Lima Alasan Anda Butuh Teknologi Pengadaan Logistik

By Dudek Muljana - MjkgTWVpLCAyMDIx

Lima Alasan Anda Butuh Teknologi Pengadaan Logistik

Excel telah digunakan oleh bisnis selama bertahun-tahun untuk melakukan berbagai aktivitas. Ini secara bertahap digantikan oleh sistem perencanaan, sistem manajemen transportasi, ERP, perangkat lunak SDM, dan sebagainya. Namun, dalam logistik, semuanya selalu sedikit berbeda, dan adopsi teknologi biasanya bertahap. Akibatnya, banyak bisnis terus menggunakan Excel saat melakukan tender dan mengharapkan operator mereka mengikuti format Excel (buatan sendiri) mereka sendiri.

Namun, ada alternatif: sistem berbasis cloud yang membantu prosedur tender dengan cara yang sama seperti perangkat lunak mendukung area lain: lebih cepat, lebih efisien, dan dengan hasil yang lebih baik, seperti biasa dengan otomatisasi. Itulah yang dibutuhkan manajer tender saat ini, dan inilah alasannya.

Bentuk Aliansi dengan Operator

Mempertahankan koneksi yang sangat baik dengan operator lebih penting dari sebelumnya di sektor logistik, yang telah berubah menjadi pasar penjual. Menemukan operator baru semakin sulit, dan mempertahankan kemitraan operator akan membutuhkan lebih banyak upaya daripada sebelumnya.

Banyak pengirim akan terpaksa menghabiskan lebih banyak waktu di jaringan operator mereka karena batas kapasitas untuk memastikan keandalan, pengiriman tepat waktu, dan tingkat biaya yang sesuai. Alih-alih hanya berfokus pada mencari tarif terbaik, pengirim harus mempertimbangkan bagaimana volume pengiriman mereka memengaruhi bisnis pengangkut. Mereka juga harus memahami bahwa operator mendapatkan sejumlah besar penawaran dan mencurahkan sebagian besar perhatian mereka pada penawaran yang paling menarik, apa pun formatnya. Tender yang diajukan melalui platform pengadaan tampak lebih profesional dan membutuhkan waktu pengangkutan lebih sedikit daripada yang diajukan secara manual.

Tim Profesional Logistik Terlalu Kecil untuk Menjadi Ahli di Semua Bidang

Pengiriman global memerlukan pengetahuan di berbagai bidang, dan departemen logistik sering kekurangan staf dan kekurangan dana untuk memenuhi permintaan sehari-hari. Ketika Anda menambahkan tekanan dari pengoperasian acara tender yang tidak teratur yang memerlukan tingkat fokus yang tinggi dan banyak waktu untuk mempersiapkan dan terhubung dengan operator, mudah untuk melihat betapa sulitnya untuk mendapatkan nilai maksimal dari tender pertunjukan sampingan. .

Tuntutan Akan Fleksibilitas Pengadaan Tidak Pernah Sekuat Ini

Brexit, sanksi, penguncian, penutupan, kekurangan, dan biaya tinggi semuanya ada di depan mata. Semua ini dilemparkan ke manajer logistik, yang harus mengatasinya dan bergantung pada jaringan operator mereka. Namun, jaringan operator juga berada di bawah tekanan, dan dinamikanya tinggi. Peluang untuk mendapatkan tarif yang baik atau dapat diterima sangat tipis, dan risiko tidak dapat mengamankan kapasitas adalah signifikan. Untuk menutup kesenjangan ini, teknologi sangat penting.

Kompleksitas Dunia Belum Pernah Menjadi Lebih Besar

Kami sudah tahu tentang globalisasi untuk waktu yang lama, dan kami terbiasa dengan rantai pasokan yang luas. Namun, peristiwa baru-baru ini, seperti kapal yang terdampar di Terusan Suez, menunjukkan bahwa rantai pasokan besar juga rentan, dengan efek berjenjang pada sistem pasokan regional dan bahkan lokal. Ini menunjukkan bahwa rantai pasokan harus diperkuat, dengan lebih banyak visibilitas dan teknologi. Apa sebenarnya yang tersirat dari itu? Ini berarti Anda memerlukan skenario cadangan, operator, teknologi untuk membantu Anda membuat keputusan cepat, dan kemampuan untuk berinteraksi dan berbagi data dengan cepat dengan pemasok. Kecepatan dan otomatisasi diperlukan untuk pengadaan pengiriman di tempat, mengoperasikan acara pengadaan lokal kecil, atau menukar mitra yang lemah dengan mitra yang lebih kuat, misalnya.

Mengontrol Kompleksitas Faktur Menjadi Lebih Menantang

Ketika biaya logistik meningkat, menjadi lebih penting untuk melacak biaya yang telah ditagih. Pengirim dapat menghemat antara 2,5 dan 6% dari total anggaran transportasi mereka jika mereka memiliki kontrol faktur lengkap, menurut statistik. Tidak semua organisasi memenuhi syarat untuk meninjau tagihan, karena audit pengiriman memerlukan tim internal khusus, perangkat lunak khusus, atau solusi outsourcing. Ketika Anda hanya memiliki satu struktur kartu tarif per metode transportasi daripada per operator, itu bisa sangat menguntungkan. Anda akan secara substansial menyederhanakan audit prospektif atas biaya pengiriman jika Anda dapat menentukan struktur harga yang tepat sebelum Anda memulai tender dan mengizinkan operator mengutip struktur tersebut.