Your browser does not support JavaScript!

Ekspansi Kargo Tech Ke Area Layanan Lebih Luas

By Cat Dewinta - May 01, 2022

ekspansi-kargo-tech-ke-area-layanan-lebih-luas-og

Bisnis harus dapat memperluas area layanan mereka dengan cepat dan mudah agar tetap kompetitif. Salah satu penyedia jasa pengiriman Indonesia yang menyadari hal ini adalah Kargo Technologies atau Kargo Tech. Perusahaan marketplace logistik yang dibangun atas penyatuan teknologi digital dan jaringan trucking ini bermaksud melakukan perluasan area operasionalnya di luar Jawa pada tahun 2022.

Jika Anda tertarik untuk lebih dalam memahami daya saing dan layanan Kargo Tech, terutama di pasar logistik Indonesia, baca artikel perbandingan kami berikut: Kargo Tech vs Deliveree: Adu Platform Trucking Top 2022

Alasan untuk Melakukan Ekspansi

Alasan untuk melakukan ekspansi adalah untuk dapat mencakup seluruh Indonesia agar dapat mengirimkan barang ke berbagai tujuan yang lebih luas. Menurut Direktur Enterprise Fulfillment Kargo Technologies, Puput Prihadi, Kargo Tech memberikan jawaban atas masalah yang dihadapi industri logistik dalam proses supply chain dengan cara menggabungkan solusi komprehensif bersama dengan data terkini dan kemajuan teknologi.  Shippers (panggilan Kargo Tech untuk pengguna / pelanggan mereka) dapat mempercayakan Kargo Tech untuk mendistribusikan produk mereka dalam skala nasional sebagai hasil dari ekspansi ini.

Mengapa Transportasi Laut Merupakan Komponen Penting dalam Ekspansi?

Transportasi laut merupakan komponen penting dalam ekspansi ke luar Jawa karena merupakan bentuk transportasi logistik terbesar kedua di Indonesia, setelah transportasi darat. Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki 16.771 pulau, lima di antaranya termasuk pulau besar. Selain itu, sebagian besar kegiatan ekspor dan impor dilakukan melalui transportasi laut.

Kargo Tech menyebutkan bahwa pelanggan mereka yang terletak di mid-mile dengan jumlah angkutan laut yang signifikan, merupakan faktor dorongan besar dalam rencana ini untuk memperluas layanan ke pulau-pulau lain. Selain itu, Kargo Technologies melihat peluang signifikan dalam layanan door-to-door itu sendiri sebagai bagian dari layanan fast first mile mereka di luar Jawa. “Kami melihat kebutuhan yang ada, dan kami ingin dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perkembangan transportasi logistik di tanah air,” kata Puput. Perluasan ini dilakukan karena melihat kebutuhan yang ada.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2021, hasil dari upaya Kargo Tech untuk ekspansi terlihat pada kemampuan perusahaan dalam melayani pengiriman sebagai Third Party Logistics provider (3PL) atau sebagai perusahaan logistik yang membantu perusahaan manufaktur dan perusahaan logistik lainnya dalam kinerja kegiatan manajemen rantai pasok. Proyek percontohan ini berhasil, dan sebagai hasilnya, cakupannya akhirnya diperluas ke titik di mana upaya perluasan diperlukan untuk membantu pelanggan. Temukan informasi lainnya mengenai Kargo Tech melalui Pendanaan Terbaru Kargo Tech Datang dari Teleport serta Kargo Tech Rencanakan Solusi Logistik Lebih Lengkap dengan Investasi Teleport.

Puput juga menyebutkan bahwa banyak dari pelanggan mereka memiliki permintaan truk traktor-trailer yang dapat melakukan perjalanan dari gudang ke pelabuhan dan kembali lagi. Seiring berjalannya waktu, Kargo menyadari tekanan untuk memahami prosedur kepabeanan, pengiriman angkutan laut, drayage, dan topik terkait lainnya. Hal ini, menurut mereka, mendorong Kargo Tech untuk membangun ekosistem solusi yang lebih luas, sehingga menurut mereka penting untuk melakukan upaya ekspansi ke luar Jawa dengan berkonsentrasi di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Keuntungan Ekspansi

Ekspansi yang dilakukan Kargo Tech memberikan manfaat tambahan, seperti kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dan pengemudi. Kargo Tech menyediakan ruang peti kemas yang lebih baik, jadwal angkut kapal yang lebih jelas, dan layanan yang komprehensif untuk para pelangaan seperti gudang asal hingga gudang tujuan yang mungkin terletak di pulau yang berbeda. Cakupan rute Kargo Tech juga menjadi lebih luas, dan perusahaan mampu memberikan dukungan terhadap rute-rute utama yang dilalui oleh pelanggan. Selain itu, Kargo Tech dapat diandalkan dalam melacak pengiriman berdasarkan tujuan akhir serta mengawasi operasi lapangan melalui penggunaan koordinator lapangan yang terorganisir dengan baik.

Sementara itu, keuntungan dari ekspansi ini untuk para mitra pengemudi antara lain, pengiriman pesanan yang terjamin dalam hal volume, yang diterjemahkan ke dalam insiden pembatalan pesanan yang lebih rendah. Selain itu, Kargo Tech melakukan modifikasi skema kontrak sesuai dengan kapasitas dan karakteristik paravendor atau mitra pengemudi. Hal ini adalah pembayaran yang lebih cepat setelah proses pembongkaran, serta penyediaan dashboard pemantauan yang telah ditingkatkan dan disediakan oleh sistem Kargo Tech yaitu Nexus For Transporter (NFT). Dengan begitu, kegiatan yang melibatkan pengemudi akan berjalan lebih lancar dan bebas dari kesalahan.