Your browser does not support JavaScript!

Maxim Cargo vs Deliveree: Perbandingan Yang Fair (2022)

By Steven Widjojo - 15 Mei, 2022

Maxim Cargo

Maxim Cargo dan Deliveree merupakan aplikasi yang super populer untuk mengirim barang, kargo, dan barang pribadi lainnya. Tapi mana yang lebih baik dan bisa di andalkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami telah mencoba kedua layanan dari Maxim dan Deliveree serta membandingkan pengalaman pemesanan kami yang meliputi 7 kategori utama. Hasilnya akan mengejutkan Anda! Ini adalah ulasan perbandingan tanpa omong kosong yang kami bagikan kepada Anda yang meliputi pengalaman pemesanan jujur kami serta layanan mana yang menang di setiap kategori di bawah ini, terutama berkaitan dengan harga.

1. Harga
2. Armada
3. Area Layanan
4. Layanan Standar & Opsi Tambahan
5. Dukungan CS
6. Penugasan & Kualitas Layanan Pengemudi
7. Kemudahan Aplikasi

Pemenang Utama: Deliveree 🏆

Pertama, mari kita mulai dengan gambaran besar dari hasil perbandingan fair yang kami lakukan. Deliveree keluar sebagai pemenang utama dengan 6 total skor versus Maxim dengan 2 total skor. Deliveree mampu unggul dalam katergori harga, pemilihan kendaraan, dukungan CS, kualitas layanan pengemudi, dan kemudahan penggunaan aplikasi. Sedangkan untuk kategori layanan tambahan, keduanya seri. Maxim menang hanya di satu kategori yaitu pada cakupan area layanan.

Lihat tabel ringkasan pemenang di masing-masing kategori dari 7 kategori utama yang kami bandingkan di bawah ini. Selain itu, terdapat lebih banyak detail tentang ulasan tanpa omong kosong terkait pengiriman barang dan termasuk harga mereka.

KategoriDeliveree 🏆Maxim Cargo
Harga🏆
Pilihan Armada🏆
Area Layanan🏆
Layanan Standar & Opsi Tambahan🏆🏆
Dukungan CS🏆
Penugasan & Kualitas Layanan Pengemudi🏆
Kemudahan Aplikasi🏆
Nilai Total62

Detail Pemesanan

Kedua, mari kita bahas tentang detail pemesanan saat melakukan review perbandingan antara Deliveree dan Maxim. Lihat di bawah untuk informasi tentang lokasi pemesanan kami, jarak, kendaraan yang dipilih, barang yang diangkut, berat, dan tanggal. Agar adil dan objektif, kami melakukan pengiriman dengan menjaga semua hal tetap sama untuk memastikan bahwa perbandingan ini akan objektif.

Titik Antar-jemputJakarta Selatan – Bogor
Jarak30 Km
Jenis ArmadaPickup Kecil
Tipe Barang3 Laci Kantor 
Berat± 50 Kg 
Waktu PemesananJum’at, awal Januari 2022

Harga: Deliveree 🏆

Dari segi harga, tarif pengiriman Deliveree jauh lebih murah dibandingkan dengan Maxim Cargo. Dalam kasus pemesanan kami, perbedaan harga antara kedua penyedia ekspedisi ini yaitu 21%. Hal ini terutama disebabkan oleh harga dasar Deliveree yang lebih rendah ditambah dengan bongkar muat gratis sementara Maxim kargo sedikit lebih mahal untuk harga dasar mereka dan mereka mengenakan biaya tambahan untuk bongkar muat. Lihat di bawah ini untuk tabel perbandingannya.

Deliveree 🏆Maxim Cargo
Metode HargaPer Jarak & Jenis ArmadaPer Jarak & Jenis Armada
Harga Dasar Pickup KecilRp 209,1000Rp 215,000
Pajak LayananGratisGratis
Bongkar MuatGratis (15 meter dari armada)Rp 50,000
Harga AkhirRp 209,000Rp 265,000

Pilihan Armada: Deliveree 🏆

Untuk pemilihan armada, Deliveree menang lagi dengan perbedaan yang jauh. Pilihan armada Deliveree sangat banyak, mulai dari city car hingga truk tronton dan semua jenis armada diantaranya. Di sisi lain, Maxim kargo hanya memiliki sepeda motor, city car, dan pickup kecil yang tersedia untuk layanan kargonya. Selanjutnya, ketika kami menanyakan kepada CS Maxim kargo, mereka memberi tahu kami bahwa sepeda motor dan city car mereka hanya dapat digunakan untuk mengirim dokumen dan paket kecil. Untuk pengiriman barang yang lebih besar, Anda harus memesan mobil pickup kecil mereka. Sebagai perbandingan, CS Deliveree memberi tahu kami bahwa kami dapat menggunakan kapasitas city car mereka hingga 200 kg. Sungguh perbedaan yang jauh, bukan!

Jenis ArmadaDeliveree 🏆Maxim Cargo
Tronton
Fuso Berat
Fuso Ringan
Double Engkel
Engkel
Mobil Box Kecil
Pickup Kecil
Van
City Car
Sepeda Motor

Area Layanan: Maxim Cargo 🏆

Untuk cakupan wilayah layanan, hampir sama namun Maxim sebagai company pengiriman barang dan transportasi  unggul sedikit karena melayani beberapa kota di luar Jawa seperti Makassar, Palembang, Padang, Balikpapan, Banda Aceh, Bengkulu, Pontianak, Batam, Samarinda, dan Singkawang. Sebagai perbandingan, area layanan Deliveree mencakup seluruh wilayah Jawa.

Area Layanan Deliveree Area Layanan Maxim Cargo 🏆
Seluruh JawaJabodetabek
Bandung
Makassar
Palembang
Padang
Balikpapan
Yogyakarta
Banda Aceh
Bengkulu
Pontianak
Tasikmalaya
Batam
Samarinda
Singkawang

Layanan & Opsi Tambahan: Deliveree 🏆

Walaupun terlihat simple, detail dalam pengiriman sangatlah penting karena Anda harus memperhatikan layanan apa yang termasuk dalam harga yang Anda bayarkan serta layanan apa yang dikenakan biaya tambahan. Dalam hal ini, Deliveree mengalahkan Maxim kargo dengan menawarkan dukungan CS 24/7, layanan bongkar muat gratis, dan asuransi gratis di setiap pemesanan Anda. Di sisi lain, CS nya hanya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore, mereka mengenakan biaya tambahan untuk bongkar muat, dan tidak ada pilihan untuk membeli asuransi untuk barang Anda.

Layanan Standar Deliveree 🏆Layanan Standar Maxim Cargo
PengemudiPengemudi
Bahan bakarBahan bakar
CS 24/79 pagi – 6 sore (Senin – Jum’at)
Gratis waktu 60 menit setiap lokasiGratis waktu 60 menit setiap lokasi
Gratis bongkar muat (15 meter dari jarak armada)Bongkar muat dengan uang tambahan
Asuransi dari AXATidak tersedia

.
Tidak berhenti di layanan standar inklusif, hal penting lainnya yang harus di perhatikan yaitu layanan tambahan apa yang tersedia untuk Anda dengan biaya tambahan. Layanan pengiriman yang lebih tinggi dari yang lain memiliki lebih banyak opsi sehingga Anda dapat menyesuaikan pengalaman Anda agar sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda (tentu saja dengan biaya tambahan). Dalam hal ini, Deliveree juga menang dengan menawarkan banyak layanan tambahan seperti yang dapat dilihat di bawah ini dibandingkan dengan Maxim kargo yang hanya menawarkan satu layanan tambahan yaitu bongkar muat.

Layanan Tambahan Deliveree 🏆Layanan Tambahan Maxim Cargo
Asuransi tambahanBongkar muat
Bantuan extra
Bantuan spesial
Pengembalian dokumen (POD)
Alamat keselamatan pengemudi
Staff pelanggan
Tol dan parkir
TKBM
Rapid tes pengemudi
Ferry
Sewa peralatan

Dukungan Customer Service: Deliveree 🏆

Dalam hal pengalaman CS berkualitas tinggi menggunakan kedua layanan tersebut, Deliveree mampu mengalahkan Maxim lagi. Selama pemesanan kami, kami menghubungi CS untuk kedua layanan saat sebelum, selama, dan setelah pemesanan kami. Meskipun keduanya memungkinkan Anda untuk menghubungi CS mereka dengan cara yang sama melalui aplikasi atau situs web, email, atau nomor hotline mereka, ada beberapa perbedaan yang mencolok. Deliveree menyediakan dukungan CS langsung 24/7, waktu respons mereka cepat di bawah 30 detik setiap kali kami mencoba menghubungi mereka, dan kualitas dukungan mereka bagus. Sementara itu, CS Maxim kargo hanya dapat dihubungi pada pukul 9 pagi hingga 6 sore setiap hari kerja (Senin – Jum’at), waktu respons mereka lebih lambat berkisar antara 2 hingga 30 menit selama beberapa kali kami mengobrol, dan kualitas dukungan mereka cukup bagus karena membuat kami menunggu cukup lama untuk pertanyaan tertentu yang kami tanyakan.

Deliveree 🏆Maxim Cargo
AksesChat melalui app atau website, email, dan panggilanChat melalui app atau website, email, dan panggilan
Jam Kerja24/79 pagi – 6 sore (Senin – Jum’at)
Waktu ResponseDibawah 30 detik2 – 30 menit
Kualitas ResponseBagusCukup bagus

Penugasan & Kualitas Layanan Pengemudi: Deliveree 🏆

Aplikasi Deliveree membutuhkan waktu 5 menit untuk menugaskan truk dan pengemudi kami sementara Maxim membutuhkan waktu 7 menit. Kami menganggap hal ini cukup berimbang untuk kedua penyedia ekspedisi. Perbedaan nyata pada pengalaman layanan pengemudi kami. Deliveree benar-benar bersinar di sini meskipun Maxim kargo juga tampil bagus. Pengemudi Deliveree menghubungi kami untuk mengkonfirmasi pemesanan kami beberapa menit setelah kami membuatnya, tiba lebih awal untuk waktu penjemputan yang dijadwalkan, dan berseragam profesional dengan kemeja bermerek perusahaan, dan tanda pengenal besar di lehernya. Di sisi lain, pengemudi Maxim tidak pernah mengkonfirmasi dengan kami, datang terlambat beberapa menit ke penjemputan kami, dan mengenakan pakaian biasa tanpa seragam atau ID perusahaan. Kedua pengemudi menangani barang-barang kami dengan hati-hati dan bertanya terlebih dahulu apakah mereka dapat menggunakan jalan tol atau tidak dengan biaya tambahan Rp 16,000.

Deliveree 🏆Maxim Cargo
Waktu Pencarian Pengemudi5 menit7 menit
Konfirmasi Pengemudi1 menit setelah pemesanan diterimaTidak ada konfirmasi
PenampilanSeragam
Kartu ID
Sepatu
Kemeja
Celana panjang
❌ Seragam
❌ Kartu ID
Sandal
Kaos
Celana panjang
KeramahanRamahRamah
Performa PengemudiSigap dalam bongkar muat
Sangat berhati-hati dalam menangani barang
Sigap dalam bongkar muat
Berhati-hati dalam menangani barang
Bongkar Muat10 menit10 menit

Kemudahan Aplikasi: Deliveree 🏆

Baik Maxim maupun Deliveree memiliki aplikasi seluler yang populer dan mudah digunakan yang tersedia di Google Play dan Apple Apps Store. Kami menemukan bahwa menggunakan kedua aplikasi itu mudah dan cepat, namun, ada beberapa perbedaan. Deliveree memiliki banyak opsi dan tambahan di aplikasi mereka yang tidak dimiliki Maxim. Ini termasuk fleksibilitas untuk membayar dengan transfer bank dan sistem preferensi pengemudi yang sangat keren yang memungkinkan kami untuk memfavoritkan atau ban pengemudi untuk pemesanan berikutnya. Selain itu, fungsi peta Deliveree tampaknya lebih akurat daripada peta Maxim untuk menunjukkan dengan tepat titik penjemputan dan tujuan pengiriman kami.

Fitur AplikasiDeliveree 🏆Maxim Cargo
Pemilihan AlamatGoogle mapsKurang akurat
Opsi Armada9 tipe1 tipe
E-walletTersediaTidak tersedia
ChatTersediaTersedia
Preferensi PengemudiPenugasan, favorit, dan banTidak tersedia

Kesimpulan

Berikut adalah skor akhir yang kami  berikan untuk kedua jasa ekspedisi. Deliveree dengan 5 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan melawan Maxim. Maxim memiliki 1 kemenangan, 1 seri, dan 5 kekalahan melawan Deliveree. Dalam pengalaman pemesanan kami, Deliveree menjadi pemenang yang cukup telak untuk pengiriman barang karena pilihan armada yang banyak, harga yang murah, banyak layanan tambahan dan pilihan, layanan pengemudi yang berkualitas, dan CS yang cepat dan berpengetahuan. Di sisi lain, Maxim juga memiliki layanan pengemudi yang baik dan memiliki jangkauan kota yang mengesankan yang mencakup kota-kota utama di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Mari kita lihat lebih detail apa yang membuat Deliveree benar-benar bersinar dalam ulasan perbandingan tanpa basa-basi kami. Mereka benar-benar menonjol karena pemilihan armada yang besar dengan lebih dari 9 jenis kendaraan untuk dipilih, harga pengiriman rendah yang mencakup banyak hal seperti bongkar muat, waktu tunggu gratis, dan asuransi. Selain itu, mereka memiliki begitu banyak opsi tambahan yang dapat kita pilih dengan tambahan biaya yang sangat rasional yang termasuk tumpangan staf, pembantu tambahan, pengembalian dokumen, opsi pengemudi yang divaksinasi, dan lainnya. Dan yang terpenting, driver dan CS mereka sama-sama memberikan layanan terbaik. Kami benar-benar merasa seperti mendapatkan layanan bintang 5 dengan harga bintang 2.

Sementara itu, Maxim Cargo juga merupakan pilihan yang tepat untuk Anda, terutama jika Anda melakukan pengiriman di kota-kota di luar Jawa yang tidak dioperasikan oleh Deliveree. Kami sangat menyukai cakupan area layanan Maxim meliputi kota-kota besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Saat ini hanya tersedia truk pickup kecil untuk Maxim Kargo, jadi kami berharap mereka akan memperluas layanan kargo mereka dan menabahkan lebih banyak jenis kendaraan di masa depan.

Foto Saat Pemesanan Kami

Pemesanan Deliveree

Foto Pemesanan Deliveree

Pemesanan Maxim Cargo

Foto Pemesanan Maxim Cargo

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana Maxim dibandingkan dengan Deliveree?

Maxim populer sebagai aplikasi penumpang tetapi mereka juga melakukan pengiriman barang menggunakan truk pickup mereka. Sebagai perbandingan, Deliveree hanya mengkhususkan diri dalam pengiriman barang besar dan barang pribadi menggunakan pilihan armada yang banyak termasuk city car, MPV, van, truk pickup, dan truk boks berbagai ukuran. Ada juga perbedaan dalam paket layanan, harga, kualitas pengemudi, dan dukungan. Baca artikel kami untuk perbandingan tanpa basa-basi dari dua ekspedisi tersebut.

Apakah Maxim Cargo lebih murah atau lebih mahal dari Deliveree?

Meskipun harga dasarnya serupa, Maxim Cargo membebankan biaya tambahan untuk bongkar muat sehingga ketika Anda membandingkan harga untuk layanan door-to-door, Deliveree dalam kasus kami 21% lebih murah. Deliveree juga memiliki asuransi gratis untuk setiap pemesanan yang tidak dimiliki oleh Maxim kargo. Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara kedua layanan tersebut dalam ulasan tanpa basa-basi kami.

Jenis barang atau item apa yang dapat Anda kirim menggunakan Maxim vs Deliveree?

Maxim Cargo hanya menggunakan truk pickup untuk pengiriman barang, jadi kami merekomendasikannya untuk furnitur atau barang besar lainnya yang lebih pas dengan kendaraan dengan atap terbuka. Di sisi lain, Deliveree memiliki berbagai macam kendaraan dan truk yang dapat Anda pilih sehingga Anda dapat mengirim apa pun dengan layanan mereka mulai dari barang bisnis, semua jenis kargo, dan barang pribadi. Anda juga dapat memilih kendaraan mereka yang meliouti city car, MPV, van, truk pickup, dan truk boks dengan berbagai ukuran.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Jasa Pengiriman Terdekat Ekspedisi Paling Cepat dan Murah
  2. Lalamove vs Deliveree: Pertarungan Jasa Pengiriman Top
  3. JNE Trucking vs Deliveree: Menandingkan Raja Ekspedisi