Your browser does not support JavaScript!

Daftar Borzo Driver vs Deliveree: Besar Lebih Baik 2022

By Dudek Muljana - 15 Jul, 2022

Daftar Borzo Driver

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk daftar Borzo driver, pertama-tama pastikan untuk berkeliling. Di antara platform pengiriman aplikasi, Borzo adalah pesaing yang jauh lebih kecil dari Deliveree. Tim kami memperkirakan Deliveree 5x lebih besar baik dari jumlah pengemudi maupun pelanggan di aplikasi mereka. Tetapi apakah yang lebih besar benar-benar lebih baik? Kami membandingkan 2 aplikasi tersebut untuk Anda berdasarkan kategori berikut:

1. Berapa jumlah pendapatan Anda
2. Keuntungan driver
3. Kendaraan yang diizinkan
4. Area layanan
5. Syarat pendaftaran
6. Langkah pendaftaran

Pemenang Utama: Deliveree🏆

Menjawab pertanyaan “Apakah yang lebih besar benar-benar lebih baik?” dalam artikel ini, Deliveree berhasil membuktikannya. Kami membandingkan faktor-faktor daftar Borzo driver vs Deliveree dan Deliveree memenangkan perbandingan keseluruhan dengan skor total 5 versus Borzo dengan skor total 3. Deliveree mengalahkan Borzo dalam 3 kategori karena mereka memberikan penghasilan lebih tinggi, memberi lebih banyak keuntungan, dan menerima lebih banyak jenis kendaraan. Sementara Borzo menang di kategori area layanan. Keduanya seri baik dalam kategori persyaratan dan langkah pendaftaran. Tabel di bawah ini merangkum pemenang masing-masing kategori dari 6 faktor pembanding. Tetap baca artikel kami untuk menggali lebih dalam detailnya!

6 Faktor PerbandinganDeliveree 🏆Borzo
Menyediakan penghasilan tertinggi🏆
Memberikan lebih banyak keuntungan🏆
Mengizinkan lebih banyak kendaraan🏆
Memiliki area layanan terluas🏆
Persyaratan mudah🏆🏆
Pendaftaran mudah🏆🏆
Nilai Total (Tertinggi menang)53

Jumlah Pendapatan (Pemenang: Deliveree🏆)

Jumlah pendapatan adalah faktor terpenting bagi driver sebelum memutuskan untuk bergabung. Tim peneliti kami telah mengumpulkan informasi untuk Anda terkait masalah ini. Deliveree memiliki akses yang jelas untuk kisaran pendapatan driver. Anda dapat memeriksa berapa banyak yang dapat Anda hasilkan hanya dengan membuka kalkulator pendapatan mereka di situs web Deliveree, pilih kota, jenis kendaraan, dan jumlah pesanan Anda. Angka yang muncul merupakan kisaran pendapatan bulanan Anda. Semakin besar kendaraan Anda, semakin banyak yang bisa Anda hasilkan. Misalnya, pengemudi engkel Deliveree di Jabodetabek bisa mendapatkan hingga Rp 12 juta per bulan setelah menyelesaikan 10 pemesanan. Sedangkan untuk driver Fuso, Anda bisa mendapatkan Rp 45 juta per bulan setelah menyelesaikan 10 pemesanan. Penghasilan Anda juga akan meningkat seiring dengan jumlah pesanan yang Anda ambil. Untuk pengemudi engkel, Anda bisa mendapatkan hingga Rp 60 juta setelah menyelesaikan 30 pesanan.

Sedangkan untuk Anda yang daftar Borzo driver, tidak banyak informasi yang tersedia mengenai pendapatan driver Borzo. Menurut testimoni driver yang tim kami temukan secara online, Anda bisa mendapatkan hingga 3 juta per bulan. Dengan prinsip yang sama, pendapatan pengemudi Borzo tergantung pada jenis kendaraan dan jumlah pesanan yang diambil. Anda juga dapat memperoleh lebih banyak pendapatan jika Anda memiliki jenis kendaraan yang lebih besar dan mengambil lebih banyak pesanan.

Keuntungan Driver (Pemenang: Deliveree🏆)

Tidak hanya penghasilan, Anda juga harus mempertimbangkan apa saja keuntungan tambahan yang ditawarkan untuk driver. Tim peneliti kami telah bekerja keras mengumpulkan dan membandingkan 9 kategori keuntungan tambahan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum daftar Borzo driver maupun Deliveree.

Keuntungan Tambahan: Deliveree dan Borzo

KeuntunganDeliveree🏆Borzo
Bonus AktivitasHingga 3 juta per minggu
Insentif dari Logo✅ Hingga 2 juta per bulan
Pembayaran Teratur✅ Mingguan✅ Mingguan
Pembayaran Harian✅ Dibayar di hari yang sama
Jaminan Pembayaran
Pusat Informasi Driver
Dukungan PemesananChat, email, telpon
(24/7 termasuk libur nasional)
CS chat (06.00 – 21.00)
Dukungan DriverSenin – Sabtu (07.30 – 20.00)CS chat (06.00 – 21.00)
Akurasi Jarak Sebenarnya & MapsAkurasi tinggiAkurasi rendah

.
Di Deliveree, Anda bisa mendapatkan bonus aktivitas hingga 3 juta per bulan. Bonus ini bisa Anda dapatkan setelah mencapai target pesanan dalam periode waktu tertentu. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan insentif dengan memasang stiker logo Deliveree pada kendaraan Anda. Sayangnya, di Borzo tidak ada skema pembayaran bonus maupun insentif. Sumber pendapatan Anda benar-benar hanya berasal dari harga pesanan. Namun jika Anda daftar Borzo driver, Anda bisa mengambil pesanan pembelian barang pelanggan dari toko online.

Skema pembayaran Borzo dan Deliveree adalah setiap minggu. Deliveree memiliki pilihan pembayaran harian bagi para driver. Driver dapat memilih opsi pembayaran harian dan Deliveree akan membayar driver pada hari yang sama. Jika Anda daftar Borzo driver, Anda tidak memiliki opsi ini. Menurut tim kami, metode pembayaran harian Deliveree lebih menguntungkan bagi para driver.

Tidak hanya itu, Deliveree juga menawarkan jaminan pembayaran terhadap biaya-biaya yang tidak dibayarkan pelanggan ke driver, seperti biaya parkir atau biaya tol. Terkadang saat menjalankan pesanan, Anda harus membayar biaya-biaya tersebut di awal dan meminta pelanggan untuk mengganti uang Anda. Namun tidak jarang ada pelanggan yang tidak mau mengganti uang Anda. Dengan jaminan pembayaran Deliveree, Anda dapat mengajukan klaim dan Deliveree akan mengganti uang Anda selama Anda memberikan bukti pendukung. Menurut hasil wawancara tim riset kami terhadap driver Borzo, Borzo tidak memiliki jaminan pembayaran ini sehingga jika pelanggan Borzo tidak mengganti biaya parkir atau tol Anda, Anda yang harus menggunakan uang Anda sendiri untuk menutupi biaya-biaya tersebut.

Keuntungan utama yang menjadi andalan Deliveree adalah Pusat Informasi Driver. Pusat informasi tersebut berisi mengenai semua informasi terbaru yang Anda butuhkan untuk menjadi pengemudi Deliveree sukses dan dapat menjawab hampir semua pertanyaan Anda.

Seperti aplikasi lainnya, Deliveree dan Borzo didukung dengan hotline pemesanan. Di Deliveree, dukungan ini terbagi menjadi dua yaitu untuk pemesanan yang tersedia 24/7 dan dukungan khusus untuk driver. Di Borzo, Anda hanya dapat menghubungi mereka selama jam operasional yang tertera pada tabel di atas.

Hasil riset tim kami juga menunjukkan bahwa terdapat keluhan dari Borzo driver terkait akurasi lokasi pada maps aplikasi terhadap jarak sebenarnya. Hal ini merugikan bagi para driver karena pada aplikasi jarak yang tertera dekat, argo yang driver dapat sedikit, padahal sebenarnya driver perlu menempuh jarak yang lebih jauh untuk menyelesaikan pesanan tersebut. Kami berharap masalah ini dapat segera diperbaiki oleh pihak Borzo. Deliveree sangat peduli terhadap masalah akurasi ini. Mereka memiliki akurasi tinggi antara jarak di aplikasi terhadap jarak sebenarnya.

Kendaraan yang Diizinkan (Pemenang: Deliveree🏆)

Anda perlu memerhatikan jenis kendaraan apa saja yang diizinkan sebelum daftar Borzo & Deliveree. Jenis kendaraan akan memengaruhi jumlah pendapatan Anda. Semakin besar jenis armada Anda, semakin besar pula pendapatan yang dapat Anda raih. Deliveree memenangkan kategori ini karena mereka menerima semua jenis kendaraan mulai dari motor, mobil, truk sedang hingga truk besar. Bagi driver maupun perusahaan yang memiliki armada truk besar, Deliveree merupakan pilihan yang cocok untuk Anda. Sementara daftar Borzo driver lebih populer untuk pemesanan instan skala kecil dan menengah, terlihat dari jenis kendaraan yang diizinkan di tabel berikut.

Jenis Kendaraan: Deliveree & Borzo

Jenis KendaraanDeliveree Borzo
Motor
(20 kg)
Mobil/MPV
(350 kg)
Van
(720 kg)
Mobil Pickup
(1.000 kg)
Mobil Box
(1.000 kg)
Engkel
(2,2 ton)
Double Engkel
(4 ton)
Double Engkel Long
(5 ton)
Fuso Berat
(8 ton)
Tronton
(18 ton)

.

Informasi jenis kendaraan di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi mereka pada saat artikel ini ditulis, Mei 2022. Informasi dapat berubah sehingga kami sarankan Anda untuk menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Area Layanan (Pemenang: Borzo🏆)

Area layanan yang dimaksud pada artikel ini adalah tempat penjemputan dan tujuan pesanan. Semakin luas area layanan, semakin besar peluang Anda untuk mendapat pesanan dan pendapatan lebih. Area layanan Deliveree mencakup seluruh Jawa dan sebagian Sumatra. Berdasarkan informasi dari website Borzo, saat ini Borzo beroperasi hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Area Layanan Penjemputan & Tujuan: Deliveree & Borzo

Deliveree Borzo
Seluruh JawaSeluruh Jawa
Sebagian SumatraBali
Kota besar di Sumatra.
Kota besar di Kalimantan.
Kota besar di Sulawesi.

.
Informasi area layanan di atas didapat dari situs web dan/atau aplikasi mereka pada saat artikel ini ditulis, Mei 2022. Informasi dapat berubah sehingga kami sarankan Anda untuk menghubungi langsung perusahaan terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.

Syarat Pendaftaran (Pemenang: Seri)

Langkah terakhir sebelum pendaftaran adalah persiapkan syarat-syarat pendaftaran. Syarat pendaftaran Borzo & Deliveree disajikan pada tabel di bawah. Jika dilihat, syarat yang diberikan kedua perusahaan tidaklah sulit dan merupakan persyaratan standar.

Syarat Pendaftaran: Deliveree & Borzo

 

Persyaratan DelivereePersyaratan Borzo
Smartphone + koneksi internetSmartphone + koneksi internet
KTPKTP
SIM & KKSIM
SKCK aktifJaminan: KK/BPKB atau bayar Rp 150rb
Deposit (Rp 135rb untuk semua jenis kendaraan)Deposit (Motor Rp 50rb; mobil Rp 100rb; truk kecil Rp 200rb)

Langkah Pendaftaran (Pemenang: Seri)

Langkah daftar Borzo driver dan Deliveree sangat sederhana dan mudah diikuti. Secara umum tidak banyak perbedaan langkah pendaftaran di kedua aplikasi tersebut. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi driver di ponsel Anda, isi formulir pendaftaran, lakukan training, bayar deposit dan tunggu verifikasi.

Langkah Pendaftaran: Deliveree & Borzo

Daftar DelivereeDaftar Borzo
1. Unduh aplikasi Deliveree Driver1. Unduh aplikasi Borzo Delivery Partner
2. Isi formulir2. Isi formulir
3. Training (online / offline)3. Training (online / offline)
4. Bayar deposit dan verifikasi4. Bayar deposit dan verifikasi

.
Training
Deliveree dan Borzo dapat dilakukan secara offline dengan mengunjungi kantor mereka ataupun online di aplikasi Anda. Tahap selanjutnya adalah proses verifikasi. Tim Deliveree akan menghubungi Anda setelah 1-2 hari kerja sedangkan Borzo akan menghubungi Anda dalam 7-14 hari kerja. Setelah akun Anda aktif, Anda dapat segera mengambil pemesanan untuk mendapatkan uang.

Artikel dan perbandingan ini diteliti, diuji, dan ditulis pada Mei 2022 menggunakan informasi yang tersedia saat itu dari informasi yang tersedia seperti testimoni driver di internet, laman publikasi logistik, situs perusahaan, media sosial perusahaan, pusat customer service, dan aplikasi (jika tersedia). Untuk informasi terbaru mengenai armada, area layanan, penghasilan, keuntungan dan detail lainnya mengenai masing-masing perusahaan, kami sarankan pembaca untuk menghubungi perusahaan secara langsung.

Apa yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya?

Jika Anda telah berhasil sampai ke akhir artikel kami, Anda pasti sudah memiliki jawaban atas pertanyaan “Apakah yang lebih besar benar-benar lebih baik?” dan bahkan platform mana yang Anda akan Anda pilih. Untuk memulai dengan salah satunya, ikuti langkah berikut:
Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan Deliveree, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Driver Deliveree dari Playstore.
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran mereka.
  3. Pelajari dan ikuti online training mereka.
  4. Ikuti langkah selanjutnya dan akun Anda akan aktif dalam 1-2 hari.

Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan Borzo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Borzo Delivery Partner dari Playstore.
  2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran mereka.
  3. Pelajari dan ikuti online training mereka.
  4. Ikuti langkah selanjutnya dan akun Anda akan aktif dalam 7-14 hari.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara daftar Borzo driver & Deliveree?

Pertama, Anda perlu unduh aplikasi untuk daftar Borzo driver. Setelah itu isi formulir, lakukan training, bayar deposit dan tunggu untuk aktivasi. Langkah daftar Deliveree sama mudahnya dan mereka juga menyediakan lebih banyak keuntungan untuk driver. Baca artikel kami untuk mengetahui perbandingan antara apa yang Borzo & Deliveree tawarkan kepada driver, serta langkah pendaftarannya.

Berapa banyak pendapatan saya jika daftar Borzo driver vs Deliveree?

Pendapatan Anda akan bergantung pada jenis kendaraan, area dan jumlah pesanan yang Anda ambil. Menurut testimoni driver yang tim kami temukan, daftar Borzo driver dapat menghasilkan hingga 3 juta per bulan. Deliveree, yang merupakan kompetitor lebih besar daripada Borzo, menawarkan pendapatan driver yang lebih tinggi hingga 12 juta per bulan. Anda dapat mengecek pendapatan Anda secara langsung menggunakan fitur kalkulator pendapatan yang ada di website mereka.

Siapa yang bisa daftar Borzo driver & Deliveree?

Baik driver individu maupun perusahaan truk dapat bergabung di Borzo & Deliveree. Sebelum daftar Borzo driver atau Deliveree, pastikan jenis armada Anda diterima di platform mereka. Borzo hanya menerima motor, mobil, pickup, pickup box, dan CDE. Untuk driver dan perusahaan truk besar, Deliveree adalah pilihan yang lebih tepat karena mereka menerima semua jenis kendaraan mulai dari motor, mobil, truk kecil, truk sedang hingga truk besar. Baca artikel kami untuk membandingkan jenis kendaraan di kedua platform.


ARTIKEL TERKAIT

  1. 2 Ribu Peserta Banjiri Skema Pelatihan Pengemudi HGV Inggris
  2. Bisakah Otonomi Mengatasi Kekurangan Pengemudi dengan Aman?
  3. Peningkatan Gaji Tidak Menyelesaikan Kekurangan Pengemudi