Your browser does not support JavaScript!

Gaji dan Sistem Kerja Kurir JNE Cargo: Perlu Diketahui!

By Dudek Muljana - March 17, 2023

Kurir J&T bawa paket di mobil van

Gaji dan Sistem Kerja Kurir JNE Cargo: Perlu Diketahui! – Bekerja sebagai kurir di JNE Cargo atau yang juga dikenal sebagai JNE Trucking (JTR) dapat menjadi pilihan karir yang baik bagi banyak orang, khusunya driver dan pekerja kurir ekspedisi. Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami lebih jauh mengenai kisaran gaji dan sistem kerja kurir JNE Cargo. Bagi Anda yang berada di kota-kota besar, akan diberikan ilustrasi kisaran gaji untuk masing-masing kota.

Perbedaan Kurir JNE Cargo dengan Layanan JNE Lainnya

Perbedaan utama antara driver JNE Reguler dan JNE Cargo terletak pada jenis barang yang mereka kirimkan. JNE Reguler lebih fokus pada pengiriman dokumen dan paket kecil yang biasanya dikirimkan melalui layanan pengiriman kilat. Sementara itu, JNE Cargo lebih fokus pada pengiriman barang-barang besar seperti barang pindahan, barang-barang berukuran besar, dan bahan baku industri. Oleh karena itu, driver JNE Cargo biasanya menggunakan kendaraan yang lebih besar seperti truk dan pick-up untuk mengirimkan barang, sementara driver JNE Reguler menggunakan kendaraan yang lebih kecil seperti motor dan mobil. Selain itu, kualifikasi dan persyaratan untuk menjadi driver JNE Cargo mungkin lebih tinggi daripada menjadi driver JNE Reguler karena jenis barang yang diangkut lebih besar dan berat. Meskipun begitu, layaknya kurir jasa ekspedisi lainnya, Anda dituntut untuk menjadi kurir JNE amanah dan jujur.

Seberapa Kompetitif Pendapatan Menjadi Kurir JNE Cargo?

Gaji kurir JNE Cargo relatif kompetitif di industri logistik di Indonesia. Gaji kurir JNE Cargo bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, dan jenis kendaraan yang digunakan. Namun secara umum, gaji kurir JNE Cargo termasuk dalam kisaran gaji yang wajar untuk pekerjaan dengan tuntutan yang serupa.

JNE Cargo menawarkan gaji yang cukup kompetitif bagi karyawannya, termasuk para kurir. Gaji kurir JNE Cargo bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, dan jenis kendaraan yang digunakan. Berikut adalah daftar kisaran gaji kurir JNE Cargo berdasarkan beberapa kota-kota besar di Indonesia:

Tabel: Perkiraan Pendapatan Bulanan Kurir JNE Cargo Berdasarkan Kota

KotaKisaran Pendapatan per Bulan
JakartaRp 3.000.000 – Rp 4.500.000
BandungRp 3.000.000 – Rp 4.000.000
SurabayaRp 3.000.000 – Rp 4.000.000
SemarangRp 2.800.000 – Rp 3.800.000
MedanRp 2.500.000 – Rp 3.500.000
MakassarRp 2.500.000 – Rp 3.500.000
YogyakartaRp 2.500.000 – Rp 3.500.000
DenpasarRp 2.500.000 – Rp 3.500.000

Perlu diingat bahwa daftar kisaran gaji kurir JNE Cargo di atas hanya bersifat informatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Gaji yang diterima juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti jam kerja, tunjangan, dan bonus. 

Meskipun gaji kurir JNE Cargo tidak bisa dianggap sangat tinggi, namun sebagian besar karyawan JNE Cargo merasa gaji yang diterima cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan memberikan keamanan finansial. Selain itu, JNE Cargo juga menawarkan peluang karir yang baik dan fasilitas lengkap bagi karyawan, yang membuat pekerjaan sebagai kurir JNE Cargo menjadi menarik dan menguntungkan.

Selain keuntungan berupa gaji, Anda juga mendapat keuntungan lainnya yang tidak kalah menarik ketika menjadi kurir JNE Cargo atau JNE trucking sebagai salah satu layanan unggulan JNE sebagai salah satu perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia, diantaranya adalah:

  • Perusahaan logistik yang berkembang pesat dan memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia. Hal ini memberikan peluang karir yang baik bagi karyawan untuk naik jabatan dan meningkatkan keterampilan mereka.
  • Menyediakan fasilitas lengkap untuk karyawannya, seperti kendaraan operasional, perlengkapan keselamatan, dan training yang dibutuhkan. Hal ini membantu karyawan menjalankan tugas mereka dengan efektif dan efisien.
  • Memiliki budaya kerja yang baik dan memberikan perhatian yang besar terhadap kesejahteraan karyawan. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja.
  • Menjadi kurir atau driver JNE Cargo memberikan pengalaman kerja yang berharga dalam industri logistik. Karyawan dapat belajar tentang pengiriman barang dan logistik, serta mengembangkan keterampilan interpersonal mereka dalam berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja.

Sistem Operasional Pekerjaan Kurir JNE Cargo

Sebagai kurir JNE Cargo, sistem operasional pekerjaan melibatkan beberapa tahap. Dalam beberapa tahap, driver atau kurir akan dibantu oleh tim operator dan juga petugas lapangan dari JNE Cargo dalam memberikan informasi dan beberapa instruksi yang diperlukan. Simak masing-masing tahapannya di bawah ini:

  1. Pengambilan barang.
    Kurir akan memulai pekerjaannya dengan menjemput barang yang akan dikirimkan oleh pelanggan. Pengambilan barang biasanya dilakukan di lokasi yang telah disepakati sebelumnya atau di lokasi yang ditunjuk oleh pelanggan.
  2. Pemeriksaan dan pengepakan barang.
    Setelah barang diambil, kurir akan memeriksa dan memeriksa keadaan barang untuk memastikan bahwa barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Jika perlu, kurir akan membungkus atau memaketkan barang agar aman selama pengiriman.
  3. Pengiriman barang.
    Setelah barang diperiksa dan dikemas, kurir akan melakukan pengiriman barang ke tujuan yang ditentukan oleh pelanggan. Pengiriman barang bisa dilakukan melalui jalur darat atau udara, tergantung pada jarak dan lokasi tujuan.
  4. Pelaporan dan penyelesaian.
    Setelah barang dikirim, kurir akan memberikan laporan kepada pelanggan mengenai status pengiriman barang dan perkiraan waktu kedatangan. Jika terjadi masalah atau keluhan dari pelanggan, kurir JNE Trucking akan mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang cepat dan tepat.

Sistem operasional pekerjaan sebagai kurir JNE Trucking melibatkan tugas dan tanggung jawab yang penting untuk memastikan barang yang dikirimkan aman dan sampai tepat waktu ke tujuan yang ditentukan. Proses ini memerlukan kerja keras, ketelitian, dan keterampilan dalam mengemudikan kendaraan pengiriman.

Pentingnya Mempertimbangkan Gaji dan Sistem Kerja

Tim kami berharap dengan diberikannya informasi mengenai gaji dan sistem kerja JNE Cargo ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda mengambil keputusan untuk melamar pekerjaan sebagai kurir dan juga membandingkannya dengan perusahaan lain. Membandingkan gaji dan sistem kerja sebagai kurir sebelum mendaftar sangat penting karena bisa membantu calon kurir dalam mengetahui seberapa kompetitif gaji yang ditawarkan dan sistem kerja yang dijalankan oleh perusahaan kurir. Dengan membandingkan gaji dan sistem kerja yang berbeda-beda, calon kurir bisa mengetahui rata-rata gaji yang dihasilkan dalam industri kurir dan memilih perusahaan kurir yang menawarkan gaji dan tunjangan yang paling baik.

Selain itu, calon kurir juga bisa mengetahui sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan, seperti jam kerja, tanggung jawab, dan persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini bisa membantu calon kurir dalam menentukan apakah mereka sesuai dengan persyaratan dan tanggung jawab yang dibutuhkan oleh perusahaan kurir. Dengan memilih perusahaan kurir yang tepat, calon kurir dapat memastikan bahwa pekerjaan mereka aman, terjamin, dan menguntungkan secara finansial.

Dengan membandingkan gaji dan sistem kerja sebagai kurir sebelum mendaftar, calon kurir juga dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti perusahaan kurir yang kurang memperhatikan hak-hak pekerjanya atau memberikan gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Dalam industri kurir yang semakin kompetitif, banyak perusahaan kurir yang menawarkan gaji dan tunjangan yang menarik namun memerlukan kerja yang lebih berat atau bahkan mengorbankan hak-hak pekerja. Dengan membandingkan gaji dan sistem kerja yang berbeda, calon kurir dapat memastikan bahwa mereka tidak menjadi korban dari praktik-praktik buruk dalam industri kurir. Sebagai hasilnya, mereka bisa bekerja dengan tenang dan fokus pada pekerjaan mereka, tanpa khawatir akan masalah yang mungkin muncul di kemudian hari. Dalam kesimpulannya, membandingkan gaji dan sistem kerja sebagai kurir sebelum mendaftar sangat penting untuk memastikan bahwa pekerjaan sebagai kurir bisa memberikan manfaat finansial dan karir yang positif bagi calon kurir.

 

Baca juga:

  1. Ketahui Cara Menghubungi Kurir J&T Cargo Anda
  2. Barang Anda Rusak? Begini Cara Klaim J&T Cargo
  3. Pelajari Tipe Layanan J&T Cargo di Sini (Terlengkap)
  4. Ketahui 5 Fitur Aplikasi JET Cargo di Sini (Terbaru)