Your browser does not support JavaScript!

Metrik Transportasi Penting untuk Melacak & Meningkatkan Kinerja

By Pandu Saputra - July 03, 2021

Metrik Transportasi Penting untuk Melacak Meningkatkan Kinerja

Karena guncangan pasar dan kejadian yang tidak direncanakan menjadi lebih umum, rantai pasokan menjadi lebih penting bagi pengalaman pelanggan dan laba perusahaan. Membuat rantai pasokan berbasis data yang melacak indikator transportasi utama memungkinkan pengirim untuk merespons dan beradaptasi dengan kejadian yang diketahui dan tidak diketahui secepat mungkin.

Baca juga: Sewa Truk Barang – Pengiriman Ekspedisi Yang Murah (2021)

Mengapa Metrik Transportasi Harus Dipantau?

Salah satu penggerak bisnis terpenting adalah data yang dapat ditindaklanjuti. Metrik transportasi memberikan konteks yang lebih objektif dan kontekstual untuk memahami bagaimana praktik terbaik dalam transportasi mendorong peningkatan dan otomatisasi perusahaan.

Pelanggan mengharapkan perusahaan untuk merespon lebih cepat, beroperasi lebih efisien, dan memenuhi permintaan. Metrik untuk transportasi memberikan visibilitas yang membantu dalam pengembangan keunggulan operasional dan kompetitif.

Perusahaan yang melacak informasi ini kemudian dapat mengeksekusi dan menetapkan strategi rantai pasokan baru yang sejalan dengan tujuan bisnis mereka secara keseluruhan dan harapan klien.

Metrik Transportasi Mana yang Harus Dipantau Pengirim untuk Manajemen Transportasi?
Ini adalah beberapa indikator transportasi yang paling penting untuk diperhatikan untuk hasil yang lebih baik dan perbaikan berkelanjutan.

Baca juga: Jasa Expedisi Termurah + Pengiriman Cargo Terdekat (2021)

  • Kinerja tepat waktu (pengambilan dan pengiriman) — Melacak kinerja tepat waktu untuk semua pengambilan dan pengiriman membantu pengirim dalam mengidentifikasi operator mana yang memenuhi persyaratan kontrak dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan bauran operator.
  • Kepatuhan operator dengan biaya terendah – Indikator ini menunjukkan operator mana yang dapat tetap patuh dengan jumlah uang paling sedikit. Pengirim akan menghabiskan lebih banyak ketika kesulitan terjadi untuk memastikan operator mematuhi panduan perutean, harapan pengiriman, dan jaminan layanan. Pengirim yang melacak kepatuhan operator lebih mampu memahami seluruh biaya melakukan bisnis dengan operator itu, dan mereka mungkin membayar lebih untuk lebih banyak operator dengan tingkat kepatuhan yang lebih rendah, meskipun tarif yang ditagih tampaknya lebih kompetitif.
  • Biaya per pon/mil — Statistik paling sederhana untuk dilacak adalah biaya per pon dan per mil. Ini adalah perhitungan yang mengambil keseluruhan biaya pengiriman, termasuk biaya kepatuhan, dan membaginya dengan jumlah total pound yang dikirim, lalu dibagi dengan jumlah total mil yang ditempuh. Statistik ini mulai mengungkapkan operator mana yang memiliki tarif transportasi “all-in” paling terjangkau.
  • Tabungan – Pelacakan tabungan adalah salah satu variabel yang paling menantang untuk dilacak. Lagi pula, penghematan itu subjektif, dan mengetahui apa penghematan yang sebenarnya memerlukan perolehan data dari semua operator. Itulah salah satu alasan mengapa lebih banyak pengirim memilih untuk mengalihdayakan manajemen transportasi untuk memberikan lebih banyak ketergantungan transportasi FT dan LTL sambil juga menghemat uang.
  • Tarif penerimaan untuk tender – Tarif penerimaan untuk tender menunjukkan operator mana yang lebih mungkin menerima kargo. Tingkat penerimaan yang lebih tinggi di pasar yang sangat tidak terduga mungkin menunjukkan pengeluaran yang berlebihan, jadi perhatikan gambaran besar logistik untuk memastikan tingkat penerimaan Anda tidak menutupi masalah lain.
  • Rasio klaim adalah ukuran jumlah pengiriman yang hilang atau rusak dibandingkan dengan total pengiriman. Ini adalah metode untuk menentukan operator mana yang mampu mengirimkan barang secara tepat waktu dan bebas masalah, serta menemukan opsi pengepakan dan pengoptimalan label untuk menghindari klaim pengiriman.
  • Jumlah dan pengeluaran tagihan ulang – Peningkatan visibilitas dan audit telah menghasilkan ukuran transportasi ini. Penagihan kembali terjadi ketika keadaan pengiriman berubah setelah kutipan pengiriman asli diberikan. Mengenali pengiriman mana yang rentan terhadap tagihan ulang memungkinkan Anda melihat peluang untuk meningkatkan kuotasi pengiriman dan akurasi pemesanan.
  • Kepatuhan vendor (waktu tunggu) – Cara terbaik untuk melacak kepatuhan pemasok atau vendor adalah dengan melihatnya dalam hal waktu tunggu. Indikator ini mengidentifikasi apakah penyedia mampu memberikan tepat waktu dan penuh, yang sangat penting di era disrupsi.
  • Waktu transit aktual vs. transit yang dipublikasikan/diposting – Dalam logistik, jendela waktu sering berfluktuasi, dan memahami perbedaan antara waktu transit yang dinyatakan dan waktu transit aktual mungkin merupakan perbedaan antara pelanggan yang puas dan pelanggan yang ingin beralih ke pesaing.
  • Pengirim dapat memperhitungkan varians dalam proses penagihan operator dan memahami pergerakan inventaris saat ini melalui jaringan transportasi dengan melacak KPI transportasi untuk akrual yang ditagih versus akrual yang tidak ditagih. Anggaran logistik Anda mungkin lebih tidak stabil secara finansial jika Anda memiliki lebih banyak pengiriman yang tidak ditagih.
  • Performa tawaran spot (layanan 4PL) — Tawaran spot akan selalu diperlukan untuk menangani beban satu kali dan penyesuaian kontrak jangka pendek. Di sinilah penyedia logistik pihak ketiga seperti LB dapat memberikan nilai dengan menganalisis kontrak yang ada dan bekerja secara langsung dengan pengirim untuk menemukan operator baru dan meminimalkan pengeluaran yang berlebihan.
  • Mempercepat (kinerja, jumlah, dan pengeluaran) — Mengumpulkan data tentang pengiriman layanan yang dipercepat, seperti kinerja, penghitungan, dan pembelanjaan, mengungkapkan kebutuhan akan layanan bernilai tambah yang cepat untuk memenuhi permintaan jaringan yang meningkat.

Mulailah Melacak Metrik yang Tepat dengan Memilih 3PL Sesuai

Mengukur metrik transportasi bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan secara mendadak. Ini memerlukan data, pengetahuan tentang sektor dan operasi logistik, dan pemahaman tentang tujuan bisnis spesifik setiap pengirim. Banyak perusahaan mengalihdayakan layanan transportasi non-inti, seperti melacak data transportasi, ke perusahaan logistik pihak ketiga karena kerumitannya.

“Lebih dari 80% profesional menyatakan bahwa mereka bertujuan untuk meningkatkan biaya outsourcing logistik di luar pergudangan dan pemenuhan pada tahun 2020, menurut survei kami,” menurut Gartner. Ini bukan hanya tentang menurunkan biaya, baik. Hanya 34% responden jajak pendapat yang mengatakan bahwa menabung adalah prioritas utama.”

Ketika Anda menggabungkan analisis data dengan pengetahuan, Anda benar-benar dapat menyebabkan perubahan dalam organisasi Anda untuk meningkatkan proses bisnis, mendapatkan keunggulan kompetitif, dan memengaruhi laba Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat menempatkan kekuatan orang dan teknologi untuk bekerja dan melacak kesuksesan hari ini, mintalah konsultasi dengan spesialis LB.

Baca juga: Jasa Angkut Terdekat: Bisnis Logistik {Rekomendasi 2021}