Your browser does not support JavaScript!

Tidak Ada Dua Gudang yang Sama

By Pandu Saputra - October 04, 2021

Tidak Ada Dua Gudang yang Sama

Menurut Philip Artlett, Solutions Development Manager di Dematic, memecahkan masalah gudang memerlukan evaluasi berbagai solusi untuk membandingkan dan membedakan bagaimana mereka akan diterapkan pada gudang tertentu. Eksplorasi ini dimungkinkan oleh rangkaian lengkap barang dan teknologi Dematic, yang didukung oleh pendekatan konsultatif dan komersial.

Phil menjelaskan, “Proses konsultasi dimulai dengan bekerja dengan pelanggan untuk menciptakan persyaratan solusi, yang kami sebut sebagai ‘tingkat desain.’” “Ini membantu dalam mengidentifikasi kriteria pertumbuhan di masa depan dan didukung oleh analisis data yang menyeluruh.”

“Sejak saat itu, pendekatannya menyerupai corong yang kami mulai dengan tiga atau empat konsep yang paling masuk akal. Kemudian kami mendatangi pelanggan dan memberi mereka model pengembalian investasi untuk masing-masing konsep ini, sehingga mereka dapat mengetahui berapa banyak uang yang dapat mereka masukkan ke dalam berbagai tingkat otomatisasi di dalam pusat distribusi.”

Baca juga: CKB Logistik & Deliveree Trucking (Pembahasan)

Desain Dematic

Dematic dapat menyempurnakan tingkat desain dengan berfokus pada konsep yang berbeda.

“Kita dapat melihat data baris pesanan dari riwayat penjualan perusahaan untuk melihat sistem apa yang terbaik untuk saat ini dan sepuluh tahun dari sekarang,” Phil menjelaskan. “Kami akan membuat keputusan berikutnya berdasarkan informasi ini, serta karakteristik produk dari data master produk.”

Phil bertanya kepada pelanggan dan dirinya sendiri, “Apa titik rasa sakit terbesar?” sebelum merancang, membuat, dan memasang solusi di gudang.

“Sungguh menakjubkan berbagai tanggapan yang kami dapatkan – dan terkadang masalah yang paling serius adalah sesuatu yang sangat sederhana sehingga mudah untuk diabaikan,” katanya. “Kami telah melihat perusahaan menghabiskan sejumlah besar uang sepenuhnya untuk memperbaiki rantai pasokan mereka, atau setidaknya gudang mereka, hanya untuk tetap memiliki area yang sulit itu – karena mereka tidak ditangani sejak awal.”

Dematic dengan cermat mempelajari bisnis pelanggannya karena tidak ada kebutuhan bisnis yang terlewat. Penjualan dan strategi masuk ke pasar penyedia solusi mencakup penjualan konsultatif, yang melibatkan pembicaraan dengan manajemen puncak serta manajer gudang dan operator di lapangan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang operasi.

Phil menjelaskan, “Kami tidak hanya menginginkan statistik dan spreadsheet.” “Kami ingin berbicara dengan orang-orang di lapangan serta melakukan analisis kuantitatif yang ekstensif. Kami ingin mengunjungi lokasi dan berbicara dengan personel yang mengoperasikan forklift dan gudang untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi pelanggan kami.”

Menurut Phil, salah satu masalah paling umum di era e-commerce adalah gagal menyesuaikan diri dengan pesanan yang lebih kecil dan lebih sering.

Dia menjelaskan bahwa “seringkali gudang atau sistem dirancang untuk jumlah pesanan tertentu setiap hari.” “Ketika pesanan itu berlipat ganda dalam ukuran dan jumlah, itu menjadi masalah yang signifikan.”

Meskipun ada lonjakan dalam pemenuhan pesanan online selama epidemi yang berkepanjangan, Australia memiliki sangat sedikit bisnis e-commerce murni. Batu bata dan mortir masih diperlukan dan, dalam beberapa situasi, menjadi tulang punggung banyak perusahaan Australia.

Solusi pengambilan Barang-ke-Orang Dematic mengatasi hal ini dengan menggabungkan pengambilan B2B grosir, pengisian ulang eceran, dan pemenuhan elektronik ke dalam satu sistem.

“Mengembangkan sistem omnichannel memungkinkan kami untuk mencapai keseimbangan yang tepat bagi klien kami antara saluran ritel dan e-commerce,” jelasnya.

“Sistem ini dapat mengatasi campuran pergeseran saluran tersebut saat yang satu naik dan yang lainnya turun, yang mungkin terjadi dari hari ke hari.”

Pekerjaan Dematic baru-baru ini dengan produsen garmen terkenal menunjukkan perubahan yang dialami banyak perusahaan. Meskipun penjualan ritel menyumbang sebagian besar pendapatan perusahaan, penjualan e-commerce telah berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir.

Dematic merancang sistem pengambilan dan penyortiran batch untuk memilih item ritel dan online dalam satu gelombang, dengan mempertimbangkan fleksibilitas untuk profil bisnis yang berubah.

“Penyortir Crossbelt mengirimkan produk ke saluran besar untuk dikemas ke dalam karton toko, atau ke saluran yang lebih kecil untuk menyortir pesanan individu,” Phil menjelaskan. “Menggunakan satu peralatan di jantung sistem memungkinkannya beradaptasi, memungkinkan kombinasi pengisian ulang online dan ritel apa pun.”

Baca juga: Cek Biaya Ongkir Ekspedisi – Logistik Indonesia

Penanganan

Dengan throughput hingga 80.000 item per jam, Crossbelt Sorter Dematic dapat menangani berbagai produk seperti tas jinjing plastik, karton karton, nampan, amplop isi, dan tas poli.

“Kami menyisihkan satu bagian penyortir untuk ekspansi di masa mendatang guna menangani potensi masalah dari perubahan profil perusahaan,” kata Phil. “Lebih banyak item dapat diambil dan diproses untuk ritel atau online tergantung pada bagaimana bisnis bergerak.”

Pakar perangkat lunak, sistem, mekanik, dan elektrik Dematic membantu pelanggan dalam meningkatkan penggunaan produk setelah solusi dipilih.

“Kami berada dalam situasi yang unik karena kami memiliki begitu banyak insinyur yang ditempatkan di Australia dan Selandia Baru yang dapat mendukung proyek kami dari konsepsi hingga selesai, serta dengan dukungan dan pemeliharaan berkelanjutan,” katanya. “Kami memiliki lebih dari 100 orang di lokasi yang dapat membantu dengan perangkat lunak, manajemen proyek, mekanik, kontrol, struktural, dan sistem — selain lebih dari 270 perwakilan layanan pelanggan lokal.”

Menurut Phil, metode konsultatif bekerja paling baik ketika pelanggan memilih Dematic sebagai mitra sejak dini.

“Kami menghormati proses tender,” lanjutnya, “tetapi proyek yang paling sukses jelas adalah ketika klien telah membuat keputusan awal tentang dengan siapa mereka ingin bekerja dan telah memasuki fase kemitraan dan kolaboratif dengan kami sejak awal. ”

“Pelanggan sekarang memiliki semua informasi penting tepat di ujung jari mereka, didukung oleh pengalaman konsultasi selama puluhan tahun, pemahaman mendalam tentang dinamika industri, dan pilihan solusi dan teknologi terluas yang tersedia.”

Baca juga: Perusahaan Ekspedisi Cargo Logistik Pengiriman