Your browser does not support JavaScript!

Maersk Gunakan Teknologi Inovatif untuk Sederhanakan Rantai Pasok

By Dudek Muljana - 15 Jul, 2022

Maersk Gunakan Teknologi Inovatif untuk Sederhanakan Rantai Pasok

Dalam hal rantai pasokan organisasi logistik, teknologi semakin penting. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan yang lebih baik, sebagian besar penyedia logistik berlomba-lomba memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk mereka agar tetap kompetitif.

Sektor pelayaran memiliki salah satu rantai pasokan terbesar di dunia. Ini telah menghadapi beberapa masalah selama bertahun-tahun, termasuk pandemi, perselisihan geopolitik, dan bencana alam. Gangguan industri telah mengakibatkan kerugian yang signifikan.

Baca Juga: Drama Pelayaran X-Press Pearl Meningkat

Teknologi Maerks

Pada hari tertentu, 85 juta paket dan kertas dikirimkan ke seluruh dunia, dengan pengiriman mencapai 80 persen dari keseluruhan volume perdagangan. Dihadapkan dengan beban kerja yang begitu besar (dan terus bertambah), dua pertiga dari perusahaan logistik mengakui bahwa mereka masih perlu menyesuaikan operasi mereka untuk mengimbanginya. Akibatnya, bisnis pelayaran semakin mengandalkan teknologi yang berkembang untuk menjamin bahwa mereka diperlengkapi dengan baik untuk menghadapi bencana atau peningkatan lalu lintas.
Maersk adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi secara maksimal. Kontainer pengapalan baja bergelombang yang terkenal dapat dilihat ditumpuk di atas kapal barang, ditumpuk tinggi di pelabuhan, dan didorong oleh trailer-traktor saat mereka berjalan dari satu ujung rantai pasokan ke ujung lainnya di seluruh dunia.

Raksasa logistik ini didirikan lebih dari seabad yang lalu di Svendborg, Denmark, dan sejak itu berkembang menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia. Jaringan logistiknya yang besar kini menjangkau 130 negara dan setiap tahun mentransfer puluhan miliar dolar produk ke seluruh dunia.

Bagian dari kesuksesan perusahaan dapat dikaitkan dengan adopsi teknologi yang lebih cepat daripada para pesaingnya. Ini terdiri dari teknologi rantai pasokan serta alat administrasi untuk industri otomotif.

Baca Juga: Thailand Luncurkan Jalur Pelayaran untuk Perkuat Pusat Logistik

Maerks Jalin Kolaborasi dengan Stripe

Dengan pandemi yang mengantarkan cara kerja yang benar-benar baru, Maersk melihat kebutuhan untuk meningkatkan infrastrukturnya. Maersk berkolaborasi dengan Stripe untuk aspek vital bisnisnya, pembayaran internasional, sebagai bagian dari rencana modernisasinya. Operasi global perusahaan secara inheren rumit, dengan peraturan perbankan regional, mata uang, dan metode pembayaran pilihan semuanya berbeda.

“Kami memulai perjalanan ini beberapa tahun yang lalu karena kami percaya ini adalah jalan masa depan dan bahwa kami perlu memodernisasi dan melayani klien kami dengan lebih baik. Navneet Kapoor, kepala petugas teknologi dan informasi Maersk, menyatakan, “Kami harus membuatnya sederhana bagi individu untuk mengirim dan memantau pesanan mereka dari satu ujung dunia ke ujung lainnya dengan mengklik tombol.”

“Mengembangkan mekanisme pembayaran yang memungkinkan fleksibilitas ini adalah komponen penting dari teka-teki.” “Kami mengidentifikasi Stripe memiliki infrastruktur kontemporer yang diperlukan dan menjadi mitra global yang sempurna untuk membantu kami mencapainya,” lanjut Kapoor.

Operasi pembayaran Maersk sebelumnya tersebar di berbagai vendor sebelum berkolaborasi dengan Stripe. Satu untuk tokenisasi, yang lain untuk pemrosesan pembayaran, dan yang ketiga untuk manajemen otentikasi keamanan. Menyulap berbagai solusi yang tidak selalu kompatibel menambah gesekan yang tidak perlu pada situasi yang sudah rumit.

Maersk menggabungkan sistem terpisah ini menjadi satu situs pembayaran yang fleksibel berkat kemitraan dengan Stripe. Pelanggan Maersk sekarang dapat membayar dengan mudah menggunakan antarmuka mudah yang menerima metode pembayaran yang sebelumnya tidak dapat dilakukan Maersk, seperti kartu kredit. Platform ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan perbankan regional dan menawarkan pengalaman point-of-sale yang disesuaikan untuk konsumen asing.

“Untuk mengatasi tuntutan klien kami, prioritas lokal sangat penting.” Stripe telah menjamin bahwa infrastruktur kami beroperasi dengan sempurna di berbagai pasar sejak awal dan pada saat-saat kritis,” kata Kapoor.

Baca Juga: Bisnis Kapal Tanker dan Pengangkutan Chelsea Logistics Meningkat