Your browser does not support JavaScript!

FIN Logistics vs Deliveree: Manakah Jasa Lebih Lengkap?

By Cat Dewinta - 15 Des, 2022

FIN Logistics

FIN Logistics dan Deliveree masing-masing mengklaim menyediakan berbagai solusi logistik. Tetapi layanan apa yang ditawarkan masing-masing secara khusus dan bagaimana perbandingannya? PT FIN Logistics adalah perusahaan logistik yang inovatif dan komprehensif yang menyediakan trucking domestik, angkutan udara dan laut, charter transportasi khusus, custom brokerage, dan pergudangan. Sementara Deliveree adalah solusi pengiriman truk dan kargo generasi berikutnya yang berfokus pada penyediaan truk FTL yang mereka sebut “Pesan Kendaraan” serta pengiriman kargo LTL yang mereka sebut “Kirim Muatan”.

Pada artikel ini, kami akan membandingkan layanan truk FTL dari dua perusahaan ini, Deliveree dan PT Fajar Insan Nusantara (FIN Logistics) dengan kriteria sebagai berikut:

1. Daya Saing Harga
2. Mendapatkan Penawaran Harga
3. Layanan Truk + Detail Armada
4. Metode Pemesanan
5. Layanan Terdekat di Sekitar Anda

Daya Saing Harga

Layanan logistik yang lengkap dipenuhi dengan memiliki harga yang baik dan terjangkau untuk layanan yang mereka tawarkan. Baik FIN Logistics dan Deliveree menawarkan harga yang kompetitif untuk FTL (full truck load ) atau layanan truk domestik mereka. Namun, manakah yang lebih kompetitif? Melalui simulasi cek harga Deliveree dan FIN logistics untuk rute pengiriman populer yaitu Jakarta-Semarang (474 km) menggunakan truk Fuso (kapasitas 5 ton), ternyata harga Deliveree lebih murah 15%. Mari kita lihat lebih dekat setiap harga dan layanan yang ditawarkan:

Harga truk Fuso (5 ton) untuk Jakarta – Semarang (474 km)

Deliveree 🏆FIN Logistics
HargaRp 3.400.000Rp 4.000.000
SupirTermasukTermasuk
Bahan BakarTermasukTermasuk
TolTermasukTidak Termasuk
AsuransiTermasuk (hingga Rp 20 jt)Klaim max. 2x biaya ongkir (khusus kasus barang hilang)
TrackingTersediaTidak Tersedia

.
Dari data di atas, kita bisa melihat bahwa Deliveree menawarkan harga yang lebih murah dengan layanan yang lebih lengkap di dalamnya. Harga yang diberikan oleh Deliveree termasuk dalam kategori Fixed Price Route (FPR) yang merupakan sebuah paket harga untuk rute pelayaran populer. Paket tersebut sudah termasuk biaya tol, biaya parkir, asuransi hingga Rp 20 jt, dan juga fitur live map tracking. Sedangkan tarif pengiriman via darat PT FIN Logistics belum termasuk tol, bentuk asuransi yang mereka berikan adalah klaim untuk kasus barang hilang saja, dan tidak tersedia fitur tracking.

Mendapatkan Penawaran Harga

Kedua layanan logistik tersebut memiliki metode yang berbeda untuk memperoleh harga mereka. Namun, manakah yang lebih cepat dan efisien? Terkait Deliveree, metodenya sederhana dan fleksibel, sepenuhnya menggunakan teknologi untuk memaksimalkan kenyamanan. Sedangkan, untuk perusahaan jasa ekspedisi seperti PT Fajar Insan Nusantara, metodenya lebih tradisional dengan ketergantungan yang tinggi pada kapabilitas Customer Service (CS). Mari kita lihat lebih dekat:

Deliveree 🏆FIN Logistics
MetodeWeb, aplikasi web/selulerWA, telepon, atau email
Lama ResponKurang dari 1 menitTergantung CS
Tersedia24/7Senin – Jumat (08:00 – 17:00)
LangkahJelas, hanya input lokasi dan kendaraaan / berat barangTidak jelas, perlu insiatif sendiri untuk tanya CS
Transparansi⭐⭐⭐
Kenyamanan⭐⭐⭐

.
Cara Deliveree untuk mengecek harga lebih transparan, sederhana, dan lebih cepat. Untuk saluran manakah yang lebih nyaman digunakan, situs web kalkulator harga merekalah jawabannya. Kalkulator tersebut dapat Anda akses di mana saja dan kapan saja yang telah juga menunjukkan harga dan layanan dasar yang disertakan di dalamnya.

Di sisi lain, cukup rumit untuk mendapatkan harga dari FIN Logistics karena mereka tidak membuat informasinya tersedia untuk umum di web. Anda harus menghubungi mereka secara langsung melalui email atau telepon ke nomor yang tertera di situs web mereka. Jika anda penasaran manakah nomor yang perlu dihubungi, pilihlah yang sesuai dengan daerah Anda, tetapi mereka juga bisa memberi info terkait penawaran di daerah lain. Setelah Anda berhasil menghubungi mereka, mintalah nomor WhatsApp (WA) yang bisa Anda hubungi untuk mendapatkan sarana percakapan yang lebih nyaman. Ingat bahwa waktu respons sangat bergantung pada ketersediaan CS.

Layanan Truk + Detail Armada

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layanan logistik kedua perusahaan ini memiliki kesamaan dalam hal memiliki jenis layanan truk yang mapan. Meskipun keduanya melayani angkutan truk domestik, ada beberapa perbedaan mencolok antara keseluruhan layanan truk yang mereka tawarkan di mana truk Deliveree bisa berada dalam bentuk layanan LTL (less than truckload atau kirim muatan), wilayah layanan mencakup Jawa – Sumatera, armada yang lebih beragam, dan banyak lagi. Sementara itu, layanan trucking logistik PT Fajar Insan Nusantara difokuskan di wilayah Jawa dengan spesialisasi truk box type. Berikut adalah penjelasan lebih rinci terkait di manakah perbedaan kedua jasa logistik lengkap menggunakan layanan truk ini:

Deliveree 🏆PT FIN Logistics
Tipe LayananFTL (sewa satu kendaraan) dan LTL (kirim muatan saja)FTL (sewa satu kendaraan)
Area LayananJawa – SumatraJawa
Tipe ArmadaPick up, Box, dan WingboxBox dan Wingbox
ArmadaTronton Wingbox
Tronton Box
Fuso
CDD Long
CDD (Box/Bak)
CDE (Box/Bak)
Small Box
Small Pick up
Van
Mobil Ekonomi
Wingbox
Tronton
Fuso (CDD Long)
CDD
Grand Max L300
Metode Cek HargaWebsite, aplikasi web/selulerWA, telepon, atau email
Metode PesanAplikasi web/selulerWA, telepon, atau email
CS24/7Senin – Jumat (08:00 – 17:00)
Live TrackingTersedia di aplikasi web/selulerTidak tersedia

.
Pelacakan peta langsung Deliveree adalah fitur yang sangat menarik sebagai layanan logistik lengkap. Kehadiran pelacakan langsung memungkinkan lebih banyak keamanan dan perjalanan barang tepat waktu dengan menunjukkan posisi truk yang tepat di peta secara real time. Di manakah Anda dapat mengaksesnya? Jawabannya yaitu melalui aplikasi web/seluler, atau melalui tautan pelacakan yang diberikan mereka yang dapat Anda bagikan dengan siapa pun.

Metode Pemesanan

Kategori selanjutnya yang ingin kami bandingkan adalah manakah yang mempunyai proses pemesanan lebih mudah. Untuk kedua penyedia jasa logistik ini, proses pemesanannya mirip dengan cara mendapatkan penawaran harga mereka. Untuk Deliveree, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman melalui aplikasi web/seluler. Seluruh proses akan dilakukan dalam 3 langkah sederhana yang hanya memakan waktu beberapa menit yang mencakup pengecekan harga dan konfirmasi pemesanan Anda. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memesan layanan truk Deliveree:

  1. Setelah membuka web/mobile app, pilih jenis layanan (FTL atau LTL), pilih jenis kendaraan/muat, tentukan jadwal pengiriman, lalu masukkan lokasi manakah penjemputan dan pengantaran yang diinginkan.
  2. Pada langkah selanjutnya Anda dapat menambahkan layanan tambahan atau memberikan catatan kepada pengemudi.
  3. Terakhir adalah untuk mengkonfirmasi pemesanan Anda.

Deliveree mengizinkan pemesanan minimal 2-3 jam sebelum pengiriman untuk kendaraan yang lebih kecil dan 4-6 jam untuk kendaraan yang lebih besar. Dengan demikian, mereka bisa menjadi solusi pengiriman segera jika terjadi keadaan darurat.

Sedangkan untuk FIN Logistics, Anda hanya perlu menghubungi mereka secara langsung melalui telepon, email, atau WhatsApp. Temukan nomor dan alamat email di menu ‘Kontak’ di situs web mereka. Anda dapat mulai menghubungi mereka untuk memeriksa harga dan kemudian bertanya tentang PIC (person in charge) untuk pemesanan. Karena kontak pertama adalah CS, pastikan untuk mengingat waktu operasional mereka. Jangan lupa juga untuk menanyakan tentang layanan dasar manakah yang akan Anda dapatkan? dan layanan tambahan yang apa saja yang bisa Anda tambahkan? PT Fajar Insan Nusantara mengizinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan minimal 1 hari sebelum waktu pengiriman yang diminta.

Layanan Terdekat di Sekitar Anda

Baik Deliveree maupun PT Fajar Insan Nusantara memiliki caranya masing-masing untuk menjadi solusi pengiriman terdekat di sekitar Anda. Terkait Deliveree, dengan menggunakan teknologi terkini dan jaringan yang luas, mereka dapat menemukan kendaraan terdekat yang diminta di sekitar lokasi pelanggan dan mengirimkannya langsung untuk segera melakukan kebutuhan pengiriman. Dengan cara ini, mereka bisa menjadi solusi pengiriman terdekat di sekitar Anda. Tapi, jika Anda penasaran dengan di manakah kantor mereka? Buka menu ‘Kantor’ di situs beranda mereka dan di sana tercantum alamat setiap kantor yang mereka miliki. Namun perlu diingat bahwa lokasi kantor mereka tidak membatasi area layanan yang dapat mereka berikan.

Adapun PT FIN Logistics memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka berada di Jakarta, Bali, Batam, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, dan Bandung. Kantor cabang ini akan membantu Anda dalam solusi pengiriman udara dan laut, tetapi untuk truk domestik wilayah layanan hanya terbatas di Jawa.

Selebihnya Tentang Deliveree

Deliveree adalah penyedia layanan logistik generasi berikutnya yang berspesialisasi dalam layanan truk darat lengkap. Dengan lebih dari 40.000+ kendaraan di armada mereka dengan 10 jenis dan kapasitas yang berbeda, mereka dapat mengirimkan muatan besar-berat dan juga muatan kecil-ringan. Mereka menawarkan dua layanan utama:

  1. Pesan Kendaraan (FTL), di mana pelanggan dapat menyewa seluruh kendaraan dan mengisi kapasitas kargo maksimum dengan muatan mereka dengan cara apa pun yang mereka inginkan.
  2. Kirim Muatan (LTL), dimana pelanggan akan menggunakan sebagian dari kapasitas kendaraan untuk muatannya dan menggunakannya secara kolektif dengan barang pelanggan lain, untuk kemudian dikirim bersama dalam satu hari melalui rute yang paling efisien sehingga biaya pengiriman bisa lebih murah.

Sebagai jasa lengkap truk generasi berikutnya, seluruh proses pengecekan harga, pemesanan, pelacakan, dan penanganan dokumen dapat dilakukan di web atau aplikasi seluler mereka. Menggunakan layanan kendaraan langsung, mereka akan mengambil barang langsung dari lokasi Anda ke tujuan dengan segera.

Selebihnya Tentang FIN Logistics

PT Fajar Insan Nusantara (FIN) adalah penyedia layanan logistik yang mapan di Indonesia. Mereka menawarkan layanan logistik lengkap, seperti angkutan udara dan laut yang terkenal, charter transportasi khusus, custom brokerage tepercaya, transportasi domestik, serta jasa pergudangan dan distribusi yang andal. Berikut rincian layanan mereka:

LayananDeskripsi
Angkut UdaraSalah satu spesialisasi mereka, menjamin kesediaaan ruang dan destinasi untuk Anda di seluruh dunia
Angkut LautBisa konsolidasi pengiriman berbagai  LCL (kurang dari 1 kontainer) jadi FCL (1 kontainer penuh)
CharterMeliputi transportasi spesial (laut, udara, darat) untuk proyek rentan waktu, cargo berat, dan komoditas lain
Custom BrokerBantu Anda dalam seluruh custom entries dengan layanan online langsung dengan bea cukai Indonesia
Angkut DomestikTrucking darat yang siap akomodasi pengiriman satu kendaraan penuh dan reverse logistics
Gudang & DistribusiKelola pesanan, pengemasan dan alamat, siapkan tawaran spesial untuk retailer, atur pengembalian, dll

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang tidak termasuk dalam harga FIN Logistics?

Tawaran harga FIN Logistics belum termasuk tol, parkir, dan asuransi. Jika Anda ingin tahu tentang tambah layanan tambahan dan berapa biayanya, silakan tanyakan langsung kepada CS karena tidak ada info terbuka dipublikasikan. Meskipun ini umum untuk layanan truk tradisional, penyedia lain seperti Deliveree telah menyatakan harga dan biaya tambahan mereka dengan jelas di situs web mereka.

Apa yang membedakan layanan truk PT FIN Logistics dan Deliveree?

Layanan truk PT FIN Logistics fokus pada jenis truk box, dengan cakupan wilayah seluruh pulau Jawa. Jenis layanan yang ada hanya pengiriman FTL dan logistik terbalik. Deliveree punya berbagai jenis truk dengan wilayah layanan mencakup Jawa-Sumatera. Selain FTL, mereka juga melayani LTL sehingga Anda dapat mengirim barang yang lebih kecil/ringan dengan bijak.

Bagaimana cara cepat dapat tawaran harga PT Fajar Insan Nusantara?

Cara tercepat adalah menelepon CS PT Fajar Insan Nusantara. Tapi terkadang saluran telepon mereka sibuk. Cobalah kirim email ke berbagai alamat email yang mereka punya. Metode periksa harga seperti ini umum untuk penyedia truk tradisional, tetapi penyedia lain yang lebih berbasis teknologi seperti Deliveree memiliki cara yang lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan harga melalui web/aplikasi.


Artikel Terkait

  1. Logisly Bercita-cita jadi Jasa Angkut Terbesar di Indonesia
  2. Pickupp: Jasa Pengiriman On-demand Musim Liburan di Asia
  3. Penyedia Jasa Transportas Berhasil Tingkatan Volume Pengiriman