Your browser does not support JavaScript!

Logisly, Startup Indonesia yang Gencar Dukung UKM Melalui Logistik

Penulis Steven Widjojo - Diperbarui pada August 12, 2019

Logisly, Startup Indonesia yang Gencar Dukung UKM Melalui Logistik

Logisly, startup penyedia jasa logistik, mengaku telah memberikan kontribusi bagi industri logistik di saat industri ini terus berkembang seiring dengan pemanfaatan teknologi. Baca ulasan Logisticsbid mengenai layanan dan fitur mereka lebih lanjut melalui perbandingan dengan penyedia jasa logistik berbasis teknologi unggulan lainnya.

Baca juga: Logisly vs Deliveree: Menandingkan 2 Smart Trucking

“Sektor logistik merupakan sektor yang terus tumbuh sejalan dengan manufaktur atau e-commerce,” kata Roolin Njotosetiadi, Co-Founder dan CEO Logisly di Jakarta. “Kami hadir untuk meningkatkan utilitas truk dan kedepannya membantu trucking UMKM dalam mengelola usahanya,” tambahnya. “Sektor logistik merupakan sektor yang terus tumbuh sejalan dengan manufaktur atau e-commerce.”

Solusi Apa yang Diwujudkan oleh Logisly dalam Mendukung UMKM

Roolin menegaskan Logisly ingin membantu UMKM dengan memberikan solusi yang selalu kosong saat melakukan pengiriman kembali dari tempat tujuan. Ini adalah sesuatu yang sedang dikerjakan Logisly. Selain kargo, Logisly menekankan pada layanan dan keamanan, yang keduanya dipantau selama proses pengiriman.

Menurut Roolln, industri transportasi logistik memiliki banyak posisi yang tidak terisi, beberapa di antaranya membayar dengan buruk, yang lain tidak memantau transportasi yang melakukan logistik, dan yang lain tidak memantau ketersediaan transportasi.

Banyak celah dalam industri transportasi logistik, antara lain pembayaran yang memakan waktu lama, transportasi yang membawa logistik tidak terkontrol, dan ketersediaan transportasi tidak terpantau.

Logisly menegaskan pihaknya telah memasok 5.000 armada truk yang mayoritas dimiliki oleh usaha kecil menengah (UKM) yang berada di pulau Jawa, Sumatera, dan Lombok. Startup Logistik ini menawarkan solusi untuk masalah yang diidentifikasi Roolin dengan meningkatkan kualitas layanan yang ditawarkan kepada penyedia layanan serta pelanggan yang menggunakan Logisly untuk mendapatkan layanan logistik dan transportasi.

Logisly dirancang untuk memudahkan konsumen layanan kami atau penyedia layanan kami yang ingin bergabung dengan kami. Logisly dapat diakses melalui web, dan aplikasi dapat diunduh dari Play Store.

Baca juga: Startup Logistik E-Forwarding Logisly Membantu Pertumbuhan UMKM

Awal Mula Berdirinya Logisly

Logisly didirikan oleh Roolin dan pengusaha serial Robbi Baskoro, yang juga menjabat sebagai CTO. Roolin dan Robbi sama-sama memiliki latar belakang teknologi, dan dalam waktu kurang dari sebulan, mereka mendirikan situs produk untuk pengirim dan pengangkut yang melayani ribuan pesanan transportasi mulai dari e-commerce hingga produk konsumen, kontainer, bahan bangunan, dan kebutuhan dasar. Aplikasi Android khusus pengangkut diterbitkan dua bulan kemudian. Investor malaikat dan pemodal ventura seperti Seedplus, Convergence, dan Genesia telah menaruh kepercayaan mereka pada Logisly, menyediakan perusahaan teknologi logistik dengan pendanaan putaran pertama.

“Kami senang teknologi, platform, dan model bisnis Logisly membantu industri logistik,” kata Robbi. Pengirim dapat memilih truk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, melacak lokasi truk secara real time, dan mendapatkan faktur digital yang memudahkan pemeriksaan kertas Bukti Pengiriman (POD) sebelum dikirim. Selanjutnya, kami menggabungkan teknologi kami dengan keahlian logistik staf operasional kami untuk memastikan bahwa SLA (perjanjian tingkat layanan) pengirim terpenuhi. SLA adalah perjanjian antara penyedia layanan dan pelanggan yang menjamin tingkat kinerja tertentu.”

“Kami mendapat banyak pesanan sejak menjadi mitra Logisly dan memanfaatkan platform Logisly,” kata Gunadi tentang PT Kreasi Sarana Logistik, penyedia layanan truk UKM Indonesia dan salah satu mitra Logisly. Kami juga heran mengetahui bahwa Logisly hanya membutuhkan dua hari untuk pembayaran, dibandingkan dengan 30-60 hari untuk klien lain. Semua pengeluaran kami, seperti biaya pengemudi, bahan bakar, dan sebagainya, dibayar tunai, yang sangat membantu kami. Kami akhir-akhir ini mampu menghasilkan peningkatan pesanan yang signifikan, yang menghasilkan peningkatan pendapatan. Berkat inovasi dan teknologi Logisly, kami dapat mengelola armada truk kami dengan lebih efektif. Karena prosedur pembayaran Logisly yang cepat saat tugas selesai, arus kas kami sebagai UKM juga lebih dapat diprediksi dan unggul.”

Baca juga: Mengenal Logisly: Startup Logistik Pendukung Pertumbuhan UMKM