Your browser does not support JavaScript!

Daftar Borzo Driver vs Deliveree: Besar Lebih Baik 2023

By Dudek Muljana - May 23, 2022

Borzo Driver

Sebelum memutuskan untuk menjadi Borzo driver, pastikan untuk melihat-lihat pilihan lain. Di antara sekian banyak aplikasi jasa pengiriman yang kini tersedia, Borzo antara lain bersaing dengan Deliveree. Menurut perkiraan terbaru kami, jumlah driver dan pelanggan Deliveree 5x lebih banyak daripada Borzo. Namun, apakah benar yang lebih besar sudah pasti lebih baik? Dalam artikel ini, kita akan mengenal Borzo dan Deliveree lebih lanjut. Kami juga telah membandingkan keduanya berdasarkan faktor-faktor berikut.

1. Jumlah penghasilan lebih tinggi
2. Memberi lebih banyak keuntungan
3. Menerima lebih banyak jenis kendaraan
4. Memiliki area layanan yang lebih luas

Memperkenalkan Borzo dan Deliveree

Sebelum membahas hasil perbandingan keduanya, mari kita mengenal Borzo dan Deliveree.

Apa Itu Borzo?
Aplikasi Borzo adalah aplikasi pengiriman barang dengan fokus utama pengiriman same-day dalam kota. Jenis kendaraan yang tersedia di aplikasi Borzo adalah pickup kecil, motor, mobil ekonomi, van, box kecil hingga engkel. Area layanan mereka tersebar di kota-kota besar di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Bali. Borzo dulu dikenal sebagai MrSpeedy.

Apa Itu Deliveree?
Deliveree adalah aplikasi jasa pengiriman yang berfokus pada berbagai jenis layanan di area pulau Jawa dan sebagian Sumatra. Deliveree menawarkan dua layanan utama, di mana pelanggan bisa memesan satu kendaraan atau mengirim paket. Terdapat 10 jenis kendaraan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari mobil ekonomi hingga tronton untuk pengiriman jarak dekat, sedang maupun jauh.

Setelah mengenal sedikit tentang kedua aplikasi tersebut, mari kita kupas tuntas proses registrasi Borzo & Deliveree.

Cara Daftar Borzo Driver

Ada dua cara daftar Borzo driver, yaitu secara online melalui aplikasi atau secara langsung dengan mengunjungi kantor Borzo. Baik mitra individu maupun vendor truk bisa mendaftar selama memenuhi persyaratan berikut:

Syarat Daftar Borzo
Untuk mitra individu:

  1. Ponsel Android dengan sistem operasi minimal versi 5.0 dan GPS aktif
  2. Kendaraan yang ingin didaftarkan
  3. KTP, STNK, BPKB
  4. KIR (untuk kendaraan roda empat)
  5. Rekening bank aktif

Untuk vendor:

  1. Catatan pajak perusahaan dan perusahaan
  2. Data pemilik perusahaan termasuk KTP, NPWP Perusahaan, SIUP, Akta Perusahaan dan Surat Keterangan Domisili, STNK, BPPK, buku KIR
  3. Admin staff
  4. Komputer/laptop terkoneksi internet
  5. Minimal mendaftarkan dua kendaraan
  6. Minimal satu pengemudi untuk setiap kendaraan
  7. Rekening bank aktif

Cara Daftar Borzo

  1. Unduh aplikasi “Borzo Kurir” dari PlayStore
  2. Isi data diri di formulir yang ditampilkan
  3. Ikuti training
  4. Bayar deposit dan tunggu hingga proses verifikasi selesai

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran Borzo secara langsung, Anda bisa mengunjungi kantor Borzo di alamat berikut.

Kantor Borzo
Soho Podomoro City, Lantai 19
Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan (Sebelah Central Park Mall)
Catatan: Calon driver dapat menunggu di Residence Lobby

Cara Daftar Deliveree Driver

Di Deliveree, Anda juga bisa mendaftar sebagai driver individu maupun vendor truk. Berikut adalah persyaratan untuk bergabung dengan Deliveree:

Syarat Daftar Deliveree
Untuk driver individu:

  1. Ponsel Android dengan sistem operasi minimal versi 5.0 dan koneksi internet yang stabil
  2. KTP
  3. SIM
  4. KK
  5. SKCK aktif
  6. Deposit

Untuk vendor / perusahaan truk:

  1. Setidaknya mendaftarkan 5 kendaraan
  2. Setidaknya mendaftarkan 5 driver
  3. Setidaknya dapat menyediakan satu tenaga admin
  4. Dokumen standar perusahaan (KTP, SIM, KIR, STNK)
  5. Komputer/tablet/laptop dengan spesifikasi minimal RAM 4GB dan koneksi internet yang stabil

Cara Daftar Deliveree

  1. Unduh aplikasi “Deliveree Driver” dari PlayStore
  2. Isi formulir dan unggah dokumen yang diperlukan
  3. Selesaikan training
  4. Bayar deposit dan tunggu untuk verifikasi

Selain lewat jalur online, Anda bisa melakukan pendaftaran langsung di kantor Deliveree Jakarta yang terletak di alamat berikut. Silakan cek situs resmi Deliveree untuk memastikan lokasi dan jadwal training di berbagai kota lain.

Pusat Pelatihan Deliveree
Wisma Anugraha, Lantai 2
Jl. Taman Kemang No. 32B, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, kita akan mengulik beragam aspek dari profesi driver di Borzo maupun Deliveree. Kami membandingkan kedua aplikasi berdasarkan 4 kategori yang telah dijabarkan di atas. Simak hasil investigasi tim Logisticsbid di bawah ini:

Jumlah Penghasilan Lebih Tinggi (Pemenang: Deliveree🏆)

Penghasilan adalah salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan oleh driver dan calon driver. Oleh sebab itu, tim kami telah mengumpulkan informasi mendalam terkait penghasilan / gaji Borzo driver dan Deliveree untuk membantu Anda. Deliveree dikenal sebagai platform yang cukup terbuka terkait pendapatan driver. Anda dapat melakukan perhitungan sendiri menggunakan fitur kalkulator pendapatan di situs resmi Deliveree. Anda hanya perlu memilih jenis kendaraan, kota, dan jumlah pesanan. Semakin besar kendaraan Anda, semakin besar penghasilan yang bisa Anda raih. Sebagai contoh, pengemudi engkel box di Jabodetabek dapat menghasilkan hingga Rp 6 juta setelah menyelesaikan 10 pesanan, sementara driver Fuso bisa mendapatkan Rp 16 juta setelah menyelesaikan 10 pesanan. Penghasilan Anda juga akan bertambah seiring jumlah pesanan yang Anda selesaikan. Melanjutkan contoh di atas, seorang driver engkel box bisa meraih Rp 17 juta setelah menyelesaikan 30 pesanan.

Di sisi lain, tidak banyak informasi yang bisa kami temui terkait detail penghasilan maupun gaji Borzo driver. Satu-satunya poin informasi yang berhasil digali oleh tim kami di aplikasi Borzo adalah Anda bisa menghasilkan hingga Rp 1 juta rupiah per minggu sebagai driver motor, seperti yang tercantum di situs resmi Borzo.

Memberi Lebih Banyak Keuntungan (Pemenang: Deliveree🏆)

Selain penghasilan, faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan di Deliveree dan aplikasi Borzo adalah keuntungan tambahan untuk driver. Tim kami telah berupaya mengumpulkan dan membandingkan 8 jenis keuntungan tambahan jika Anda daftar Borzo maupun Deliveree. Keuntungan driver di aplikasi Deliveree dan aplikasi Borzo adalah sebagai berikut.

Keuntungan Tambahan: Deliveree dan Borzo

KeuntunganDeliveree🏆Borzo
Bonus AktivitasHingga 3 juta per minggu
Insentif dari Logo✅ Hingga 2 juta per bulan
Pembayaran Teratur✅ Mingguan✅ Mingguan
Pembayaran Harian✅ Dibayar di hari yang sama
Jaminan Pembayaran
Pusat Informasi Driver
Dukungan PemesananChat, email, telpon
(24/7 termasuk libur nasional)
CS chat (06.00 – 21.00)
Dukungan DriverSenin – Sabtu (07.30 – 20.00)CS chat (06.00 – 21.00)

.
Di Deliveree, Anda bisa meraih bonus hingga Rp 3 juta setiap bulannya. Bonus ini dapat Anda dapatkan setelah mencapai target jumlah pesanan tertentu. Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapat insentif bulanan dengan memasang stiker Deliveree di kendaraan Anda. Opsi ini tentunya dapat meningkatkan jumlah pendapatan Anda. Sayangnya, Borzo tidak memiliki program bonus maupun insentif serupa. Sumber gaji Borzo driver benar-benar hanya berasal dari pesanan yang Anda selesaikan. Semakin banyak pesanan yang Anda selesaikan, penghasilan Anda juga akan bertambah. Nyatanya, banyak Borzo driver yang menggunakan aplikasi Borzo untuk mendapat info muatan harian.

Uang yang Anda dapatkan dari pesanan akan masuk ke dompet di aplikasi Deliveree maupun Borzo Anda. Dana tersebut dapat Anda cairkan setelah dikirim dari dompet digital ke rekening bank Anda. Di Borzo maupun Deliveree, proses pembayaran dilakukan setiap minggu. Selain itu, Deliveree juga menyediakan opsi penarikan harian di mana Anda bisa mencairkan penghasilan Anda di hari yang sama. Sementara di Borzo, Anda tidak akan menemui pilihan ini. Tim kami menilai bahwa sistem pembayaran harian Deliveree lebih menguntungkan untuk driver yang memerlukan akses instan atas penghasilan yang sudah terkumpul.

Tidak hanya itu, Deliveree juga menawarkan jaminan pembayaran biaya-biaya yang tidak dibayarkan pelanggan ke driver, seperti biaya parkir atau biaya tol. Terkadang, saat menjalankan pesanan, Anda harus menanggung biaya demikian di muka dan kemudian meminta pelanggan untuk mengganti uang Anda, dan tak jarang pula ada pelanggan yang tidak mau mengganti uang yang sudah Anda keluarkan. Dengan jaminan pembayaran Deliveree, Anda dapat mengajukan klaim dan uang Anda akan diganti selama ada bukti pendukung. Sayangnya, Borzo tidak menawarkan jaminan pembayaran serupa. Jika pelanggan Borzo tidak mengganti biaya parkir atau tol Anda, Anda tidak dapat meminta uang ganti ke pihak Borzo.

Satu lagi kelebihan yang menjadi andalan Deliveree adalah Pusat Informasi Driver. Pusat Informasi tersebut dapat diakses dari aplikasi driver dan menyediakan informasi lengkap mengenai prosedur, persyaratan, keuntungan dan kewajiban untuk pengemudi Deliveree.

Sama seperti aplikasi pengiriman barang lainnya, Deliveree dan Borzo juga menawarkan dukungan pemesanan langsung. Dukungan pemesanan langsung Deliveree tersedia 24/7 untuk membantu Anda terkait pemesanan Anda. Untuk hal-hal di luar pemesanan seperti info harian, bonus, promosi, Anda dapat menghubungi hotline dukungan driver. Di Borzo, Anda hanya dapat menghubungi layanan dukungan selama jam operasional yang tertera pada tabel di atas.

Menerima Lebih Banyak Jenis Kendaraan (Pemenang: Deliveree🏆)

Anda juga perlu memerhatikan jenis kendaraan apa saja yang diterima sebelum daftar Borzo & Deliveree. Tentunya, pilihan paling simpel adalah dengan mendaftar di platform dengan pilihan kendaraan paling beragam. Deliveree memenangkan kategori ini karena menerima lebih banyak jenis kendaraan, mulai dari mobil ekonomi, truk kecil hingga truk besar. Bagi driver atau vendor yang memiliki truk besar, Deliveree merupakan pilihan tepat untuk Anda. Sebaliknya Borzo lebih populer untuk pemesanan instan skala kecil dan menengah, yang terlihat dari jenis kendaraan yang diterima di Borzo. Untuk daftar Borzo driver maupun Deliveree, Anda harus menggunakan kendaraan Anda sendiri. Untuk detailnya, lihat tabel berikut:

Jenis Kendaraan: Deliveree & Borzo

Jenis KendaraanDeliveree Borzo
Motor
Mobil/MPV
Van
Pickup Kecil
Box Kecil
Engkel
Double Engkel
CDD Long
Fuso Berat
Tronton

.

Informasi jenis kendaraan di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi masing-masing platform pada saat artikel ini ditulis, yaitu di bulan Desember 2022. Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu;oleh karena itu kami sarankan agar Anda menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Memiliki Area Layanan yang Lebih Luas (Pemenang: Borzo🏆)

Area layanan yang dimaksud dalam artikel ini adalah cakupan lokasi penjemputan dan tujuan pesanan. Semakin luas area layanan, semakin besar peluang Anda untuk mendapat pesanan dan pendapatan lebih. Area layanan Deliveree mencakup seluruh Jawa dan sebagian Sumatra. Berdasarkan informasi dari website Borzo, saat ini Borzo beroperasi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Area Layanan Penjemputan & Tujuan: Deliveree & Borzo

Deliveree Borzo
Seluruh JawaSeluruh Jawa
Sebagian SumatraBali
Kota besar di Sumatra.
Kota besar di Kalimantan.
Kota besar di Sulawesi.

.
Informasi area layanan di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi masing-masing platform pada saat artikel ini ditulis, yaitu di bulan Desember 2022. Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu; oleh karena itu kami sarankan agar Anda menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Pemenang Utama: Deliveree🏆

Sambil menyusun artikel ini, kami mendapati bahwa Deliveree berhasil menjawab “Apakah lebih besar benar-benar berarti lebih baik?”. Setelah membandingkan keempat faktor utama, Deliveree memenangkan perbandingan keseluruhan dengan skor 3:1. Deliveree mengalahkan Borzo dalam 3 kategori karena menawarkan penghasilan lebih tinggi, memberi lebih banyak keuntungan, dan menerima lebih banyak jenis kendaraan. Sementara Borzo menang di kategori area layanan. Tabel di bawah ini merangkum pemenang masing-masing kategori dari 4 faktor pembanding pilihan kami.

Perbandingan Borzo vs Deliveree

4 Faktor PerbandinganDeliveree 🏆Borzo
Menyediakan penghasilan tertinggi🏆
Memberikan lebih banyak keuntungan🏆
Menerima lebih banyak kendaraan🏆
Memiliki area layanan lebih luas🏆
Nilai Total (Tertinggi menang)31

Artikel perbandingan ini diteliti, diuji, dan ditulis pada Desember 2022 menggunakan informasi yang tersedia saat itu, baik dari testimoni driver di internet, laman publikasi logistik, situs perusahaan, arahan dari customer service, dan aplikasi (jika tersedia). Untuk informasi terbaru mengenai penghasilan, bonus & insentif, jenis kendaraan, area layanan, dan detail lainnya mengenai masing-masing perusahaan, kami sarankan pembaca menghubungi perusahaan terkait secara langsung.

Langkah Selanjutnya

Jika Anda telah sampai ke akhir artikel ini, Anda mungkin sudah memilih salah satu dari kedua platform yang kita bahas di sini. Jadi, untuk langkah selanjutnya:

Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan Deliveree, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Driver Deliveree dari Playstore.
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang ditampilkan.
  3. Pelajari dan ikuti online training.
  4. Ikuti langkah selanjutnya dan akun Anda akan aktif dalam 1-2 hari.

Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan Borzo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Borzo Kurir dari Playstore.
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang ditampilkan.
  3. Pelajari dan ikuti online training.
  4. Ikuti langkah selanjutnya dan akun Anda akan aktif dalam 7-14 hari.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara daftar Borzo driver?

Cara daftar Borzo driver & Deliveree dapat Anda mulai dengan mempersiapkan kelengkapan yang disyaratkan. Selanjutnya, Anda bisa daftar secara online dengan mengunduh aplikasi dan mengikuti instruksi yang diberikan, termasuk menyelesaikan training, membayar deposit serta verifikasi. Artikel kami mencakup semua syarat dan langkah daftar Borzo & Deliveree. Pelajari lebih lanjut di sini.

Berapa besar gaji Borzo driver?

Gaji borzo driver & Deliveree bergantung pada jenis kendaraan, lokasi dan jumlah pesanan yang Anda selesaikan. Borzo mengklaim driver motor bisa meraih hingga Rp 1 juta per minggu. Di sisi lain, Deliveree menawarkan fitur kalkulator pendapatan yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kisaran pendapatan Anda. Baca artikel ini untuk mengetahui besaran pendapatan serta keuntungan tambahan di Borzo & Deliveree.

Bagaimana cara registrasi driver di aplikasi Borzo?

Pertama, unduh aplikasi Borzo dari Playstore, kemudian isi formulir, ikuti training, bayar deposit dan tunggu akun Anda aktif. Pendaftaran di Deliveree juga sama mudahnya, dan juga disertai beragam keuntungan tambahan untuk driver. Baca artikel ini untuk melihat perbandingan seputar apa yang ditawarkan Borzo & Deliveree kepada driver, serta langkah registrasi di masing-masing aplikasi.


ARTIKEL TERKAIT

  1. 2 Ribu Peserta Banjiri Skema Pelatihan Pengemudi HGV Inggris
  2. Bisakah Otonomi Mengatasi Kekurangan Pengemudi dengan Aman?
  3. Peningkatan Gaji Tidak Menyelesaikan Kekurangan Pengemudi