Your browser does not support JavaScript!

Duopoli UPS – FedEx Terancaman Lonjakan Logistik E-commerce

By Pandu Saputra - September 14, 2021

Duopoli UPS FedEx Terancam Lonjakan Logistik E-commerce

Menurut bisnis e-commerce Pitney Bowes, mereka telah melakukannya setiap tahun setidaknya sejak 2016. Sampai sekarang, Amazon telah menanggung beban kerugian, karena raksasa e-commerce terus menerima pengiriman di rumah.

Namun, gelombang perusahaan baru bergabung dengan perjuangan logistik paket, didorong oleh jutaan pendanaan modal ventura, untuk melihat apakah mereka dapat mengubah keseimbangan kekuatan yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Baca juga: Kargo POS Trucking & Deliveree (Logistik Indonesia)

UPS dan FedEx Kehilangan Posisi di Pasar

Pendatang baru ditarik ke dalam industri dengan lebih dari hanya 32 persen pertumbuhan e-commerce pada tahun 2020. FedEx dan UPS telah menghabiskan tahun sebelumnya atau lebih untuk memeriksa operasi mereka sendiri. Perubahan yang dihasilkan meresahkan quo yang ada.

Filosofi “lebih baik, bukan lebih besar” dari CEO UPS Carol Tomé telah mengakibatkan perusahaan meninggalkan beberapa klien yang bisnisnya tidak cukup menguntungkan. Tahun lalu, FedEx juga mengurangi kapasitas untuk pelanggan tertentu. FedEx mengklaim berada dalam mode ekspansi saat ini, tetapi kinerja tepat waktu yang lamban hanyalah alasan lain mengapa paket pengiriman perusahaan membutuhkan alternatif.

Kecuali USPS, tidak ada yang bisa menandingi jangkauan nasional UPS dan FedEx. Alternatif yang tersedia saat ini kebanyakan adalah pemain regional. Akibatnya, perusahaan logistik e-commerce, yang banyak dipimpin oleh lulusan Amazon, mengambil pendekatan berbeda untuk masalah ini.

Baca juga: Ekspedisi Kobra Express & Deliveree: Layanan Terdekat

Kesimpulan

Alih-alih membangun jaringan fasilitas, kendaraan, dan pengemudi nasional, mereka memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan berbagai aktivitas logistik yang ada saat ini. Beberapa sedang mengembangkan alat dan menawarkan layanan untuk membantu pedagang memanfaatkan tambal sulam dari operator yang lebih kecil ini sebagai solusi nasional dengan lebih mudah. Beberapa mengatur ulang sejumlah besar personel dan armada van yang mengontrakkan layanan pengiriman ke pemain tradisional dengan cara baru.

Semua berusaha untuk memberikan fleksibilitas dan kecepatan sambil mencari untuk menghasilkan sesuatu yang e-commerce belum menunjukkan dapat memberikan hampir semua orang: keuntungan.

Baca juga: Baraka Sarana Tama & Deliveree (Review Ekspedisi)