Bagaimana 3PL Memperkuat Pengirim dengan LTL yang Stabil

By Pandu Saputra - MjUgSnVuaSwgMjAyMQ==

Bagaimana 3PL Memperkuat Pengirim dengan LTL yang Stabil

Selama lebih dari setahun, gangguan telah menjadi nama permainan karena operator terus menghadapi peningkatan permintaan untuk layanan mereka. Meningkatnya permintaan e-commerce dan basis konsumen yang ingin kembali normal telah mempengaruhi setiap operator dan moda, termasuk sektor transportasi LTL. Memahami bagaimana pasar LTL mempengaruhi pendekatan tradisional untuk manajemen transportasi LTL sangat penting bagi pengirim untuk menjaga efisiensi rantai pasokan.

Baca juga: Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Besar (Pilihan 2021)

Keadaan Pasar LTL Saat Ini

“13 bulan sebelumnya dari permintaan pengiriman yang terus meningkat dan kekurangan tenaga kerja yang meluas, rantai pasokan naik turun telah membawa sektor truk LTL, dan pengirim yang mengandalkannya untuk membawa kargo palet, ke titik balik,” menurut Journal Perdagangan.

Terlepas dari kenyataan bahwa COVID-19 memiliki dampak besar pada status industri LTL saat ini, kapasitas sudah ketat sebelum pandemi karena operator mengurangi armada mereka dan menangani kelangkaan pengemudi yang berkelanjutan. Pasar pengetatan adalah hasil dari sejumlah faktor:

  • Peningkatan pemenuhan e-commerce, termasuk business-to-business dan direct-to-consumer.
  • Baik di gudang maupun di transportasi, ada lebih sedikit sumber daya tenaga kerja yang tersedia untuk memenuhi permintaan yang meningkat.
  • Masalah kapasitas muatan truk dan parsel telah meluas ke sektor LTL, menghasilkan kekurangan kapasitas.
  • Penundaan di pelabuhan, pembatasan kargo pada kapal kontainer, dan kekurangan peralatan yang dapat diakses dan tenaga fasilitas pelabuhan merupakan faktor penyebabnya.
  • Konstruksi telah terhenti pada tahun lalu karena kekurangan real estat yang sesuai.
  • Kekurangan kapasitas yang tersedia di antara operator LTL diperburuk oleh kenaikan biaya bahan bakar dan ketidakpastian tentang pola cuaca.

Baca juga: Jasa Logistik Cargo Indonesia: Pengiriman Termurah (2021)

Bagaimana 3PL Membantu Pengirim Mengelola LTL?

Pengirim membutuhkan solusi untuk mengelola LTL karena volume dan tantangan kapasitas yang luar biasa, yang diproyeksikan akan berlanjut sepanjang tahun depan. LB membantu pengirim dalam mengatasi tantangan industri LTL dengan:

  • Jaringan besar operator pra-kualifikasi tersedia. Pengirim memiliki akses ke 120+ operator LTL nasional, regional, dan lokal, serta 55.000+ operator truk, berkat koneksi lama kami. Peta cakupan kami yang luas adalah hasil dari 30+ tahun koneksi operator dan daya beli kami yang diperoleh melalui pengaturan pengeluaran pengirim bersama.
  • Kekuatan jaringan LTL regional. Kami bermitra dengan operator besar nasional, tetapi kami juga memiliki jaringan yang lebih besar dari operator yang lebih kecil, memberikan lebih banyak alternatif kepada pengirim untuk mengamankan kapasitas di seluruh negeri.
  • Perencanaan berdasarkan data. Kami menggunakan data dari jaringan yang lebih besar untuk mengevaluasi tren variasi tarif dan kapasitas yang tersedia, serta menemukan peluang konsolidasi. Data memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mencocokkan sumber daya untuk pengiriman Anda di seluruh kode pos dan jalur pengiriman, memungkinkan Anda untuk menautkan pengiriman Anda dengan operator terbaik, dengan harga terbaik, dan dengan sumber daya yang tepat untuk eksekusi.
  • TMS adalah jenis teknologi. Berdasarkan persyaratan pengiriman dan pengiriman mereka, LB TMS memberi pengirim akses ke jaringan besar operator LTL, mode, dan pilihan pengiriman jarak tempuh terakhir. Pengirim dapat membandingkan opsi operator berdasarkan kriteria pengiriman, persyaratan peralatan khusus, dan faktor lain seperti rute, operator, tarif, dan waktu transit.
  • Konsultan untuk pengirim pilihan. Pengirim yang memberikan pengalaman yang lebih baik bagi operator dan membantu menciptakan operasi yang efisien dapat menuai keuntungan jangka panjang dalam bentuk tingkat layanan yang lebih besar, klaim yang lebih sedikit, dan harga yang lebih baik dalam iklim kapasitas saat ini. Kami membantu perusahaan menjadi “pengirim pilihan” dengan membantu mereka menemukan peluang konsolidasi, operasi dermaga yang efisien, dan jendela janji temu dan pengiriman yang fleksibel dengan merencanakan lebih jauh ke hulu. Kami dapat memberikan saran tentang cara mengemas barang sehingga lebih menarik bagi jaringan operator (stackable, dll.)
  • Layanan manajemen rantai pasokan. Melampaui perencanaan dan pemesanan pengiriman, LB melakukan analisis dan penilaian menyeluruh terhadap bisnis dan persyaratan Anda, kemudian mengembangkan solusi khusus menggunakan gabungan penyedia, layanan, dan teknologi untuk membantu Anda mengurangi volatilitas pasar, meningkatkan rasio pengisian, dan merespons dengan cepat perubahan permintaan pelanggan.

Baca juga: Jasa Angkut Barang Terdekat Via Cargo – Rekomendasi 2021