Your browser does not support JavaScript!

ILI Express Online vs Deliveree: Opsi Terbanyak {2022}

By Cat Dewinta - 15 Des, 2022

ILI Express Online

ILI Express dan Deliveree adalah dua penyedia pengiriman teratas yang dikenal dengan pilihan pengiriman yang luas. ILI Express Online menyediakan layanan multi moda (udara, darat laut) yang unggul dalam layanan kurang dari muatan truk (LTL) menggunakan pengiriman ekspres darat dan kurir. Sementara Deliveree adalah penyedia pengiriman generasi berikutnya untuk layanan angkut muatan dan truk penuh dengan armada besar dan sistem pemesanan yang fleksibel disertai pengambilan dan pengiriman di hari yang sama. Kami membandingkan layanan angkut muat ILI Express terdekat dan Deliveree yang terkenal lewat beberapa kriteria:

1. Keterjangkauan Harga
2. Memeriksa Harga Keduanya
3. Detail Setiap Layanan
4. Membuat Pemesanan
5. Fitur Pelacakan Langsung

Keterjangkauan Harga

Harga yang terjangkau untuk opsi layanan yang mereka tawarkan, sangat penting dalam menentukan penyedia ekspedisi barang yang paling cocok. Baik layanan pengiriman barang Deliveree maupun ILI Express yang terkenal memiliki penawaran harga yang kompetitif. Berikut kami tampilkan harga layanan Deliveree “Kirim Muatan” dan layanan LTL (Less Than Truckload) via angkut darat ILI Express untuk pengiriman Jakarta-Bandung (163 km) dengan berbagai berat muatan:

Harga Kirim Muatan Jakarta – Bandung (163 km)

Berat (kg)Deliveree (Rp) 👑 ETAILI Express (Rp)ETA
50151,030Same Day151,5001-2 Hari
80241,648Same Day242,4001-2 Hari
100302,060Same Day303,9001-2 Hari
200614,120Same Day606,0001-2 Hari
300857,135Same Day909,0001-2 Hari
4001,058,165Same Day1,212,0001-2 Hari

.
Kita dapat melihat di atas bahwa kedua ekspedisi sangat kompetitif pada bobot yang lebih rendah tetapi Deliveree menjadi lebih murah pada bobot yang lebih tinggi. Harga Deliveree tersebut pun juga sudah untuk pengambilan dan pengiriman di hari yang sama dibandingkan dengan pengiriman paket ILI Express Online yaitu 1-2 hari.

Memeriksa Harga Keduanya

Untuk memahami jasa ekspedisi mana yang menawarkan tarif lebih terjangkau, penting untuk mengetahui cara pengecekan harganya. Metode cek ongkir ILI Express terdekat dan Deliveree hampir sama, tetapi Deliveree menawarkan opsi saluran yang lebih nyaman terbanyak. Mari kita lihat lebih dekat:

Komparasi Pengecekan Harga Deliveree & ILI Express

Deliveree 👑ILI Express Online
CaraWebsite, app seluler (Android / Apple)WA, website, kantor agen
LangkahMasukkan lokasi jemput, tujuan, dan beratMasukkan lokasi dan berat (untuk web) atau tanya semua ke CS
Kecepatan30 detik1 menit untuk web, lebih lama untuk metode lain
Kenyamanan★★★

.
Dengan Deliveree, Anda hanya perlu mengangkat satu jari untuk mengetahui harga mereka dan apa saja yang sudah termasuk di dalamnya. Hal ini karena semua dilakukan secara online. Harga yang diberikan akan sama di seluruh metode pengecekan dan bahkan pada tahap pemesanan.

Adapun pada Indah Logistik Internasional (ILI) Express terdekat, mereka memiliki metrik penentuan harga yang didasarkan pada dua hal:

  1. Berat (berat x harga per kg)
  2. Volume (L x L x H barang dalam cm : 4000 x harga per Kg) untuk pengiriman darat dan laut
  3. Volume (P x L x T barang dalam cm : 6000 x harga per Kg)

Saat akan melakukan pengiriman, kedua cara tersebut akan dilakukan oleh petugas agen dan akan dipilih harga yang lebih tinggi. Jadi, mungkin ada beberapa perbedaan harga dari web dan yang Anda periksa dengan kantor agen terdekat.

Detail Setiap Layanan

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, kedua jasa ekspedisi tersebut terkenal memiliki pilihan terbanyak. Opsi-opsi ini mungkin terkait dengan pilihan sarana pengiriman yang luas, jenis pemuatan, area layanan, atau kisaran kapasitas dan kendaraan terbanyak. Mari kita lihat opsi apa yang disediakan kedua raksasa pengiriman penyedia layanan LTL (angkut muatan saja) ini:

Komparasi Layanan LTL Keduanya

Deliveree ILI Express Online
JemputDoor-to-Door atau Area Bongkar MuatDoor-to-Door (min. 11 kg untuk jemput) atau Kantor Agen
Waktu JemputSame DayBeragam, tergantung penjadwalan dengan kantor agen
DestinasiDoor-to-Door atau Area Bongkar MuatDoor-to-Door atau Kantor Agen
AsuransiTermasukTidak termasuk, klaim max. 10x ongkir
Metode LacakLive Map TrackingCek Resi
CS24/708:00 – 17:00

.
Selain LTL, kedua penyedia juga memiliki berbagai opsi terbanyak lain layanan ekspedisi. Berkenaan dengan Deliveree, opsi terbanyak ini terkait dengan jenis pemuatan dan kapasitas kendaraan yang tersedia untuk Anda pilih. Deliveree memiliki pilihan untuk menggunakan sebagian kapasitas kendaraan untuk barang Anda kemudian mengirimkannya bersama dengan barang pelanggan lain (Kirim Muatan) atau menggunakan seluruh kapasitas kendaraan untuk muatan Anda dengan cara apapun yang Anda inginkan (Pesan Kendaraan atau Full Truck Load). Berikut adalah rincian lebih dekat dari layanan mereka:

Layanan Deliveree

Pesan Kendaraan (FTL)Kirim Muatan (LTL)
HargaTergantung kendaraanTergantung berat muatan
KendaraanPilihan AndaDisesuikan dengan muatan Anda
KapasitasSeluruh cargoDipakai secara kolektif
KontrolSesuai keinginan AndaBerdasar berat & ukuran muatan
LayananSesuai keinginan AndaDoor-to-Door atau area bongkar-muat
JemputPaling cepat hari yang samaPaling cepat hari yang sama
RuteLangsung ke tujuanIkut rute paling efisien
PengirimanLangsungHari yang sama
ETASesuai jadwal yang ditentukanSesuai durasi pengiriman
AsuransiTermasukTermasuk
DukunganLive CS 24/7Live CS 24/7
Akun BisnisTersediaTersedia
Pelacakan LangsungTersediaTersedia

.
Pilihan terbanyak lainnya adalah jenis kendaraan dan berbagai kapasitasnya. Saat ini, armada Deliveree telah mencapai 40.000+ kendaraan dari 10 tipe berbeda yang mampu melayani pelayaran Jawa dan Sumatera. Jenis dan kapasitas kendaraan tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Mobil Ekonomi (200 kg)
2.  MPV (350kg)
3.  Van (720 kg)
4.  Pickup Kecil (800 kg)
5.  Pickup L300 (1.000 kg)
6.  Small Box (800 kg)
7.  Box L300 (1.000 kg)
8.  CDE Box / Pickup (2.200 kg)
9.  CDD Box / Pickup (4.000 kg)
10. Fuso Lite (5.000 kg)
11. Fuso (8.000 kg)
12. Tronton Box (15.000 kg)
13. Tronton Wingbox (18.000 kg)

Adapun Indah Logistik Internasional (ILI) Express memiliki jangkauan wilayah layanan pengiriman darat yang terbanyak yang meliputi sebagian besar provinsi di Indonesia (Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, dan Maluku). Tetapi jenis opsi terbanyak yang paling khas adalah berbagai macam sarana transportasi yang dapat mereka tawarkan. Mari kita lihat:

Layanan ILI Express Online

LayananDeskripsi
DaratLayanan angkut ekspress via darat ke seluruh Indonesia dengan harga terjangkau
LautLayanan angkut barang via laut dengan harga kargo laut terjangkau
UdaraLayanan kirim barang lewat udara
KurirJemput dan kirim barang dalam satu area, memprioritaskan proses lead time yang pendek
Kereta ApiLayanan kirim barang lewat kereta api
TruckingKirim barang antar kota/pulau dengan kuantitas banyak via charter truk

Membuat Pemesanan

Cara melakukan pemesanan untuk layanan kedua jasa pengiriman dengan opsi terbanyak serupa dengan cara pengecekan harganya. Dalam kategori ini pun, Deliveree memilki opsi metode yang lebih nyaman digunakan dan lebih cepat. Berikut adalah rincian proses melakukan booking dengan kedua jasa pengiriman ini:

Komparasi Proses Pemesanan Deliveree & ILI Express

Deliveree ILI Express Terdekat
MetodeAplikasi web / selulerWA, telepon, atau ke kantor agen
Proses PemesananCepat dan musah lewat aplikasiMungkin lama karena perlu konsultasi dengan agen terdekat
Langkah Pemesanan3 langkahDapat bervariasi
Waktu JemputTercepat same-dayKonsultasikan agen terdekat
Lokasi JemputDoor-to-Door atau Area Bongkar MuatDoor-to-Door (min. 11 kg untuk jemput) atau Kantor Agen
Kenyamanan★★★

Fitur Pelacakan Langsung

Kedua penyedia layanan pengiriman barang ini memiliki fitur pelacakan yang tersedia untuk pelanggan. Untuk Deliveree, fitur ini berupa Live Map Tracking dimana Anda bisa melihat posisi barang Anda secara tepat dan real time di peta. Anda dapat mengakses ini langsung dari web/aplikasi seluler mereka. Ada juga opsi untuk membagikan tautan pelacakan, sehingga siapa pun yang memiliki tautan dapat mengaksesnya langsung dari browser web mereka.

Sedangkan untuk ILI Express terdekat, fitur tracking yang tersedia lebih tradisional yaitu dalam bentuk Cek Resi. Cek Resi akan memungkinkan Anda untuk melihat status dan info terbaru barang Anda selama pengiriman. Status akan mencakup proses, lokasi, tanggal dan waktu, deskripsi, dll. Anda dapat mengakses fitur ini dengan langsung pergi ke situs web mereka kemudian memasukkan nomor resi Anda di kolom Cek Resi yang tersedia di web. Sayangnya, fitur ini tidak akan menunjukkan posisi pasti barang Anda saat pengiriman secara real time di peta.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Seberapa kompetitif harga ILI Express?

Harga ILI Express sangat kompetitif untuk muatan dengan bobot yang ringan. Hal itu ditunjukkan dengan perbandingan kami dengan harga Deliveree (penyedia terkenal lainnya) untuk pengiriman Jakarta-Bandung dengan berbagai bobot. Sedangkan untuk muatan yang lebih berat, Deliveree memimpin. Baca artikel selengkapnya untuk melihat detail perbandingannya.

Apa yang membedakan ILI Express Online dari Deliveree?

Layanan ILI Express Online tidak termasuk asuransi. Pelanggan diberikan pilihan untuk mengasuransikan barangnya sendiri atau mengajukan klaim (max 10x ongkos kirim) apabila terjadi kerusakan/kehilangan. Sementara, Deliveree telah menyertakan asuransi dalam harga dasarnya. Terdapat pula perbedaan dalam fitur pelacakan dan proses penjadwalan. Cari tahu informasi lebih lanjut di artikel kami.

Bagaimana cara menemukan ILI Express terdekat dari saya?

Untuk temukan ILI Express terdekat dari Anda, langsung saja ke menu “Cabang” di situs web mereka. Memeriksa lokasi penting karena konfirmasi harga, pemesanan, dan pengajuan klaim bergantung pada kantor agen terdekat. Meskipun umum untuk penyedia tradisional, layanan ekspedisi lain seperti Deliveree telah membuat segalanya lebih mudah dengan teknologi sehingga tidak perlu pergi ke kantor.


Artikel Terkait

  1. Meningkanya Permintaan Jadikan LTL Selektif Pilih Pengiriman
  2. Pengiriman Same-day Bukan Lagi Hal Mustahil Dalam Rantai Pasokan
  3. J&T Express Bangun Gudang Baru Demi Tingkatkan Pengiriman Internasional