Your browser does not support JavaScript!

Penanganan Material yang Ramah Lingkungan

By Pandu Saputra - July 04, 2021

Penanganan Material yang Ramah Lingkungan

Setiap produk berpotensi menimbulkan berbagai efek negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Eksploitasi ekosistem yang berlebihan, polusi tanah, udara, dan air, pembuangan limbah yang buruk, dan paparan racun dari karyawan adalah contohnya. Efek negatif dapat terjadi di setiap titik sepanjang siklus hidup suatu produk, mulai dari ekstraksi bahan mentah hingga produksi, pengemasan, distribusi, penggunaan produk, perbaikan, pemeliharaan, dan pembuangan atau daur ulang. Perusahaan akan berkontribusi pada kelestarian lingkungan dan kesehatan di seluruh rantai nilai dengan membeli produk penanganan bahan yang sadar lingkungan.

Tentu saja, kita semua tahu bahwa memiliki sistem penyimpanan yang baik akan menghemat banyak waktu dan uang perusahaan. Waktu throughput pesanan dapat dikurangi dan prosedur logistik dapat dikelola secara lebih efisien dengan menggunakan penyimpanan kecil dan presentasi produk yang jelas. Waktu henti dapat dihindari, produktivitas gudang meningkat, dan biaya penyimpanan berkurang. Namun, apakah mungkin untuk menerapkan pengadaan berkelanjutan pada peralatan penyimpanan dan penanganan material?

Baca juga: Daftar Perusahaan Logistics Di Indonesia Untuk Cargo Darat

Variabel Penting

Ya, itu mungkin. Untuk memaksimalkan keberlanjutan dalam penanganan material, beberapa variabel penting harus dipertimbangkan. Semuanya dimulai dengan mendapatkan bahan baku dan komponen yang tidak beracun yang dapat diproses dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Produsen dan pemasok yang memenuhi persyaratan lingkungan harus diberikan preferensi, dan panjang bahan yang harus ditempuh untuk mencapai unit produksi harus diperhitungkan. Misalnya, BITO sumber 90% dari sumber daya untuk produk-produknya dari dalam pasar UE, membantu pelanggan dan mitra dalam merangkul keberlanjutan dalam semua aspek operasi mereka.

Karena rak dan balok baja BITO digalvanis atau tersedia dalam berbagai warna, perusahaan memilih pelapis bubuk yang diterapkan secara elektrostatis daripada cat cair tradisional, yang membutuhkan pelarut yang menguap. Hanya pigmen warna ramah lingkungan yang digunakan, yang memancarkan relatif sedikit senyawa organik yang mudah menguap selama proses pelapisan. Lapisan bubuk biasanya disembuhkan pada suhu antara 140 dan 200 derajat Celcius, sementara BITO menggunakan bubuk termoset panggang rendah yang ditingkatkan yang menghubungkan silang pada suhu di bawah 140 derajat Celcius. Benda kerja yang telah dilapisi bubuk sangat tahan benturan dan tahan air.

Aspek penting lainnya dari penanganan material yang berkelanjutan adalah penggunaan kemasan yang dapat digunakan kembali daripada kemasan karton sekali pakai, yang membantu mengurangi deforestasi dan dampak negatifnya terhadap lingkungan. Wadah plastik distribusi MB multi-perjalanan BITO yang sangat tahan lama masing-masing akan menghemat lebih dari 1 ton karton selama masa pakainya yang lama. Wadah Makanan & Pengiriman MB, yang dirancang untuk pengiriman jarak jauh, dan MB untuk barang-barang berbahaya, yang dapat diberikan dengan penutup drop-on lengkap dengan kunci kancing logam, keduanya merupakan versi khusus sektor.

Tempat sampah dan wadah dari BITO sudah termasuk 20% bahan daur ulang. Surplus produksi digranulasi di fasilitas daur ulang milik perusahaan dan dikembalikan ke siklus produksi secara keseluruhan. Hampir setiap seri tempat sampah dan wadah dapat dibuat dari regranulate berdasarkan permintaan (plastik pasca-proses).

Pelanggan yang sangat peduli dengan lingkungan dapat memilih wadah distribusi MB ECO, yang dibuat dari plastik pasca-konsumen bersertifikat yang dihasilkan dari barang-barang akhir masa pakai. Opsi ramah lingkungan ini juga memiliki keuntungan finansial karena lebih murah untuk dibangun dan dijual daripada kontainer MB biasa. Meskipun kemungkinan warna tubuh wadah ECO terbatas pada hitam karena rekayasa proses, pelanggan masih dapat menggunakan kode warna dengan menggunakan tutup berwarna biru, kuning, hijau, dan merah. Seri MB dasar memiliki daftar opsi opsional yang sama, seperti tutup berengsel dan rel susun.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Alternatif Sumber Daya Berkelanjutan

Alternatif hemat sumber daya untuk pengemasan satu arah ini akan memiliki dampak paling kecil terhadap lingkungan. Tempat sampah plastik membantu percepatan prosedur logistik perusahaan mana pun, menghasilkan peningkatan produksi dan konservasi uang dan sumber daya alam.

Inggris, yang menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow dari 1 hingga 12 November, telah berjanji untuk mencapai tujuan netral karbon Net Zero pada tahun 2050. Gudang pintar, logistik, dan operator proses penanganan material akan berinvestasi dalam solusi yang memungkinkan kepatuhan terhadap kriteria klien dan peraturan berkelanjutan yang semakin penting. Rekomendasi kami adalah untuk berbicara dengan spesialis yang dapat menyediakan berbagai macam penyimpanan, logistik, dan material penanganan barang dan sistem tentang bagaimana mencapai keberlanjutan dalam penanganan material.

Baca juga: Freight Forwarder & Cargo Logistik Transport (Top 3)