Your browser does not support JavaScript!

Envio Logistics Indonesia vs Deliveree: Cinta Digital ’22

By Steven Widjojo - 15 Mei, 2022

Envio Logistics Indonesia

Envio Logistics dan Deliveree adalah penyedia logistik digital. Logistik digital merupakan kombinasi dari teknologi generasi terbaru dengan layanan jasa logistik terdahulu yang menghasilkan layanan pengiriman truk dan kargo yang lebih cepat, lebih murah, dan berkualitas tinggi yang dikemas penuh dengan fitur-fitur yang tidak tersedia di penyedia dunia logistik yang lama. Misalnya, Deliveree memiliki manfaat gratis seperti pemuatan cerdas dan perencanaan rute, pelacakan peta langsung, akses ke tanda tangan digital secara real-time, foto, dan dokumen saat diunggah oleh pengemudi Anda, dukungan CS 24/7, serta asuransi kargo gratis. Sebagai perbandingan, Envio Logistics Indonesia (juga dikenal sebagai Envio Digital Logistics)menawarkan sistem manajemen transportasi yang baik, sistem pelacakan terpadu, e-POD, dan e-faktur di situs webnya.

Dalam ulasan cinta logistik digital ini, kami akan membandingkan Deliveree dan Envio Logistik berdasarkan beberapa kriteria termasuk harga dan layanan yang mereka tawarkan.

Penawaran Harga

Mari kita mulai dengan perbandingan harga untuk salah satu rute terpopuler di kalangan pembaca kami, Jakarta ke Bandung. Data penawaran harga di bawah ini diambil langsung dari situs web kedua perusahaan tersebut pada saat artikel ini pertama kali diterbitkan. Namun, harga dapat berubah sewaktu-waktu sehingga kami selalu merekomendasikan Anda untuk untuk memeriksa situs web Deliveree dan menghubungi CS dari jasa sewa truk barang Envio Logistics Indoneisa untuk mendapatkan informasi terbaru.

Untuk Deliveree, kami menggunakan layanan truk satu kendaraan mereka dan ketika kami memeriksa rute pengiriman Jakarta ke Bandung, situs web mereka memberi kami sesuatu yang mereka sebut Rute Harga Tetap yang merupakan harga paket lengkap termasuk beberapa manfaat gratis yang nyaman yang akan kami jelaskan di bawah ini . Untuk logistic company pengiriman barang Envio Logitics, kami mengambil harga standar mereka yang disediakan oleh PIC dari perusahaan tersebut.

Harga Layanan FTL: Jakarta ke Bandung

ArmadaDelivereeEnvio Logistics
Perbedaan Harga
Tronton2,9 jt4,3 jt32%
Fuso2,3 jt2,9 jt23%
Double Engkel1,4 jt1,5 jt10%
Engkel1,1 jt1,3 jt11%

.
Tabel di atas menunjukkan bagaimana harga Deliveree lebih rendah dari Envio Logistics untuk layanan truk mereka dengan perbedaan harga antara 10% hingga 32%. Selain itu, yang lebih menarik adalah, Deliveree memberikan promosi khusus yang disebut Rute Harga Tetap (RHT) untuk beberapa rute kota besar di pulau Jawa yang meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya (Gerbangkertosusila), Semarang (Kedungsepur), Yogyakarta, Malang, dan Sukabumi. Rute Harga Tetap (RHT) ini merupakan promosi permanen yang meliputi berbagai layanan, pengemudi, BBM, tol dan parkir, bongkar muat, gratis waktu tunggu, dan gratis pengembalian dokumen menggunakan layanan pos kilat seperti JNE. Untuk area lain yang tidak tercantum dalam RHT, Deliveree tetap menawarkan paket layanan inklusif, antara lain pengemudi, bahan bakar, dukungan CS 24/7, asuransi gratis, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, harga dari jasa pengiriman barang terbaik seperti Envio Digital Logistics sudah termasuk beberapa manfaat inklusif standar yang mencakup pengemudi dan bahan bakar. Namun, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 0,08% untuk asuransi ditambah dengan Rp 35.000 untuk administrasi dan 1% biaya tambahan untuk pajak yang berlaku. Selain itu, layanan bongkar muat dan tol dan parkir tidak termasuk dalam harga. Lihat daftar lengkap manfaat inklusif dari kedua penyedia jasa logistik digital di bawah ini:

Layanan Inklusif yang Termasuk

DelivereeEnvio Logistics Indonesia
PengemudiPengemudi
BBMBBM
Fitur pelacakan langsung di aplikasi Nomor pelacakan dan pelacakan di map pada sistem TMS
Dukungan CS: 24/7Chat Dukungan CS: 9 pagi – 9 malam (Senin-Jum’at)
BAsuransi kargo gratis dari AXAAsuransi dengan biaya tambahan (0,08% dari nilai barang + biaya administrasi Rp 35,000) 
Pajak termasukPajak dengan tambahan biaya (1% dari harga pengiriman)
Tol dan parkirTol dan parkir tidak termasuk

Layanan Utama

Kedua perusahaan logistik digital Deliveree dan jasa antar barang online Envio Logistik telah dikenal sebagai penyedia jasa trucking yang juga memberikan layanan pengiriman kargo bagi para pegiat industri dan bisnis dari berbagagai ukuran dan juga perorangan. Namun, layanan  yang mereka berikan mungkin dapat berbeda di beberapa aspek. Oleh sebab itu, kami mencoba memberikan informasi yang lebih banyak terkait dengan layanan yang disediakan oleh kedua jasa logistik digitial dibawah ini:

Deliveree

Deliveree merupakan salah satu penyedia jasa ekspedisi logistik digital yang ada di Indonesia. Meskipun tergolong sebagai perusahaan baru, Deliveree mampu memenuhi tingginya kebutuhan pengiriman logistik dengan dukungan 40 ribu pengemudi dan vendor truk pada paltform mereka. Selain itu, harga yang mereka tawarkan sangatlah bersaing dan dapat dikatakan sebagai yang termurah untuk pengiriman barang dengan berbagai ukuran di pasar logistik Indonesia. Saat ini Deliveree memiliki 2 layanan utama yang mereka sebut sebagai layanan Satu Kendaraan (FTL) dan Muat Sebagian (LTL). Dapatkan informasi lebih lengkap terkait dengan layanan tersebut pada penjelasan di bawah ini:

1.  Layanan Satu Kendaraan

Layanan Satu Kendaraan dari Deliveree dapat memungkinkan pelanggan untuk memesan armada dari berbagai pilihan armada besar Deliveree hanya untuk kebutuhan pengiriman barang dan kargo Anda. Keuntungan utama dengan menggunakan layanan ini adalah kontrol penuh atas rencana perutean Anda ke beberapa lokasi pengantaran dan pengiriman lebih cepat karena barang Anda dapat diambil pada hari yang sama saat Anda memesan. Selain itu, Anda dapat mengisi kendaraan hingga kapasitas maksimal yang telah ditentukan dan tertera saat Anda memesan.

2. Layanan Muat Sebagian

Layanan Muat Sebagian dari Deliveree dapat memungkinkan para pelanggan untuk mengirim kargo dan barang dalam ukuran apa pun tanpa harus membayar seluruh kapasitas armada. Sebaliknya, Anda hanya perlu membayar kapasitas kargo yang terisi oleh barang Anda. Oleh karena itu, layanan ini dapat mengurangi biaya pengiriman dan menghemat lebih banyak uang . Namun, Anda tidak memiliki kendali atas pilihan armada karena sistem canggih dari Deliveree akan secara otomatis menentukan jenis armada berdasarkan berat kargo, dimensi, dan rute Anda. Layanan ini paling cocok untuk pelanggan yang dapat menerima waktu pengiriman sedikit lebih lama daripada layanan Satu Kendaraan karena pengemudi akan berhenti untuk mengirimkan barang dan kargo pelanggan lain juga.

Envio Logistics

Envio Logistics dikenal sebagai penyedia truk berfokus pada logitik digital yang menawarkan pengiriman barang dan kargo dengan layanan yang mereka sediakan. Perusahaan ini lebih fokus melayani pelanggan korporat untuk mengirim barang dan kargo mereka menggunakan pilihan armada yang sangat banyak. Semua layanan Envio Logistics Indonesia dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

1. Layanan Trucking

Layanan ini merupakan salah satu jasa yang ditawarkan oleh Envio Logistik dengan menggunakan moda transportasi darat yang dapat memaksimalkan waktu tempuh lebih cepat dibanding layanan via laut dengan harga yang lebih kompetitif dari layanan via udara.

2. Layanan Cargo

Layanan Cargo yang ditawarkan oleh Envio Digital Logistics merupakan pengiriman cargo terkonsolidasi ideal untuk kebutuhan Less than Truck / Container Load (LTL / LCL) pengiriman berbasis berat atau kubikasi ke berbagai daerah di Indonesia melalui darat, laut & udara. Layanan ini sangat ideal bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan ruang kosong untuk pengiriman dengan tarif yang sangat ekonomis serta kompetitif. Envio Logistik memastikan pengiriman darat yang aman dan tepat waktu ke titik tujuan di seluruh Indonesia.

3. Layanan Pergudangan

Envio Logistics Indonesia juga menawarkan jasa pengelolaan gudang dan penyediaan barang yang di dukung oleh warehouse management system Envio Digital Logistics untuk pemantauan stock inventory secara real-time. Layanan ini merupakan layanan terpadu bagi pembisnis untuk penyimpanan barang, pengemasan, hingga siap untuk di pick-up oleh kurir. Dimana semua aktifitas di padu dalam 1 sistem yang dapat memudahkan pelanggan dalam transaksi bisnisnya.

Apa Saja Layanan Tambahan yang Tersedia?

Baik Deliveree maupun Envio Logistics Indonesia menyediakan opsi layanan extra dengan biaya tambahan yang sangat terjangkau. Namun, Deliveree tampaknya memberikan opsi layanan ekstra daripada Envio Logistik seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.

Layanan Tambahan

DelivereeEnvio Logistik
Asuransi Tambahan
Bantuan Tambahan
Pengembalian Dokumen
Alat Keselamatan Pengemudi
Staf Pengemudi
Tol dan Parkir
TKBM
Tes Rapid Pengemudi
Ferry
Sewa Peralatan
Pengemasan

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Seberapa kompetitif harga Envio Logistics Indonesia?

Envio Logistics Indonesia umumnya memiliki harga yang kompetitif tetapi bukan yang terendah di pasar logistics saat ini. Misalnya, harga Tronton mereka dari Jakarta ke Bandung Rp 4,3 juta dibandingkan dengan Deliveree yang dikenakan biaya Rp 2,94 juta. Selalu bandingkan harga dari setiap penyedia jasa untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik. Pelajari lebih lanjut di artikel kami.

Bagaimana cara menggunakan digital tracking Envio Logistics vs Deliveree?

Envio Logistics memiliki situs web yang berguna di mana Anda dapat memasukkan nomor pelacakan Anda untuk mendapatkan pembaruan status pada pemesanan Anda dan pelacakan peta di TMS-nya. Sementara itu, ini tidak sama dengan pelacakan peta waktu nyata yang disediakan Deliveree di aplikasi seluler dan situs webnya yang dapat dibagikan dengan pelanggan Anda.

Apakah Anda mendapat asuransi gratis saat memesan Envio Digital Logistics?

Harga standar Envio Digital Logistics tidak termasuk asuransi. Asuransi tersedia dengan biaya tambahan sekitar 0,08% dari nilai barang Anda ditambah biaya administrasi sebesar Rp 35.000. Sebagai perbandingan, Deliveree memberikan asuransi kargo gratis hingga Rp 1 miliar oleh Axa Indonesia pada setiap pemesanan saat Anda melakukan upgrade ke Akun Bisnis gratis. Pelajari lebih lanjut dengan mengunjungi situs web mereka.

Seberapa besar armada perusahaan digital Envio Logistik vs Deliveree?

Berdasarkan website mereka, Envio Logistik memiliki sekitar 2387 truk di jaringan mereka, meliputi Van, Pickup, CDE, CDD, Fuso, dan Tronton. Sementara itu, Deliveree mengiklankan bahwa mereka memiliki 40.000 truk dan kendaraan di platform populernya, termasuk Tronton, Fuso, CDD Long, CDD, CDE, dan kendaraan yang lebih kecil seperti van dan MPV.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Mack Mulai Produksi Seri Truk Listrik Pertama di Industri
  2. DHL Tambah 60 Truk Canggih
  3. Keadaan Logistik Saat Ini: Muatan truk