Your browser does not support JavaScript!

Kargo Tech vs Deliveree: Adu Platform Trucking Top 2022

By Cat Dewinta - 15 Sep, 2022

kargo tech

Kargo Tech dan Deliveree telah membangun reputasi yang kuat sebagai platform untuk jasa kargo dan trucking top di Indonesia. Kami adalah tim editorial pertama yang menulis perbandingan jujur dan terperinci tentang bagaimana Kargo Technologies dapat bersaing dengan Deliveree menggunakan kriteria layanan utama yang paling penting bagi pembaca logistik kami:

1. Daya saing harga
2. Layanan
3. Armada
4. Area Layanan
5. Proses pemesanan
6. Customer Support (CS)
7. Layanan pengemudi
8. Aplikasi

Pemenang Utama: Deliveree

Dalam perbandingan kami yang jujur dan mendetail tentang para pemain platform trucking top ini, Deliveree mencetak 22 poin sementara Kargo Tech mencetak 16 poin. Deliveree mengungguli dengan harga rendah, layanan yang baik, pilihan armada beragam, pengalaman pesan yang cepat dan mudah, respon CS yang cepat, live tracking yang baik, layanan pengemudi profesional, serta aplikasi yang sangat menonjol dibandingkan dengan yang lain di luar sana. Di sisi lain, Kargo Technologies juga memiliki beragam pilihan armada lengkap, sejumlah pilihan layanan yang tersedia, dan area layanan yang mencakup wilayah nasional.

Deliveree 🎖️Kargo Tech
Daya Saing Harga★★★★★
Layanan★★★★★
Armada★★★★★★
Area Layanan★★★
Proses Pemesanan★★★
Customer Support (CS)★★★★★
Layanan Pengemudi★★★★★
Aplikasi★★★
Total poin2216

Tentang Perbandingan Kami

Saat kami melakukan review dan adu perbandingan, kami bekerjasama dengan klien manufaktur kami yang memiliki kebutuhan truk sebagai berikut dari pabrik mereka di Grogol Petamburan, Jakarta Barat ke salah satu titik distribusi di Baleendah, Bandung.

TrukDouble Engkel Box (CDD)
LayananFTL
Titik PenjemputanGrogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia
Titik TujuanBaleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Jarak165 km
Detail MuatanKotak barang FMCG siap jual, 13 meter kubik

Harga yang Bersaing (Pemenang: Deliveree)

Pertama dan paling penting adalah adu harga dan layanan yang Anda dapatkan. Menggunakan kebutuhan trucking klien kami di atas, penawaran harga Deliveree jauh lebih murah sebesar 26,3%. Keduanya menawarkan paket layanan komprehensif yang mencakup pengemudi, bahan bakar, layanan bongkar muat, dan asuransi kargo. Namun, asuransi jasa ekspedisi Kargo Tech sebesar Rp 20.000.000 sedikit lebih tinggi dari pertanggungan Deliveree yang sebesar Rp 17.000.000. Akan tetapi, Deliveree juga menawarkan opsi untuk membayar hanya seharga Rp 50.000 asuransi tambahan untuk pertanggungan hingga Rp 200.000.000 yang disediakan oleh mitra asuransi mereka, Tokio Marine.

Deliveree 🎖️Kargo Tech
Rp 1.400.000Rp 1.900.000
PengemudiPengemudi
Bahan bakarBahan bakar
Bongkar-MuatBongkar-Muat
Asuransi hingga Rp 17.000.000Asuransi hingga Rp 20.000.000 (tidak termasuk pembayaran langsung ke vendor)
Door-to-DoorDoor-to-Door
Alat bongkar muat (troli, terpal, & tali)Alat bongkar muat (troli, terpal, & tali)

Layanan (Pemenang: Deliveree)

Selanjutnya dalam daftar kami adalah adu layanan ekstra yang bisa Anda dapatkan dari masing-masing penyedia trucking top ini ketika memesan layanan mereka. Deliveree memilki daftar pilihan yang lebih panjang termasuk di dalamnya adalah seluruh opsi standar plus pilihan khusus seperti tes rapid test pengemudi dan alat keselamatan. Sedangkan, jasa ekspedisi Kargo Technologies berfokus utamanya pada pilihan standar yang kebanyakan bisnis harapkan dari penyedia trucking.

Deliveree 🎖️Kargo Technologies
FreeFree
Live Map TrackingCek Resi & Geofencing
Staf pelangganE-POD
BayarBayar
Alat keselamatan pengemudiTKBM
Asuransi tambahanBiaya tol dan parkir
Bantuan tambahanFeri
Kirim POD
TKBM
Biaya tol dan parkir
Feri
Sewa peralatan
Rapid test pengemudi

.
Mungkin yang paling penting dalam daftar ini adalah pelacakan langsung. Deliveree menyediakan live map tracking untuk truknya secara gratis. Anda dapat mengakses ini dari aplikasi mereka tetapi Anda juga mendapatkan tautan gratis yang dapat Anda gunakan untuk dikirimkan lewat Whatsapp kepada siapa pun dan mereka dapat melacak truk dari browser web mereka juga tanpa harus menginstal aplikasi apa pun atau masuk ke situs web apa pun. Ini adalah fitur sederhana namun sangat nyaman yang kami hargai saat kami menggunakan Deliveree.

Di sisi lain, Kargo Technologies menangani pelacakan dengan sangat berbeda. Pada saat kami melakukan pemesanan percobaan ini pada bulan Maret 2022, mereka tidak memiliki aplikasi pengiriman Kargo Technologies untuk pelanggan yang berfungsi (aplikasi mengatakan aplikasi tidak dapat digunakan dan dalam perbaikan). Sehingga, kami diarahkan ke situs web mereka di mana kami dapat menggunakan formulir “cek resi” mereka untuk mendapatkan status kiriman kami. Statusnya tingkat tinggi seperti dalam perjalanan, mencapai tujuan akhir, terkirim, dll.

Armada (Hasil: Seri)

Deliveree dan Kargo Technologies memiliki pilihan armada yang luas mulai dari van kargo 700 kg hingga truk Tronton 18 ton. Satu-satunya perbedaan yang mencolok adalah pilihan tambahan mobil kota kecil dan MPV dari Deliveree. Namun, ukuran armada yang dilaporkan dari kedua platform ini sedikit lebih bervariasi dengan Deliveree melaporkan 40.000 truk dalam armadanya dibandingkan dengan Kargo Technologies yang mengklaim hanya 6.000. Namun, angka-angka ini mungkin sulit untuk diverifikasi dan di adu sehingga kami mempertimbangkan kategori ini sebagai seri yang adil antara kedua perusahaan.

Deliveree 🎖️Kargo Tech🎖️
Mobil Ekonomi
Van
Pick up
Mobil Box
CDE
CDD
Fuso
Tronton
Total armada40.000+6.000+

Area Layanan (Pemenang: Kargo Tech)

Kriteria selanjutnya yang akan kami adu dan bandingkan adalah wilayah layanan yang dicakup oleh kedua platform trucking top ini. Dalam kategori ini, jasa ekspedisi Kargo Technologies lebih unggul dengan cakupan yang lebih luas yang telah termasuk seluruh Jawa, Bali, dan Sumatra. Di sisi lain, Deliveree berfokus pada wilayah Jawa dan Sumatra saja.

DelivereeKargo Technologies 🎖️
Seluruh Jawa, SumatraSeluruh Jawa, Bali, dan Sumatra

Proses Pemesanan (Pemenang: Deliveree)

Dalam adu kategori ini, kedua penyedia jasa trucking telah mengembangkan dengan baik, meskipun sangat berbeda, cara untuk mendapatkan penawaran harga dan mengkonfirmasi pesanan. Metode Deliveree didasarkan pada teknologi menggunakan aplikasi seluler, aplikasi web, serta situs web kalkulator harga yang menawarkan penawaran cepat dan pengalaman pemesanan yang serupa. Sedangkan, Kargo Technologies meminta pelanggan untuk menghubungi mereka melalui WhatsApp dan mengatur pesanan secara manual.

Deliveree 🎖️Kargo Technologies
via Web atau Aplikasivia WA
Minimum pesan 2 jam sebelumnyaMinimum pesan 3 jam sebelumnya
Mengisi info pengiriman lewat appBeri info pengiriman pada CS lewat WA
Penawaran harga 1 menitPenawaran harga 5 menit
Konfirmasi sendiri di appKonfirmasi dengan CS via WA
Bayar via tunai, transfer Bank, kartu kreditBayar via transfer Bank atau tunai ke vendor
Post-pay invoice bulanan tersedia dengan TOP 14 hariPost-pay invoice tersedia dengan TOP 3, 7, dan 14 hari

Customer Support (Pemenang: Deliveree)

Kami sangat menyukai layanan CS yang kami terima dari kedua perusahaan. Deliveree memiliki lebih banyak cara untuk menghubungi CS mereka termasuk WhatsApp, mengobrol di aplikasi, email, atau telepon, sementara Kargo Technologies hanya menawarkan WhatsApp. Meskipun kedua layanan CS ramah, terinformasi dengan baik, dan responsif, waktu respons Deliveree sedikit lebih cepat dan CS mereka buka 24 jam sehari untuk setiap hari dalam seminggu termasuk Sabtu dan Minggu. Sebagai perbandingan, CS Kargo Technologies buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

Deliveree 🎖️Kargo Tech
MetodeWA, chat app, email, teleponWA
Waktu Operasional24/708:00 – 21:00
Waktu ResponKurang dari 1 menit1 – 3 menit
ResponRamah dan informatifRamah dan informatif

Layanan Pengemudi (Pemenang: Deliveree)

Dalam adu kategori ini, pengemudi untuk kedua platform trucking top profesional, ramah, dan membantu. Pengemudi Deliveree sedikit lebih menonjol karena seragam profesional dan lencana ID besar di lehernya sementara pengemudi Kargo Technologies mengenakan pakaian biasa. Menghubungi pengemudi mudah dengan panggilan telepon dan pesan Whatapp. Kami juga menyukai aplikasi Deliveree yang memungkinkan kami mengobrol dengan pengemudi atau CS mereka dalam satu layar akses mudah.

Deliveree 🎖️Kargo Tech
SeragamBaju berlogoBaju kasual
PakaianCelana panjang, sepatuCelana panjang
IDID card resmi DelivereeTidak ada
KontakTelepon, chat, WA tersediaTelepon, WA tersedia
InterpersonalRamah, membantuRamah, membantu

Adu Kinerja Aplikasi (Pemenang: Deliveree)

Deliveree memiliki aplikasi seluler yang sangat populer dan banyak diunduh yang tersedia di Google Play dan Apple Apps Store dengan lebih dari 1 juta pengguna. Mereka juga memiliki aplikasi web yang populer di kalangan bisnis yang dapat diakses di situs web mereka dari laptop atau PC apa pun. Kami menggunakan aplikasi seluler Android mereka untuk pemesanan kami dan menyukai pengalaman itu. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan, cepat, dan intuitif. Terdapat pula banyak opsi dan tambahan yang kami senang temui. Menggunakan aplikasi mereka adalah salah satu bagian favorit kami dari pemesanan dengan Deliveree.

Sebaliknya, aplikasi Kargo Tech sedang tidak berfungsi untuk pelanggan pada saat kami memesan dengan mereka. Kami melakukan semuanya melalui Whatsapp. Kami berharap mereka dapat segera memperbaiki dan meluncurkan kembali aplikasi mereka sehingga kami dapat kembali untuk mencobanya.

Deliveree 🎖️Kargo Tech
KetersediaanAndroid, Apple, WebAndroid
StatusTersediaSedang dalam perbaikan
Jumlah Unduhan1,000,000+5,500+
Kemudahan Penggunaan Sedang dalam perbaikan
Kecepatan & KinerjaSedang dalam perbaikan
Langkah Pemesanan3Manual via WA

Profil Kedua Perusahaan

Deliveree
Deliveree adalah platform layanan trucking dan kargo top yang menggunakan layanan kendaraan langsung untuk mengambil pesanan langsung dari bisinis Anda, gudang, atau fasilitas apapun ke lokasi manapun di seluruh Jawa. Dengan platform mereka yang memanfaatkan teknologi generasi berikutnya, Anda dapat memesan secara fleksibel dan lebih cepat, juga mengelola dan bahkan memantau pengiriman Anda. Deliveree memiliki dua jenis layanan utama yang ditawarkan:

  1. Satu Kendaraan Penuh (Full Truck Load  atau FTL) yang memungkinkan Anda untuk menyewa seluruh kendaraan dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Muat Sebagian (Less Than Truck Load atau LTL) yang menggabungkan barang Anda dengan pelanggan lain menjadi satu kendaraan untuk meminimalkan biaya pengiriman, dan kemudian mengirimkannya bersama-sama dalam satu hari melalui rute yang paling optimal dan efisien.

Kargo Tech
Kargo Technologies adalah platform trucking 3pl top yang menghubungkan masyarakat yang membutuhkan jasa pengiriman dengan penyedia jasa pengiriman (vendor) yang mumpuni. Dengan memanfaatkan teknologi, mereka bertujuan untuk menjadi solusi pengiriman yang lebih murah, lebih mudah, dan lebih cepat dengan transparansi dan keamanan yang lebih baik. Dengan berbagai jenis kendaraan, mereka mampu melayani pengiriman antar kota dan antar pulau.

Ulasan dan perbandingan asli ini diteliti, diuji, dan ditulis pada Maret 2022 menggunakan informasi yang tersedia pada saat itu dari pengalaman masing-masing perusahaan, pengalaman klien kami, serta sumber informasi seperti situs web masing-masing perusahaan, pusat layanan pelanggan, dan aplikasinya. Untuk informasi terbaru mengenai ketersediaan armada, area layanan, harga, paket layanan, dan detail lainnya mengenai masing-masing perusahaan, kami menyarankan pembaca untuk menghubungi perusahaan secara langsung.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana langkah untuk dapat penawaran harga lengkap dari Kargo Tech?

Mulai dengan kunjungi situs web Kargo Technologies dan gunakan kalkulator harga online mereka. Lalu, hubungi CS mereka lewat nomor WA di bagian kontak situs web untuk validasi penawaran harga (saat pengujian kami, terdapat beberapa perbedaan harga antara kalkulator online dan harga yang dikutip lewat WA). Dalam artikel ini, pelajari dan bandingkan harga Kargo Tech dengan pesaing seperti Deliveree.

Apakah Kargo Tech memiliki alternatif serupa di pasaran?

Kargo Technologies adalah bagian dari gerakan yang lebih besar di industri menuju marketplace truk dan kargo daripada vendor tradisional. Pesaing terkenal lainnya dalam kategori ini adalah Deliveree, Waresix, GoBox, dan Ritase. Dapatkan penilaian jujur tentang bagaimana Kargo Technologies dibandingkan dengan alternatif tersebut di artikel ini.

Apa cara tercepat untuk menghubungi dukungan pelanggan Kargo Tech?

Di situs web Kargo Technologies, klik menu Kontak. Anda akan temukan formulir web dan tautan ke WA CS mereka. Kami rekomendasikan pakai WA yang akan beri Anda respons lebih cepat daripada formulir web. Ekspektasikan untuk dengar kabar dari mereka via WA dalam beberapa menit. Dalam artikel ini, lihat bagaimana kinerja layanan CS mereka dibandingkan dengan pemimpin pasar lainnya seperti Deliveree.


ARTIKEL TERKAIT

  1. 5 Cara Penyedia 3PL Dapat Mengubah Rantai Pasokan Anda
  2. Platform Logistik Mulai Marak
  3. Memilih 3PL yang Dapat Menangani Disrupsi Rantai Pasokan