Your browser does not support JavaScript!

PT Pilar Utama Transindo vs Deliveree: Pilihan Bijak (2022)

By Steven Widjojo - 15 Okt, 2022

PT Pilar Utama Transindo

PT Pilar Utama Transindo dan Deliveree merupakan penyedia layanan truk yang dikenal secara luas dengan pilihan armada yang banyak dan layanan yang sangat fleksibel. Oleh karena itu, tim redaksi kami memutuskan untuk meninjau dan membandingkan Deliveree vs Pilar Utama Transindo dalam beberapa faktor seperti harga, paket layanan, pilihan armada, instruksi pemesanan, dan sistem pelacakan sehingga Anda dapat memilih dengan bijak untuk kebutuhan pengiriman Anda.

Bagaimana Harga Paket Layanan Mereka Bersaing?

Harga merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi bisnis dan individu saat menentukan penyedia jasa ekspedisi truk mana yang akan mereka pilih untuk pengiriman mereka. Oleh sebab itu, kami telah memberikan ilustrasi harga antara Deliveree dan PT Pilar Utama Transindo sebagai komparasi untuk bisnis melihat seberapa kompetitif harga dari masing-masing perusahaan truk tersebut. Dalam hal ini, kami menggunakan layanan truk besar mereka untuk perbandingan harga rute pengiriman dari Semarang ke Jakarta.

Semarang ke Jakarta (474 km)

ArmadaDelivereePT Pilar Utama
Perbedaan Harga
Tronton4 jt5,5 jt27%
Fuso2,92 jt4,5 jt35%
Double Engkel Long2,55 jt3,5 jt27%
Double Engkel1, 9 jt3 jt36%

.

Perbandingan harga di atas menunjukkan bagaimana layanan truk dari Deliveree jauh lebih murah dibandingkan dengan pilihan jasa sewa truk dari Pilar Utama Transindo, terutama untuk truk besar mereka. Perbedaan harga mereka sekitar 27% untuk truk Tronton & Double Engkel Long, 35% berbeda untuk truk Fuso, dan 36% berbeda untuk truk Double Engkel. Selain itu, Deliveree menawarkan promosi permanen yang disebut Rute Harga Tetap (RHT) untuk pengiriman di beberapa rute kota besar tertentu di pulau Jawa. Rute Harga Tetap Deliveree termasuk Semarang ke Jakarta dan beberapa kota besar seperti Jadodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang yang meliputi wilayah Kedungsepur, Yogyakarta, Surabaya yang meliputi Gerbangkertosusila, serta Malang. Keuntungan utama dari Rute Harga Tetap adalah harga yang sudah all-inclusive meliputi pengemudi, BBM, tol dan parkir, layanan bervariasi berdasarkan tipe armada yang digunakan, layanan bongkar muat, pengembalian dokumen gratis melalui layanan pos kilat seperti JNE, dan asuransi gratis. Selain itu, harga Deliveree juga transparan di mana Anda tidak akan membayar layanan melebihi harga yang sudah tertera pada penawaran harga.

Sedangkan untuk PT Pilar Utama Transindo, harga pada tabel perbandingan diatas sudah termasuk pengemudi dan bahan bakar. Namun untuk layanan bongkar muat, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 per orang, sedangkan asuransi akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2,5% dari nilai barang yang Anda kirimkan. Periksa tabel di bawah ini untuk informasi lengkap terkait keuntungan yang sudah termasuk.

Tabel Keuntungan Inklusif

DelivereePilar Utama Transindo
PengemudiPengemudi
BBMBBM
Tol dan Parkir untuk layanan FTL (Tronton & Fuso) dan Rute Harga TetapTol dan parkir (untuk pengiriman dalam kota)
Chat pengemudiChat pengemudi
Bantuan CS 24 jamBantuan CS 24 jam
Bongkar muat untuk sebagian besar armada (15 meter dari armada)Bongkar muat (Rp 200,000 per orang)
Asuransi Gratis dari AXAAsuransi dengan Biaya Tambahan (2,5% dari nilai barang)

Layanan Utama yang Mereka Sediakan

Baik Deliveree dan Pilar Utama Transindo dikenal sebagai penyedia truk pihak ketiga yang juga menawarkan layanan kargo khusus untuk bisnis dari semua ukuran dan juga individu. Namun, layanan mereka mungkin dapat berbeda dalam beberapa aspek. Oleh karena itu, kami akan memberi Anda lebih banyak informasi lebih lanjut tentang layanan mereka di bawah ini.

Deliveree

Meskipun Deliveree baru didirikan pada tahun 2015, Deliveree telah mampu mengakomodir tingginya permintaan truk dan kebutuhan pengiriman kargo dalam jumlah yang besar. Didukung oleh lebih dari 40 ribu pengemudi individu dan vendor truk di seluruh Jawa, Deliveree memungkinkan pelanggannya mengirim barang berukuran besar dan kargo berukuran besar dengan harga yang sangat bersaing. Selain itu, harga Deliveree diperbarui secara berkala untuk memastikan pelanggan mereka mendapatkan harga terendah di pasar logistik saat ini. Pada saat ini, Deliveree menawarkan 2 layanan utama yang dapat digunakan oleh pelanggannya. Yaitu layanan Satu Kendaran (FTL) dan Muat Sebagian (LTL). Informasi lengkap tentang kedua layanan ini dapat ditemukan di bawah ini:

1. Layanan Satu Kendaraan

Layanan Satu Kendaraan dari Deliveree dapat memungkinkan pelanggan untuk memesan armada dari berbagai pilihan armada besar Deliveree hanya untuk kebutuhan pengiriman barang dan kargo Anda. Keuntungan utama dengan menggunakan layanan ini adalah kontrol penuh atas rencana perutean Anda ke beberapa lokasi pengantaran dan pengiriman lebih cepat karena barang Anda dapat diambil pada hari yang sama saat Anda memesan. Selain itu, Anda dapat mengisi kendaraan hingga kapasitas maksimal yang telah ditentukan dan tertera saat Anda memesan.

2. Layanan Muat Sebagian

Layanan Muat Sebagian dari Deliveree dapat memungkinkan para pelanggan untuk mengirim kargo dan barang dalam ukuran apa pun tanpa harus membayar seluruh kapasitas armada. Sebaliknya, Anda hanya perlu membayar kapasitas kargo yang terisi oleh barang Anda. Oleh karena itu, layanan ini dapat mengurangi biaya pengiriman dan menghemat lebih banyak uang . Namun, Anda tidak memiliki kendali atas pilihan armada karena sistem canggih dari Deliveree akan secara otomatis menentukan jenis armada berdasarkan berat kargo, dimensi, dan rute Anda. Layanan ini paling cocok untuk pelanggan yang dapat menerima waktu pengiriman sedikit lebih lama daripada layanan Satu Kendaraan karena pengemudi akan berhenti untuk mengirimkan barang dan kargo pelanggan lain juga.

PT Pilar Utama Transindo

PT Pilar Utama Transindo adalah penyedia truk tradisional yang menawarkan kargo dan layanan lainnya. Perusahaan ini lebih fokus melayani pelanggan korporat untuk mengirim barang dan kargo mereka menggunakan pilihan armada yang sangat banyak. Semua layanan PT Pilar Utama Transindo dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

1. Sewa Truk

Ini adalah layanan utama yang ditawarkan oleh PT Pilar Utama. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyewa berbagai jenis truk untuk pengiriman barang dan kargo untuk pengiriman antar kota dan antar pulau di Indonesia melalui jalur darat.

2. Cargo

Layanan ini akan memungkinkan Anda untuk mengirimkan barang dan kargo di atas 100 kg tanpa harus menyewa satu truk penuh. Ini adalah jenis layanan yang sama yang disebut layanan Muat Sebagian di Deliveree.

3. Jasa Pindahan

Layanan ini mempermudah Anda untuk mengirim barang pindahan seperti furnitur dan lain-lain. Di sisi lain, Deliveree juga dapat mengakomodasi kebutuhan pindahan Anda dengan menggunakan layanan Satu Kendaraan mereka, meskipun jasa pindahan tidak secara umum terdaftar di aplikasi atau situs web mereka.

4. Retail

Layanan ini dikhususkan dalam pengiriman paket kecil ke beberapa kota di Indonesia.

5. Pergudangan

Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan barang komersial Anda sebelum dikirim ke pelanggan Anda.

Opsi Layanan Tambahan

Baik Deliveree maupun Pilar Utama Transindo menawarkan opsi layanan tambahan. Namun, Deliveree tampaknya memberikan opsi layanan ekstra daripada Pilar Utama Transindo seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.

Table Opsi Layanan Tambahan

DelivereePT Pilar Utama
Asuransi Tambahan
Bantuan Tambahan
Pengembalian Dokumen
Alat Keselamatan Pengemudi
Staf Pengemudi
Tol dan Parkir
TKBM
Tes Rapid Pengemudi
Ferry
Sewa Peralatan
Pengemasan

.

Opsi layanan tambahan Deliveree mencakup asuransi tambahan, bantuan tambahan, pengembalian dokumen, alat keselamatan pengemudi, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, PT Pilar Utama hanya menawarkan 4 pilihan layanan tambahan kepada pelanggannya: asuransi tambahan, bantuan tambahan, TKBM, dan pengepakan.

Pilihan Armada

Deliveree and PT Pilar Utama menyediakan berbagai jenis armada yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pengiriman Anda.

Table Jenis Armada

DelivereePT Pilar Utama
Tronton
Fuso Berat
Fuso Ringan
Double Engkel
Engkel
Mobil Box
Mobil Pickup
Van
Ekonomi

.
Berdasarkan tabel di atas, Deliveree tampaknya memiliki lebih banyak pilihan armada yang mencakup armada terkecil mereka yaitu ekonomi hingga Tronton, dan semua jenis armada lainnya di antara mereka. Sementara itu, Pilar Utama tidak menyediakan beberapa jenis kendaraan seperti eknomi dan mobil box.

Bagaimana Cara Pemesanan Layanan Mereka?

DelivereePT Pilar Utama
MetodeAplikasi Android, iOS, dan websiteWhatsApp

.
Dalam hal proses pemesanan, Deliveree memungkinkan pelanggannya untuk dengan mudah memesan layanan mereka melalui aplikasi seluler dan situs web canggih mereka, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Di sisi lain, proses pemesanan dengan Pilar Utama jauh lebih seperti penyedia layanan truk tradisional yang mengharuskan Anda untuk menghubungi CS mereka agar pemesanan Anda dapat diproses. Oleh karena itu, akan memakan waktu lebih lama.

Bagaimana Cara Melacak Pesanan Anda?

DelivereePT Pilar Utama
MetodeFitur pelacakan secara real-time melalui aplikasi di map GoogleNomor resi (lokasi umum)

.
Deliveree menyediakan fitur pelacakan real-time yang memungkinkan pelanggan mereka melacak pemesanan dengan mudah dari aplikasi seluler atau situs web Deliveree. Selain itu, sistem pelacakan akan memberi Anda lokasi real-time yang tepat saat barang dan kargo sedang dikirim.

Sementara itu, Pilar Utama memiliki metode pelacakan yang berbeda di mana Anda akan diberikan nomor resi setelah pemesanan Anda diproses. Anda bisa menginput nomor resi di website atau bertanya ke CS melalui WhatsApp untuk mendapatkan informasi progres pengiriman Anda. Sayangnya, Anda hanya bisa mendapatkan lokasi umum dari pengiriman Anda dengan sistem ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana Anda melacak pemesanan Anda dengan PT Pilar Utama Transindo?

Anda dapat memasukkan nomor resi di website mereka atau tanya CS melalui Whatsapp untuk memberi Anda pembaruan terkait lokasi umum dari pengiriman Anda. Sementara itu, penyedia truk generasi berikutnya seperti Deliveree memberi Anda fitur pelacakan peta langsung di aplikasi seluler dan website mereka yang memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan dari pemesanan Anda di peta secara real-time.

Apakah PT Pilar Utama Transindo lebih murah daripada Deliveree?

PT Pilar Utama Transindo menawarkan harga yang kompetitif untuk layanan truk mereka. Misalnya, mereka mengenakan tarif Rp 5,5 jt untuk Semarang ke Jakarta menggunakan Tronton. Namun, harga Deliveree lebih murah yakni Rp 4 jt untuk rute dan jenis truk yang sama.

Seberapa lengkap pilihan armada Pilar Utama Transindo?

Pilihan armada yang ditawarkan oleh Pilar Utama Transindo cukup banyak, antara lain Tronton, Fuso, Double Engkel, Engkel, Mobil Pickup, dan Van. Di sisi lain, Deliveree menawarkan pilihan armada yang lebih luas dengan 9 pilihan truk dan armada yang berbeda mulai dari Tronton hingga ekonomi dan semua jenis di antaranya. Pelajari lebih lanjut tentang perbandingan armada mereka di artikel ini.

Bagaimana layanan pindahan Pilar Utama Transindo dibandingkan Deliveree?

Pilar Utama Transindo tawarkan jasa pindahan lengkap sementara Deliveree tidak. Deliveree hanya tawarkan jasa kargo DIY berbiaya rendah yang dapat memindahkan kotak dan perabotan Anda dikemas, dilindungi, dan disiapkan untuk dipindah. Deliveree tidak menyediakan layanan pengepakan, penutup barang, atau pembongkaran furnitur. Hubungi kedua penyedia untuk info lebih lanjut tentang layanan pindahan mereka.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Biaya Pengiriman & Logistik akan Terus Meningkat
  2. DHL Tambah 60 Truk Canggih
  3. Layanan Pengiriman InHome Walmart