Your browser does not support JavaScript!

Cara Meningkatkan Manajemen Rantai Pasokan Usaha Kecil

Penulis Andi Saputra - Diperbarui pada July 12, 2021

Meningkatkan Manajemen Rantai Pasokan

Anda pasti mencari cara untuk meningkatkan keuntungan Anda sebagai pemilik usaha kecil. Meningkatkan rantai pasokan Anda adalah salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin meningkatkan jumlah uang yang dihasilkan perusahaan Anda. Untuk membantu Anda, kami telah menyusun daftar enam teknik untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan di perusahaan Anda.

Sebelum kita masuk ke metode yang tepat Anda dapat meningkatkan rantai pasokan Anda, penting untuk diingat bahwa memperluas pemahaman Anda tentang manajemen rantai pasokan, meninjau pemasok Anda, dan tetap mengikuti perkembangan industri semua akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi rantai pasokan.

1. Buatlah Metode Pengadaan yang Efektif

Untuk mengembangkan rencana pengadaan yang sukses, Anda harus terlebih dahulu memahami posisi pasar perusahaan Anda. Untuk mengembangkan rencana yang sesuai untuk perusahaan Anda, Anda perlu meneliti produk Anda dan kemungkinan prospek pasar.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Logistik: Pilihan Editor

Anda harus mempertimbangkan jenis bisnis yang Anda miliki dan bagaimana hal itu akan memengaruhi penyedia yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda adalah penyedia berbiaya rendah, biaya akan menjadi faktor paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih penyedia. Proses evaluasi biaya pemasok akan terus berlanjut.

Contoh lain adalah jika perusahaan Anda berfokus pada pengembangan hubungan klien yang baik, Anda harus memilih strategi yang memprioritaskan layanan pelanggan daripada biaya saat memilih pemasok. Tujuannya adalah untuk menemukan penyedia yang berorientasi pada layanan dan mampu memenuhi kebutuhan spesifik klien Anda.

Saat mengevaluasi posisi pasar Anda, perusahaan Anda mungkin memiliki beberapa faktor tambahan untuk dipertimbangkan, seperti apakah Anda sedang terburu-buru meluncurkan produk baru ke pasar atau jika Anda adalah spesialis penyedia produk. Anda akan dapat menemukan pemasok yang tepat jika Anda tahu posisi Anda di pasar. Setelah Anda menemukan pemasok yang tepat, menjaga hubungan tersebut sangat penting untuk memperkuat manajemen rantai pasokan perusahaan Anda.

2. Mengembangkan Hubungan Pemasok yang Sangat Baik

Strategi manajemen rantai pasokan yang efisien dibangun di atas kekuatan pemasok utama Anda. Memastikan bahwa pemasok Anda berbagi nilai bisnis Anda adalah metode sederhana untuk memastikan bahwa Anda memiliki hubungan yang kuat dengan mereka.

Bekerja dengan direktori khusus industri, asosiasi perdagangan, dan majalah profesional sambil mencari pemasok yang sesuai. Ini akan menghubungkan Anda dengan vendor berorientasi bisnis yang lebih mungkin untuk berbagi keyakinan Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda harus dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan pemasok Anda terlepas dari seberapa kecil perusahaan Anda. Pemasok biasanya membagi pelanggan mereka ke dalam segmen berdasarkan ukuran, pasar, dan potensi penjualan mereka, membantu mereka mempertahankan hubungan positif dengan perusahaan tempat mereka berbisnis. Anda juga akan menemukan bahwa banyak pemasok itu sendiri adalah perusahaan kecil. Ini memberikan kesempatan untuk maju bersama mereka.

Setelah Anda mulai bekerja dengan pemasok Anda, salah satu aspek terpenting dalam menjaga hubungan adalah mengevaluasi seberapa bermanfaat kemitraan tersebut secara teratur. Untuk mengevaluasi kinerja pemasok Anda, Anda perlu menggunakan ukuran data tertentu.

3. Mengelola Kinerja Pemasok

Anda harus mengidentifikasi indikator kinerja utama (KPI) seperti pengiriman tepat waktu dan kualitas saat mengevaluasi kinerja vendor Anda. Menetapkan KPI dan memantau kinerja dapat membantu Anda dalam mengevaluasi efisiensi rantai pasokan dan menentukan bagaimana hal itu dapat ditingkatkan.

Baca juga: CKB Logistik & Deliveree Trucking (Pembahasan)

Anda harus membuat spreadsheet untuk melacak dan menganalisis tren setelah Anda menentukan KPI. Dari sana, Anda dapat terus memperluas dan meningkatkan rantai pasokan. Memberikan informasi ini kepada pemasok Anda dapat membantu membangun hubungan bisnis Anda dengan menawarkan Anda negosiasi leverage dan membantu pemasok Anda dalam meningkatkan operasi mereka. Diskusi dan analisis ini dapat membantu dalam peningkatan kinerja secara keseluruhan dan pengurangan biaya.

Faktor risiko akan menjadi indikator penting untuk dilacak ketika Anda membangun berbagai ukuran kinerja. Untuk bersiap menghadapi bahaya apa pun, Anda harus memiliki strategi manajemen risiko yang baik.

4. Gunakan Rencana Manajemen Risiko 

Risiko adalah komponen yang tak terhindarkan dalam menjalankan bisnis, dan usaha kecil sangat rentan karena kurangnya sumber daya keuangan dan leverage. Mengembangkan strategi manajemen risiko yang komprehensif akan sangat membantu mengurangi risiko rantai pasokan. Anda harus melihat produk penting dan solusi potensial untuk setiap gangguan pasokan dalam strategi Anda.

Anda harus mengidentifikasi pemasok yang penting bagi rantai pasokan Anda untuk menjamin bahwa Anda dapat memastikan kontinuitas pasokan. Anda juga harus menanyakan tentang strategi mitigasi risiko pemasok Anda dan memasukkannya ke dalam strategi Anda.

Anda dapat melihat lebih banyak peluang saat mendiskusikan potensi bahaya dengan pemasok Anda. Perencanaan permintaan adalah pendekatan yang bagus untuk melihat peluang dan ancaman.

5. Manfaatkan Perencanaan Permintaan dengan Lebih Baik

Perencanaan permintaan akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi rantai pasokan Anda selama interaksi Anda dengan pemasok Anda. Ketika sebuah perusahaan menganalisis data permintaan historis untuk memperkirakan permintaan masa depan, ini dikenal sebagai perencanaan permintaan. Jika Anda tahu bahwa kacamata hitam terjual lebih baik pada bulan September, misalnya, Anda dapat menggunakan perencanaan permintaan untuk terlibat dengan mitra rantai pasokan Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup kacamata hitam pada bulan September untuk memenuhi permintaan.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan strategi rantai pasokan Anda dengan strategi bisnis Anda secara keseluruhan setelah Anda menyelesaikan strategi manajemen rantai pasokan Anda, yang mencakup perencanaan permintaan, pemasok utama, potensi risiko, dan indikator penting.

6. Kembangkan dan Terapkan Rencana Rantai Pasokan yang Selaras dengan Strategi Bisnis

Mengintegrasikan rantai pasokan Anda dan strategi bisnis secara keseluruhan akan membantu Anda meningkatkan efisiensi bisnis dan rantai pasokan Anda. Anda harus meneliti pemasok potensial, mengatur pelacakan kinerja, dan memasukkan langkah-langkah manajemen risiko saat mengembangkan strategi ini. Strategi rantai pasokan yang solid harus sejalan dengan maksud dan tujuan perusahaan Anda.

Ini akan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan komersial Anda. Meluangkan waktu untuk menyusun strategi Anda akan sangat bermanfaat.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Pertahankan peningkatan manajemen rantai pasokan Anda. Sebagai perusahaan kecil, Anda dapat meningkatkan manajemen rantai pasokan Anda dengan mengikuti enam langkah yang diuraikan di atas. Namun, sangat penting untuk tidak merasa nyaman dan selalu mencari cara untuk meningkatkan. Cari kelas yang dapat membantu Anda meningkatkan keahlian, mengikuti tren, dan melihat apakah ada metode lain untuk meningkatkan rantai pasokan Anda.

Optimalisasi rantai pasokan akan sangat membantu pertumbuhan perusahaan Anda. Pastikan untuk mencari cara untuk meningkatkan rantai pasokan Anda di setiap kesempatan. Semoga daftar ini akan menjadi titik awal yang solid untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis kecil Anda.