Your browser does not support JavaScript!

PT Seino Indomobil Logistics & Deliveree: Trucking Top ’22

By Cat Dewinta - 15 Mei, 2022

PT Seino Indomobil Logistics

Seino Indomobil Logistics dan Deliveree adalah beberapa nama layanan trucking top di industri logistik Indonesia yang semakin padat dan kompetitif. Meskipun PT Seino Indomobil Logistics dan Deliveree memiliki jasa trucking yang cukup mirip yang akan melayanani muatan besar dan berat untuk pengiriman jarak jauh/dekat, ada beberapa perbedaan yang mungkin memengaruhi pilihan ekspedisi terbaik bisnis Anda. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda untuk lebih mengenal Seino Indomobil dan Deliveree dengan membandingkannya berdasarkan beberapa kriteria:

1. Harga Terbaik
2. Penawaran Harga
3. Layanan yang Disediakan
4. Pilihan Armada
5. Prosedur Pemesanan
6. Area Layanan
7. Live Tracking

Sekilas tentang Ulasan Kami

Perbandingan kami menunjukkan persaingan sengit antara dua penyedia trucking top, akan tetapi Deliveree akhirnya menang dengan skor 21 poin dan Seino Indomobil Logistics mencetak 15 poin. Deliveree menunjukkan kinerja yang sempurna di semua kategori yaitu harga yang lebih rendah, penawaran harga, layanan, pemilihan armada, prosedur pemesanan, area layanan, dan pelacakan langsung. Sementara, PT Seino Indomobil Logistics (PT SIL) seri dengan Deliveree dalam layanan, opsi armada, cakupan area layanan, dan fitur pelacakan langsung. Khusus pada kategori layanan dan pemilihan armada, keduanya menawarkan fokus berbeda yang mungkin sesuai dengan jenis kebutuhan pengiriman pelanggan yang berbeda. Lihatlah tabel perbandingan kami di bawah ini dan baca lebih lanjut untuk memahaminya dengan lebih baik.

Deliveree🎖️PT SIL
Harga Terbaik🎖️🎖️🎖️🎖️
Penawaran Harga🎖️🎖️🎖️🎖️
Layanan🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️
Pilihan Armada🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️
Prosedur Pemesanan🎖️🎖️🎖️🎖️
Area Layanan🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️
Live Tracking🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️🎖️
Total poin2115

Harga Terbaik (Pemenang: Deliveree🎖️)

Harga yang murah dan terjangkau sangat penting dalam mempertimbangkan opsi ekspedisi terbaik. Dalam hal ini, kedua perusahaan memiliki metode pengecekan harganya sendiri, dimana Deliveree memberikan transparansi dan harga yang lebih rendah. Berikut adalah demonstrasi harga keduanya untuk truk CDE (2 ton) dan Tronton Wingbox (18 ton) dari Cakung, Jakarta ke Bogor, Jawa Barat (65 km):

Deliveree 🎖️PT SIL
Truk CDERp 668.600Rp 1.260.000
Tuk Tonton WingboxRp 2.286.000Rp 2.590.000

.
Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa Deliveree memiliki harga yang lebih rendah untuk kedua jenis truk tersebut. Untuk memeriksa tarif layanan trucking Deliveree, Anda dapat dengan mudah membuka halaman kalkulator harga secara online atau mengunduh aplikasi mereka dan langsung mendapatkan penawaran harga untuk kendaraan, jarak, dan berat muatan apa pun.

Sedangkan untuk PT Seino Indomobil Logistics, harganya tidak setransparan Deliveree. Ini karena mereka tidak memiliki sesuatu seperti halaman kalkulator harga di mana pelanggan dapat secara langsung dan dengan mudah memeriksa dan membandingkan harga. Satu-satunya cara Anda bisa mendapatkan penawaran harga mereka adalah dengan menghubungi CS mereka. Ingatlah bahwa seluruh proses ini mungkin memakan waktu cukup lama. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memeriksa harga mereka:

  1. Hubungi CS mereka
  2. CS akan menanyakan dan mengisi data pengiriman yang Anda inginkan
  3. Mereka akan menghubungi Anda kembali dengan penawaran harga

Penawaran Harga (Pemenang: Deliveree🎖️)

Selain harga yang murah, kita juga perlu memastikan bahwa harga yang mereka tawarkan sudah termasuk layanan dasar. Perlu dipastikan bahwa tidak akan ada biaya tambahan mendadak yang tidak kita ketahui. Mari kita lihat apa saja yang sudah termasuk dalam penawaran harga yang sebelumnya diberikan:

Deliveree 🎖️PT SIL
PengemudiTermasukTermasuk
Bahan BakarTermasukTermasuk
Bongkar MuatTermasukTidak Termasuk
AsuransiTermasuk, up to Rp 30jtTidak Termasuk

.
Dari data di atas dapat kita lihat bahwa layanan dasar seperti bongkar muat dan asuransi bukan merupakan bagian dari penawaran harga PT Seino Indomobil Logistics. Dengan demikian, Anda dapat menduga biaya tambahan akan diterapkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan tambahan yang perlu dibayarkan, Anda harus menghubungi CS karena tidak tersedia untuk umum di situs web mereka.

Di sisi lain, Deliveree telah menyertakan layanan dasar seperti pengemudi, bahan bakar, layanan bongkar muat, dan pertanggungan asuransi hingga Rp 30.000.000 (tergantung kendaraan). Mereka juga menyediakan layanan ekstra untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman Anda dengan lebih baik. Terdapat layanan tambahan yang gratis dan yang lainnya akan mengharuskan Anda untuk membayar biaya tambahan yang terjangkau. Berikut adalah daftar layanan tambahan yang tercantum di situs web mereka yang dapat Anda tambahkan ke pemesanan Anda:

  • Staf pelanggan (gratis)
  • Asuransi tambahan
  • Bantuan tambahan
  • POD
  • Alat keselamatan pengemudi
  • TKBM
  • Biaya tol dan parkir
  • Feri
  • Rapid test pengemudi

Layanan yang Disediakan (Hasil: Seri)

Baik Deliveree dan Seino Indomobil Logistics melayani pengiriman barang besar dan berat. Meskipun serupa di area tersebut, ada beberapa perbedaan dalam layanan trucking top mereka secara keseluruhan. Untuk Deliveree, selain memiliki layanan satu kendaraan penuh (full truck load atau FTL), mereka juga memiliki opsi layanan muat sebagian (less than truck load atau LTL) yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan muatan Anda dengan kargo pelanggan lain dalam satu kendaraan tanpa harus menyewa seluruh kendaraan demi meminimalkan biaya pengiriman Anda. Mari kita lihat lebih dekat layanan Deliveree:

Satu Kendaraan (FTL)Muat Sebagian (LTL)
HargaBerdasarkan kendaraanBerdasarkan berat muatan
KendaraanTerserah AndaDisesuikan dengan muatan Anda
KapasitasSeluruh ruang cargoDigunakan secara kolektif
KontrolSesuai keinginan AndaBerdasar berat dan ukuran muatan
LayananSesuai keinginan AndaDoor-to-Door atau area bongkar-muat
JemputPaling cepat hari yang samaPaling cepat hari berikutnya
RuteLangsung ke destinasiMengikuti rute paling efisien
Cepat PengirimanLangsungHari yang sama atau hari berikutnya
ETASesuai jadwal yang ditentukanSesuai durasi pengiriman
AsuransiTermasukTermasuk
DukunganLive CS 24/7Live CS 24/7
Program BisnisTersediaTersedia
Live TrackingTersediaTersedia

.
Baik layanan FTL maupun LTL oleh Deliveree memiliki waktu pengiriman yang cepat, dimana Anda dapat mengirimkan pada hari berikutnya atau bahkan hari yang sama. Deliveree memungkinkan Anda untuk memesan layanan truk mereka minimal 2-3 jam sebelumnya, dengan cara ini Deliveree lebih cepat daripada kebanyakan layanan truk di pasar. Mereka juga dilengkapi dengan opsi pelacakan langsung sehingga Anda dapat melihat posisi persis truk Anda di peta.

Untuk jasa ekspedisi truk Seino Indomobil, semua layanan mereka lebih fokus menggunakan seluruh kendaraan untuk kebutuhan Anda. Jadi, mereka lebih cocok untuk orang-orang yang memiliki muatan besar, banyak, dan jenis muatan khusus. Karena layanan mereka didasarkan pada pendekatan ‘No One-Size-Fits-All‘, mereka akan mencoba menyesuaikan layanan mereka dengan kebutuhan spesifik Anda. Mereka menyediakan beberapa jenis layanan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan transportasi kargo. Di bawah ini adalah rincian dari layanan tersebut.

LayananPenjelasan
Sewa TransportasiSedia truk + driver untuk kirim kargo Anda ke Jawa – Sumatera.
Car CarrierAngkut dengan truk khusus berkapasitas lima sampai enam mobil.
Trailer TransportationAngkutan kelas berat dengan kapasitas 20 ton sampai 60 ton.
Transportasi KhususSedia kendaraan untuk barang-barang khusus seperti bahan baku.
Transportasi Bahan BakarBerlisensi dan khusus untuk mengirimkan muatan bahan bakar.
Truk ReeferMampu angkut barang beku dengan kapasitas 6-8 ton.
Layanan Door-to-DoorLayanan dengan truk CDE untuk kirim barang jadi dan bahan baku, cocok untuk jalan sempit.

Armada (Hasil: Seri)

Kedua perusahaan trucking top ini memiliki banyak jenis armada untuk ditawarkan. Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa kendaraan Deliveree mengakomodasi berbagai jenis ukuran muatan, sementara PT Seino Indomobil Logstics berfokus pada jenis kargo yang berat dan juga khusus. Dengan demikian, Deliveree lebih mampu mengakomodir kebutuhan pengiriman kargo yang lebih kecil dan ringan. Di bawah ini adalah daftar armada yang mereka miliki.

Deliveree 🎖️PT SIL 🎖️
Tronton (Box & Wingbox)Trailer Petrol dan Diesel
Fuso BeratCar Carrier (Stanza & Hauler)
Fuso RinganBulk Trailer
CDD (Box & Bak)Container Trailer
CDE (Box & Bak)Tronton Wingbox
Small BoxSmall Box
Pick up kecilTruk kecil
VanTruk Reefer
Mobil Ekonomi

Prosedur Pemesanan (Pemenang: Deliveree 🎖️)

Deliveree 🎖️PT SIL
Via mobile app atau websiteVia telepon dengan CS
Pesan minimal 2-3 jam sebelum waktu jemputPesan setidaknya 1 hari sebelum jemput
Mengisi info pengiriman lewat aplikasiMemberitahu CS tentang info pengiriman
Penawaran harga dalam 1 menitPenawaran harga tunggu CS
Konfirmasi sendiri lewat aplikasiKonfirmasi menunggu CS

.
Kedua perusahaan trucking top ini memiliki metode yang berbeda untuk memesan layanan mereka. Di antara mereka, kita harus mengatakan bahwa Deliveree memiliki cara yang lebih mudah dan lebih cepat. Ini karena mereka memungkinkan Anda memesan langsung melalui aplikasi atau aplikasi web. Semua data tentang pengiriman Anda, seperti kendaraan yang Anda inginkan/butuhkan, tujuan, penawaran harga, contact person, layanan tambahan, dll, dapat dengan mudah diisi dalam hitungan menit. Mereka bahkan mengizinkan Anda untuk memesan kendaraan mereka secara umum minimal 2-3 jam sebelum waktu pengiriman yang Anda butuhkan (tergantung pada kendaraannya). Jika Anda kesulitan melakukan pemesanan, Deliveree menyediakan CS 24/7 yang siap membantu Anda.

Di sisi lain, prosedur pemesanan Seino mungkin memakan waktu lebih lama. Untuk memesan layanan mereka, Anda perlu menghubungi CS mereka. Panggilan itu sendiri berfungsi untuk menginput data pemesanan Anda secara manual oleh CS yang akan dikirimkan ke kantor pusat, yang kemudian akan menugaskan seorang pengemudi untuk menjemput muatan di lokasi yang Anda tentukan. Termasuk mendapatkan penawaran harga, seluruh proses pemesanan mungkin cukup memakan waktu. Menurut penelitian kami, mereka mengharuskan Anda untuk memesan layanan mereka minimal 1 hari sebelum waktu pengiriman yang diperlukan. Jadi, mereka mungkin tidak dapat membantu dengan kebutuhan truk yang mendadak dan mendesak.

Cakupan Area Layanan (Hasil: Seri)

Dalam kategori ini, dua penyedia trucking top sekali lagi memiliki hasil imbang. Wilayah layanan kedua perusahaan mencakup Jawa dan Sumatera. Oleh karena itu, untuk menentukan ekspedisi mana yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan logistik Anda mungkin lebih bergantung pada jenis layanan truk yang Anda cari.

Deliveree🎖️PT SIL 🎖️
Java – SumatraJava – Sumatra

Melacak Cargo Anda (Hasil: Seri)

Kedua layanan trucking top ini menyediakan opsi pelacakan langsung 24/7 untuk pengiriman Anda. Untuk mengaksesnya, kedua perusahaan memiliki cara yang hampir sama. Pelacakan langsung Deliveree dapat diakses di aplikasi mereka atau dengan tautan yang akan diberikan kepada Anda sehingga Anda dapat membagikannya dengan siapa saja dan membukanya secara bebas di web. Fitur pelacakan langsung Deliveree ini akan menunjukkan posisi persis kendaraan Anda di peta.

Fitur serupa juga dapat ditemukan di PT Seino Indomobil Logistics. Untuk mengakses fitur pelacakan ini, Anda dapat membuka halaman ‘melacak kiriman’ dan memasukkan nomor PO Anda. Saluran lain adalah mengunduh aplikasi SIL Track mereka dan Anda dapat melihat posisi kiriman Anda di peta.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, tim kami telah melakukan review dan perbandingan terbaru antara dua layanan trucking top di Indonesia. Meskipun terlihat serupa dalam layanan, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan bagi Anda untuk memutuskan opsi ekspedisi terbaik untuk rencana logistik Anda. Deliveree yang lebih transparan dengan harga rendah, kendaraan dari semua ukuran dan jenis, ditambah langkah pemesanan yang lebih mudah dan lebih cepat adalah pilihan yang lebih baik untuk mengirimkan barang kargo umum dan ketika Anda memiliki kebutuhan pengiriman yang mendesak. Sementara itu, Seino Indomobil Logistics lebih cocok bagi Anda yang ingin mengirimkan kargo dalam jumlah besar atau muatan yang tidak biasa seperti bahan bakar dan bahan baku mentah curah dalam waktu yang dijadwalkan dengan matang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa biaya tambahan untuk menggunakan jasa Seino Indomobil Logistics?

Besarnya biaya tambahan yang harus dibayarkan akan tergantung pada layanan tambahan yang diminta/digunakan. Contoh layanan ekstra yang memerlukan biaya lebih adalah lokasi multi drop dan multi pick up, layanan bongkar muat, juga menginap (lebih dari 24 jam) di titik bongkar atau muat. Untuk mengetahui persis jumlah harga layanan tambahan tersebut, Anda perlu menghubungi CS mereka karena ini bukan info publik terbuka. Meskipun beberapa perusahaan truk melakukan hal yang sama, ada layanan truk seperti Deliveree yang telah membuat semua harga/biaya layanan tambahan mereka terlihat dan mudah diakses oleh publik. Anda dapat memeriksanya di halaman kalkulator harga atau halaman opsi armada mereka.

Siapa yang memiliki kualitas pengemudi lebih baik antara PT Seino Indomobil Logistics dan Deliveree?

Kedua perusahaan truk tersebut memiliki ujian, pelatihan, dan pengajaran yang ketat untuk meningkatkan kualitas pengemudi mereka. Untuk PT Seino Indomobil Logistics pelatihan ini dinamakan Driver School dimana para driver yang direkrut akan mendapatkan pelatihan selama seminggu. Sedangkan untuk Deliveree, pengemudi perlu melalui serangkaian materi pembelajaran dan tes untuk memastikan kinerja yang lebih baik. Dari segi penampilan, kedua perusahaan mengharuskan pengemudi mereka untuk tetap terlihat profesional (pakaian dan seragam yang pantas) selama bekerja.

Apakah ada kompensasi untuk barang yang rusak atau hilang selama pengiriman dari Seino Indomobil?

Anda bisa mendapatkan kompensasi dengan mengajukan klaim kepada mereka. Proses ini dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang memungkinkan pelanggan untuk mengajukan klaim dengan mengisi informasi barang dan penyebab kerusakan atau kebocoran kotak. Klaim maksimum yang dapat Anda terima adalah 10x biaya pengiriman jika tidak ditanggung oleh asuransi. Beberapa penyedia truk seperti Deliveree telah menjadikan asuransi sebagai fitur dasar dari layanan mereka. Deliveree bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan pertanggungan asuransi tambahan hingga Rp 200.000.000 hanya dengan Rp 50.000 yang disediakan oleh mitra asuransi mereka Tokio Marine.


Artikel Terkait

  1. Ascend Armada Swasta yang Fokus pada Muatan Truk Penuh
  2. J&T Express Harapkan Peningkatan Ekspansi di Singapura
  3. Kebangkitan Trailer Cerdas