Your browser does not support JavaScript!

PT PRIMEX Ekspedisi vs Deliveree: Pilihan Sewa Truk 2022

By Cat Dewinta - 15 Sep, 2022

PT Primex Ekspedisi

PRIMEX dan Deliveree adalah layanan truk dan ekspedisi yang menawarkan opsi layanan yang fleksibel, pilihan armada yang luas, dan harga yang kompetitif untuk bisnis. Baik PT PRIMEX dan Deliveree menyediakan pilihan layanan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Namun, ada beberapa perbedaan mencolok di antara mereka. Artikel ini akan mengupas tuntas perbandingan penting PRIMEX ekspedisi vs Deliveree dalam kategori-kategori berikut:

1. Penawaran Harga
2. Layanan
3. Armada
4. Proses Pemesanan
5. Live Tracking

Kesimpulan Perbandingan Kami (Pemenang: Deliveree 🏆)

Deliveree menang dengan skor 15 poin versus PRIMEX (PT Prima Sarana Ekspres) dengan skor 7 poin. Deliveree mengungguli dengan harga murah, peilihan armada yang banyak, proses pemesanan yang mudah, dan fitur pelacakan peta langsung. PT Prima Sarana Ekspres seri dengan Deliveree untuk pilihan layanan mereka yang fleksibel dan kalah dari Deliveree di setiap kategori lainnya.

Deliveree 🏆PT PRIMEX
Penawaran Harga🏅🏅🏅🏅
Layanan🏅🏅🏅🏅🏅🏅
Armada🏅🏅🏅🏅
Proses Pemesanan🏅🏅🏅🏅
Live Tracking🏅🏅🏅🏅
Total poin157

Penawaran Harga (Pemenang: Deliveree 🏆)

Kami menyadari bahwa informasi terpenting yang ingin diketahui oleh pembaca logistik kami adalah harga dan layanan dasar yang akan Anda dapatkan. Di bawah ini kami akan memberikan demonstrasi penawaran harga sewa truk Deliveree dan PRIMEX untuk truk CDD dengan rute ekspedisi populer yaitu dari Cakung, Jakarta Timur ke Cimahi, Jawa Barat (143 km). Kedua penyedia truk menunjukkan harga yang kompetitif. Namun, kami harus mengatakan bahwa Deliveree adalah juara ronde ini dengan harga yang lebih rendah dan layanan dasar lengkap yang disertakan dengannya seperti fitur bongkar muat, fitur pelacakan peta langsung, dan pertanggungan asuransi sebesar Rp 17.000.000 untuk kargo Anda.

Deliveree 🏆PRIMEX Ekspedisi
Rp 1.400.000Rp 1.600.000
Harga Termasuk:Harga Termasuk:
PengemudiPengemudi
Bahan BakarBahan Bakar
CS 24/7CS 24/7
TolTol
Biaya ParkirTidak Termasuk
Bantuan Bongkar MuatTidak Termasuk
Live Map TrackingTidak Termasuk
Asuransi hingga Rp 17 jtTidak Termasuk

.
Kutipan harga Deliveree di atas sangat menarik karena rute Cikarang, Jakarta Timur menuju Cimahi, Jawa Barat tergolong ke dalam layanan paket Rute Harga Tetap mereka. Dengan paket harga ini, harga yang diberikan sudah termasuk semua layanan seperti biaya tol dan parkir yang mungkin tidak didapatkan di beberapa rute, waktu tunggu CDD 9 jam, dan juga layanan pengembalian dokumen via JNE. Deliveree menerapkan paket Rute Harga Tetap ke sebagian besar rute ekspedisi jarak jauh yang populer seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang (+Kedungsepur), Yogya, Surabaya, Malang, dll.

Di sisi lain, PT Prima Sarana Ekspres tidak menyertakan layanan dasar bongkar muat yang mungkin tidak dimiliki banyak pelanggan. Mereka juga tidak menyediakan pelacakan peta langsung dan asuransi secara gratis untuk membantu memastikan keamanan kargo pelanggan. Apa yang mereka tawarkan sebagai gantinya adalah paket alat keselamatan standar, unit storing, dan perawatan truk.

Layanan Deliveree dan PRIMEX (Hasil: Seri)

Ada beberapa persamaan dan perbedaan yang signifikan antara layanan sewa truk Deliveree dan PRIMEX ekspedisi. Persamaannya adalah kedua perusahaan tersebut memiliki layanan kendaraan utuh (full truck load atau FTL) yang dapat Anda gunakan untuk pengiriman rutin atau on-demand. Namun, layanan keseluruhan yang diberikan oleh kedua perusahaan memiliki beberapa perbedaan besar.

Berkaitan dengan Deliveree, mereka tidak hanya mengkhususkan diri dalam layanan FTL tetapi mereka menyediakan layanan Muat Sebagian atau LTL (less than truckload) di mana Anda dapat menggunakan sebagian porsi muat kendaraan sesuai dengan ukuran kargo Anda, kemudian mengirimkannya bersama-sama dengan barang pelanggan lain dalam kendaraan yang sama dalam satu hari melalui rute yang paling efisien. Dengan memanfaatkan teknologi ke dalam layanan mereka, Anda dapat memesan layanan Deliveree langsung dari situs web atau melalui aplikasi mereka. Anda bahkan dapat memesan minimal 2-3 jam sebelum waktu pengiriman yang Anda butuhkan. Anda juga dapat mengirimkannya pada hari yang sama atau menjadwalkannya selama berminggu-minggu ke depan. Di aplikasi, Anda dapat memilih apakah akan menggunakan layanan FTL atau LTL. Mari kita lihat perbedaan antara keduanya:

Tabel Layanan Deliveeree

Satu Kendaraan (FTL)Muat Sebagian (LTL)
HargaBerdasarkan kendaraanBerdasarkan berat muatan
KendaraanTerserah AndaDisesuikan dengan muatan Anda
KapasitasSeluruh ruang cargoDigunakan secara kolektif
KontrolSesuai keinginan AndaBerdasar berat dan ukuran muatan
LayananSesuai keinginan AndaDoor-to-Door atau area bongkar-muat
PenjemputanPaling cepat hari yang samaPaling cepat hari yang sama
RuteLangsung ke destinasiMengikuti rute paling efisien
PengirimanLangsungHari yang sama
ETASesuai jadwal yang ditentukanSesuai durasi pengiriman
AsuransiTermasukTermasuk
DukunganLive CS 24/7Live CS 24/7
Program BisnisTersediaTersedia
Pelacakan LangsungTersediaTersedia

.
Dalam hal Deliveree, layanan FTL mereka harus menyertakan pengemudi. Sedangkan, PT PRIMEX juga sedia jasa sewa unit truk saja dan pengemudinya akan berasal dari Anda. Semua layanan PT Prima Sarana Ekspres adalah tipe FTL dimana Anda akan menyewa seluruh kendaraan untuk kebutuhan apapun pengiriman Anda. Ada 4 jenis layanan yang mereka tawarkan, berikut daftarnya:

Tabel Layanan PT Prima Sarana Ekspres

LayananDeskripsi
All InLayanan sewa truk untuk pengiriman rutin, termasuk pengemudi
Unit + DriverLayanan sewa truk untuk jadwal pengiriman fleksibel, termasuk pengemudi
Unit OnlyLayanan sewa truk yang hanya berikan kendaraan tanpa pengemudi
RitaseLayanan truk sesuai panggilan untuk kebutuhan pengiriman mendadak, termasuk pengemudi

.
Selain layanan utama tersebut, keduanya menunjukkan persaingan yang ketat dalam layanan tambahan yang ditawarkan. Deliveree memiliki layanan ekstra yang lebih sedikit untuk ditawarkan, tetapi fitur seperti pelacakan seperti GPS telah menjadi bagian dari layanan dasar mereka. Jadi, tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakannya. Keuntungan lainnya adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk layanan tambahan ini sangat transparan kepada publik. Di sisi lain, PT Prima Sarana Ekspres telah menyediakan banyak layanan tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman Anda dengan lebih baik, tetapi sayangnya mereka tidak terlalu transparan tentang biaya yang harus dibayar untuk setiap layanan tambahan itu. Jika Anda ingin tahu tentang harga biaya tambahan mereka, Anda perlu menghubungi tim pemasaran mereka secara langsung. Menyadari kelebihan dan kekurangan ini, kami sampai pada kesimpulan menilai kategori ini sebagai seri antara kedua perusahaan.

DelivereePT PRIMEX
Staf PelangganPaket Alat Keselamatan Premium
Alat Keselamatan PengemudiRadio Komunikasi
Asuransi TambahanGPS
Bantuan TambahanPool Support
Kirim PODUnit Branding
TKBMTKBM
FeriPengemudi Forklift Bersyarat (SIO)
Sewa PeralatanCOD
Rapid Test PengemudiPengemudi Tambahan
Biaya Tol dan Parkir (Untuk Bukan Rute Harga Tetap)B3 Transport License & Pengemudi Berkualitas
Operator Kontrol Lapangan
Biaya Parkir
Bantuan

Pilihan Armada (Pemenang: Deliveree 🏆)

Untuk pertarungan pemilihan armada, Deliveree unggul sebagai pemenang dengan jenis kendaraan yang lebih beragam. PT Prima Sarana Ekspres di sisi lain, berfokus pada penyediaan sewa truk jenis boks dengan berbagai pilihan ukuran. Mengenai jumlah armada, Deliveree telah mengalahkan persaingan dengan jumlah pilihan armada 40.000+ mereka sementara PT Prima Sarana Ekspres menyatakan bahwa mereka hanya memiliki total 400+. Bagaimanapun, karena ini sulit diverifikasi, kami hanya akan menilai berdasarkan pilihan jenis truk yang mereka miliki.

Deliveree 🏆PT PRIMEX
Mobil Ekonomi
Van
Pick Up
Mobil Box Kecil
CDE Box
CDE Pick Up
CDD Box
CDD Pick Up
Fuso
Tronton Box
Tronton Wingbox
Total Armada40.000+400+

Cara Memesan Layanan (Pemenang: Deliveree 🏆)

Deliveree tampaknya menjadi pemenang dari kategori ini. Mereka memiliki proses pemesanan yang lebih mudah dan cepat. Dengan memanfaatkan teknologi ke dalam layanan mereka, Anda dapat memesan layanan Deliveree langsung dari situs web atau dengan aplikasi seluler mereka. Anda bahkan dapat memesan minimal 2-3 jam sebelum waktu pengiriman yang Anda butuhkan. Waktu pengiriman juga bisa dikirim paling cepat di hari yang sama atau dijadwalkan berminggu-minggu ke depan. Karena situs web dan aplikasi seluler juga berfungsi sebagai fitur pengecekan harga, Anda akan mendapatkan penawaran harga segera setelah mengisi info pengiriman yang Anda butuhkan. Aplikasi web dan aplikasi seluler Deliveree yang mudah dan praktis adalah salah satu alasan mengapa kami menganggap mereka sebagai pesaing kuat untuk menjadi pilihan sewa truk yang tepat.

Karena PT Prima Sarana Ekspres adalah penyedia truk yang lebih tradisional, untuk memesan layanan mereka, Anda perlu menghubungi mereka secara langsung. Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Pertama, Anda dapat mengisi formulir di menu ‘Hubungi Kami’ di situs web mereka untuk mendapatkan penawaran harga dan kontak yang dapat Anda hubungi untuk informasi lebih lanjut dan untuk lakukan pemesanan layanan. Cara lainnya adalah dengan menelepon nomor di halaman web resmi mereka atau mengirim email ke tim pemasaran mereka.

Fitur Live Tracking (Pemenang: Deliveree 🏆)

Memiliki pelacakan langsung akan sangat berguna bagi pelanggan untuk memprediksi kedatangan kargo mereka atau untuk memastikan perjalanan barang mereka yang aman. Seperti disebutkan sebelumnya dalam kategori layanan, fitur pelacakan langsung telah menjadi bagian dari layanan dasar Deliveree (gratis) sementara PT Prima Sarana Ekspres menyediakan fitur GPS sebagai layanan tambahan mereka.

Dalam hal Deliveree, fitur pelacakan langsung dapat diakses langsung dari aplikasi seluler dan web mereka. Mereka juga akan memberikan tautan untuk pelacakan sehingga Anda dapat membagikannya melalui WhatsApp (WA) kepada siapa pun dan mereka pun juga dapat memantau proses pengiriman dengan mudah melalui browser web masing-masing. Fitur pelacakan langsung ini akan menunjukkan posisi truk dengan tepat di peta secara real time.

Sedangkan untuk PRIMEX ekspedisi, tersedia GPS tracking sebagai layanan tambahan yang bisa Anda tambahkan ke dalam pemesanan Anda. Jadi, ekspektasikan adanya biaya tambahan untuk menggunakan fitur ini. Sama seperti Deliveree, fitur GPS PT Prima Sarana Ekspres ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses lokasi truk secara real time. Untuk menambahkan dan menggunakan fitur ini, silakan hubungi CS atau tim pemasaran mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang tidak termasuk dalam penawaran harga standar PRIMEX?

Penawaran harga PRIMEX tidak termasuk layanan tambahan seperti GPS, TKBM, biaya parkir,  paket alat keselamatan premium, dll. Karena mereka tidak terlalu transparan tentang harga layanan tambahan ini, Anda perlu kontak mereka secara langsung. Sedangkan, penyedia lain seperti Deliveree sangat jelas tentang biaya layanan tambahan mereka yang mungkin akibat keterjangkauan layanan tambahan tersebut.

Apa perbedaan utama antara layanan PT PRIMEX dan Deliveree?

PT PRIMEX menyatakan bahwa layanan utama mereka adalah sewa truk boks saja untuk pengiriman rutin, fleksibel, atau mendadak. Sementara itu, Deliveree menyediakan beragam pilihan armada yang akan mengakomodasi segala jenis ukuran dan jenis muatan, baik itu untuk pemesanan tunggal atau untuk yang terjadwal secara rutin. Jadi mereka bisa memenuhi lebih banyak jenis kebutuhan pelanggan yang berbeda.

Di mana saya bisa menemukan PRIMEX ekspedisi terdekat?

Anda bisa kunjungi halaman web mereka untuk temukan kantor PRIMEX ekspedisi terdekat. Jika Anda hanya ingin pesan layanan, tidak perlu pergi ke kantor secara langsung, cukup hubungi mereka. Smart Trucking seperti Deliveree bahkan hanya butuh web/app seluler untuk gunakan layanan mereka, pengemudi terdekat di sekitar Anda pun akan dikirim sehingga jadi penyedia ekspedisi terdekat di sekitar Anda.


Artikel Terkait

  1. Keadaan Logistik Saat Ini: Muatan truk
  2. Pengangkutan Ritel Memberi Dobrakan untuk Ekspedisi Truk
  3. Ascend Armada Swasta yang Fokus pada Muatan Truk Penuh