Your browser does not support JavaScript!

Penyedia Baru Bisa Berbahaya & Transparansi dapat Membantu

By Pandu Saputra - July 10, 2021

Penyedia Baru Bisa Berbahaya Transparansi dapat Membantu

Peningkatan permintaan dalam produksi dapat mengakibatkan kekurangan bahan yang mahal.

Bisnis manufaktur apa yang tidak bergantung pada rantai pasokan yang andal untuk mengirimkan produknya ke pelanggan?

Sementara bisnis yang diatur diwajibkan oleh hukum untuk menjaga ketertelusuran di seluruh jaringan mereka, produsen di semua industri berusaha untuk menawarkan produk berkualitas tinggi. Produsen dapat mengurangi risiko dengan memastikan bahwa semua produk yang dikirim memenuhi standar kualitas melalui ketertelusuran.

Banyak perusahaan saat ini mengandalkan jaringan di seluruh dunia untuk menyediakan rantai pasokan mereka, membawa barang dan sumber daya dari seluruh dunia. Rantai pasokan adalah ekosistem yang rumit dengan sendirinya, membutuhkan pelacakan produk dan dokumentasi dari bahan mentah hingga barang jadi.

Baca juga: Freight Forwarder & Cargo Logistik Transport (Top 3)

Risiko yang Terkait dengan Pemasok

Kekurangan bahan umum terjadi di industri industri ketika permintaan melonjak. Sementara sebagian besar produsen memperoleh bahan dari pemasok terkenal, ketika suku cadang tertentu tidak dapat diakses, mereka mungkin beralih ke sumber lain. Bekerja dengan pialang untuk membeli dari sumber yang kurang dikenal sering terjadi, dan seringkali ini adalah satu-satunya cara produsen dapat mempertahankan jalur produksinya. Namun, jika produsen menerima suku cadang yang lebih rendah, strategi ini membuat mereka berisiko.

Di situlah Rockwell Automation menemukan dirinya ketika dibutuhkan untuk mendapatkan material dari sumber luar karena lonjakan suku cadang untuk perakitan elektronik. Perusahaan, yang memproduksi perangkat komponen, pengontrol, dan platform visualisasi, serta item pesanan khusus insinyur, memiliki 20 unit produksi dan memiliki inventaris produk hampir 400.000 SKU.

Korporasi, pelanggannya, dan jaringan pemasoknya yang terhubung semuanya berada dalam risiko ketika bagian dari sumber baru diperkenalkan ke dalam ekosistemnya. Untuk menilai potensi masalah, menahan produk yang rusak, dan meminimalkan dampak pada basis konsumen mereka, mereka perlu merespons dengan cepat.

Tanpa data dan ketertelusuran yang sangat baik, perusahaan dapat menghadapi penarikan produk skala besar dan sejumlah besar waktu, tenaga, dan uang untuk menyelesaikan masalah.

Baca juga: Perusahaan Logistik 3PL: Kamadjaja Logistics, Agility, Ceva, DB Schenker, Deliveree, Puninar, Pancaran Group

Meneliti secara Spesifik

Tim manufaktur di Rockwell Automation adalah salah satu yang pertama merangkul transformasi digital. Ini mengkonsolidasikan teknologi operasional dan sistem teknologi informasi untuk menampung data produksi di semua fasilitas, menstandarisasi prosedur kerja dan fungsi pabrik demi pabrik. Dan dengan informasi inilah tim dapat menyelidiki masalah kualitas dan mengukur apa yang terjadi dalam rantai pasokan.

Rockwell Automation mampu melihat suku cadang apa yang masuk ke 35 rakitan papan sirkuit cetak yang berbeda, dengan potensi merusak lebih dari 100 produk jadi, dan mampu menentukan nomor katalog manufaktur akhir yang dipengaruhi oleh suku cadang yang buruk. Dengan informasi ini, dimungkinkan untuk menulis ulang hanya modul yang terpengaruh, bukan yang tidak.

Tim kemudian menggunakan ekosistem rantai pasokan untuk menentukan tempat yang tepat di mana produk telah dipindahkan melalui pusat distribusi dan fasilitas produksi, serta nomor seri yang dapat digunakan untuk menarik kembali dan memperbaiki rakitan. Organisasi beruntung memiliki proses solusi, lengkap dengan kontrol penting, untuk mengatasi dan menghadapi masalah kualitas.

Keterlacakan dari Awal hingga Akhir

Rockwell Automation akan diwajibkan untuk melakukan penarikan menyeluruh dari semua fasilitas manufaktur jika tidak memiliki kekuatan ketertelusuran, mengambil kembali apa pun yang diproduksi dalam rentang tanggal tertentu.

Sebaliknya, ia mampu memisahkan item di pusat distribusi dan operasi produksi dan hanya mengerjakan ulang produk tertentu, membatasi waktu henti dan mengisolasi masalah dari jaringan pemasok lapangan dan konsumen.

Tim ini bekerja menuju tujuan jangka panjang dari ketertelusuran total, ujung ke ujung, di mana ia akan dapat mengikuti nomor seri mulai dari pemasok hingga barang jadi.

Rockwell Automation sedang membangun rantai pasokan yang terhubung yang akan melacak asal produk di semua saluran distribusi dan memeriksa kualitas sebelum suku cadang memasuki ekosistem. Tujuannya adalah untuk memiliki ketertelusuran ujung ke ujung yang lengkap dari pemasok bahan baku ke pemasok komponen, proses produksi, pusat distribusi, dan pelanggan akhir. Nilai rantai pasokan dan keterlacakan yang memastikan kualitas tetap utuh di setiap langkah memberikan keunggulan kompetitif pada kecerdasan operasional ini.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Logistik: Pilihan Editor