Cara Mengatur & Mengoptimalkan Operasi Gudang dengan Efisien

By Pandu Saputra - MTIgSnVuaSwgMjAyMQ==

Cara Mengatur Mengoptimalkan Operasi Gudang dengan Efisien

Jika Anda menjalankan perusahaan yang mengandalkan operasi gudang, Anda tahu betapa pentingnya menjaganya agar tetap berjalan dengan lancar. Efektivitas keseluruhan perusahaan Anda dapat dirugikan jika gudang Anda tidak terorganisir dan tanggung jawab serta peran tidak didefinisikan dengan jelas, dengan langkah-langkah yang tepat.

Oleh karena itu, administrasi gudang Anda harus ditetapkan dengan baik untuk merampingkan operasi perusahaan dan meningkatkan produksi. Mengingat Anda memiliki jadwal dan strategi yang jelas tentang cara menangani semua operasi gudang, gudang yang terorganisir dengan baik akan membantu organisasi Anda dalam hal memaksimalkan ruang penyimpanan dan mengoptimalkan waktu.

Ada beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan derajat manajemen yang akan berhasil mendukung bisnis. Dari perencanaan penyimpanan, pelabelan, orang-orang yang kompeten dan berkualitas, hingga mengadopsi prosedur yang berkelanjutan dan menyediakan alat dan mesin yang diperlukan, manajemen gudang terdiri dari strategi yang terencana dengan baik dan dasar yang kuat.

Merencanakan dan Mengatur Area Gudang

Ketika ruang penyimpanan tertata dengan baik, gudang dapat berjalan dengan lancar. Staf Anda akan dapat berhasil melakukan aktivitas sehari-hari mereka, seperti bongkar muat dan stok barang, jika Anda memberikan rencana yang jelas tentang bagaimana mengatur ruang berdasarkan jenis dan kuantitas produk. Selain itu, pelabelan stok sangat penting karena memungkinkan Anda untuk menyimpan inventaris terperinci dari semua produk Anda dan posisinya saat ini. Ketika Anda perlu menyediakan barang dengan cepat dan menghemat waktu, ini cukup berguna karena memungkinkan Anda untuk segera menemukan stok yang sesuai. SKU, atau unit penyimpanan stok, adalah nomor pelabelan unik yang berguna yang ditetapkan untuk setiap produk untuk membantu identifikasi.

Ketika datang untuk merencanakan dan mengatur ruang gudang Anda, sangat penting untuk mengantisipasi musim yang lebih sibuk. Akibatnya, menentukan tempat tertentu sebelumnya ketika hal ini terjadi mungkin akan menghemat banyak waktu Anda. Ini mencegah Anda menjadi kewalahan dengan stok dan mencoba mengaturnya di tempat. Jadi, saat musim sulit mendekat, Anda harus mulai merencanakan dan menata ulang gudang untuk menampung semua inventaris yang masuk.

Pentingnya Mengelola Sampah

Saat menjalankan gudang, Anda tidak bisa menghindari menghasilkan banyak sampah, baik itu kertas, kemasan plastik, atau karton. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berinvestasi dalam memastikan pembuangan jangka panjang dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang ini. Ganti dengan alternatif daur ulang atau biodegradable bila memungkinkan.

Setiap perusahaan, dalam keadaan apa pun, harus memiliki tujuan bersama untuk menerapkan operasi yang lebih hijau dan membangun budaya ramah lingkungan ke dalam organisasi selama periode ini ketika lingkungan sangat membutuhkan kegiatan yang lebih berkelanjutan. Hanya dengan cara ini dampak buruk terhadap lingkungan dapat dikurangi. Akibatnya, bisnis dapat menggunakan pengumpul dan pemadat sampah gudang yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pusat distribusi. Mesin ini tersedia dalam berbagai ukuran, jadi apakah Anda memiliki gudang kecil atau besar, ada solusi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Akibatnya, dengan begitu banyak pilihan daur ulang yang tersedia saat ini, Anda dapat memasukkan proses ini ke dalam manajemen gudang Anda dan menjadikan keberlanjutan sebagai prioritas.

Jadikan Pelatihan Karyawan sebagai Prioritas

Karyawan adalah jantung dari organisasi mana pun karena mereka adalah orang-orang yang dapat Anda andalkan untuk mendorong perusahaan maju. Akibatnya, sangat penting bahwa mereka dilatih dengan baik. Dengan demikian, Anda memastikan bahwa proses bisnis dilakukan secara efisien. Selain itu, dengan sering melatih personel Anda, Anda memungkinkan mereka untuk maju secara profesional dan mencapai kesetaraan dalam hal keterampilan dan kecepatan bisnis. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa setiap orang bekerja menuju tujuan yang sama dan terdorong untuk menyelesaikan tugas mereka dan menghasilkan ide-ide baru.

Selain itu, pelatihan bahkan lebih penting bagi staf gudang. Pekerja harus menggunakan mesin yang memfasilitasi dan meningkatkan produktivitas dalam pengaturan ini, seperti forklift atau jack palet. Jadi, selain pelatihan teori, lokakarya praktis sangat penting bagi pekerja gudang untuk mengenal mesin. Untuk menjaga produktivitas dan memenuhi permintaan, alat dan mesin baru harus dibeli setiap saat, yang memerlukan lebih banyak pelatihan. Karyawan yang telah dilatih secara memadai memastikan bahwa operasi gudang berjalan dengan lancar. Selain itu, pendekatan inventaris baru berdasarkan alat atau aplikasi digital mungkin sangat berguna untuk manajemen gudang. Akibatnya, agar gudang dapat beroperasi secara efektif dan efisien, karyawan Anda harus terlatih dan berpengetahuan, yang hanya dapat dicapai melalui pelatihan yang sering.

Menyediakan Peralatan dan Perlengkapan yang Diperlukan

Bekerja di gudang memerlukan kepatuhan yang ketat terhadap peraturan kesehatan dan keselamatan. Lingkungan mengandung beberapa bahaya. Mengingat rak gudang mencapai ketinggian yang sangat tinggi, kecelakaan dapat terjadi jika peralatan, peralatan, dan pelatihan yang sesuai tidak disediakan.

Akibatnya, mematuhi peraturan keselamatan sangat penting. Selain memiliki alat dan mesin yang diperlukan dalam keadaan baik, Anda juga harus menyediakan alat pelindung diri, atau APD. Topi keras, sepatu bot pengaman berujung baja, dan pakaian dengan visibilitas tinggi adalah contohnya. Protokol keselamatan harus diikuti, terutama di lingkungan berisiko tinggi. Selain itu, memastikan bahwa staf Anda dirawat dengan baik akan membuat mereka merasa dihargai dan membangun kepercayaan mereka kepada Anda sebagai pemberi kerja. Akibatnya, produktivitas dan operasi gudang secara keseluruhan akan meningkat jika staf sangat terlibat dan memiliki lingkungan kerja yang aman.

Memanfaatkan Teknologi

Berinvestasi dalam teknologi vital adalah langkah yang tepat ke arah yang benar untuk mencapai tujuan bisnis Anda dan mendukung pertumbuhan. Beberapa contoh teknologi yang dapat membantu operasional gudang adalah sistem digital yang menyederhanakan manajemen inventaris, otomatisasi untuk SKU, seperti barcode yang dapat dipindai atau alat pengumpulan data. Selain itu, teknologi dapat membantu manajer dan pengusaha dalam menjaga semua kegiatan terorganisir dan berkembang.