandem Axle: Gandar tandem adalah sepasang gandar dengan suspensi yang menyertainya yang biasanya berdekatan.

Tim (Tim Pengemudi): Dua pengemudi bertukar mengemudi dan bersantai dalam satu tim. Metode ini biasanya digunakan untuk pengiriman yang lebih cepat, namun biayanya lebih tinggi.

Third Party Logistics/Freight Broker: Orang atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara antara orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman dan pengangkut motor berlisensi. Ini menyediakan transportasi penting, meskipun bukan pengirim atau pengangkut.

Ketika kargo tetap berada di trailer yang sama selama transportasi ke luar negeri, ini disebut sebagai Thru Trailer Service (TTS). Ini adalah kebalikan dari trans-load, dan sebagian besar perusahaan menganggapnya lebih aman.

Trans-Load: Ketika suatu produk dipindahkan dari satu trailer ke trailer lain untuk menjaga pengiriman tetap bergerak. Ini adalah prosedur umum di perbatasan internasional A.S., di mana pengangkut dibatasi untuk beroperasi di satu negara dan harus mentransfer muatan ke pengangkut yang berwenang untuk mengangkut kargo di negara tujuan.

Mesin bongkar muat self-propelled yang dipasang di badan truk dikenal sebagai derek yang dipasang di truk.

Ketika pengirim memesan truk untuk mengambil tetapi membatalkan setelah truk dikirim, ini dikenal sebagai Truck Order Not Used (TORD). Biasanya ada biaya untuk layanan ini.

Transportation Management System (TMS): Sistem pencatatan untuk melacak pengiriman, menawar muatan, dan menghubungkan dengan peserta jaringan transportasi lainnya.

TWIC (transportation Worker Identification Credential): Diperlukan untuk akses tanpa pendamping ke area aman dari instalasi dan kapal yang diatur MTSA.

Van adalah kendaraan bermotor berbentuk kotak tertutup dengan pintu belakang atau samping dan panel samping yang digunakan untuk mengangkut produk.

Pergudangan: Situs di mana komoditas secara fisik disimpan dan dipentaskan sebelum dikirim ke pelanggan. Gudang pop-up dapat digunakan untuk mengakomodasi variasi permintaan yang cepat selama periode puncak.

WMS (Warehouse Management System): Sistem pencatatan untuk mengelola aktivitas gudang. Dapat digunakan bersama dengan TMS untuk meningkatkan efisiensi dan throughput dengan memungkinkan peningkatan transparansi dan integrasi, atau “berbagi data”.

Logistik Sarung Tangan Putih: Jenis pemenuhan pesanan khusus yang melibatkan pemasangan, pembuangan kotoran, dan perawatan ekstra selama pengiriman, dan didasarkan pada gagasan mengenakan sarung tangan putih untuk memastikan pengiriman bebas kerusakan.

Kesimpulan

Ada benang merah yang berjalan di semua frasa yang tercantum di atas. Ada poin dan istilah unik lain yang mungkin ditambahkan ke leksikon ini. Aspek transportasi tertentu, seperti waktu penahanan pengemudi versus biaya demurrage pelabuhan laut, dapat dijelaskan secara berbeda oleh setiap organisasi. Ini cukup rumit, dan tunduk pada kompleksitas manajemen dan komunikasi transportasi global.

Akibatnya, lebih banyak bisnis beralih ke spesialis seperti GlobalTranz untuk memanfaatkan layanan transportasi yang dikelola sepenuhnya tanpa harus mencari tahu apa yang diwakili oleh setiap item. Dengan mitra seperti itu, jauh lebih mudah untuk mencapai pengiriman yang menguntungkan dan pelaksanaan muatan yang tepat waktu dengan mengintegrasikan orang dan teknologi.