Your browser does not support JavaScript!

CKB Logistik & Deliveree Trucking (Pembahasan)

By Steven Widjojo - 15 Sep 2021

CKB Logistik & Deliveree Trucking (Pembahasan)

Untuk bisnis, logistik perlu lebih dari sekadar transportasi satu barang. Seringkali, layanan FTL yang rutin dibutuhkan oleh sebuah bisnis untuk menunjang aktivitasnya. Saat ini, tantangan bisnis bukanlah menemukan penyedia yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, tetapi memilih penyedia yang tepat. Jadi bagaimana bisnis bisa membuat keputusan seperti itu? Logisticsbid menjawab pertanyaan itu dan mengumpulkan tim peneliti untuk berbagi dengan Anda temuan kami.

Dalam penelitian kami, kami melihat banyak perusahaan logistik dan setuju untuk menyoroti dua di antara opsi paling menarik untuk bisnis: Deliveree dan CKB logistik. Deliveree telah mengganggu industri logistik dengan pemanfaatan teknologi yang mahir. Meskipun umumnya dikenal sebagai penyedia layanan logistik sesuai permintaan, kami menemukan bahwa mereka juga melayani bisnis dari semua ukuran, dari klien kecil hingga perusahaan besar, terutama melalui program bisnis mereka. Di tempat lain, CKB adalah salah satu perusahaan yang sudah lama hadir di pasar.

Di sini, di artikel ini, kami akan membuat profil kedua perusahaan ini dalam banyak aspek. Ulasan ini akan membantu pemilik bisnis seperti Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keduanya dan mungkin menilai mana yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Para penyedia dan layanan mereka

Menjadi salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia, CKB trucking tentunya memiliki banyak sekali lini layanan logistik dalam satu atap yang kami yakin dapat memberikan keuntungan bagi pelanggannya dengan menjadi solusi logistik satu atap. Ada banyak solusi yang mereka tawarkan, sebut saja! mulai dari:

  • Jasa pengiriman kargo dengan truk
  • Proyek logistik untuk anda yang mempunyai kebutuhan untuk mengantarkan barang berat ke lokasi yang sulit dijangkau dengan akses terbatas
  • Manajemen pergudangan
  • Layanan penanganan kustom untuk ekspor atau impor
  • Jasa logistik dan manajemen material untuk pengeboran
  • Eksplorasi, dan kegiatan produksi, terutama untuk operasi darat dan lepas pantai
  • Pengiriman dengan kapal
  • Pengeboran minyak di tengah laut
  • Jasa pengiriman alat berat atau persewaan.

Jika dibandingkan dengan Deliveree, CKB jelas lebih unggul dalam hal jenis layanan logistik yang disediakannya. Tim kami menemukan bahwa Deliveree berspesialisasi dalam layanan angkutan truk dengan sistem FTL. Namun, aspek yang menarik dari layanan trucking Deliveree adalah kemampuannya untuk menyediakan layanan pengiriman on-demand kapan saja. Mereka mengklaim bahwa saat ini mereka memiliki lebih dari 30.000 (dan terus bertambah) driver aktif di seluruh Jawa yang siap menerima pesanan Anda. Jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati layanannya karena kepastian pesanan bisa Anda kantongi dalam waktu kurang dari 3 menit.

Penawaran harga, highlight dari diskusi ini

Pembahasan mengenai harga merupakan salah satu hal yang paling menarik, karena dengan adanya akses penawaran harga, pelanggan dapat menimbang keuntungan dan nilai lain yang akan didapat jika memutuskan untuk memilih suatu layanan. Apalagi jika customer sudah memiliki budget yang sudah ditentukan tentunya akan mempermudah segala sesuatunya.

Pertama, mari kita bicara tentang CKB logistik. CKB sendiri memiliki bagian khusus untuk pertanyaan penawaran harga. Karena mereka memiliki beberapa jenis layanan logistik, Anda harus memilih jenis penawaran yang Anda ingin ketahui. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak akan mendapatkan penawaran harga dari CKB trucking secara langsung, jadi Anda harus mengisi terlebih dahulu rangkaian kolom informasi yang mereka sediakan antara lain informasi kontak, jenis barang dan berat, metode pengiriman FTL atau LTL, pengambilan alamat dan alamat pengiriman, dan informasi. lainnya yang mungkin berguna bagi tim CKB logistik untuk memberi Anda harga yang akurat. Seluruh proses pengisian informasi membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 7 menit.

Deliveree menyediakan apa yang mereka sebut kalkulator online di situs web mereka. Karena jenis layanan yang mereka miliki hanya truk, jadi mendapatkan harga dari mereka cukup mudah. Jadi Anda tinggal memilih jenis truk yang ingin Anda pesan, lalu masukkan informasi alamat pengambilan dan pengiriman. Jangan khawatir, jika ingin mengirim ke beberapa lokasi sekaligus bisa menambahkan alamat hingga 15 poin. Dalam waktu kurang dari 1 menit, Anda bisa mendapatkan penawaran harga dari mereka. Yang kami sukai adalah, jika Anda tidak yakin jenis truk mana yang cocok untuk kargo Anda, silakan gunakan fitur kalkulator berdasarkan ukuran kargo. Masukkan ukuran dan berat barang, lokasi pengambilan dan pengiriman, dan boom, harga ada di tangan Anda!

Bagaimana cara memesan layanan mereka?

Kami cukup terkejut bahwa metode pemesanan dan informasi yang diperlukan untuk memesan layanan dari kedua penyedia tersebut sangat mirip satu sama lain. Tentu saja mereka memiliki ciri khas sendiri dan fitur unggulan lainnya, namun kami rasa Anda perlu mengetahui keduanya agar Anda dapat membandingkan dan lebih mudah memutuskan. Simak detailnya di bawah ini.

 

CKBDeliveree
Metode pemesananWeb booking, telepon atau emailMobile dan aplikasi web
Informasi yang dibutuhkanAlamat, berat & volume barang, kontak pengirim serta penerimaAlamat, jenis truk atau berat & volume barang, kontak pengirim serta penerima
Lama proses pemesanan5 – 10 menit<5 menit
Waktu konfirmasi pesananLangsungLangsung

 

Kedua perusahaan berbagi kemampuan yang memungkinkan pelanggan memesan layanan mereka melalui internet. Tim kami melakukan penelitian terhadap langkah-langkah pemesanan kedua perusahaan tersebut, dan dapat dikatakan bahwa yang pertama kali ingin memesan melalui internet adalah melakukan registrasi terlebih dahulu. Ini adalah proses alami, sehingga di masa mendatang Anda dapat mengunjungi kembali akun Anda untuk melihat riwayat pesanan Anda atau hanya sebagai referensi pemesanan Anda. Kami menemukan bahwa CKB logistik tidak memiliki aplikasi seluler. Jadi, semua informasi dan proses pemesanan hingga pemantauan pemesanan dilakukan melalui situs web mereka. Di sisi lain, Deliveree memiliki aplikasi seluler yang dapat diunduh di Android atau iOS.

Sebenarnya fungsi aplikasi mobile atau web booking dari Deliveree itu sama saja. Satu-satunya perbedaan adalah dari segi kenyamanan, dengan aplikasi mobile ini pelanggan dapat dengan mudah memesan layanan Deliveree di mana saja meski sedang berbaring di tempat tidur. Ada tombol obrolan ke dukungan pelanggan mereka yang dapat Anda tekan dengan mudah saat Anda memesan melalui aplikasi Deliveree. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan atau merasa bingung, Anda selalu dapat menghubungi tim mereka untuk klarifikasi lebih lanjut. Namun menurut kami, sebelum Anda menghubungi tim mereka, Anda dapat menekan ikon mata kecil yang terletak di sebelah kanan posting di aplikasi mereka. Kami menemukan bahwa ikon mata berfungsi sebagai penafian terkait layanan yang terdapat dalam aplikasi mereka. Cukup membantu dan mendidik.

Jangan khawatir, lacak kiriman Anda dengan mereka!

Salah satu hal yang paling tidak disukai pelanggan adalah ketidakmampuannya mengetahui keberadaan atau status barang yang mereka kirim. Tanpa kelayakan, pelanggan akan merasa tidak aman dan khawatir apakah barangnya sudah sampai dengan selamat atau belum. Untungnya, kedua perusahaan ini menyediakan layanan pelacakan. Tapi, bukan berarti cara mereka melacaknya sama. CKB trucking menggunakan sistem milestone, dimana pelanggan hanya dapat melihat status pengiriman berdasarkan informasi seperti: waktu penjemputan, transit barang di sorting center, barang dalam perjalanan, hingga barang sudah sampai. Informasi ini kemudian dilengkapi dengan tanggal dan waktu item Anda mencapai pencapaian tertentu.

Lalu, bagaimana cara pelanggan mengetahui status milestone mereka? Di website CKB trucking terdapat menu tracking yang bisa Anda kunjungi. Silakan login ke akun Anda dan masukkan nomor Pengiriman yang diberikan saat Anda memesan layanan CKB logistik, setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang berisi semua informasi pesanan Anda.

Berbicara tentang Deliveree, mereka menggunakan sistem pelacakan langsung. Pelanggan akan dapat langsung memantau keberadaan truk yang Anda pesan tanpa penundaan. Tracking form di Deliveree berbentuk peta, sehingga Anda dapat melihat wilayah mana yang sudah dijangkau barang Anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan barang Anda sampai di tempat tujuan. Dari sini, kami menyimpulkan bahwa sistem pelacakan Deliveree lebih transparan karena kemampuannya melacak setiap pergerakan barang yang sedang dikirim.

Pelayanan pelanggan

Untuk bisnis, dukungan layanan pelanggan adalah salah satu nilai terpenting yang dicari. Apakah pertanyaan tersebut berkaitan dengan operasi pemesanan, penyesuaian, permintaan khusus, atau informasi layanan lainnya, Anda sebagai bisnis menginginkan dukungan penuh dari mereka untuk memastikan kebutuhan Anda terpenuhi dengan lancar. Kami melakukan penelitian pada setiap tim layanan pelanggan perusahaan yang dirangkum di bawah ini.

 

CKBDeliveree
Metode hubungTelepon, chatLive chat, telepon, email
Jam operasional24/724/7
Estimasi waktu responLive chat: >20 menit, telepon: 1 – 3 menit waktu tunggu hingga CS terhubung dengan AndaLive chat: <2 menit

 

Saat kami meneliti dan mengujinya, kami menemukan bahwa kedua perusahaan memiliki sistem layanan pelanggan yang mapan di mana pelanggan dapat menjangkau melalui berbagai saluran. Kami dapat menghubungi tim mereka yang sangat membantu dalam waktu singkat.

Untuk CKB logistik, kami ingin menyoroti saluran panggilan telepon sebagai cara terbaik untuk menjangkau mereka. Saat kami memanggil salah satu nomor di situs web mereka, kami terhubung ke sistem IVR yang akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan Anda ke tim yang tepat. Namun, kami diminta untuk menghubungi nomor ekstensi yang sesuai yang tidak diketahui oleh pelanggan baru. Kami memilih dukungan operator di IVR yang kemudian membantu kami dalam pertanyaan kami. Secara total, butuh sekitar dua menit dari panggilan hingga kami menghubungi perwakilan mereka. Adapun fitur obrolan langsung mereka yang dapat kami akses dari situs web mereka, kami tidak menerima tanggapan apa pun setelah lebih dari satu jam, jadi kami menyarankan Anda untuk menelepon mereka secara langsung sebagai gantinya untuk mendapatkan tanggapan yang lebih cepat.

Sedangkan untuk Deliveree, kami terkejut dengan seberapa cepat fitur obrolan langsung di situs web mereka merespons kami. Merupakan hal yang wajar untuk mengharapkan lambat atau tidak ada tanggapan dari fitur obrolan langsung yang terdaftar di situs web perusahaan logistik, tetapi tim obrolan langsung Deliveree benar-benar memberi kami tanggapan dalam waktu kurang dari satu menit pada percobaan pertama kami. Mereka dapat memberikan jawaban yang jelas atas pertanyaan kami dengan mengirimkan tautan yang sesuai ke bagian dari situs web mereka atau “brosur” yang berisi informasi yang kami cari. Saat kami mencoba beberapa kali dengan pertanyaan yang berbeda, kami juga menerima versi berbeda dari brosur tersebut yang menurut kami adalah hal yang keren karena mereka menyiapkan jenis bahan tertentu untuk setiap pertanyaan. Secara keseluruhan, materi yang mereka kirimkan sangat singkat namun sangat membantu. Menurut kami cara yang unik dan sederhana untuk menjawab pertanyaan pelanggan sangat mengesankan.

Kesimpulan

Setelah melakukan penelitian pada kedua perusahaan, inilah yang kami pikirkan. CKB trucking memiliki lebih banyak pengalaman dan menawarkan lebih banyak lini layanan, sementara Deliveree menawarkan banyak nilai unik yang belum pernah dapat dicapai oleh banyak perusahaan. Meskipun bisnis, terutama yang besar, sering kali terpaku hanya untuk melihat perusahaan solusi logistik yang umum dikenal seperti CKB Logistics, menurut kami nilai yang diberikan Deliveree sebagai perusahaan yang mengganggu layak untuk dicoba untuk bisnis. Singkatnya, menurut kami Deliveree mampu meningkatkan standar dalam hal kecepatan, transparansi, dan kenyamanan melalui penggunaan teknologi yang luar biasa.

Meskipun memilih penyedia yang tepat akan selalu kembali pada kebutuhan Anda, satu hal yang kami rekomendasikan adalah untuk tetap membuka mata dan mencari opsi sebanyak mungkin. Siapa tahu, mungkin Anda akhirnya menemukan lebih banyak opsi alternatif selain Deliveree.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

  1. Bagaimana cara mendapatkan penawaran harga dari CKB dan Deliveree?
    Untuk CKB trucking, Anda dapat mengajukan pertanyaan dengan mengisi formulir online di situs web mereka. Di sana, Anda harus menjelaskan kebutuhan Anda seperti asal pengiriman, tujuan, jenis komoditas, serta mengisi beberapa detail kontak. Anda kemudian dapat menunggu mereka menghubungi Anda kembali melalui detail kontak yang Anda berikan. Untuk Deliveree, Anda dapat memeriksa harga melalui kalkulator penawaran harga online instan mereka dengan memasukkan asal, tujuan dan jenis kendaraan atau ukuran kargo dan mendapatkan harga dalam hitungan detik. Namun, untuk kebutuhan bisnis khusus apa pun, kami menyarankan Anda untuk menghubungi tim mereka untuk meminta penawaran.
  2. Bagaimana cara terbaik untuk menghubungi perwakilan dari CKB Logistik dan Deliveree?
    Untuk CKB Logistik, kami menyarankan Anda untuk menghubungi nomor telepon yang terdaftar di situs resminya secara langsung. Anda dapat menghubungi mereka dalam waktu 2 menit setelah melakukan panggilan. Sedangkan untuk Deliveree, sistem obrolan langsung mereka adalah yang kami rekomendasikan karena mereka memberikan jawaban yang sangat membantu dengan cara yang cepat. Untuk sebagian besar pertanyaan, Anda akan mendapatkan jawaban dalam waktu kurang dari 3 menit setelah mengirim pesan terlebih dahulu.
  3. Bagaimana cara melacak kiriman saya dengan CKB Trucking and Deliveree?
    Untuk CKB, Anda dapat melakukannya melalui tombol “Lacak kiriman” di bagian bawah website mereka. Anda hanya perlu memasukkan nomor DA unik Anda dan Anda akan melihat beberapa pencapaian status pemesanan Anda dengan CKB trucking. Untuk pemesanan dengan Deliveree, aplikasi mereka menyediakan fitur pelacakan langsung di mana Anda dapat melihat posisi pasti barang Anda selama pemesanan secara real time. Posisi didasarkan pada GPS perangkat pengemudi yang ditetapkan sehingga Anda dapat melacak posisi barang Anda secara akurat kapan saja.