Your browser does not support JavaScript!

Driver Lalamove vs Deliveree: 6 Tips Pendaftaran (2022)

By Dudek Muljana - 15 Des, 2022

Driver Lalamove

Lalamove vs Deliveree sudah ramai dibicarakan sebagai platform truk berbasis aplikasi. Banyak driver dan perusahaan truk telah bergabung Lalamove atau Deliveree. Memutuskan untuk bergabung, mempersiapkan dan menjalani proses registrasi dapat menjadi sulit. Tim peneliti kami sudah melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda dengan memperinci dan membandingkan semua persiapan dan langkah registrasi sebagai berikut:

1: Cek pendapatan Lalamove dan Deliveree Anda
2: Perhatikan keuntungan tambahan dari penghasilan Lalamove driver dan Deliveree
3: Pastikan kendaraan Anda diterima
4: Ketahui di mana Anda bisa bekerja
5: Siapkan semua persyaratan
6: Ikuti langkah pendaftaran

Pemenang Perbandingan Keseluruhan: Deliveree🥇

Dalam pertarungan persiapan dan penghasilan Lalamove driver dan Deliveree, Deliveree menang dengan total nilai 6 melawan Lalamove dengan total nilai 2. Deliveree memimpin di seluruh kategori karena mereka menawarkan pendapatan yang lebih besar, memberikan banyak keuntungan, menerima lebih banyak jenis kendaraan dan memiliki area layanan yang lebih luas. Untuk kategori persyaratan dan langkah pendaftaran, keduanya seri. Lihat ringkasan perbandingan terhadap 6 tips pendaftaran di tabel berikut dan baca artikel kami untuk mengetahui detailnya.

 

6 Tips PendaftaranDeliveree🥇Lalamove
Cek pendapatan Anda🥇
Perhatikan keuntungan tambahan🥇
Pastikan kendaraan Anda diterima🥇
Ketahui di mana Anda bisa bekerja🥇
Siapkan semua persyaratan🥇🥇
Ikuti langkah pendaftaran🥇🥇
Nilai Total (Tertinggi menang)62

Cek Pendapatan Anda (Pemenang: Deliveree🥇)

Salah satu hal terpenting adalah mengetahui pendapatan Lalamove dan Deliveree Anda. Penghasilan Lalamove driver dan Deliveree anda tergantung pada wilayah, jenis kendaraan dan jumlah pemesanan. Di Deliveree, Anda dapat memeriksa sendiri pendapatan Anda menggunakan fitur kalkulator pendapatan di situs web mereka. Anda cukup pilih area, jenis kendaraan, jumlah pemesanan dan klik “Hitung”. Angka yang muncul merupakan taksiran penghasilan Anda per bulan. Tim peneliti kami telah mencoba menggunakan fitur ini dan menurut kami fitur ini sangat menarik bagi driver. Untuk driver Fuso yang berlokasi di Jabodetabek, Anda bisa mendapatkan hingga Rp 35 juta setiap bulan dengan mengambil 10 pemesanan per bulan.

Kalkulator Pendapatan Deliveree-1Kalkulator Pendapatan Deliveree-2

.
Di sisi lain, Lalamove tidak membeberkan informasi rinci tentang pendapatan driver Lalamove. Satu-satunya informasi yang tersedia di situs web mereka adalah Anda bisa mendapatkan hingga jutaan per-bulan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan Lalamove dengan mengambil lebih banyak pesanan. Saat Anda menerima lebih banyak pesanan, Anda juga akan mendapatkan bonus tambahan yang dapat meningkatkan penghasilan Anda. Bila dibandingkan, penghasilan Lalamove driver tidak sama mudahnya untuk diperhitungkan dengan Deliveree sehingga lebih sulit untuk menentukan pendapatan Lalamove yang mungkin anda dapatkan.

Perhatikan Keuntungan Tambahan (Pemenang: Deliveree🥇)

Selain penghasilan, Anda juga harus tahu apa saja tambahan keuntungan Lalamove dan Deliveree yang ditawarkan. Tim peneliti kami telah mengumpulkan dan membandingkan 8 kategori manfaat tambahan yang menurut kami dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan driver Lalamove maupun Deliveree.

Keuntungan Tambahan: Bonus Lalamove dan Deliveree

KeuntunganDeliveree Lalamove
Pembayaran Teratur✅ Mingguan✅ Mingguan
Pembayaran Harian✅ Di hari yang sama✅ Di hari berikutnya
Bonus Aktivitas Mingguan✅ Tersedia✅ Tersedia
Insentif Stiker Bulanan✅ Tersedia✅ Tersedia
Jaminan Pembayaran
Pusat Informasi Driver
Dukungan CSChat, email, telpon
(24/7 + libur nasional)
Telpon:
Setiap hari
(09.00 – 18.00 + libur nasional)
.
Chat:
Setiap hari
(07.00 – 22.00 + libur nasional)
Dukungan DriverSenin – Sabtu (07.30 – 20.00)

.
Metode pembayaran Deliveree maupun Lalamove adalah langsung ke rekening bank Anda setiap minggu. Anda juga memiliki pilihan pembayaran harian. Deliveree akan membayar Anda di hari yang sama dengan hari permintaan Anda, sedangkan Lalamove di hari berikutnya. Dari jenis keuntungan ini, Deliveree memberikan akses instan terhadap penghasilan mereka, berbeda dengan pendapatan driver Lalamove yang harus sediki menunggu.

Berdasarkan media sosial Deliveree, Anda bisa mendapatkan bonus mingguan hingga 3 juta sedangkan bonus Lalamove yang ditawarkan mingguan sebesar hingga 1,4 juta. Untuk mendapatkan bonus lalamove tersebut, Anda harus menyelesaikan target pesanan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dari tabel di atas, terlihat bahwa Deliveree menawarkan bonus serta insentif yang lebih tinggi di banding bonus Lalamove. Hal ini akan mempengaruhi pemasukan anda berdasarkan keuntungan Lalamove yang lebih rendah. Meskipun begitu, keduanya masih memberikan bonus yang lumayan untuk meningkatkan penghasilan Driver Lalamove maupun Deliveree Anda.

Tim peneliti menilai bahwa jaminan pembayaran dari Deliveree sangat menguntungkan driver. Terkadang Anda harus membayar biaya parkir atau biaya tol di awal, dan meminta pelanggan untuk mengganti uang tersebut. Tidak menutup kemungkinan ada pelanggan yang tidak mau mengganti uang Anda meskipun Anda telah meminta izin sebelumnya. Untuk kasus tersebut, Anda dapat mengajukan klaim ke pihak Deliveree dan mereka akan mengganti uang Anda selama Anda memberikan bukti yang mendukung. Sayangnya, Lalamove tidak menawarkan jaminan sejenis, hal ini mengurangi keuntungan Lalamove yang tersedia untuk driver dan mengurangi potensi pendapatan driver Lalamove Anda.

Deliveree dan Lalamove dilengkapi dengan dukungan pemesanan langsung. Deliveree memiliki dukungan pemesanan yang tersedia 24/7 untuk membantu Anda terkait semua masalah pemesanan Anda. Untuk hal selain pemesanan, Deliveree memiliki hotline dukungan driver. Anda dapat mengakses informasi seputar info harian, promosi, bonus, dan lain-lain. Di Lalamove, Anda hanya dapat menghubungi mereka selama jam operasional seperti yang tertera di atas tanpa ada info lebih terutama mengenai bonus Lalamove maupun pendapatan driver Lalamove yang mungkin didapat.

Hal lain yang dimiliki Deliveree tetapi tidak dapat ditemukan dalam keuntungan Lalamove adalah Pusat Informasi Driver. Pusat Informasi Driver berisi tentang semua informasi terbaru yang Anda butuhkan untuk menjadi pengemudi Deliveree yang sukses. Pusat info tersebut berbentuk seperti ensiklopedia bagi driver internal Deliveree untuk menjawab hampir semua pertanyaan Anda. Berdasarkan poin yang telah disebutkan di atas, jika dibandingkan dengan Lalamove, Deliveree memenangkan kategori keuntungan pendukung.

Pastikan Kendaraan Anda Diterima (Pemenang: Deliveree⭐️)

Tips Lalamove Driver dan Deliveree berikutnya adalah memastikan jenis kendaraan atau armada Anda diterima di kedua platform tersebut. Mengapa hal ini penting? Ingat bahwa penghasilan Driver Lalamove dan Deliveree juga dipengaruhi oleh jenis kendaraan Anda. Semakin besar jenis armada Anda, semakin besar pendapatan Lalamove dan Deliveree yang akan Anda peroleh.

Jenis Armada: Deliveree & Lalamove

Jenis ArmadaDeliveree Lalamove
Motor
(20 kg)
Mobil/MPV
(350 kg)
Van
(720 kg)
Mobil Pickup
(1 ton)
Mobil Box
(1 ton)
Engkel
(2,2 ton)
Double Engkel
(4 ton)
Double Engkel Long
(5 ton)
Fuso Berat
(8 ton)
Tronton
(18 ton)

.
Deliveree memenangkan kategori ini karena jenis armada yang mereka terima lebih luas mulai dari mobil, truk ringan, hingga truk berat. Lalamove hampir menerima semua jenis armada kecuali Fuso berat dan Tronton. Hal ini karena Lalamove difokuskan untuk pesanan-pesanan kecil dan same-day. Deliveree merupakan tempat yang lebih cocok untuk para driver truk berat seperti Fuso dan Tronton. Selain itu Anda juga harus memastikan armada yang Anda daftarkan memenuhi kualifikasi.

Kualifikasi Kendaraan Deliveree

  • Mobil, Van, Pickup: Maks. 20 tahun
  • CDE, CDD, Fuso, Tronton: Maks. 25 tahun

Kualifikasi Kendaraan Lalamove

  • Motor & Van: Maks. 10 tahun
  • Mobil: Maks. 15 tahun
  • Pickup, CDE, CDD: Maks. 20 tahun

Informasi jenis armada serta kualifikasi di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi mereka pada saat artikel ini ditulis, Mei 2022. Informasi dapat berubah sehingga kami sarankan Anda untuk menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Ketahui di Mana Anda Dapat Bekerja (Pemenang: Deliveree⭐️)

Tips Lalamove driver dan Deliveree selanjutnya adalaha ketahui di daerah mana saja Anda bisa bekerja, atau dikenal juga dengan area layanan. Dalam artikel ini, area layanan mengacu pada tempat penjemputan dan pengantaran pesanan. Semakin luas area layanan, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan pesanan dan penghasilan Driver Lalamove dan Deliveree yang lebih banyak. Simak tabel di bawah. Deliveree memiliki area layanan yang lebih luas dibandingkan dengan Lalamove.

Area Layanan Penjemputan & Tujuan: Deliveree & Lalamove

Deliveree Lalamove
Seluruh JawaJabodetabek
Sebagian SumatraBandung
Surabaya

.
Area penjemputan dan tujuan Deliveree mencakup seluruh Jawa dan area metro utama di Sumatra. Sedangkan area penjemputan dan tujuan Lalamove lebih diperuntukan di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Banyak orang daftar pengemudi Lalamove untuk kendaraan bermotor di kota-kota besar tersebut. Lokasi yang hanya tersedia di kota-kota besar memungkinkan besaran keuntungan Lalamove yang lebih kecil pula.

Informasi area layanan di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi mereka pada saat artikel ini ditulis, Mei 2022. Informasi dapat berubah sehingga kami sarankan Anda untuk menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Siapkan Semua Persyaratan (Pemenang: Seri)

Tips Lalamove Driver atau Deliveree terakhir adalah menyiapkan semua persyaratan. Persyaratan berupa dokumen yang diperlukan untuk mengisi formulir. Pada kategori ini, Deliveree dan Lalamove seri karena keduanya tidak meminta persyaratan yang sulit dan relatif mudah untuk disiapkan.

Persyaratan: Deliveree & Lalamove

Persyaratan DelivereePersyaratan Lalamove
Smartphone + koneksi internet
KTP
SIM
SKCK aktif
KK
Deposit (Rp 135.000 untuk semua jenis kendaraan)
Smartphone + koneksi internet
KTP pribadi
KTP kontak darurat
Nomor HP kontak darurat
SIM & STNK
KK
SKCK
Deposit (Rp 50.000 untuk motor, Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat)

.

Ikuti Langkah Pendaftaran Berikut (Pemenang: Seri)

Tips Lalamove driver dan Deliveree terpenting dalam artikel ini adalah mengetahui proses pendaftaran yang benar. Proses pendaftaraan dan perhitungan penghasilan Lalamove driver dan Deliveree sangat mudah dan sederhana. Secara umum, langkah-langkah pendaftaran Lalamove dan Deliveree adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi driver
2. Isi formulir
3. Training
4. Bayar deposit & verifikasi

Tim peneliti kami telah merangkum proses pendaftaran terperinci untuk Lalamove maupun Deliveree.

Proses Pendaftaran Deliveree Driver

  1. Unduh aplikasi Deliveree For Driver.
    Aplikasi Deliveree For Drivers
  2. Buka aplikasi, klik “Daftar”.
  3. Akan muncul formulir pendaftaran pengemudi (Bagian A), isi semua informasi yang diperlukan mengenai info pribadi Anda, rekening, info kendaraan dan foto. Centang semua kotak persetujuan dan klik “Selanjutnya”.
  4. Deliveree akan mengirimkan 4 digit kode verifikasi melalui SMS, masukkan nomor ke aplikasi.
  5. Selanjutnya adalah tahap online training. Anda harus lulus dengan skor 100. Jika gagal, Anda dapat mengulang training sampai berhasil.
  6. Setelah menyelesaikan training, Anda akan mendapatkan 6 digit kode. Buka kembali ke aplikasi, klik tombol “Masuk di sini” di bawah tombol “Mulai” dan masukkan kode tersebut.
  7. Formulir Bagian B akan muncul, isi informasi dan unggah dokumen yang diminta.
  8. Selanjutnya adalah Bagian C, Anda harus menandatangani perjanjian untuk menyelesaikan proses pendaftaran Anda.
  9. Akun Anda akan melalui proses verifikasi, tim Deliveree menghubungi Anda dalam kurun waktu 1-2 hari kerja.
  10. Bayar deposit.
  11. Setelah akun Anda diaktifkan, Anda dapat segera menerima pesanan.

Proses Pendaftaran Pengemudi Lalamove

  1. Unduh aplikasi Lalamove Driver Partners.
    Aplikasi Lalamove Driver
  2. Buka aplikasi, pilih kota Anda.
  3. Klik “Registrasi”.
  4. Masukkan nomor telepon Anda.
  5. Lalamove akan mengirimkan 4 digit PIN verifikasi melalui SMS, masukkan nomor tersebut ke dalam aplikasi.
  6. Akan muncul formulir pendaftaran, isi semua informasi yang diperlukan mengenai akun Anda, info pribadi, dan detail kendaraan.
  7. Centang kotak syarat & ketentuan, klik “Selanjutnya”.
  8. Tahap berikutnya adalah online training. Anda harus lulus dengan skor minimal 80.
  9. Setelah menyelesaikan training, verifikasi akun Anda dengan mengisi informasi pribadi Anda dan unggah dokumen yang diperlukan.
  10. Lalamove akan memverifikasi pendaftaran akun Anda. Proses ini memakan waktu 3×24 jam.
  11. Bayar deposit.
  12. Anda dapat mulai menerima pesanan setelah akun Anda diaktifkan.

Artikel dan perbandingan ini diteliti, diuji, dan ditulis pada Mei 2022 menggunakan informasi yang tersedia saat itu seperti laman publikasi logistik, testimoni driver di internet, situs perusahaan, media sosial perusahaan, pusat customer service, dan aplikasi (jika tersedia). Untuk informasi terbaru mengenai penghasilan, keuntungan, armada, area layanan, dan detail lainnya mengenai masing-masing perusahaan, kami sarankan pembaca untuk menghubungi perusahaan secara langsung.

Apa Langkah Selanjutnya?

Anda telah mencapai akhir artikel kami. Jangan lupa ikuti semua tips di artikel ini! Untuk memulai dengan platform manapun, lakukan hal berikut:

Jika Anda memutuskan untuk menjadi Deliveree driver:

  1. Unduh aplikasi Driver Deliveree dari Playstore
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran.
  3. Pelajari dan ikuti online training.
  4. Ikuti langkah selanjutnya, akun Anda akan aktif dalam 1-2 hari.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi pengemudi Lalamove:

  1. Unduh aplikasi Lalamove Driver Partners dari Playstore.
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran.
  3. Pelajari dan ikuti online training.
  4. Ikuti langkah selanjutnya, akun Anda akan aktif dalam 1-3 hari.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa penghasilan Driver Lalamove vs Delivree?

Penghasilan Driver Lalamove  atau Deliveree selalu bergantung pada jenis kendaraan, area, dan jumlah pesanan yang diambil. Penghasilan bulanan bisa serendah ratusan ribu rupiah hingga lebih jutaan rupiah. Deliveree memiliki fitur kalkulator penghasilan di situs web mereka yang memungkinkan Anda memilih jenis kendaraan dan jumlah pesanan yang diambil untuk melihat berapa penghasilan yang dapat Anda peroleh.

Bagaimana cara mendaftar Lalamove dan Deliveree?

Proses pendaftaran keduanya cukup mudah. Untuk Lalamove, unduh aplikasi mereka dan isi formulir pendaftaran. Untuk Deliveree, Anda dapat melakukan hal yang sama tetapi mereka juga memiliki situs informasi kandidat pengemudi yang sangat keren dengan banyak informasi yang mungkin ingin Anda periksa sebelum mendaftar. Baca artikel kami tentang tips Lalamove driver registrasi agar lebih cepat aktif!

Jenis kendaraan apa yang bisa digunakan pengemudi Lalamove vs Deliveree?

Untuk pengemudi Lalamove, daftar kendaraan yang dapat digunakan meliputi motor, mobil, MPV, dan truk sedang. Deliveree menerima lebih banyak kendaraan termasuk mobil, MPV, van, pickup bak, pickup kecil, engkel, double engkel, CDD long, Fuso, tronton, dan wingbox. Pelajari daftar kendaraan yang diterima masing-masing perusahaan di artikel kami.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Perserikatan Pengemudi di Startup Imperfect Foods
  2. Apakah Masa Pengemudi Truk Independen Berakhir?
  3. Pengemudi Truk Tidak Cari Pekerjaan Terlepas dari Retensi