Your browser does not support JavaScript!

Cara Klaim Paket Wahana Terupdate

By Dudek Muljana - May 15, 2023

ilustrasi pelanggan sedang klaim paket wahana

Cara Klaim Paket Wahana Terupdate – Terkenal karena tarif ongkos kirimnya yang terjangkau, sudah menjadi hal yang wajar apabila cek ongkir Wahana Express menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman yang diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Meskipun begitu, tarif yang terjangkau tidak hanya menjadi tolak ukur memilih suatu jasa pengiriman. Salah hal yang tidak kalah pentingnya yaitu jaminan penggantian ganti rugi apabila paket dinyatakan hilang ataupun rusak. Sebelum hal tersebut terjadi, pelajari tips dan cara mengirim paket Wahana agar aman sampai tujuan. Apabila nantinya kamu akan menghadapi hal ini, jangan khawatir, melalui bantuan dari customer service, Wahana Express akan membantu kamu dalam proses pengajuan klaim paket.

Klaim paket merupakan pengajuan penggantian ganti rugi terhadap barang dan ongkos kirim apabila terjadi kehilangan atau kerusakan paket pada proses pengiriman sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pengajuan klaim dapat dilakukan jika paket yang kamu kirimkan menggunakan tambahan layanan jaminan asuransi. Dengan jaminan tersebut, kamu tidak perlu khawatir apabila nantinya barang yang kamu kirimkan mengalami kerusakan atau kehilangan.

Apabila kamu ingin mengajukan klaim paket, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu pahami. Demi menunjang hal tersebut, mari simak artikel ini untuk mempelajari bagaimana caranya melakukan klaim paket di Wahana Express.

Cara Klaim di Wahana Express

Untuk mengajukan klaim di Wahana Express, kamu perlu menghubungi pihak customer service dari Wahana Express dan menyiapkan beberapa dokumen pendukung sebagai bukti laporan agar pengajuan klaim dapat diterima. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan klaim barang kamu:

  1. Persiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti formulir klaim dalam bentuk surat keterangan yang sudah diisi dengan lengkap, bukti transaksi jual beli, fotocopy KTP, fotocopy buku rekening (halaman pertama) atau fotocopy yang menyatakan bahwa nomor rekening sesuai nama yang diterbitkan oleh pihak bank (misal pada aplikasi mobile banking yang terdapat pada bagian informasi saldo berisi informasi nomor rekening).
  2. Apabila nama pihak pengirim yang tertulis pada resi paket ternyata tidak sesuai dengan nama yang terdapat pada KTP atau nomor rekening, maka kamu perlu menambahkan lampiran dokumen yang menunjukan identitas sah pihak pengirim dan pemilik rekening.
  3. Kirimkan semua dokumen tersebut melalui email ke alamat claimcs@wahana.com.
  4. Setelah semua dokumen telah terkirim, tunggu respon dari pihak Wahana Express untuk menindaklanjuti klaim yang telah kamu buat. Pihak Wahana Express akan melakukan verifikasi internal pengiriman untuk mengidentifikasi dan membuktikan bahwa barang yang diklaim memang benar telah hilang.
  5. Terakhir, silakan ikuti penjelasan dan arahan yang diberikan oleh pihak customer service Wahana Express untuk memproses klaim kamu. Penggantian klaim akan diproses segera apabila semua syarat dan ketentuan sudah valid.

Contoh Template untuk Pengajuan Klaim

Apabila kamu masih bingung dengan apa yang harus kamu tuliskan ketika akan melakukan pengajuan klaim melalui email, kamu bisa melihat contoh berikut ini sebagai referensi. Berikut contoh template pengajuan klaim di Wahana Express:

“Dear Customer Service Wahana Express,

Saya merupakan salah satu pengguna layanan dari Wahana Express yang baru-baru ini melakukan pengiriman barang. Berdasarkan informasi yang saya terima melalui resi paket, hingga saat ini paket tersebut belum sampai di alamat tujuan. Oleh karena hal tersebut, melalui surat ini saya ingin mengajukan klaim ganti rugi dari pihak Wahana Express.

Untuk kebutuhan identifikasi dan pemeriksaan, berikut data-data terkait dengan klaim pengiriman paket yang saya ajukan:

  • Nomor Resi : (isi nomor resi paket yang sedang kamu ajukan klaim)
  • Nama Pengirim : (isi nama dari pihak pengirim)
  • Nomor Telepon Pengirim : (isi nomor telepon dari pihak pengirim)
  • Alamat Pengirim : (isi alamat lengkap dari pihak pengirim)
  • Nama Penerima : (isi nama dari pihak penerima)
  • Nomor Telepon Penerima : (isi nomor telepon dari pihak penerima)
  • Alamat Penerima : (isi alamat lengkap dari pihak penerima)
  • Jenis Layanan : (isi jenis layanan Wahana Express yang digunakan seperti Express, Next Day, Ekonomis, Kargo, Singapore atau Gedung dan Apartement)

Sebagai tambahan, saya juga melampirkan beberapa dokumen pendukung diantaranya formulir klaim yang sudah diisi, bukti transaksi jual beli, fotocopy KTP, fotocopy nomor rekening. Demikian klaim yang saya ajukan, saya sangat berharap agar proses klaim ini dapat diperiksa dan ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Terima kasih,
(isi nama kamu).”

 

Itulah template isi dari email ketika kamu ingin mengajukan klaim di Wahana Express. Template tersebut bersifat umum sehingga kamu juga dapat menggunakannya untuk permasalahan lainnya. Tentunya kamu dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan misalnya menambahkan detail kronologi kejadian terhadap kendala yang sedang kamu alami.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika mengajukan klaim, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu ikuti untuk memastikan bahwa klaim yang kamu lakukan tidak ditolak oleh pihak Wahana Express. Untuk menghindari hal tersebut, mari perhatikan beberapa hal berikut ini terkait dengan proses pengajuan klaim di Wahana Express yang perlu kamu ketahui:

  • Pihak Wahana Express tidak bertanggung jawab atas kerusakan barang apabila kemasan atau pembungkus luar tidak dalam kondisi rusak.
  • Pihak Wahana Express tidak dapat menerima pengajuan klaim atau komplain dalam bentuk apapun baik itu dari pihak pengirim ataupun pemilik barang apabila komplain yang dimaksud baru diajukan setelah melewati watu 30 (tiga puluh) hari sejak barang telah diterima oleh agen (dibuktikan dengan tanda terima pada lembar resi paket). Jika hal tersebut terjadi, pihak Wahana Express akan menganggap proses pekerjaan telah selesai.
  • Proses pengajuan klaim kehilangan hanya bisa dilakukan oleh pihak pengirim. Apabila kamu adalah seorang pembeli, maka segera lakukan komunikasi kepada pihak penjual untuk melakukan pengajuan klaim.
  • Pihak Wahana Express hanya akan menerima pengajuan komplain terhadap paket yang rusak atau indikasi barang rusak dalam tenggang waktu 1 x 24 jam sejak barang tersebut diterima oleh penerima (menurut catatan waktu yang ada pada catatan resi Wahana Express).
  • Terdapat barang yang tidak dapat diproses untuk klaim ganti rugi kehilangan, kerusakan ataupun reject x-ray dikarenakan barang tersebut termasuk dalam kategori barang yang dilarang oleh Wahana Express.
    Kamu tidak akan diberikan bukti transfer penggantian dana jika kamu tidak meminta secara khusus kepada pihak customer service Wahana Express.

Banyak hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan mengajukan klaim di Wahana Express mulai dari tenggat waktu pengajuan, kategori barang yang tidak bisa diajukan klaim sampai indikasi kerusakan barang yang memang rusak karena proses pengiriman bukan dari pihak pengirim.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara melakukan klaim paket menggunakan layanan dari Wahana Express. Penting sekali bagi kamu untuk mengirimkan pengajuan klaim dengan melampirkan dokumen secara lengkap untuk menghidari penolakan oleh pihak Wahana Expresss. Ditambah lagi, kamu juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan dalam pengajuan klaim di Wahana Express. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu agar tidak bingung lagi cara mengajukan klaim di Wahana Express.

 

Baca Juga:

  1. Review Lengkap Layanan Ekonomis Wahana
  2. Perbedaan dan Kelebihan dari Tiap Tipe Layanan Wahana
  3. Berapa Lama Pengiriman Barang Pakai Wahana Express
  4. Baca Ini Sebelum Pilih Layanan Next Day Wahana
Cek Ongkir Wahana