Your browser does not support JavaScript!

Startup Logistik E-Forwarding Logisly Membantu Pertumbuhan UMKM

Penulis Steven Widjojo - Diperbarui pada August 02, 2020

Startup Logistik E-Forwarding Logisly Membantu Pertumbuhan UMKM

Nampaknya pertumbuhan e-commerce dan sektor industri di Indonesia berkorelasi langsung dengan ekspansi industri logistik Tanah Air. Logisly, sebuah perusahaan startup e-forwarding, didirikan karena para pendirinya menyadari potensi pengembangan yang sangat besar di industri logistik. Logisly adalah platform yang menghubungkan pengguna, juga dikenal sebagai pengirim, dengan penyedia layanan logistik (transporter). Simak pula ulasan mendalam kami mengenai layanan dan fitur Logisly di bawah ini.

Baca juga: Logisly vs Deliveree: Menandingkan 2 Smart Trucking

Usaha baru di bidang logistik, yang didirikan pada Tahun 2019 di Jakarta, mulai menjalankan bisnis pada awal April 2019. Lebih dari lima ribu truk telah terdaftar di jaringan Logisly sejak perusahaan pertama kali didirikan. mulai beroperasi pada Juli 2019, dan mayoritas bisnis pemilik truk ini tergolong UMKM.

Fakta bahwa pengelolaan bisnis truk yang ada masih dilakukan secara manual menjadi pendorong berdirinya Logisly. Akibatnya, kendaraan sering berjalan tanpa beban dan tidak mendapat pesanan. Selain itu, dia menyebutkan, berdasarkan riset yang dilakukan Mordor Intelligence bertajuk “Indonesia Freight and Logistics Market-Growth, Trends, and Forecast”, pendapatan di bisnis logistik diharapkan tumbuh 13-15 persen selama periode 2019 -2024.

Baca juga: Mengenal Logisly: Startup Logistik Pendukung Pertumbuhan UMKM

Utilisasi Kendaraan yang Maksimal Sebagai Kunci 

Alhasil, Logisly sebagai platform teknologi yang dapat mendongkrak utilisasi kendaraan juga menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Di masa mendatang, Logisly akan membantu UMKM dalam meningkatkan pengelolaan bisnis mereka secara keseluruhan. UMKM tersebut termasuk kendaraan.

Logisly adalah platform yang memungkinkan bisnis truk kecil dan menengah untuk menerima pesanan dari pengirim (shipper). Di lain hal itu shipper memiliki kemampuan untuk menemukan truk yang memenuhi persyaratan mereka dan melakukan pelacakan lokasi truk secara real-time. Pengirim juga memiliki kemampuan untuk memilih dari berbagai pilihan kargo, termasuk truk kompak seperti van dan pergelangan kaki, truk trailer dan wingbox, truk pickup dengan flatbeds atau reefer, dan banyak lagi.

Dokumentasi Pengiriman yang Baik Guna Memudahkan Seluruh Pihak

Anda bahkan dapat memungkinkan pelanggan untuk meninjau dokumen Bukti Pengiriman atau Proof of Delivery (POD) mereka menggunakan faktur digital sebelum dokumen dikirim. Mempertahankan perjanjian tingkat layanan atau service level agreement (SLA) atau kontrak antara penyedia layanan dan pengguna dimungkinkan dengan cara ini. Perjanjian dan kontrak tersebut memberikan jaminan tingkat layanan.

Pengguna memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi Logisly dari Google Play Store untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Saat ini, perusahaan sedang dalam proses menerima pendanaan tahap awal dari investor dan pemodal ventura seperti Seedplus, Convergence, dan Genesia.

Baca juga: Selama Pandemi, Logisly Berkembang dengan Tingakatkan Diversifikasi