Your browser does not support JavaScript!

Tantangan Utama dalam Manajemen Supply Chain

By Rica Prasetio - January 12, 2020


Tahun baru akan menjadi tahun yang luar biasa, karena ini adalah tahun dua ribu dua puluh satu, dan saya sangat penasaran tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Di zaman sekarang ini, banyak analis membuat klaim tentang Revolusi Industri ke-4, revolusi industri baru. Transformasi harus dilakukan jauh lebih bertahap, tetapi akan terjadi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada sebelumnya dalam jangka panjang. Ini adalah pemikiran saya tentang 7 perkembangan rantai pasokan di seluruh dunia yang saya yakin dapat kami antisipasi dalam beberapa tahun ke depan.

Kami akan memperhatikan bagaimana kami berhubungan dengan ibu pertiwi dalam skala yang lebih besar dari sebelumnya, yang berarti akan ada pemahaman dan apresiasi yang lebih besar tentang efek dan dampak masa depan yang kami miliki. Jangan mengklaim melakukan apa pun di atas kertas atau sekadar bekerja untuk perhatian publik. Mari kita benar-benar mencapai sesuatu, baik dalam privasi kamar kita maupun yang dipajang untuk kepentingan audiens kita.

Perubahan iklim merupakan faktor utama dalam keseluruhan emisi di sektor transportasi. Kompetensi inti yang diperlukan untuk perusahaan yang menguntungkan saat ini harus berkembang, pertama untuk menunjukkan kepada konsumen bagaimana cara menurunkan jejak ekologis mereka, dan kemudian memasukkan wawasan dan solusi yang mereka butuhkan untuk membantu mereka mencapai tujuan tersebut. Untuk membantu meningkatkan kelestarian lingkungan, Anda dapat melihat pertumbuhan bahan bakar terbarukan, rantai pasokan alternatif dan metode desain berbasis ulang produk, perkembangan pencetakan 3D dan inisiatif pengelolaan limbah, dan lebih banyak pendekatan kembali ke bumi. untuk produksi.

Otomatisasi, Robotisasi, dan Kecerdasan Buatan Memiliki Pengaruh yang Besar pada Logistik

Otomatisasi, robotisasi, dan AI (kecerdasan buatan) semakin populer dan menggunakan inovasi yang muncul di seluruh dunia. Segala sesuatu yang dapat kami otomatisasi dan setiap saat yang kami dapat akan digitalisasi akan menjadi digital. Robotika menonjol dalam tren baru ini, yang memiliki konsentrasi besar pada kemampuan pembelajaran mesin. Alih-alih hanya mampu mengidentifikasi pola dan melakukan tugas, robot menjadi cerdas dalam pengenalan pola mereka serta mampu belajar dan membuat keputusan berdasarkan data untuk menyelesaikan situasi yang berbeda sendiri.

Bagian terakhir dari pembelajaran mesin benar-benar luar biasa karena itu berarti bahwa manusia dan mesin akan bekerja sama satu sama lain dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Peran intelijen dalam logistik sangat penting, mengingat betapa pentingnya itu bagi perusahaan pelayaran, karena fokusnya pada prediktabilitas dan kinerja logistik. Dampak positif dari kemajuan teknologi, dan peningkatan penggunaan robotika dan kecerdasan buatan tidak diragukan lagi akan berdampak pada industri logistik dan pasti akan menyebabkan pengiriman barang mengalami perubahan yang cukup besar.

Internet of Things

Dalam tahap e-commerce global saat ini, Internet of Things (atau IoT) adalah pendorong penting untuk meningkatkan rantai pasokan

IoNeT, yang memungkinkan beragam jenis item untuk saling berkomunikasi ada di sini untuk bertukar data melalui berbagai penghubung sensor kecil yang saat ini digunakan secara luas. Setiap informasi yang mungkin berguna bagi Anda disimpan, dan semua yang memiliki informasi berguna akan tersedia untuk Anda. otomatisasi akan beroperasi secara otomatis – di latar belakang saat sensor menyimpan, mengumpulkan, memproses, dan mengirimkan data, dan kemudian sampai pada kesimpulannya sendiri. Hari ini, kita melihat mobil, palet, pengiriman, dan kendaraan pengiriman kargo yang terhubung (dan berbagai kendaraan lainnya). menggunakan) membuat parameter sumber daya kendaraan mereka lebih fleksibel dan dengan demikian menambah jumlah armada serta menghemat bahan bakar dan biaya pemeliharaan dengan menerapkan data di berbagai rute.

Semua di Internet of Things akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengiriman dan rantai pasokan. Ini dapat membantu pengirim barang dengan pemantauan pergerakan yang lebih baik, penemuan masalah lebih awal, dan jangka panjang dan bahkan jika ada masalah, itu juga akan memiliki solusi. meningkatkan seluruh rantai logistik, operasi yang tepat dan dapat diprediksi adalah penting karena membuat pengiriman lebih dapat diandalkan dan dapat diprediksi tidak hanya [merupakan tambahan] bertanggung jawab untuk memiliki pengaruh pada permintaan dan kemampuan untuk] memerangi polusi, tetapi juga membantu dalam menentukan tingkat emisi. Elektro-mobilitas mempromosikan penggunaan cara-cara yang lebih ramah lingkungan untuk bepergian.

Perkembangan penting lainnya untuk masa depan adalah perluasan penggunaan elektro-mobilitas dan penemuan sumber energi non-polusi. Produksi Powertrain akan terus berkembang seiring kita meninggalkan era penggunaan bahan bakar fosil, dengan penggunaan semua energi berbasis mobil kita digantikan oleh kendaraan listrik dan instalasi yang didukung oleh baterai yang dapat diisi ulang. Kami juga berharap melihat peningkatan penggunaan bahan bakar laut terbarukan di bawah peraturan baru yang tertunda yang baru-baru ini mulai berlaku untuk kapal pada tahun 2020. Elektro-mobilitas dapat berkontribusi besar untuk mengurangi jejak karbon industri dan berfungsi sebagai semacam GPS karbon bagi konsumen, memungkinkan mereka menjadi operator yang lebih baik dan sadar lingkungan untuk membuat keputusan yang terinformasi dengan baik tentang rantai pasokan mereka. Menurut saya, teknologi blockchain berpotensi merevolusi logistik.

Versi lebih canggih dari teknologi blockchain yang menggunakan informasi yang disimpan di blockchain ada di buku besar digital, di mana semua peserta dapat melihat dan mengakses data yang relatif terkini. Secara teori, blockchain, banyak entitas tidak memiliki cara untuk sepenuhnya mengelola seluruh blok informasi. Hal ini memungkinkan teknologi buku besar terdistribusi tidak memiliki satu titik kegagalan. Ada banyak informasi yang tersedia secara bebas untuk umum, serta dapat diverifikasi, dan dapat dicari oleh publik.

Revolusi teknologi terbaru ini akan melihat peningkatan dalam transparansi keseluruhan untuk perusahaan ekspedisi, dengan rantai pasokan yang efisien dari berbagai mitra, sementara pada saat yang sama, banyak pemain angkutan dikurangi hingga titik pemutusan informasi.

Urbanisasi dan pemanfaatan akan memberi tekanan pada infrastruktur transportasi kota. Perkiraan populasi PBB yang baru memperkirakan bahwa sekitar 60% dari populasi global akan tinggal di kota pada tahun 2030. Ketika semua dikatakan dan dilakukan, ini menyisakan banyak kesulitan bagi kita. Urbanisasi dikaitkan dengan peningkatan logistik, dan pembangunan, yang berarti lebih banyak bisnis dan industri dibuka dan dilakukan di kota daripada di pedesaan.

Kami akan melihat peningkatan penekanan pada bagaimana menangani angkutan perkotaan secara efektif, kemacetan lalu lintas, dan polusi akan mengarah pada solusi dari masalah lingkungan lainnya, yaitu, mengurangi polusi dan mengoptimalkan efisiensi mesin. Mereka juga diharapkan memberikan peluang besar untuk optimalisasi lalu lintas dan opsi transportasi baru, seperti kendaraan pengiriman otonom dan drone, muncul karena penggunaan e-commerce. Memperluas akses pengguna ke pencetakan 3D dapat memunculkan kemampuan baru dan memunculkan ide-ide baru untuk produk yang lebih serbaguna dan mudah diakses. Kemampuan kognitif, pemikiran kreatif, dan inventif, bersama dengan kematangan emosi lebih berharga dalam pekerjaan yang menuntut seperti manajemen dana lindung nilai dan bidang lainnya karena investor dan pengelola uang, ingin memiliki pengalaman yang lebih luas sebelum mempercayakan uang kepada mereka.

Dengan meningkatnya penggunaan robot, otomatisasi mesin, bersama dengan jenis robotisasi dan kecerdasan buatan ini, akan ada peningkatan permintaan untuk berbagai keahlian yang diperlukan. Pekerjaan menjadi kurang “kolaboratif” dan lebih “kognitif” oleh dan menuntut peningkatan kemampuan untuk memahami instruksi dan menantang mereka. Analisis dan kecerdasan teknologi akan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Sebelumnya, orang banyak mendapat informasi karena kesadaran akan kebenaran tinggi. Masih ada cara cepat di mana bukti dapat ditemukan, tetapi ke depan, seseorang tidak lagi mengejar jangka panjang. karyawan harus dapat menguraikan, mendekonstruksi, dan memberi makna pada informasi yang semakin kompleks, serta memahami bagaimana kaitannya satu sama lain. Bentuk karyawan ini mencerminkan individu yang mampu bergerak dengan cepat dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru dan mau belajar baru strategi dan metode. Dalam semua aspek pekerjaan, seperti ini, kepemimpinan dan kedewasaan harus berkembang secara signifikan.

Dalam sebuah perusahaan yang menjual komoditas ke pasar yang lebih berpengalaman, perusahaan pengiriman barang harus memperluas strategi mereka dari berbasis hubungan ke salah satu penjualan ke pendekatan baru yang didorong oleh pemahaman mendalam mereka tentang kebutuhan pelanggan mereka. Kita semua harus benar-benar tertarik untuk meningkatkan rantai pasokan pelanggan dan program logistik untuk berkembang dalam strategi rantai pasokan dan pasokan kita. Apa yang telah membawa kita ke sini bukan hanya yang akan membawa kita kembali.