Your browser does not support JavaScript!

Wajib Tahu! Ini Perbedaan JNE Cargo dan JNE Reguler

Penulis Andi Saputra - Diperbarui pada June 15, 2024

Wajib Tahu! Ini Perbedaan JNE Cargo dan JNE Reguler – JNE merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman terpopuler di Indonesia, menawarkan berbagai pilihan jasa pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Dua opsi paling umum yang ditawarkan oleh JNE adalah JNE Reguler dan JNE Cargo (juga dikenal sebagai JNE Trucking). Meskipun kedua layanan dirancang untuk mengangkut paket dan barang dengan cara cek ongkir yang mudah, namun ada perbedaan yang signifikan antara keduanya dalam hal jenis barang yang diangkut, kerangka waktu pengiriman, dan biaya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas perbedaan antara JNE Regular dan JNE Cargo secara lebih detail, untuk membantu Anda menentukan pilihan layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi Anda.

Mengenal Apa Saja Layanan-layanan JNE?

Sebelum mencari tahu perbedaan JNE Regular dan JNE Cargo, mari kita mengenal layanan JNE secara umum dan juga masing-masing jenis layanan pengiriman yang ditawarkan. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) adalah penyedia jasa kurir dan pengiriman populer di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1990. Mereka adalah salah satu perusahaan kurir dan logistik terbesar di Indonesia dan dikenal dengan layanannya yang andal dan efisien.

JNE menyediakan berbagai layanan pengiriman, termasuk layanan kurir domestik dan transportasi kargo. Ini juga menawarkan berbagai layanan bernilai tambah seperti layanan penjemputan, sistem pelacakan dengan nomor resi, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah jenis-jenis layanan yang ditawarkan oleh JNE.

  • Layanan Reguler – Ini adalah opsi layanan pengiriman standar JNE, yang mengirimkan paket dalam 1 hingga 5 hari kerja, tergantung tujuan.
  • JNE OKE – Ini adalah pilihan layanan pengiriman yang lebih terjangkau yang menawarkan waktu pengiriman yang lebih lama hingga 7 hari kerja.
  • JNE YES – Ini adalah opsi layanan pengiriman ekspres JNE yang menjamin pengiriman dalam 1 hingga 2 hari kerja.
  • JNE Trucking – Ini adalah layanan transportasi kargo dan barang JNE yang dirancang untuk bisnis yang perlu memindahkan barang dalam jumlah besar.
  • Pemesanan Online JNE – Ini adalah sistem pemesanan online yang nyaman yang memungkinkan pelanggan untuk menjadwalkan layanan penjemputan dan pengiriman paket mereka tanpa meninggalkan rumah atau kantor mereka.
  • JNE Cash on Delivery – Opsi layanan ini memungkinkan pelanggan untuk membayar barang mereka pada saat pengiriman, memberikan kenyamanan tambahan bagi mereka yang memilih untuk tidak membayar secara online.
  • Layanan Jemput JNE – Pilihan layanan ini memungkinkan pelanggan untuk meminta penjemputan paket mereka dari rumah atau kantor mereka, sehingga tidak perlu mengunjungi titik layanan JNE.

Apa yang Membuat JNE Reguler berbeda dengan JNE Cargo?

JNE Regular dan JNE Trucking (juga dikenal sebagai JNE Cargo) adalah dua pilihan layanan pengiriman berbeda yang ditawarkan oleh JNE. Meskipun kedua layanan tersebut dirancang untuk mengangkut paket dan barang, keduanya berbeda dalam hal jenis barang yang diangkut, jangka waktu pengiriman, dan biaya.

JNE Reguler adalah pilihan layanan pengiriman yang dirancang untuk perorangan dan usaha kecil yang perlu mengangkut paket kecil hingga menengah. Layanan ini menawarkan pengiriman dalam 1 hingga 5 hari kerja, tergantung tujuan, dan ideal untuk paket yang perlu dikirimkan dengan cepat dan efisien. JNE Regular juga cocok untuk paket yang tidak terlalu besar atau berat, karena ada batasan ukuran dan berat untuk layanan ini.

Di sisi lain, JNE Trucking atau JNE Cargo adalah pilihan layanan pengiriman yang dirancang untuk bisnis yang perlu mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang berukuran besar. Layanan ini menawarkan layanan transportasi kargo, baik kargo darat, laut, maupun udara, untuk mengangkut barang lintas negara dan dunia. Jangka waktu pengiriman JNE Trucking lebih lama dari JNE Reguler, karena pengangkutan kargo memerlukan waktu lebih lama untuk bongkar muat, dan bea cukai. Namun, JNE Trucking menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal jenis dan ukuran barang yang dapat diangkutnya.

Dari segi biaya, JNE Trucking umumnya lebih mahal daripada JNE Reguler karena jumlah barang yang diangkut lebih banyak dan jangka waktu pengiriman yang lebih lama. Namun, JNE Trucking menawarkan skala ekonomi untuk bisnis yang perlu mengangkut barang dalam jumlah besar, menjadikannya solusi hemat biaya untuk bisnis yang membutuhkan layanan transportasi curah.

Singkatnya, JNE Regular dirancang untuk individu dan usaha kecil yang perlu mengangkut paket kecil hingga menengah dengan cepat dan efisien, sedangkan JNE Trucking dirancang untuk bisnis yang perlu mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang besar dalam jangka waktu pengiriman yang lebih lama.

Kapan Harus Memilih JNE Regular atau JNE Cargo?

Terdapat dua pertimbangan utama sebelum Anda menentukan memilih pengiriman dengan layanan JNE Reguler atau JNE Cargo. Pertama adalah pertimbagan dalam hal harga, dan kedua adalah pertimbangan berdasarkan jenis barang, tujuan, dan juga durasi pengiriman.

1. Petimbangan Perbedaan Harga

Perbedaan harga antara JNE Regular dan JNE Trucking (disebut juga JNE Cargo) dapat berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor seperti jenis pengiriman, jarak pengiriman, berat dan ukuran paket, serta moda transportasi yang digunakan untuk pengiriman.

Secara umum, JNE Regular merupakan pilihan layanan pengiriman yang lebih terjangkau dibandingkan dengan JNE Trucking, karena dirancang untuk perorangan dan usaha kecil yang perlu mengangkut paket kecil hingga menengah. Biaya JNE Reguler berdasarkan berat dan tujuan paket, dengan biaya tambahan untuk layanan bernilai tambah seperti asuransi, pembayaran tunai, dan pelacakan paket.

Di sisi lain, JNE Trucking dirancang untuk bisnis yang perlu mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang berukuran besar. Harga JNE Trucking bervariasi berdasarkan berat dan volume kargo, serta moda transportasi yang digunakan. Misalnya, transportasi kargo laut atau udara mungkin lebih mahal daripada transportasi darat.

Namun, JNE Trucking menawarkan skala ekonomis, yang menjadikannya solusi hemat biaya untuk bisnis yang perlu mengangkut barang dalam jumlah besar. Misalnya, JNE Trucking menawarkan tarif khusus untuk transportasi kargo curah, dan bisnis dapat menegosiasikan harga khusus berdasarkan kebutuhan transportasi khusus mereka.

Singkatnya, JNE Reguler umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan JNE Trucking, namun perbedaan harga dapat bervariasi berdasarkan jenis pengiriman dan layanan nilai tambah yang dibutuhkan. JNE Trucking menawarkan skala ekonomi, yang menjadikannya solusi hemat biaya untuk bisnis yang membutuhkan layanan transportasi massal.

2. Pertimbangan Tipe Barang, Tujuan, dan Durasi Pengiriman

Berdasarkan jenis barang, berat dan ukuran paket, tujuan pengiriman, dan urgensi pengiriman. Berikut adalah beberapa skenario saat Anda mungkin ingin memilih pengiriman dengan JNE Reguler atau JNE Cargo atau JTR.

Pilih JNE Reguler jika:

  • Anda perlu mengirim paket berukuran kecil hingga sedang yang tidak terlalu berat atau besar
  • Saat Anda membutuhkan paket untuk dikirim dengan cepat dan efisien dalam 1 hingga 5 hari kerja, tergantung tujuan
  • Saat Anda membutuhkan solusi hemat biaya untuk mengirim paket yang tidak memerlukan penanganan atau transportasi khusus

Pilih JNE Kargo jika:

  • Anda perlu mengirim barang dalam jumlah besar atau barang berukuran besar yang tidak dapat diangkut menggunakan JNE Reguler
  • Saat Anda perlu mengangkut barang jarak jauh, seperti lintas provinsi atau negara
  • Ketika Anda membutuhkan layanan transportasi khusus seperti transportasi kargo laut atau udara yang tidak tersedia melalui JNE Reguler
  • Saat Anda membutuhkan fleksibilitas dalam hal jenis dan ukuran barang yang dapat diangkut
  • Ketika Anda mampu menunggu lebih lama untuk pengiriman tiba, karena JNE Cargo menawarkan jangka waktu pengiriman yang lebih lama daripada JNE Reguler.

Kesimpulannya, memilih antara JNE Reguler dan JNE Cargo tergantung pada kebutuhan transportasi khusus pengiriman bisnis atau pribadi Anda. Jika Anda perlu mengangkut paket berukuran kecil hingga sedang dengan cepat dan efisien, JNE Reguler adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda perlu mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang berukuran besar dalam jarak jauh, atau memerlukan layanan transportasi khusus, JNE Cargo mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

 

Baca Juga:

  1. Ketahui Lebih Lanjut Tentang Layanan J&T Jemari Di Sini
  2. Cara Menghubungi Kurir JNE JTR Guna Mudahkan Pengiriman
  3. Pelajari Sistem Pengiriman JNE Cargo
  4. Gaji dan Sistem Kerja Kurir JNE Cargo: Perlu Diketahui!
Cek Ongkir JTR