Ekspedisi Kobra Express & Deliveree: Layanan Terdekat

By Rica Prasetio - RmVicnVhcnkgMiwgMjAyMQ==

Perkembangan teknologi telah mengubah banyak industri, mengubah cara bisnis melakukan aktivitasnya dengan berbagai cara. Salah satu industri yang dilanda fenomena ini adalah logistik, terutama di kawasan kargo yang besar. Bukan rahasia lagi bahwa banyak perusahaan teknologi baru telah muncul di pasar, mengganggu cara industri dijalankan oleh para pemain tradisional. Jelas, fenomena ini membuat hidup para pemain tradisional di pasar semakin sulit. Tetapi ketika Anda memikirkannya, pertanyaan yang lebih penting untuk dijawab adalah apakah itu membuat hidup lebih mudah bagi sisi pelanggan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tim riset pasar kami melakukan review perbandingan antara dua provider yang dikenal memiliki kesamaan, namun sangat berbeda dalam hal pemanfaatan teknologi. Kami membandingkan banyak aspek antara Deliveree dan Kobra Express, dua penyedia populer untuk kargo berbiaya rendah di antara pelanggan, namun menjalankan bisnis mereka dengan cara yang berbeda. Siapa yang mampu memberi nilai lebih bagi Anda sebagai pelanggan? Anda akan segera menemukan jawabannya saat melakukan penelitian kami di sini.

Siapa mereka?

Pertama-tama, mari kita taruh lebih banyak konteks pada perbandingan dengan mempelajari beberapa dasar tentangnya. Lihat di bawah untuk perbandingan tingkat tinggi berdasarkan penelitian kami.

 

DelivereeKobra Express
Tipe layanan pengirimanFTLLTL
Area layananSeluruh Jawa, dan sebagian Sumatera50 tujuan diseluruh Jawa
Metode pengirimanJemput secara onlineAntar atau jemput
Lama pengirimanHari yang samaBeberapa hari
Layanan pelangganLive chat, telepon, dan emailTelepon (per cabang)

 

Deliveree, pemain teknologi yang sangat terkenal dengan harga FTL yang rendah. Mereka adalah salah satu yang paling, jika bukan yang paling, pilihan populer untuk pemesanan FTL online. Jika Anda tidak terbiasa dengan mereka, cara yang terlalu disederhanakan untuk meringkas layanan mereka adalah seperti memesan taksi online untuk truk dengan layanan tambahan. Hal ini menantang cara pemesanan dilakukan secara tradisional di mana pemesanan online melalui aplikasi seluler dan desktop memungkinkan pelanggan memesan truk dari mana pun mereka berada.

Di sisi lain, ada ekspedisi Kobra terdekat. Jika Anda termasuk pelanggan yang sensitif terhadap harga, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang Kobra Express. Mereka tidak sepopuler nama penyedia LTL yang umum didengar konsumen setiap hari, misalnya JNE dan J&T tetapi mereka sangat populer karena menawarkan salah satu harga terendah di pasar selama bertahun-tahun. Pelanggan yang merasa nyaman dengan layanan yang sangat tradisional dengan imbalan harga rendah sering memilih layanan mereka.

Kemudahan

DelivereeKobra Express
PemesananMelalui aplikasiMelalui agen
Penyerahan barangJemput di lokasi pilihanSesuai perjanjian
Lama waktu pemesanan<5 menit5 – 10 menit
Layanan pelanggan24/709.00 – 17.00

 

Tim kami menyimpulkan bahwa kedua penyedia ini berada di dua sisi yang berbeda, jika Deliveree lebih mengarah pada teknologi tanpa batas. Semua pesanan dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses melalui Android, iOS, atau desktop. Jadi Anda bisa memesan layanan Deliveree dari mana saja dan kapan saja. Pengemudi Deliveree juga akan menjemput barang Anda, jadi Anda tidak perlu repot membawa barang Anda ke lokasi pengantaran. Ekspedisi Kobra terdekat lebih ke arah tradisional dimana order servis masih dilakukan dengan pengaturan fisik atau datang langsung ke kantor perwakilannya.

Jenis layanan apa yang mereka tawarkan

Mari kita bahas lebih lanjut tentang cara mereka melakukan layanan. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Deliveree dalam banyak hal berbeda dari Kobra Express. Tim kami suka mendeskripsikan aplikasinya sebagai perwakilan cabang mereka dalam arti di situlah pengaturan pemesanan dibuat. Anda membuka aplikasinya, mengklik beberapa tombol dan memberikan beberapa detail, kemudian Anda mendapatkan armada yang ditugaskan untuk melayani Anda dalam waktu singkat, yang berarti bahwa cabang terdekat ada di mana pun armada terdekat mereka berada. Saat kami menelusuri aplikasinya, kami menemukan bahwa mereka memberikan opsi yang fleksibel untuk jenis pemesanan. Diantaranya adalah pemesanan cepat dimana kita bisa mengharapkan untuk mendapatkan kendaraan dalam hitungan jam (tergantung jenis kendaraannya), pemesanan terjadwal untuk maksimal dua minggu sebelumnya, pemesanan sehari penuh untuk sewa satu hari penuh, dan juga pemesanan jarak jauh. Pada saat penulisan artikel ini, mereka mencakup Seluruh Jawa dan sebagian Sumatera.

Kobra Express melakukan pengiriman dengan cara tradisional, artinya mereka memanfaatkan agen dan jaringan cabang mereka untuk mentransfer barang di antara mereka. Seperti banyak pemain tradisional lainnya, Anda datang ke cabang terdekat dengan membawa barang Anda, mengatur pengiriman, dan kemudian mendapatkan penawaran harga. Selain harga yang rendah, satu keuntungan yang mereka miliki di pasar adalah bahwa mereka dapat menjangkau daerah-daerah terpencil di Jawa di mana sebagian besar penyedia bahkan tidak ada. Kami tidak dapat menemukan daftar lengkap agen mereka, tetapi satu cara mengeceknya adalah dengan melakukan pencarian sederhana di google.

Penetapan harga

Akhirnya kita sampai pada bagian perbandingan harga. Tim kami mencoba melakukan simulasi harga pengiriman dari Kelapa Gading, Jakarta Utara ke Kemang, Jakarta Selatan. Pada tabel di bawah ini Anda akan menemukan beberapa simulasi berdasarkan berat barang, dan Anda bisa melihat penyedia mana yang menawarkan harga paling kompetitif. Jarak kedua lokasi tersebut adalah 28 km.

 

Berat BarangDelivereeKobra Express
10 kg160 ribu (Eco)56 ribu 🏆
50 kg160 ribu (Eco)104 ribu 🏆
100 kg160 ribu (Eco) 🏆164 ribu
150 kg160 ribu (Eco) 🏆224 ribu
300 kg210 ribu (Van) 🏆404 ribu
500 kg210 ribu (Van) 🏆644 ribu

 

Bisa dilihat di atas bahwa semakin berat barangnya maka semakin mahal pula ongkos kirimnya. Bisa dikatakan untuk item yang tidak terlalu berat, ekspedisi Kobra terdekat jelas lebih unggul dan lebih murah. Namun, jika Anda mengirimkan barang yang lebih berat, Deliveree adalah solusi untuk Anda. Perlu juga dicatat bahwa Deliveree mematuhi sistem FTL. Untuk kendaraan Ekonomi berat maksimal yang dapat diangkut adalah 150 kg, dan untuk Van seberat 720 kg dengan harga tetap (tetap membayar 1 harga jika memesan kendaraan, baik menggunakan seluruh bagian kendaraan maupun tidak).

Apakah Pemain Teknologi Lebih Baik?

Umumnya ya, tetapi dalam banyak kasus, itu tergantung pada nilai apa yang Anda cari dan berapa biaya yang bersedia Anda bayarkan sebagai pelanggan. Menurut kami cukup jelas bahwa pemain teknologi seperti Deliveree menawarkan lebih banyak fitur dan kenyamanan bagi pelanggan dibandingkan dengan penyedia pengiriman tradisional. Namun, jika ternyata untuk barang spesifik Anda, Kobra Express hadir dengan harga yang lebih baik dan Anda siap melalui kerumitan membuat pemesanan tradisional sebagai gantinya, maka Kobra Express tetap menjadi pilihan yang lebih baik. Kami melakukan yang terbaik untuk memberikan perbandingan yang objektif, sekarang terserah Anda untuk menentukan siapa yang lebih baik untuk Anda.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

  1. Apa saja area cakupan Kobra Express & Deliveree?
    Kobra Express & Deliveree dapat menjangkau semua lokasi di pulau Jawa. Untuk ekspedisi Kobra terdekat, mereka juga bisa mengirim barang ke seluruh wilayah di pulau Dewata, sedangkan Deliveree hanya bisa menuju Denpasar. Dengan 7 kantor perwakilan di Jawa, Anda dapat dengan mudah mengatur pengiriman menggunakan Kobra sesuai dengan lokasi Anda. Sedangkan untuk Deliveree drivernya tersebar di seluruh Jawa, jadi Anda hanya perlu memesan melalui aplikasi dan dalam waktu kurang dari 2 menit sudah terkoneksi dengan driver terdekat dari lokasi Anda.
  2. Bagaimana cara memesan layanan dari ekspedisi Kobra dan Deliveree?
    Anda perlu menghubungi perwakilan dari ekspedisi Kobra terdekat untuk mengatur pengiriman barang Anda dengan mereka. Selama diskusi, Anda dipersilakan untuk menjelaskan kebutuhan pengiriman Anda dan menanyakan harga pengiriman. Di sisi lain, Anda dapat mengakses aplikasi Deliveree di Android, iOS, atau desktop untuk memesan layanannya. Di aplikasi mereka, pesan truk yang Anda butuhkan plus layanan tambahan, dan tinjau harga sebelum memesan.
  3. Bagaimana menemukan Deliveree dan ekspedisi Kobra terdekat?
    Deliveree pada dasarnya ada di mana-mana! Karena ribuan pengemudi tersebar di seluruh Jawa, Anda akan terhubung dengan pengemudi terdekat saat Anda memesan layanan Deliveree. Sebaliknya, saran kami adalah lakukan pencarian di Google untuk lokasi ekspedisi Kobra terdekat. Ada banyak website yang menyediakan informasi tentang alamat Kobra express. Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai referensi untuk mengetahui Cobra mana yang paling dekat dengan lokasi Anda.