Your browser does not support JavaScript!

JD.com Berencana Bangun Taman Industri Logistik Netral Karbon di Xi’an

By Djalu Putranto - December 10, 2021
JD Com Berencana Bangun Taman Industri Logistik Netral Karbon di Xian

JD.com membuat kemajuan dalam tujuannya membangun taman industri cerdas netral karbon pertama di China, dengan taman logistik No.1 Xi’an Asia yang diproyeksikan netral karbon pada tingkat operasional pada awal 2022.

Taman logistik JD Asia No.1 di Xi’an telah memasang 100.000 meter persegi PV surya atap dengan kapasitas 9 MW, menghasilkan total sekitar 8.500 MWh listrik dari Januari hingga Oktober 2021, setara dengan menyediakan listrik untuk sekitar 3.900 orang Cina rumah tangga selama setahun dan mengurangi emisi karbon sekitar 5.670 ton jika dibandingkan dengan membeli listrik dari pembangkit listrik lokal.

Selanjutnya, Xi’an Asia No.1 dapat memenuhi kebutuhan pemanas di beberapa wilayah dengan menggunakan penyejuk udara terdistribusi sebagai pengganti ruang ketel tradisional. Forklift dan peralatan unik lainnya, seperti 22 set konektor pengisi daya yang dapat mengisi daya 44 mobil secara bersamaan, memanfaatkan energi baru. Lampu surya akan secara bertahap menggantikan lampu jalan di taman. JD juga sedang menyelidiki solusi industri untuk taman netral karbon dengan meningkatkan efisiensi operasi dan menurunkan konsumsi energi dengan bantuan teknologi baru seperti 5G, blockchain, dan AI.

Baca juga: Pembuktian Penghematan Karbon dari Bahan Bakar Terbarukan

Pergudangan Hijau

Otomatisasi yang memungkinkan gudang berjalan tanpa penggunaan listrik.

Pada tahun 2017, JD.com mempelopori sistem PV surya yang didistribusikan di atap di lokasi No.1 Shanghai Asia, yang saat ini menghasilkan 3,11 juta kWh per tahun dan menyediakan energi untuk penerangan gudang, penyortiran otomatis, pengemasan, pengambilan, dan aktivitas lainnya. JD telah menyelesaikan pemasangan sistem PV di 12 taman logistik, dan gudang juga dapat bekerja tanpa lampu berkat teknologi otomasi dan robot. Di taman logistik JD, bantuan “operasi hitam” semacam itu menghemat rata-rata 2.283 kWh setiap menit, yang setara dengan penggunaan listrik rumah tangga biasa selama satu setengah tahun.

Menurut proyeksi, sistem PV JD akan memiliki total kapasitas produksi 100 MW pada akhir tahun 2021, cukup untuk memberi daya 50.000 rumah selama setahun. Kapasitas diharapkan mencapai 1.000 MW dalam tiga tahun, menyediakan energi hijau untuk 85 persen dari taman industri cerdas JD.

Setiap tahun, 400 juta meter pita disimpan karena kemasan hijau.

JD.com mempresentasikan konsep “Slim Tape” pada tahun 2015, yang mengurangi lebar pita pengepakan dari 53 mm menjadi 45 mm dan membantu mengurangi pita 400 juta meter pada tahun 2020 – cukup untuk mengelilingi khatulistiwa sepuluh kali. “Slim Tape” kini telah menjadi standar di industri pos China dan juga digunakan oleh perusahaan logistik eksternal.

JD.com adalah perusahaan e-niaga pertama di Tiongkok yang menggunakan karton rantai dingin yang dapat digunakan kembali untuk produk segar pada awal tahun 2015, menjadikannya perusahaan e-niaga pertama di Tiongkok yang melakukannya. Akibatnya, antara 2015 dan 2020, 180 juta karton busa sekali pakai diselamatkan dari tempat pembuangan sampah. Kemudian, Kotak Aliran Hijau yang dapat digunakan kembali diproduksi, yang dapat digunakan 50 kali dan sekarang digunakan secara luas di lebih dari 30 kota di Cina.

JD juga mendirikan Aliansi Standar Pengemasan E-commerce & Logistik China dan berkolaborasi dengan merek untuk meningkatkan kemasan asli barang e-niaga guna mencegah kerusakan selama pengiriman dan menghilangkan kebutuhan untuk pengemasan ulang. P&G, Unilever, dan perusahaan lain telah mengurangi penggunaan kotak logistik dan kertas masing-masing sebesar 150 juta lembar dan 125.000 ton, hingga saat ini.

Baca juga: JD Mempertimbangkan Membeli Saham di Properti Logistik China

Transportasi Hijau

12.000 kendaraan listrik baru akan mengurangi emisi CO2 sebesar 120.000 ton per tahun.

Selama empat tahun terakhir, JD telah memasang sekitar 12.000 kendaraan energi baru di lebih dari 50 kota di seluruh China, serta lebih dari 1.600 stasiun pengisian, mengurangi emisi CO2 hingga 120.000 ton per tahun. JD Logistics juga merupakan bisnis logistik pertama di China yang menggunakan armada mobil bertenaga hidrogen di Shanghai, Guangzhou, dan Foshan. JD juga dapat mengurangi jumlah kendaraan yang transit, meningkatkan tingkat muatan penuh truk pulang pergi, dan mengurangi waktu tunggu kendaraan dengan mengoptimalkan jaringan gudang dan rute transportasi.

JD.com bekerja untuk menciptakan model bisnis ramah lingkungan dan rendah karbon dengan memanfaatkan keterampilan intinya untuk mengurangi jejak karbon dan menjalankan rantai pasokan yang lebih bersih.

Informasi JD.com

JD.com adalah penyedia teknologi dan layanan rantai pasokan yang signifikan. Konsumen dapat membeli apa pun yang mereka inginkan, kapan pun dan di mana pun mereka menginginkannya, berkat infrastruktur ritel mutakhir perusahaan. Sebagai bagian dari penawaran Ritel sebagai Layanan, perusahaan telah membuka teknologi dan infrastrukturnya kepada mitra, merek, dan sektor lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan inovasi di berbagai industri.

Baca juga: Jasa Ekspedisi Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang: Truk Logistik