Your browser does not support JavaScript!

Logisly vs Deliveree: Menandingkan 2 Smart Trucking 2022

By Cat Dewinta - 15 Sep, 2022

Logisly

Layanan Smart Trucking seperti Logisly dan Deliveree mengambil alih pasar kargo jalan raya yang padat di Indonesia. Apa yang dimaksud dengan Smart Trucking? Artinya, perusahaan-perusahaan ini mengoperasikan platform yang bertindak sebagai satu titik kontak untuk mendapatkan penawaran, memesan, dan mengelola layanan truk Anda. Padahal, di balik peron ada ratusan atau ribuan pengemudi truk yang benar-benar menyediakan layanan tersebut.

Dua pemimpin pasar Smart Trucking yang terkenal adalah Logisly dan Deliveree. Kami membagikan kepada Anda ulasan dan menandingkan secara jujur tentang kedua platform truk ini berdasarkan hal-hal yang menurut kami paling penting. Mereka:

1. Perbandingan harga
2. Manfaat harga
3. Pemilihan armada
4. Area Pelayanan
5. Proses Penjadwalan
6. Kinerja CS

Trucking Terpintar Sejauh Ini: Deliveree ⭐

Dalam menandingkan kedua layanan Smart Trucking, Deliveree unggul dalam 6 kategori sementara Logisly mengalahkan dalam 1 kategori. Harga terendah Deliveree, layanan inklusif, pemilihan armada besar, proses pemesanan sederhana, dan CS cepat benar-benar menonjol dalam perbandingan kami. Di sisi lain, cakupan nasional si Smart Trucking biru ini jauh lebih baik daripada wilayah layanan Deliveree si hijau yang hanya ada di seluruh Jawa.

Tabel: Penilaian Kategori Smart Trucking

Deliveree ⭐Logisly 
Perbandingan Harga✅4/40/4
Inklusi Harga✅7/12✅4/12
Pilihan Armada✅12/12✅7/12
Area Layanan0/2✅2/2
Proses Penjadwalan✅3/3✅2/3
Performa CS✅4/4✅2/4
Total30/3717/37

.
Dalam uji coba pemesanan kami di Tahun 2022, kami menghargai layanan yang lebih nyaman atau lebih baik di mata pelanggan untuk setiap kategori. Kami menandingkan keduanya secara adil menggunakan sistem poin, di bawah ini kami akan menjelaskan alasan dan penilaian di balik setiap poin secara lebih rinci.

Mengenai Percobaan Kami 

Kami mencoba kedua layanan tersebut melalui klien kami yang mengirimkan produk sanitasi dan kebersihan siap pakai dalam kotak besar dari fasilitas pemrosesan mereka di Pabean Cantikan, Surabaya ke Cikarang Utara, Kab Bekasi. Kami memesan truk Fuso untuk rute FTL 752 km ini.

Tabel: Rincian Pemesanan

Tipe TrukFuso
Jenis LayananFull Truck-Load (FTL)
Jarak Rute689 km (Surabaya-Bekasi)
Penjemputan Pabean Cantikan, Surabaya
TujuanCikarang Utara, Kab. Bekasi
MuatanProduk sanitasi dan kebersihan (dalam box besar)
Volume23 m³

Perbandingan Harga

Mengingat betapa pentingnya peran harga dalam menentukan penyedia, kami akan memulai tinjauan ekstensif pertama kami di 2022 dengan menandingkan harga pengiriman mereka. Selama uji coba pemesanan kami, dengan mempertimbangkan penyedia Smart Trucking, kami mengharapkan prosesnya cepat dan tidak merepotkan bagi kedua penyedia. Sejauh ini, hanya PT Angkut Teknologi Indonesia (Deliveree) yang memenuhi harapan kami. Lain halnya dengan PT Logistik Pintar Indonesia (Logisly), kami membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan penawaran harga kami. Untuk harga, Deliveree mampu memberikan pengiriman yang lebih murah untuk pemesanan kami.

Tabel: Biaya dan Mendapatkan Penawaran Harga 2022

Deliveree Logisly 
Penawaran HargaRp 4.400.000 ✅Rp 5.650.000
Durasi5 menit 49 jam
Rincian Langkah1. Buka aplikasi, sign up, pilih jadwal, tipe kendaraan, dan alamat pengiriman1. Kontak CS untuk dapatkan kontak sales person
2. Pilih opsi layanan tambahan2. Siapkan informasi mengenai perusahaan Anda, alamat/rute, dan minta layanan tambahan
3. Dapatkan penawaran harga dan pilih metode pembayaran3. Dapatkan penwaran harga dalam bentuk dokumen untuk ditandatangani
Total20

Inklusi Harga

Dalam menandingkan manfaat harga dari Smart Trucking secara adil, kami menampilkan semua inklusi harga untuk melihat apakah harga yang ditawarkan keduanya benar-benar bermanfaat. Dari sembilan inklusi layanan yang umum disediakan oleh penyedia layanan trucking, Deliveree mampu memberikan tujuh inklusi layanan. Kami mengharapkan Logisly dapat menyediakan lebih banyak inklusi mengingat harganya lebih mahal ketika dari sembilan layanan umum yang ada, mereka hanya dapat memberikan empat.

Tabel: Layanan yang Termasuk dalam Harga 2022

Deliveree ⭐Logisly 
Driver & BensinTermasuk ✅Termasuk ✅
Pajak PPnTermasuk ✅Termasuk ✅
Loading UnloadingTidak termasukTidak termasuk
Tenaga TambahanTidak termasukTidak termasuk
AsuransiTermasuk ✅Biaya tambahan
Nilai Klaim AsuransiHingga 25 Jt ✅Hingga 2 Jt
Tol & ParkirTermasuk (Maks: Rp 100 Rb) ✅Tidak termasuk
Waktu TungguGratis di bawah 12 jam ✅Gratis di bawah 12 jam ✅
PODTermasuk ✅Termasuk ✅
Total74

Pilihan Armada

Melayani business-to-business (B2B) dengan berbagai latar belakang dan industri, pilihan armada yang luas merupakan kebutuhan bagi perusahaan truk yang cerdas. Di bawah ini kami menandingkan opsi armada yang tersedia yang dapat Anda pilih dari kedua penyedia, sekali lagi PT Angkut Teknologi Indonesia mampu memberikan lebih banyak pilihan dan mengalahkan PT Logistik Pintar Indonesia dalam kategori ini.

Tabel: Pilihan Armada 2022

Deliveree ⭐Logisly 
Ekonomi
Van
Pickup/L300
Mobil Box Kecil
Engkel Box
Engkel Bak
Double Engkel Box
Double Engkel Bak
Fuso Ringan (CDD Long) Box
Fuso Berat Box
Tronton
Total117

.
Pilihan armada mulai dari yang terkecil hingga terbesar memberikan kesan bahwa logistik Smart Trucking membuka peluang bagi setiap ukuran perusahaan untuk menjadi pelanggan mereka. Kami mengharapkan penyedia ini ramah UKM untuk dapat mendukung bisnis Indonesia dan tidak bermain favorit untuk hanya melayani perusahaan besar yang sudah mapan.

Area Layanan

Sebagai penyedia Smart Trucking, jangkauan area layanan Logisly mampu melakukan pengiriman ke mana saja di seluruh negara sementara layanan Deliveree terbatas hanya di Pulau Jawa. Kami belum mencoba mengirim dengan truk antar pulau, tetapi ini jelas merupakan pilihan yang bagus untuk bisnis yang mencari rekanan pengiriman antar pulau. Oleh karena itu, dalam hal ini kami memberikan poin penuh kepada si trucking biru ini untuk kategori area layanan.

Tabel: Area Layanan 2022

Deliveree Logisly
Area PenjemputanBanten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya, dan MalangNasional ✅
Area TujuanSeluruh JawaNasional ✅
Total02

Proses Penjadwalan

Jika Anda adalah pelanggan baru untuk salah satu penyedia. Akan lebih lama dalam memulai pemesanan dengan aplikasi pengiriman Logisly dibanding dengan Deliveree. Dalam uji coba kami, dibutuhkan keseluruhan 12 jam untuk membuat pemesanan kami dijadwalkan dengan lebih banyak proses masuk dari saat kami mendapatkan daftar penawaran harga. Deliveree di sisi lain, proses mendapatkan penawaran harga, dan jadwal memakan waktu total 5 menit bahkan jika Anda adalah pelanggan baru. Jadi pemenang kategori ini adalah Deliveree.

Tabel: Pilihan Armada 2022

Rincian Deliveree ⭐Logisly 
Durasi5 menit ✅24 jam
Jumlah Langkah4 ✅5
Rincian Langkah1. Buka aplikasi, sign up, pilih jadwal, tipe kendaraan, dan alamat pengiriman1. Siapkan dokumen perusahaan (SIUP, NPWP, TDP) untuk dapat akses ke aplikasi web
2. Pilih opsi layanan tambahan2. Siapkan dokumen penawaran harga yang sudah ditanda tangani
3. Dapatkan penawaran harga dan pilih metode pembayaran3. Minta PIC untuk menjadwalkan pemesanan Anda melalui web app
4. Driver ditugaskan untuk pengiriman Anda4. Dapatkan konfirmasi waktu dan jadwal pengiriman maksimal H-1
5. Mendapat armada dan driver ditugaskan untuk pengiriman Anda
Kontak DriverDiperbolehkan ✅Diperbolehkan ✅
Metode PelacakanLive-map trackingLive-map tracking
Total42

.
Perhatian kami terhadap proses penjadwalan truk kargo Logisly sedikit lebih rumit untuk bisnis kecil seperti UKM karena mereka akan memerlukan beberapa dokumen resmi seperti TDP dan SIUP. Kami telah mengonfirmasi dengan si trucking biru bahwa mereka secara eksklusif menyediakan layanan untuk bisnis sehingga setiap pengguna individu atau pribadi tidak akan dapat menggunakan layanan truk mereka. Layanan truk Deliveree terbuka untuk semua pelanggan, tetapi Anda dapat meningkatkan akun Anda ke akun bisnis untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dan hak istimewa bisnis.

Performa Customer Service

Dalam 5 tahun pengalaman meninjau perusahaan logistik dan truk di Indonesia, kami yakin untuk mengatakan bahwa CS Deliveree adalah yang teratas sejauh ini. Mereka memungkinkan pelanggan untuk menghubungi CS mereka di mana saja di situs web, aplikasi, serta WhatsApp mereka. CS PT Logistik Pintar Indonesia juga bagus, tetapi satu-satunya keluhan kami adalah waktu respons yang memakan waktu berjam-jam.

Tabel: Penilaian Performa CS 2022

Deliveree ⭐ Logisly 
MetodeChat Aplikasi, Web Chat, WhatsApp Chat WhatsApp Chat
Ketersediaan24/7 9.00-21.00 WIB
Waktu Respon< 1 menit 1-2 jam
Resolusi10/10 10/10
Customer Effort9/10 7/10
Total52

.
Kami menilai kinerja CS mereka dari 5 poin utama, metode atau saluran, jam operasional atau ketersediaan, waktu respons, penyelesaian keseluruhan oleh CS, dan upaya pelanggan untuk menyelesaikan masalah dari instruksi atau saran yang diberikan oleh CS. Dalam hal ini, Deliveree adalah penyapu bersih untuk memenuhi lima dari lima poin.

Putusan Final

Sebagai publikasi logistik, Logisticsbid memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap perusahaan yang mengklaim sebagai bagian dari revolusi truk pintar. Kami pikir baik Deliveree maupun Logisly adalah contoh yang mengesankan dari gerakan tahap awal ini. Namun, jelas dari pengalaman kami bahwa Deliveree lebih siap untuk melayani bisnis berdasarkan harga rendah, armada besar, paket layanan lengkap, opsi pemesanan fleksibel, dan dukungan pelanggan yang responsif. Di sisi lain, cakupan area layanan nasional Logisly memberi bisnis lebih banyak jangkauan daripada area layanan seluruh Jawa Deliveree.

Selengkapnya Tentang Kedua Penyedia

Deliveree

Deliveree adalah penyedia layanan truk yang memungkinkan layanan point-to-point langsung untuk mengambil pesanan dari tempat Anda dan mengirimkannya langsung ke pelanggan Anda. Layanan kendaraan langsung mereka menghasilkan pengiriman yang cepat dan memungkinkan pelanggan untuk mengontrol lebih dari kurir pos kilat tradisional. Selain itu, mereka juga menawarkan pemesanan paket di mana pelanggan dapat mengirim muatan mereka tanpa harus memesan seluruh truk, dan akan dikirimkan melalui rute yang telah dioptimalkan.
Sebagai platform truk pintar, Deliveree menghubungkan pelanggan logistik dengan pengemudi terlatih dari perusahaan truk di seluruh Jawa dengan bantuan teknologi. Semua proses pemesanan, pengelolaan, dan eksekusi Deliveree melibatkan teknologi online melalui aplikasi web seluler atau desktop mereka. Solusi truk pintar mereka bertujuan untuk memberikan efisiensi biaya dengan optimalisasi perutean dan memaksimalkan pemanfaatan armada. TMS mereka yang disebut Smart Load Planner juga gratis untuk digunakan melalui aplikasi web yang dapat diakses oleh semua pelanggan.

Logisly

Dengan ketersediaannya di seluruh Indonesia, Logisly menyediakan layanan truk yang memungkinkan Anda mengirimkan barang langsung ke alamat yang Anda inginkan. Sebagai pelanggan, Anda dapat berkonsultasi dengan staf penjualan mereka tentang kebutuhan pengiriman Anda, seperti rute, layanan tambahan, dan jadwal pengiriman reguler untuk mendapatkan penawaran harga khusus Anda. Dalam setiap pemesanan, Anda harus meminta setidaknya H-1 dari jadwal pengiriman Anda. Layanan lain yang mereka berikan adalah less container load (LCL), kereta api, dan kargo laut, yang semuanya hanya tersedia untuk pelanggan bisnis.
Menjadi truk pintar yang mengintegrasikan teknologi ke dalam operasionalnya. Logisly menyediakan aplikasi web eksklusif untuk pelanggan bisnisnya yang akan dikelola bersama dengan admin dari Logisly untuk menjadwalkan aktivitas dan bisnis Anda untuk melacak dan menggunakan TMS gratis.

Disclaimer

Ulasan dan perbandingan asli Logisly dan Deliveree ini diteliti, diuji, dan ditulis pada Maret 2022 menggunakan informasi yang tersedia pada saat itu dari situs web, layanan pelanggan, dan aplikasi masing-masing perusahaan (jika tersedia). Untuk informasi terbaru mengenai ketersediaan armada, area layanan, harga, paket layanan, dan detail lainnya mengenai masing-masing perusahaan, kami menyarankan pembaca untuk menghubungi perusahaan secara langsung.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang membuat Logistly dan Deliveree termasuk sebagai Smart Trucking?

Provider seperti Logisly dan Deliveree mengoperasikan platform yang memungkinkan pelanggan trucking untuk mendapatkan penawaran, memesan, dan mengelola pengiriman dan menghubungkan dengan ratusan atau ribuan pengemudi truk untuk pengiriman tersebut. Beberapa Smart Trucking seperti Deliveree selangkah lebih maju dengan aplikasinya yang memungkinkan pelanggan memesan dan mengirim dalam hitungan menit. Baca ulasan lengkap kami tentang kedua layanan ini!

Selain Logisly, apa saja Smart Trucking lainnya?

Salah satu nama besar platform Smart Trucking adalah Deliveree yang terkenal dengan layanan on-demand-nya, Anda dapat memesan layanan mereka segera atau kapan pun diperlukan. Ulasan ekstensif kami merangkum dan menandingkan kemampuan keduanya untuk memberikan layanan terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam enam kriteria seperti harga, manfaat, kecepatan, serta efisiensi waktu. Simak lebih lanjut!

Bagaimana harga Logisly bila dibandingkan dengan kompetitor Smart Trucking lain?

Harga yang ditawarkan bervariasi, dalam hal keterjangkauan Logisly murah tapi bukan yang termurah. Kami telah membuat pemesanan aktual dengan Logisly dan Deliveree untuk menandingkan secara ekstensif dari kedua layanan Smart Trucking. Dalam hal daya saing harga, keduanya setara tetapi Deliveree memberikan lebih banyak inklusi. Lebih lanjut tentang topik ini simak di artikel kami.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Platform Logistik Mulai Marak
  2. ASLN dan Masa Depan Logistik ASEAN
  3. Meraih Operasional Logistik Berkelanjutan