Your browser does not support JavaScript!

Baraka Sarana Tama & Deliveree (Review Ekspedisi)

By Bayu Hermawan - January 26, 2021

Baraka Sarana Tama & Deliveree (Review Ekspedisi)

Dengan semakin banyaknya bisnis yang memasuki ekosistem pengiriman barang besar, konsumen kini memiliki kesempatan untuk mencari harga dan layanan terbaik di antara pilihan mereka. Lebih banyak persaingan berarti lebih banyak pilihan bagi pelanggan, tetapi bagaimana Anda bisa memilih yang terbaik untuk Anda? Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda menjawab pertanyaan itu.

Tim kami menjelajahi banyak perusahaan dan kami berhasil menemukan dua layanan ekspedisi besar: Baraka Sarana Tama dan Deliveree. Meskipun sama-sama dikenal dengan biaya rendah, kedua perusahaan ini memiliki banyak perbedaan yang menjadi faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih yang terbaik untuk Anda. Kami ingin menunjukkan hasil perbandingan review komprehensif kami di bawah ini.

Mengenal Mereka Lebih Dekat

Sebelum kami masuk ke detail lebih lanjut, kami membuat profil kedua perusahaan ini yang dirangkum dalam tabel di bawah ini untuk perbandingan tingkat tinggi.

 

BarakaDeliveree
Jenis LayananLTLFTL (Full Truckload)
Penetapan hargaBerdasarkan rute dan berat barangBerdasarkan jenis kendaraan dan jarak / rute / tarif sehari penuh
Metode pengirimanSistem penurunan cabang tradisionalSistem Door to Door Online
Area PelayananJawa dan sebagian Sumatera dan KalimantanSeluruh wilayah jawa dan sebagian sumatera

 

Secara umum, perbedaan utama di antara mereka adalah cara mereka melakukan layanan. Baraka adalah penyedia pengiriman LTL tradisional tempat Anda menurunkan barang di cabang mereka. Baraka Sarana Tama akan menggunakan jaringan cabang mereka dan mentransfer barang Anda di antara mereka dengan SLA 1-3 hari atau 3-5 hari tergantung pada rutenya. Sementara itu, Deliveree adalah layanan berbasis aplikasi tempat Anda dapat memesan truk secara online. Truk yang Anda pesan akan melayani Anda secara eksklusif sehingga barang Anda akan dikirim langsung ke tujuan tanpa berpindah antar cabang.

Sekarang, kita bisa melakukan perbandingan. Tim kami merumuskan 5 kriteria utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih layanan pengiriman barang besar terbaik, yaitu layanan, kecepatan pengiriman, area layanan, harga, dan kenyamanan. Di bagian selanjutnya, kami akan membahas setiap aspek satu per satu dari Baraka Ekspedisi dan Deliveree berdasarkan penelitian ekstensif yang dilakukan editor kami.

Jasa

Kami menggunakan inklusi layanan pada harga dasar untuk bagian penelitian ini untuk perbandingan apel dengan apel. Tabel di bawah ini merangkum temuan dari review kami.

 

LayananBarakaDeliveree
PelacakanNomor resiLive Tracking
Layanan Jemput BarangTermasuk
PackingTermasuk
CS Support9-524 Jam
AsuransiTermasuk

*Termasuk di harga dasar

 

Menurut kami, Deliveree memberikan nilai lebih dalam inklusi layanan mereka pada harga dasar dibandingkan Baraka Sarana Tama. Kami ingin menyoroti dua inklusi penting, layanan penjemputan dan asuransi. Tim kami berpikir bahwa keduanya adalah inklusi yang berharga karena itulah yang dicari banyak pelanggan, tetapi sangat sedikit yang menyediakan. Menawarkan layanan ini dengan harga dasar membuat mereka unggul dalam memberikan lebih banyak keuntungan kepada pelanggan dalam pemesanan mereka. Namun, mereka tidak menawarkan layanan pengepakan seperti yang ditawarkan oleh sebagian besar penyedia layanan ekspedisi tradisional.

Kecepatan Pengiriman

 

BarakaDeliveree
Rata-rata waktu pengiriman1-5 hari, tergantung ruteHari yang sama
Perkiraan kedatanganRentang tanggalHitungan Jam
Jenis PemesananTerjadwalSegera, Terjadwal, sewa seharian penuh

 

Bagi tim peneliti kami, memutuskan mana yang lebih baik dalam hal kecepatan Pengiriman adalah hal yang mudah. Jelas Deliveree lebih cepat karena mereka mengirimkan barang secara langsung dengan sistem point-to-point. Ini pada dasarnya berarti bahwa mereka mengambil barang Anda di depan pintu Anda, kemudian mengirimkannya langsung ke tujuan, anggap saja seperti memesan taksi online untuk truk. Di sisi lain, Baraka Ekspedisi melakukan pengiriman menggunakan jaringan cabang ke cabang terjadwal. Butuh beberapa waktu agar barang Anda diproses, dijadwalkan, dan ditransfer hingga mencapai tujuan.

Area Layanan Tercakup

 

BarakaDeliveree
Jawa
Bali
Lombok
SumatraSebagianSebagian
KalimantanSebagian

 

Baraka Ekspedisi memiliki cakupan area layanan yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Deliveree karena mencakup lebih banyak pulau. Merujuk pada situsnya, Baraka Ekspedisi memiliki total 116 cabang dan agen yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Ini memungkinkan Baraka Sarana Tama untuk melayani pengiriman yang berasal dan pergi ke semua pulau itu.

Di tempat lain, area layanan Deliveree saat kami menulis ini sebagian besar berpusat di seluruh Jawa. Untuk Sumatera, beberapa suku cadang tersedia sebagai tujuan, tetapi tidak untuk penjemputan.

Harga

Dari segi harga saja, hasil review kami menunjukkan bahwa pilihan yang lebih baik akan tergantung pada ukuran kargo dan rutenya. Hal ini terutama karena Baraka Ekspedisi dan Deliveree menggunakan sistem penetapan harga yang berbeda di mana yang pertama menggunakan pendekatan berbasis LTL yang berputar di sekitar pengukuran kargo sementara yang kedua menggunakan pendekatan berbasis FTL yang berkisar pada tarif jenis kendaraan. Salah satu temuan utama kami adalah bahwa untuk setiap rute tertentu, selalu ada titik di mana harga FTL Deliveree menjadi lebih murah seiring dengan peningkatan pengukuran barang. Pada penelitian ini dilakukan simulasi beberapa skenario pengiriman barang dari Pluit, Jakarta Utara menuju Sudirman, Jakarta Selatan (15km).

 

Detail KargoBarakaDeliveree
30kg, 0,3m3Rp75 ribu⭐Rp110 ribu (Ekonomi)
50kg, 0,3m3Rp95 ribu ⭐Rp110 ribu (Ekonomi)
100kg, 0,3m3Rp145 ribuRp110 ribu (Ekonomi) ⭐
200kg, 1,5 m3Rp300 ribuRp160 ribu (Van) ⭐
500kg, 2,5 m3Rp750 ribuRp390 ribu (CDE Box) ⭐

* Harga untuk Pluit, Jakarta Utara hingga Sudirman, Jakarta Selatan diperoleh dari setiap halaman kalkulator harga website

 

Dari simulasi harga di atas, kita dapat melihat bahwa secara umum, untuk barang yang lebih besar dan lebih berat, harga Deliveree cenderung lebih murah. Dari temuan ini, kami menyimpulkan bahwa dari segi harga, Baraka Ekspedisi lebih baik untuk barang yang lebih ringan dan lebih kecil dan Deliveree lebih baik untuk ukuran dan bobot yang lebih besar. Satu temuan tambahan yang ingin kami tambahkan adalah bahwa khusus untuk rute ini, 65kg adalah titik di mana harga terikat.

Sementara kami melakukannya, kami ingin menyoroti betapa mudahnya mendapatkan harga ini. Untuk harga Baraka Ekspedisi, kami menggunakan kalkulator harga di situs web mereka yang membutuhkan waktu kurang dari 30 detik untuk mendapatkan perkiraan harga. Kita cukup memasukkan asal dan cabang tujuan serta dimensi dan berat kargo dan perkiraan harga muncul tepat setelah kita mengklik tombol “cek harga. Mengenai harga Deliveree, meskipun mereka menggunakan sistem harga berdasarkan jenis kendaraan, kalkulator harga mereka menyediakan fitur keren yang menghitung jenis kendaraan yang paling sesuai berdasarkan ukuran kargo Anda. Itu mampu memberi kami jenis kendaraan yang paling sesuai dengan harga dalam waktu kurang dari 10 detik. Mereka bahkan menyediakan tombol tempat Anda dapat langsung melakukan pemesanan atau membagikan harga kepada kolega Anda.

Kenyamanan

 

BarakaDeliveree
PemesananPengaturan fisikOnline dari App
Serah Terima BarangDrop off di agenJemput di lokasi
Waktu yang dibutuhkan untuk mengatur pemesanan10-15 menit<5 menit

 

Demi kenyamanan, editor kami yang melakukan review setuju bahwa Deliveree menawarkan nilai yang lebih baik. Ini karena kami dapat dengan mudah melakukan pemesanan melalui aplikasi mereka dari mana saja dan kapan saja, jauh lebih nyaman daripada pergi ke kantor cabang untuk membuat pengaturan fisik. Semua detail yang biasanya diberikan pelanggan secara fisik dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Deliveree. Tidak perlu repot membawa barang ke cabang, antri, dan menunggu barang Anda diproses.

Siapa yang Harus Dipilih?

Pada akhirnya, ini akan sangat bergantung pada penyelarasan anggaran dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika prioritas Anda adalah kecepatan, maka pilihlah Deliveree. Di sisi lain, jika Anda ingin mengirim barang berukuran sedang dengan harga lebih rendah, Baraka Ekspedisi mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun demikian, tim kami mencapai konsensus yang menurut kami Deliveree lebih baik secara umum, terutama karena kami terutama membicarakan barang berukuran besar di sini. Menurut kami, Deliveree memberikan nilai lebih untuk pengiriman barang berukuran besar dengan harga dan keuntungan yang rendah. Kami menyarankan pelanggan untuk memilih mereka jika area layanan yang dibutuhkan tersedia. Review ini dibuat dengan seobjektif mungkin oleh tim kami.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Bagaimana cara memeriksa harga dari Baraka dan Deliveree?

Anda dapat memeriksa harga dari kalkulator harga dari situs web masing-masing. Untuk Baraka Sarana Tama, Anda perlu memasukkan asal dan tujuan berdasarkan lokasi cabangnya, serta ukuran kargo Anda. Berharap untuk mendapatkan perkiraan harga Anda dalam waktu kurang dari 30 detik. Untuk Deliveree, selain asal dan tujuan, Anda dapat memilih jenis kendaraan yang Anda inginkan atau memberikan detail kargo Anda. Jika Anda memilih yang terakhir, kalkulator mereka akan membantu Anda memilih jenis kendaraan. Anda bisa mengharapkan untuk mendapatkan harga Anda di bawah satu menit.

2. Apa perbedaan utama antara Baraka Sarana Tama dan Deliveree?

Baraka Sarana Tama adalah penyedia layanan LTL tradisional di mana Anda membuat pengaturan tradisional di cabangnya sementara Deliveree adalah penyedia layanan FTL online tempat Anda dapat memesan truk secara online. Meskipun ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, Baraka Ekspedisi biasanya lebih disukai untuk barang yang lebih kecil sedangkan Deliveree lebih baik karena ukuran dan berat barang meningkat.

3. Bagaimana cara menemukan Baraka Ekspedisi & Deliveree terdekat?

Untuk Baraka Ekspedisi, Anda dapat mengunjungi situs resminya dan klik pada tab “cabang”. Anda akan melihat peta dengan lokasi cabang dan agen yang disematkan di sana. Sedangkan untuk Deliveree, mereka memiliki kantor di Jakarta dan Surabaya, tetapi layanan mereka dapat diakses dari manapun truk mereka berada. Armada Deliveree terdekat adalah layanan Deliveree terdekat.