Your browser does not support JavaScript!

Kualitas yang Dibutuhkan Pemimpin Rantai Pasokan untuk Sukses

By Pandu Saputra - September 16, 2021

Kualitas yang Dibutuhkan Pemimpin Rantai Pasokan untuk Sukses

Fungsi manajer rantai pasokan tidak pernah sepenting sekarang, berkat COVID-19. Kemampuan yang dibutuhkan pemimpin rantai pasokan untuk menegosiasikan normal baru dibahas oleh Paul Erokhin, Manajer Umum di Prological Consulting.

Ketika pandemi terus mengganggu rantai pasokan global, para pemimpin rantai pasokan memainkan peran yang lebih penting dalam pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan daripada sebelumnya.

Hanya perlu beberapa tahun untuk mengingat saat ketika rantai pasokan dipandang sebagai “pelayan” bisnis dan jarang dibahas sebagai bagian dari rencana strategi keseluruhan.

Ini sebelumnya telah menghasilkan perbedaan yang signifikan antara tujuan menyeluruh perusahaan dan tujuan atau ambisi rantai pasokannya.

Sementara peran pemimpin rantai pasokan mulai berkembang dan beberapa organisasi mendobrak hambatan ini, COVID-19 telah mempercepat proses ini, dan bisnis besar di seluruh Australia kini lebih menekankan pada rantai pasokan mereka dan peran yang dimainkannya dalam strategi bisnis secara keseluruhan.

Peran rantai pasokan telah bergeser dari reaktif menjadi proaktif, berkat penyertaan banyak pemimpin rantai pasokan dalam pertemuan C-suite. Untuk berhasil, sejumlah kemampuan baru diperlukan sebagai akibat dari perubahan ini.

Baca juga: Harga Jasa Pengiriman Barang Terbaik (Cargo Express)

Kuncinya Ada dalam Detailnya

Para pemimpin dalam rantai pasokan membutuhkan informasi di ujung jari mereka. Setiap transaksi pasti memiliki makna. Sangat penting untuk mengetahui setiap detail, yang mencakup klasifikasi dan pembagian aktivitas rantai pasokan yang tepat sehingga dapat dicatat dan KPI ditetapkan. Anda harus mengidentifikasi outlier dalam data Anda untuk menentukan apa yang perlu Anda laporkan.

Model Pengiriman Terus Berkembang

Cara kami memindahkan barang di seluruh negeri telah berubah secara drastis, dan model distribusi konvensional dari gudang ke grosir atau pengecer terus ditantang oleh munculnya e-commerce.

Banyak profesional rantai pasokan dihadapkan pada masalah signifikan dalam mentransisikan pola pengiriman ke pendekatan baru ini, karena ada banyak harapan untuk melewati model yang ada dan mengirimkan langsung ke pelanggan.

Akibatnya, pemimpin rantai pasokan harus dapat beradaptasi dan mampu tidak hanya memahami tetapi juga beradaptasi dengan permintaan konsumen yang meningkat.

Baca juga: Cara Cek Ongkir Pengiriman Cargo Tercepat

Tempat Duduk di Meja C-suite

Seorang pemimpin rantai pasokan yang kuat dapat mengidentifikasi dan menentukan tujuan perusahaan, serta mengembangkan rencana untuk mendukung tujuan tersebut. Membuat rantai pasokan Anda berjalan dengan irama yang sama dengan perusahaan lainnya akan meningkatkan profitabilitas dan membantu Anda memenuhi sasaran penjualan.

Banyak pemimpin rantai pasokan berasal dari latar belakang operasional, oleh karena itu mungkin diperlukan beberapa peningkatan keterampilan manajemen strategis. Karena rantai pasokan semakin penting dalam agenda perusahaan yang lebih luas, kapasitas untuk melibatkan, mengekstrak, dan menentukan strategi, serta mendorong debat di tingkat C-suite, menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Mendapatkan Dasar-dasar dengan Benar Sangat Penting

Kami menghabiskan banyak waktu di Prological Consulting untuk melatih klien kami tentang cara mendapatkan dasar-dasar yang benar. Memiliki data master yang akurat akan membuat perbedaan besar dalam kapasitas Anda untuk menjalankan perusahaan yang menguntungkan dan sukses. Sangat penting bagi keberhasilan untuk menangkap metrik yang berarti dari transaksi sistem dan kemudian menetapkan biaya untuk operasi tersebut.

Salah satu alat terpenting yang dibutuhkan eksekutif rantai pasokan untuk berhasil adalah mendapatkan dasar-dasar yang benar.

Baca juga: Cek Tarif Pengiriman via Cargo Darat Murah