Your browser does not support JavaScript!

Borzo ID vs Deliveree: Pilihan Pintar Bisnis Kecil 2022

By Cat Dewinta - 15 Des, 2022

Borzo ID

Dalam berbagai jajak pendapat dan survei peringkat, bisnis kecil telah memilih Borzo dan Deliveree sebagai salah satu kurir favorit mereka. Tetapi layanan mana yang terbaik untuk Anda ataupun bisnis Anda? Bagaimana perbandingan harga dan layanan Borzo ID dan Deliveree? Tim redaksi kami mencermati dua layanan kurir yang sangat disukai ini. Kami membandingkan Borzo MrSpeedy dan Deliveree untuk Anda secara berdampingan sesuai dengan kriteria berikut:

1. Harga Rendah
2. Apa yang Termasuk?
3. Detail Layanan dan Armada
4. Kemudahan Pemesanan
5. Kualitas Aplikasi dan API

Harga Rendah

Kita semua tahu betapa pentingnya harga rendah bagi Anda dan bisnis Anda! Jadi mari kita mulai perbandingan kita dengan menunjukkan perbandingan harga Borzo dengan Deliveree untuk rute Jakarta ke Bekasi yang selalu populer. Untuk perbandingan ini, kami memilih menggunakan van dan truk box kecil.

Harga Kirim Jakarta-Bekasi (24 km) dan Jakarta-Bekasi-Bogor (95 km)

RuteKendaraanDeliveree 🏆Borzo
JKT - BKSVanRp185 rbRp201 rb
JKT - BKSSmall BoxRp248 rbRp253 rb
JKT - BKS - BGRVanRp470 rbRp503 rb
JKT - BKS - BGRSmall BoxRp552 rbRp621 rb

Deliveree lebih murah dalam semua hal di atas. Selisih harga terbesar adalah pemesanan multi tujuan dari Jakarta ke Bekasi dan kemudian berakhir di Bogor. Dalam hal ini, harga Deliveree 11% lebih murah daripada Borzo.

Apa yang Telah Termasuk?

Selain harga murah, Anda juga harus mengetahui layanan apa saja yang termasuk dalam harga tersebut. Pertimbangkan apakah hal-hal seperti bahan bakar, tenaga kerja, tol, parkir, dan asuransi disertakan atau tidak. Lihat di bawah untuk perbandingan langsung kami dari dua penyedia dari harga yang disebutkan sebelumnya.

Inklusi Layanan

LayananDeliveree 🏆Borzo
PengemudiTermasukTermasuk
Bahan BakarTermasukTermasuk
Bongkar - MuatTermasukTermasuk
TolTermasukTermasuk
Biaya ParkirTermasukTermasuk
Asuransi KargoHingga Rp 7 jt (Van) & Rp 10 jt (Small Box)Rp 100 rb (lebih dari ini ada biaya ekstra)
Pelacakan LangsungTersediaTersedia
InvoiceTersedia untuk Akun BisinsTersedia untuk Klien Bisnis

Dalam hal layanan inklusif, keduanya bersaing dengan ketat. Namun, asuransi kargo gratis Deliveree jauh lebih tinggi. Deliveree menawarkan Rp 10 juta pertanggungan gratis untuk kendaraan truk box kecil dan Rp 7 juta pertanggungan gratis untuk van-nya. Sebagai perbandingan, pengiriman Borzo ID hanya menawarkan Rp 100.000 pertanggungan asuransi flat untuk kedua kendaraannya. Untuk bisnis kecil yang mencari perlindungan asuransi kargo tambahan tanpa membayar ekstra, Deliveree mungkin merupakan pilihan yang lebih pintar.

Detail Layanan dan Armada

Ada beberapa perbedaan mencolok antara layanan utama yang ditawarkan setiap perusahaan pengiriman pintar ini. Deliveree memiliki dua layanan utama: Pesan seluruh kendaraan atau kirim hanya muatan. Sementara Borzo ID memungkinkan Anda untuk hanya memesan seluruh kendaraan.

Rincian Layanan

DetailDelivereeBorzo ID
LayananAntar Kota, Intra Kota, Multi TujuanIntra Kota, Multi Tujuan
Tipe LayananPesan seluruh kendaraan atau kirim muatan sajaPesan seluruh kendaraan
Area LayananSeluruh Jawa, Sebagian SumatraJabodetabek, Bali, kota-kota besar di Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra
Jumlah Armada40,000+10,000+
Program BisnisTersediaTersedia
Metode Cek HargaAplikasi Seluler, WebsiteAplikasi Seluler, Website
Metode BookingApplikasi Seluler dan WebsiteApplikasi Seluler, Website, dan CS
CS24/706:00 - 21:30
Metode PelacakanWebsite, Aplikasi SelulerWebsite, Aplikasi Seluler

Perbedaan utama antara profil layanan kedua jasa kirim pintar ini adalah pilihan layanan muatan saja milik Deliveree. Setelah beberapa penelitian tambahan, kami mengetahui bahwa Deliveree menawarkan layanan muatan saja sebagai layanan muatan bersama di mana mereka mengangkut kiriman dari beberapa pelanggan ke dalam satu truk yang sama dan membagi biaya secara pro-rata di antara pelanggan tersebut untuk menghemat uang. Selain itu, wilayah layanan Deliveree adalah seluruh Jawa dan juga mencakup jalur utama dari Utara ke Selatan melalui Sumatera. Untuk bisnis yang ingin mengirim muatan daripada memesan seluruh kendaraan atau yang membutuhkan cakupan area layanan yang lebih luas, Deliveree mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Perbedaan terbesar antara keduanya menjadi jelas ketika Anda membandingkan truk dan jenis kendaraan yang tersedia secara berdampingan. Deliveree jelas memiliki lebih banyak pilihan kendaraan secara keseluruhan dan ini mencakup banyak pilihan truk yang lebih besar.

Perbandingan Armada

ArmadaDeliveree 🏆Borzo ID
Tronton Wingbox-
Tronton-
Fuso-
CDD Long-
CDD Bak-
CDD Box-
CDE Bak-
CDE Box
Small Box / Pick up
Van
City Car
Sepeda Motor

Kemudahan Pemesanan

Deliveree dan Borzo MrSpeedy keduanya dapat dikategorikan sebagai logistik pintar karena mereka mengoptimalkan penggunaan teknologi ke dalam layanan mereka. Salah satu contoh paling nyata adalah dalam proses pemesanan mereka. Keduanya telah membuat aplikasi khusus untuk memudahkan pelanggan mengakses layanan mereka.

Untuk Deliveree, semua pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui mobile app dan web app. Langkah-langkah untuk memesan sangat sederhana, Anda hanya perlu menambahkan waktu, lokasi penjemputan dan pengantaran, jenis kendaraan (untuk menyewa seluruh kendaraan) atau berat muatan (untuk layanan kirim muatan saja), menambahkan layanan tambahan (jika diperlukan), dan konfirmasi pemesanan Anda. Jika Anda mendaftar untuk program Akun Bisnis mereka, akan ada dasbor khusus tempat Anda dapat melakukan ‘pemesanan batch‘ di mana Anda dapat memesan beberapa pengiriman yang berbeda ke berbagai tujuan dalam sekaligus. Kami menganggap ini sebagai pilihan pintar dan fitur yang berguna untuk bisnis kecil karena mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memesan kurir dan hanya membutuhkan satu staf untuk melakukan proses dan pemantauan. Ada juga pilihan untuk mengintegrasikan dengan API mereka untuk pemilik bisnis toko online sehingga pelanggan dapat memesan layanan kurir itu sendiri.

Sedangkan untuk Borzo ID, pemesanan dapat dilakukan melalui mobile app, website, dan menghubungi CS mereka. Proses pemesanannya mirip dengan Deliveree, di mana Anda hanya perlu memasukkan waktu, kendaraan, alamat penjemputan dan pengantaran, info kontak, jenis kargo, asuransi, dan metode pembayaran. Mereka juga memiliki integrasi API sebagai pilihan pemesanan layanan mereka. Sayangnya, kami tidak dapat menemukan informasi tentang ketersediaan fitur pemesanan batch seperti yang dimiliki Deliveree.

Kualitas Aplikasi dan Pilihan API

Aplikasi merupakan bagian integral dari dua layanan kurir pintar ini, terutama untuk pelanggan reguler mereka. Di dalam aplikasi, pelanggan dapat memesan layanan, melihat riwayat pemesanan mereka, melacak pengiriman secara langsung, dan berkomunikasi dengan CS maupun pengemudi. Dalam kategori perbandingan aplikasi pengiriman Borzo MrSpeedy dan Deliveree, kita dapat menyimpulkan bahwa keduanya seri.

Komparasi Kualitas Aplikasi

DetailDelivereeBorzo
KetersediaanAndroid, Apple, WebAndroid, Apple, Huawei
StatusBerfungsiBerfungsi
Total Unduh1,000,000+1,000,000+
Kemudahan Penggunaan★★★★★★
Kecepatan dan Performa★★★★★★
Rata-Rata Nilai Ulasan4.8 ★4.8 ★

Untuk pelanggan bisnis, kedua jasa kurir pintar ini memiliki pilihan untuk mengintegrasikan situs atau toko online Anda dengan API mereka. Hal ini memudahkan pemilik toko untuk mengotomatiskan pengiriman mereka atau membiarkan pelanggan melakukan pemesanan sendiri. Berikut adalah perbandingan dari penawaran integrasi keduanya:

Pilihan Integrasi API

DetailDeliveree 🏆Borzo
KeuntunganPesanan & pengiriman otomatis, Optimalkan rute, Dasbor, StatistikPelanggan konfirmasi pengiriman, Kelola harga dan permintaan
PlatformWooCommerce, Shopify, MagentoWooCommerce, Shopify, Opencart
Bantuan TeknisTersediaTersedia
Bahasa PemrogramanPHP, Ruby, C# (.Net & .Net Core), Java, Python, Javascript (Node JS)PHP
SDKTersediaTidak Tersedia

Selebihnya Tentang Deliveree

Deliveree adalah layanan logistik generasi berikutnya yang menyediakan pengiriman untuk muatan dengan berbagai jenis dan berat. Sejak pertama kali beroperasi di Indonesia pada tahun 2015, mereka telah menjadi pilihan logistik dan kurir untuk banyak bisnis dan individu. Mereka menyediakan dua layanan utama, yaitu layanan full truck load (menyewa seluruh truk) yang disebut “Pesan Kendaraan” dan less than truckload (hanya kirim muatan) yang disebut “Kirim Muatan”. Anda dapat segera menggunakan layanan mereka menggunakan aplikasi seluler dan web, untuk mengirimkan barang di hari yang sama atau menjadwalkannya selama berminggu-minggu ke depan dan pengemudi terdekat di sekitar Anda akan segera ditugaskan.

Selebihnya Tentang Borzo MrSpeedy

Borzo adalah platform pengiriman yang menyediakan pengiriman instan untuk satu area. Mereka dulu disebut sebagai MrSpeedy di Indonesia pada tahun 2017 dan mulai menggunakan namanya yang sekarang pada Oktober 2021. Mereka dapat memberikan pengiriman pada hari yang sama dengan menghubungkan Anda ke pengemudi terdekat. Sebagai platform pengiriman yang mengintegrasikan teknologi ke dalam layanan mereka, proses pemesanan dan pelacakan pengiriman Anda dapat dilakukan langsung di aplikasi mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang tidak termasuk dalam harga Borzo?

Harga standar Borzo tidak termasuk layanan bongkar muat, tol, dan parkir. Selain itu, ada biaya tambahan untuk tanggungan asuransi lebih dari standar Rp 100.000 yang gratis mereka beri. Artikel kami badingkan ini dengan Deliveree yang mencakup bongkar muat dalam harga dasarnya dan juga tawarkan lebih banyak asuransi kargo gratis. Kunjungi artikel kami untuk melihat perbandingan lengkapnya.

Apa perbedaan Borzo ID dengan Deliveree?

Borzo ID dan Deliveree punya banyak kesamaan sebagai jasa pengiriman populer di Indonesia. Dalam artikel kami, kami sorot perbedaan antara keduanya yang harus dipertimbangkan oleh bisnis saat memilih di antara mereka. Misal, area layanan Deliveree lebih besar dan armadanya mencakup truk berukuran sedang – besar. Ada juga perbedaan harga dan paket layanan yang perlu dipertimbangkan.

Penawaran spesial apa yang dimiliki Borzo MrSpeedy?

Penawaran spesial Borzo MrSpeedy untuk bisnis adalah opsi bayar via invoice dan integrasi API sehingga pelanggan Anda dapat pesan/konfirmasi pengiriman sendiri secara efisien. Artikel kami bandingkan ini dengan Deliveree yang juga punya tawaran khusus serupa untuk bisnis dengan perbedaan mencolok dalam fitur pemesanan batch yang mereka miliki. Baca artikel kami untuk lihat komparasi lengkapnya.


Artikel Terkait

  1. Logisly: Berkembang di Tengah Pandemi Sebagai Aplikasi Layanan Pengiriman Logistik
  2. Bisnis E-Niaga Mendorong Sektor Logistik
  3. Bisnis Kecil dalam Menghadapi Tantangan Logistik