Your browser does not support JavaScript!

Dimana Teknologi dan Kemanusiaan Bertemu

By Pandu Saputra - July 17, 2021

DImana Teknologu dan Kemanusiaan Bertemu

Retailer terkemuka Officeworks telah bekerja sama dengan Körber Supply Chain untuk memasang berbagai solusi digital mutakhir sebagai bagian dari modernisasi rantai pasokan yang berkelanjutan. Investasi ini akan meningkatkan kemampuan pemenuhan Officeworks, serta kesejahteraan karyawan dan kelangsungan jangka panjang pengecer. MHD menyelidiki.

Karena dunia telah beradaptasi dengan tantangan COVID-19 yang sedang berlangsung, pengecer terkemuka di Australia untuk produk kantor, alat tulis, layanan dan solusi untuk usaha mikro, kecil dan menengah, siswa, sekolah, dan rumah tangga telah memainkan peran penting dalam menjaga bangsa bekerja, belajar, menciptakan, dan menghubungkan.

Officeworks telah lama menjadi pengecer masuk untuk semua hal pekerjaan, pendidikan, kreativitas, dan koneksi, apakah itu memperoleh sumber daya instruksional penting untuk homeschooling, mendirikan kantor rumah dengan peralatan dan perabotan, atau melepaskan hasrat kreatif.

Pengecer milik Wesfarmers telah meminta Körber Supply Chain untuk mengubah operasi pemenuhan pelanggan Victoria dengan solusi teknologi terkemuka seperti otomatisasi, suara, dan sistem manajemen gudang sebagai bagian dari strategi transformasi berkelanjutan (WMS).

Kedua perusahaan telah bekerja sama selama lebih dari lima tahun dan jauh dari orang asing. Körber (sebelumnya Cohesio Group) memperkenalkan solusi pemilihan suara untuk empat Pusat Pemenuhan Pelanggan Officeworks pada tahun 2015, dan pemasok solusi global telah memainkan peran penting dalam inovasi dan rencana transformasi terbaru perusahaan.

Selain meningkatkan tingkat pemenuhan dan kecepatan ke pasar, investasi teknologi Officeworks memprioritaskan peningkatan kesejahteraan, keselamatan, dan kepuasan kerja karyawan dengan meminimalkan pekerjaan berulang dan penanganan manual.

Selain itu, Officeworks telah berkolaborasi dengan Körber untuk memasang kemampuan tenaga surya yang akan memberi daya pada solusi otomatisasi, yang memungkinkan toko untuk meminimalkan emisi di industri terlebih dahulu.

Baca juga: Jasa Pengiriman Cargo Ekspedisi Truk (2021)

Prioritaskan Sumber Daya Manusia

Pada paruh pertama tahun fiskal 2021, Officeworks memiliki kinerja yang kuat. Penjualan HY21 naik 23,7 persen menjadi $1,52 miliar di semester pertama, karena pertumbuhan transaksi yang kuat dan reaksi yang kuat terhadap setiap penawaran saluran Officeworks. Laba juga tumbuh sebesar 22% menjadi $100 juta.

Saat Officeworks berkembang, pengecer tetap berkomitmen pada karyawannya. Akibatnya, Officeworks telah melihat teknologi yang memungkinkannya tidak hanya memenuhi pesanan dengan lebih cepat, tetapi juga meningkatkan lingkungan kerja bagi karyawannya.

Ini termasuk memastikan keamanan keseluruhan anggota tim serta mengurangi tugas yang berulang atau menuntut. Solusi Autonomous Mobile Robot (AMR) telah secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang harus dihabiskan anggota tim untuk berjalan di sekitar DC, yang sebelumnya rata-rata 10-12 kilometer setiap shift.

Officeworks memiliki rantai pasokan komprehensif yang mencakup penerimaan barang dagangan yang diproduksi secara lokal dan global, melayani pelanggan bisnis-ke-bisnis dan bisnis-ke-konsumen secara online melalui Pusat Pemenuhan Pelanggan, dan mengisi kembali jaringan 167 toko di seluruh negeri.

COVID-19 mengakibatkan pertumbuhan volume rantai pasokan di seluruh toko dan saluran online, memberikan lebih banyak tekanan pada rantai pasokan perusahaan dan menekankan perlunya solusi yang fleksibel dan gesit untuk beradaptasi dengan perubahan cepat dalam kebutuhan konsumen.

“Sifat modular solusi Körber memungkinkan Officeworks meningkatkan operasinya dengan cepat tanpa waktu dan biaya untuk mendesain ulang dan mengimplementasikan solusi infrastruktur tetap,” jelas Brett Kelly, Manajer Umum Rantai Pasokan Officeworks.

Rizan Mawzoon, Kepala Transformasi di Rantai Pasokan Körber, mengatakan, “Kami merancang solusi kami agar sesuai dengan kebutuhan Officeworks, kliennya, dan ambisinya di masa depan.”

“Di Körber, kami mengambil pandangan yang jauh lebih luas tentang teknologi, jadi menyenangkan untuk memberikan beberapa manfaat tambahan untuk Officeworks dalam hal keberlanjutan, kesehatan karyawan, serta kesehatan dan keselamatan kerja.”

Tumbuh Barsama Negara

Pusat Distribusi (DC) pengecer seluas 15.000 meter persegi di Victoria adalah tempat penerapan solusi AMR Körber. Penyebaran ini mencakup 86 AMR yang dibuat oleh Geek+ dan 30 robot pengurutan yang dibuat oleh Geek+. Robot akan beroperasi bersama pekerja tim pemenuhan untuk membantu memilih item dari 25.000 unit penyimpanan stok (SKU) situs.

Dengan penerapan sistem sortasi Körber, Officeworks akan menjadi perusahaan pertama di Australia yang menggunakan teknologi sortasi AMR. Solusi Penyortiran Lantai Geek+ menggunakan AMR untuk menyediakan penyortiran dinamis untuk Officeworks, dengan robot memilih jalur terpendek dan paling langsung untuk memberikan Officeworks lebih banyak fleksibilitas selama periode puncak.

Robot penyortiran, sebagai lawan otomatisasi tetap, dapat mengurutkan produk tergantung pada urgensi dan kode pos, sehingga meningkatkan efisiensi rantai pasokan.

Teknologi ini juga memberikan Officeworks kontrol inventaris yang lebih baik dan memungkinkan toko untuk memperpanjang jendela pengiriman untuk opsi pengiriman keesokan harinya dan pengiriman ekspres, yang merupakan win-win untuk bisnis kecil dan keluarga yang membutuhkan perlengkapan kantor dan sekolah.

Officeworks juga telah menggunakan Körber’s Warehouse Advantage WMS selain solusi otomatisasi dan pengambilan suara.

Solusi yang diakui baru-baru ini dinobatkan sebagai “Pemimpin” dalam Magic Quadrant Gartner 2020 untuk Sistem Manajemen Gudang, dan akan memberikan Officeworks peningkatan efisiensi operasional dan wawasan data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan operasi rantai pasokan.

Baca juga: Cek Harga Ongkir Ekspedisi Paling Murah (Ulasan 2021)

Otomasi dengan Energi Surya

Körber dan Officeworks berkolaborasi untuk menghasilkan solusi yang berkesinambungan, dengan kedua bisnis berfokus pada menghasilkan solusi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Officeworks berkolaborasi dengan Körber untuk memasang lampu LED, sistem manajemen energi gedung, dan sistem fotovoltaik surya untuk memberi daya pada solusi otomatisasi, yang memungkinkan pengecer menjalankan pusat distribusi hemat energi. Dalam waktu dekat, fasilitas tersebut juga akan mencakup unit penyimpanan baterai.

Sebagai bagian dari strategi mereka untuk emisi nol bersih pada tahun 2030, Officeworks berkomitmen untuk mengurangi dampak operasinya terhadap lingkungan dengan tujuan nol bersih, menggunakan 100 persen listrik terbarukan pada tahun 2025. Untuk memberi daya pada peralatan baru, Officeworks berkolaborasi dengan Körber untuk menempatkan surya di atap DC.

Akibatnya, panel surya akan didirikan untuk memastikan bahwa emisi berkurang sebagai akibat dari teknologi baru, yang meliputi suara, WMS, dan AMR. Ini akan menjadi solusi AMR bertenaga surya pertama di Australia.

Upaya ini akan meningkat seiring berjalannya waktu karena Körber menganalisis data dan membuat penyesuaian waktu saat robot diisi daya untuk meningkatkan efisiensi.

Selain itu, bahan rak menggunakan karton yang terbuat dari 40% bahan daur ulang, dan penelitian terus dilakukan untuk melihat apakah ada cara lain untuk memperbaikinya.

Sinergi dalam Rantai Pasokan

Managing Director Officeworks Sarah Hunter mengatakan kerja sama dan investasi akan membantu perusahaan untuk fokus pada tetap gesit dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan klien yang terus berkembang di masa depan.

“Kami telah melihat pertumbuhan yang signifikan baik di toko maupun online selama dua tahun terakhir. Kami bermitra dengan Körber untuk mengembangkan solusi rantai pasokan yang sesuai dengan tujuan dengan otomatisasi yang fleksibel, teknologi pengambilan suara, dan Sistem Manajemen Gudang baru untuk memastikan cara kerja yang paling aman dan efisien bagi anggota tim kami di seluruh rantai pasokan kami, serta sebagai layanan yang lebih baik untuk pelanggan dan toko kami. Ini akan memungkinkan kami untuk terus tumbuh dengan baik di masa depan. Sarah menjelaskan.

“Kemampuan karyawan kami untuk meningkatkan keahlian mereka dengan pelatihan teknis langsung adalah bagian penting dalam keberhasilan proyek — berinvestasi di dalamnya untuk memastikan mereka memiliki kemampuan yang tepat dan memungkinkan mereka untuk terus memajukan karir mereka dengan Officeworks.”

Nishan Wijemanne, Managing Director APAC dan Global Leader of Robotics di Körber Supply Chain, mengatakan, “Kami merasa terhormat untuk bekerja dengan pengecer mutakhir lainnya di grup Wesfarmers dan membuktikan kasus untuk teknologi yang fleksibel dan gesit melalui otomatisasi, teknologi, dan solusi perangkat lunak yang canggih.”

“Proyek ini menyoroti kapasitas kami untuk memberikan berbagai solusi kepada mitra kami, menghasilkan sinergi dan efisiensi rantai pasokan. Kami senang untuk menyebut Officeworks sebagai mitra, dan kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan mereka saat mereka maju dengan transformasi rantai pasokan mereka.”

Dengan solusi yang sekarang ada di CFC Victorian Officeworks, pengecer terkemuka sedang mempertimbangkan penerapan teknologi Körber lainnya di seluruh rantai pasokannya.

Baca juga: Cek Biaya Ongkir Ekspedisi – Logistik Indonesia (2021)