Your browser does not support JavaScript!

Bagaimana Tata Manajemen dapat Memperkuat Rantai Pasokan

By Pandu Saputra - June 24, 2021

Bagaimana Tata Manajemen dapat Memperkuat Rantai Pasokan

Sistem produksi dan distribusi menjadi semakin kompleks sebagai akibat dari globalisasi, merger dan akuisisi, dan perubahan kebutuhan klien. Akibatnya, para pemimpin rantai pasokan saat ini mengejar solusi berbasis analitik yang menciptakan rantai pasokan yang lebih terintegrasi dan strategis, daripada taktik pemotongan biaya tradisional. Manajemen pesanan adalah tujuan penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan keunggulan kompetitif mereka karena ini adalah salah satu penanda utama kinerja rantai pasokan. Otomatisasi adalah salah satu pendekatan untuk melakukan ini, karena dapat meminimalkan kesalahan dan meningkatkan efisiensi, menghasilkan proses rantai pasokan yang lebih efisien.

Baca juga: Harga Ekspedisi Pengiriman Barang Murah (Edisi 2021)

Peningkatan Proses

Strategi manajemen pesanan tradisional, seperti teknologi ERP dasar dan ketergantungan pada proses manual, digunakan oleh banyak ahli rantai pasokan untuk menjalankan rantai pasokan mereka. Karena waktu dan bahaya kesalahan yang diperlukan dalam memasukkan data pesanan secara manual, analitik dan pelaporan tidak dapat berfungsi secara maksimal, dan dalam beberapa keadaan, perjanjian tingkat layanan (SLA) tidak terpenuhi. Rantai pasokan yang mengandalkan proses manual tidak dapat mengikuti perubahan permintaan pelanggan dan kebutuhan untuk bergerak lebih cepat. Sistem ERP dapat membantu meminimalkan jumlah titik sentuh manual dan jumlah kertas yang digunakan dalam rantai pasokan, tetapi lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mencapai efisiensi ujung ke ujung.

Otomatisasi manajemen pesanan telah menjadi solusi yang populer dan efisien untuk banyak masalah ini. Banyak solusi otomatisasi berinteraksi dengan SAP saat ini dan program ERP lainnya, mengurangi atau menghilangkan upaya manusia tanpa mengorbankan kelangsungan bisnis atau menambahkan komplikasi TI yang tidak perlu.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Logistik: Pilihan Editor

Empat Keuntungan Penting dari Otomatisasi

  • Tingkatkan visibilitas di tempat yang dibutuhkan – Dengan banyaknya operasi, logistik, dan saluran yang saat ini terlibat dalam rantai pasokan, visibilitas sangat penting – terutama di sekitar pencapaian periode kritis seperti akhir bulan, kuartal, atau tahun. Dasbor yang dapat disesuaikan menjadi standar dengan sistem pemrosesan pesanan terbaik di kelasnya, memberikan pengguna akses cepat ke analitik yang paling penting bagi mereka (misalnya, ketika pesanan telah diterima, dikonfirmasi, dan dikirim, atau dokumentasi pendukung terkait).
  • Identifikasi masalah sebelum menjadi lebih serius – Banyak solusi otomatisasi menyertakan dasbor yang memungkinkan manajer mendapatkan kontrol lebih besar atas operasi mereka dengan memungkinkan mereka menelusuri kinerja staf dan merespons dengan cepat untuk menghindari masalah atau memanfaatkan peluang.
  • Tingkatkan kepuasan klien – Profesional layanan pelanggan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus melayani pelanggan secara nyata saat pesanan dikumpulkan dan dimasukkan secara akurat ke dalam rantai pasokan. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa SLA pelanggan akan dipenuhi atau dilampaui.
  • Kurangi biaya operasional dengan menghilangkan pemborosan – Kesalahan pemrosesan pesanan adalah salah satu sumber pemborosan yang paling umum dalam rantai pasokan. Menurut Esker, biaya khas untuk merevisi pesanan, termasuk biaya pengiriman, adalah $200-$250. Otomatisasi menghilangkan kesalahan yang mahal ini (bersama dengan tenaga kerja tambahan dan bahan habis pakai) dan potensi konsekuensi negatif bagi perusahaan.

Sekarang Adalah Waktu yang Tepat untuk Mengotomatisasi

Prosedur manajemen pesanan tradisional biasanya tidak efisien, dan para profesional rantai pasokan saat ini menyadari bahwa agar tetap kompetitif, perusahaan harus mereformasi operasi pemrosesan pesanan mereka. Otomatisasi pemrosesan pesanan penjualan dari Esker, misalnya, dapat membantu dengan menghilangkan beban operasi manual. Organisasi dapat membangun lingkungan rantai pasokan yang optimal dan menuai manfaat dari efisiensi total dan menyeluruh dengan mengotomatiskan proses manajemen pesanan.

Baca juga: Freight Forwarder & Cargo Logistik Transport (Top 3)