Langkah Cerdas untuk Menggunakan Kendaraan Listrik

By Dudek Muljana - NCBKdWxpLCAyMDIx

Langkah Cerdas Kendaraan Listirk

Saat elektrifikasi armada menjadi daya tarik di seluruh dunia, Joshua Gordon, Manajer Strategi EV dari Geotab, memberikan lima saran berdasarkan data untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda.

Joshua Gordon, Manajer Strategi Electric Vehicle (EV) atau Kendaraan Listrik Geotab, melakukan konferensi video ke MHD pada dini hari dari Inggris. Dia memiliki hari penuh di depannya.

Peran Joshua adalah membantu elektrifikasi armada kendaraan daerah. Ini adalah tugas besar, mengingat Inggris saat ini berada di tengah persaingan elektrifikasi. Pemerintahnya telah berkomitmen sekitar £1,5 miliar untuk pengembangan kendaraan tanpa emisi, dengan tujuan membuat semua mobil dan van baru tanpa emisi pada tahun 2040. Joshua bekerja dengan beberapa armada yang ingin sepenuhnya menggunakan listrik pada tahun 2024.

Sementara Australia belum menetapkan tujuan yang begitu tinggi, Joshua menunjukkan bahwa tujuan keberlanjutan bukanlah satu-satunya hal yang memotivasi gerakan ini. Kasus komersial untuk elektrifikasi menjadi lebih menarik karena kendaraan listrik meningkat dan teknologi telematika seperti Geotab membantu armada dalam mendapatkan hasil maksimal dari EV mereka.

“Banyak armada hanya mementingkan pengeluaran di muka, yang jelas lebih besar. Namun, ketika Anda melihat biaya kepemilikan, Anda dapat melihat Return on Investment (ROI) atau pengembalian investasi dari waktu ke waktu,” jelas Joshua. “Dibandingkan dengan ribuan bagian dalam mesin pembakaran, kendaraan listrik hanya memiliki sekitar 20 bagian yang bergerak. Ada ROI yang jelas jika Anda mengelola ini dengan benar.”

Joshua membagikan beberapa saran kepada manajer armada Australia yang mempertimbangkan elektrifikasi, dari posisi di mana EV mendapatkan daya tarik.

Lihat juga: Jasa Pengiriman Kargo Indonesia – Rental Truk (2021)

Dapatkan Informasi Tentang Armada Saat ini

Menurut Joshua, Geotab lebih dari sekadar pemasok telematika; itu adalah kolaborator sejati dalam proses elektrifikasi. Dia menyarankan bisnis untuk bekerja sama dengan Geotab segera setelah mereka mulai mempertimbangkan EV.

“Apa yang kami coba lakukan adalah menghilangkan dugaan pemilihan kendaraan dan membantu manajer armada dalam membuat keputusan berdasarkan data,” jelas Joshua.

Dia menunjukkan bahwa, terlalu sering, organisasi membuat keputusan model EV semata-mata pada biaya dimuka daripada menggunakan pendekatan ROI jangka panjang. Karena biaya awal EV jauh lebih besar daripada biaya mesin pembakaran, Joshua percaya sangat penting untuk mengumpulkan data yang benar untuk menentukan kendaraan mana yang akan memberikan pengembalian investasi tertinggi dari waktu ke waktu. Pertanyaan seperti “Apakah EV memenuhi persyaratan jangkauan pengemudi?” dan “Apakah baterai akan beroperasi dalam kondisi cuaca buruk?” harus dievaluasi secara hati-hati. Bekerja dengan ahli sedini mungkin dalam prosesnya, menurut Joshua, dapat menghasilkan ROI terbaik.

Dia percaya bahwa Penilaian Kesesuaian EV Geotab adalah teknik yang paling efektif untuk mengamankan pengembalian investasi yang tinggi. Dataset kinerja EV dunia nyata terbesar dari Geotab mendukungnya. Akibatnya, mitra dapat mengambil manfaat dari upaya global Geotab untuk memeriksa aspek-aspek seperti dampak iklim lokal pada jangkauan EV.

Geotab dapat memperoleh data yang cukup untuk memandu armada dalam memilih EV hanya dalam waktu satu bulan dengan melakukan perkuatan armada yang ada dengan teknologi Geotab. Rencana yang disesuaikan didasarkan pada data perjalanan dunia nyata dari armada saat ini, dengan mempertimbangkan kebutuhan jangkauan yang tepat, konsumsi bahan bakar, dan emisi karbon.

Namun, meskipun data dapat dikumpulkan dalam sebulan, semakin banyak data yang dikumpulkan, semakin baik. Perusahaan yang ingin menjadi listrik, bahkan di masa depan yang jauh, harus mempertimbangkan telematika untuk armada mereka sesegera mungkin, menurut Joshua.

Dia mengklaim bahwa semakin cepat Anda menautkan ke telematika, semakin cepat Anda dapat membuat penilaian berdasarkan data.

Lihat juga:  Jasa Pengiriman Cargo Ekspedisi Truk (2021)

Carilah Kendaraan Listrik Dengan Jangkauan yang Lebih Besar

Dengan kecemasan jangkauan menjadi salah satu hambatan paling signifikan untuk elektrifikasi, tidak mengherankan bahwa perusahaan pengiriman jarak jauh menjadi salah satu yang tercepat untuk mengadopsi armada EV, menurut Joshua.

Masalahnya, seperti yang ditunjukkan Joshua, adalah bahwa pengemudi jarak jauh akan mendapat manfaat paling banyak dari armada EV. Ketika Geotab berkonsultasi dengan perusahaan tentang kendaraan mana yang terbaik untuk mereka, mereka melihat apa yang akan bekerja paling baik dengan rute terpanjang yang bisa dibayangkan, daripada rata-rata.

“Saat memilih kendaraan listrik, sangat penting untuk berhati-hati. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan listrik, mereka harus digunakan secara maksimal,” katanya. “Anda tidak hanya menghemat uang untuk bahan bakar, tetapi Anda juga menghemat uang untuk perawatan. Akibatnya, semakin banyak EV yang Anda kendarai, semakin cepat Anda mencapai titik impas itu. Anda harus terlebih dahulu mendapatkan data yang benar untuk memilih mobil terbaik, dan kemudian menggunakan data tersebut untuk mendapatkan jarak tempuh terpanjang dari armada EV Anda.”

Manajer, menurut Joshua, harus secara proaktif mengelola EV mereka untuk memastikan mereka menerima jangkauan maksimum. Keuntungan EV dari Geotab memberi pengguna tampilan real-time armada mereka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, untuk membantu manajer memahami jika mereka kehilangan produktivitas karena pengisian daya dan berapa banyak jangkauan yang mereka peroleh.

Mungkin yang paling penting, Geotab dapat membantu pengemudi dan pengawas dalam menentukan apakah EV memiliki biaya yang cukup untuk menyelesaikan perjalanan hariannya.

Lihat juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

“Kami dapat memantau pengisian dan penipisan baterai kendaraan secara real time menggunakan platform Geotab,” jelasnya. Geotab dapat mengirimkan alarm kepada pengemudi ketika tingkat baterai kendaraan sangat rendah. Level penting tersebut dapat ditentukan oleh manajer armada, yang dapat menetapkan pedoman seperti 10% dan mengirimkan peringatan kepada pengemudi yang menyarankan mereka untuk mempertimbangkan lokasi stasiun pengisian daya.

Charge Assurance dari Geotab dapat membantu manajer armada memastikan kendaraan siap saat pengemudi membutuhkannya dengan melakukan lebih dari sekadar memperingatkan mereka tentang tingkat baterai yang rendah. Program ini memungkinkan manajer armada untuk menetapkan prioritas pada mobil tertentu, seperti kendaraan yang harus terisi penuh sebelum pukul 8 malam. Perangkat lunak akan memberi tahu mereka kapan kendaraan itu tersedia, dan manajer armada akan dapat mengubah stasiun pengisian daya sesuai kebutuhan.

Berkonsentrasilah Pada Pengisian Daya Untuk Menghemat Uang dan Waktu

Dengan pelacakan teknologi Geotab tidak hanya EV tetapi juga hibrida dan mesin pembakaran, Joshua menyarankan manajer armada untuk mengevaluasi efisiensi setiap jenis sumber daya untuk armada mereka dan menganalisis biaya untuk benar-benar memahami ROI.

“Kami tahu bahwa membuat konversi ke EV tidak akan terjadi dalam semalam,” kata Joshua, “jadi kami perlu terus melihat wawasan tentang semua jenis bahan bakar sampai armada menyelesaikan seluruh transisi.”

Joshua menyarankan tidak hanya membandingkan biaya bensin dan listrik, tetapi juga memahami berbagai biaya listrik yang digunakan untuk mengisi kendaraan. Laporan Pengisian EV dari Geotab melacak kapan mobil diisi, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan berapa biaya per kWh.

“Misalnya, beberapa pengemudi mungkin mengenakan biaya di rumah pada malam hari, sementara yang lain mungkin mengenakan biaya di stasiun pengisian umum atau di depot pusat,” lanjutnya.

Pendekatan ini, menurut Joshua, sangat penting untuk memahami ROI. Biaya untuk unit energi yang sama berkisar antara £7 hingga £40, menurutnya.

“Mengetahui berapa biaya untuk mengisi sangat penting. Manajemen armada dapat memberi tahu pengemudi untuk menggunakan sumber pengisian alternatif jika mereka menggunakan sumber pengisian yang paling mahal. “Dengan Geotab, Anda mungkin memiliki visibilitas yang lengkap,” jelas Joshua.

Gamification Dapat Digunakan untuk Melibatkan Pengemudi

Sistem telematika dari Geotab tidak hanya memungkinkan manajer armada untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terpusat tentang penggunaan kendaraan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk memantau perilaku pengemudi mereka. Gear dari Geotab dapat memantau hal-hal seperti kecepatan dan pengereman yang keras. Adalah satu hal bagi manajer armada untuk memiliki akses ke data pengemudi; menggunakan data itu untuk memotivasi tim dalam meningkatkan kinerja mereka adalah hal yang berbeda.

Inilah mengapa Geotab memiliki aplikasi pihak ketiga bernama Driver Challenge di Marketplace-nya. Pengemudi dinilai berdasarkan KPI yang dipesan lebih dahulu, dan data dicatat dan dianalisis untuk memberikan wawasan kepada pengemudi dan manajer tentang apa yang perlu ditingkatkan dan siapa yang pantas dipuji.

“Operator armada dapat mengatur parameter untuk metrik game,” lanjut Joshua. “Misalnya, jika mereka ingin mencegah berbuka puasa, mereka dapat membatasi G-force maksimum yang dapat mereka capai. Jika melaju kencang, mereka menetapkan batas kecepatan yang tidak bisa mereka lewati.”

Salah satu klien Geotab, supermarket Farmdrop yang berbasis di Inggris, mampu mengurangi insiden mengemudi yang buruk sebesar 33% setelah menambahkan aplikasinya ke pengemudi, menurut Joshua.

“Ini mendorong persaingan yang sehat,” jelas Joshua. “Ketika pengemudi melihat skor lain, dia berpikir, ‘Apa yang dilakukan pengemudi itu sedangkan saya tidak?’ Mereka bersaing satu sama lain.”

Ketika berbicara tentang penggunaan EV, Joshua menunjukkan bahwa mengemudi yang lebih aman datang dengan insentif yang besar.

“Ini berjalan seiring dengan efisiensi bahan bakar jika pengemudi mengemudi lebih aman,” katanya. Dalam kasus Farmdrop, selain mengemudi yang lebih aman, gamifikasi menghasilkan pengurangan konsumsi daya sebesar 27%, yang menghasilkan laba atas investasi yang lebih tinggi.

Lihat juga: Sewa Truk Barang – Pengiriman Ekspedisi Yang Murah (2021)

ROI Sepanjang Jalan

Solusi Geotab, menurut Joshua, dirancang untuk membantu armada memahami bahwa insentif dan undang-undang pemerintah, serta tujuan keberlanjutan, bukan satu-satunya faktor yang mendorong peralihan ke kendaraan listrik. Dia ingin menginformasikan pasar tentang manfaat beralih.

“Saat ini banyak armada yang hanya mementingkan biaya awal. Tapi kita tidak bisa begitu saja memikirkan jangka pendek; kita perlu memikirkan masa depan yang panjang,” lanjutnya. “Saya percaya bahwa mengajar operator untuk mempertimbangkan total biaya kepemilikan sangat penting.”