Your browser does not support JavaScript!

Apakah Masalah dari Seringnya Perawatan Overhead Sepadan?

By Pandu Saputra - July 23, 2021

Apakah Masalah dari Seringnya Perawatan Overhead Sepadan

Di banyak armada saat ini, menyetel katup overhead pada mesin diesel tugas berat adalah item perawatan rutin yang tidak diperhatikan. Perangkat keras yang menghubungkan camshaft ke katup dan beberapa injektor sangat tahan lama. Mesin biasanya tampaknya beroperasi dengan baik selama ratusan ribu mil tanpa menyesuaikan ulang overhead, dan rekomendasi pabrikan sangat bervariasi. Akibatnya, sebagian besar armada hanya melakukan penyesuaian kecil atau tidak sama sekali. Namun, beberapa operator telah menemukan bahwa truk dengan filter partikel diesel yang tersumbat merespons secara efektif terhadap perubahan yang sering terjadi.

Ploger Transportation mengubah biaya overhead pada semua traktornya setahun sekali, menurut Joel Morrow, chief technical officer, research and development, dan test driver. Selain itu, truk baru akan menjalani uji keseimbangan silinder. Jika keseimbangan daya mati dalam jumlah besar, penyesuaian overhead akan dilakukan pada mesin pengganti. Terlepas dari kenyataan bahwa baik Volvo dan Mack, merek yang paling banyak dikendalikan oleh Ploger, memerlukan perawatan yang lebih jarang, ini adalah pendekatan Ploger.

“Pengurangan getaran, peningkatan daya tarik, efisiensi bahan bakar lebih tinggi, dan emisi lebih rendah,” klaimnya. Menurutnya, penyesuaian yang sering membantu menjaga regen tetap rendah dan mengurangi kenaikan tekanan di seluruh DPF saat truk berjalan di antara pembersihan.

Direktur pengembangan produk Jacobs Manufacturing, Gabe Roberts, sependapat.

“Dalam hal menetapkan biaya overhead, tidak banyak orang yang memperhatikan emisi. Dengan pengaturan overhead yang sesuai, interval pembersihan DPF menjadi lebih lama dan regenerasi lebih jarang,” katanya, menambahkan bahwa pengaturan ulang overhead menjaga waktu kejadian katup di tempat yang seharusnya.

Beberapa armada besar, menurut Morrow, tidak pernah menyentuh overhead setelah memutar traktor baru mereka sebelum hidup mereka berakhir, bahkan setelah 600.000 mil.

Dia bersikeras, “Penyesuaian overhead yang buruk mempengaruhi keseimbangan silinder.” “Anda dapat mendengar perbedaan antara silinder saat berjalan dengan mesin yang sedang berjalan.”

Morrow mengakui bahwa para insinyur pabrik terbagi atas kebutuhan untuk menetapkan biaya overhead secara teratur.

“Mereka menolak ketika saya berbicara tentang seberapa sering kita menyesuaikan diri,” kata Morrow, tetapi dia mempertahankan bahwa pemeliharaan yang sulit terbayar pada akhirnya.

Sebelum dan sesudah koreksi, Ploger melakukan uji keseimbangan silinder. Teknisi mencatat seberapa ketat atau longgar setiap penyetelan. Ketidakseimbangan secara teratur menurun dari tertinggi 13% atau bahkan lebih tinggi ke posisi terendah 3% atau kurang.

Karena jutaan kali katup membentur jok selama umur mesin, penyetelan dapat mengencang jika dudukan klep surut ke kepala, menurut literatur Jacobs. Ini bahkan dapat menyebabkan katup menggantung sedikit terbuka, yang mengakibatkan hilangnya kompresi. Pengaturan yang luas dan kebisingan mungkin disebabkan oleh keausan pada rocker, camshaft, ujung katup, atau bagian lainnya.

Baca juga: Jasa Pengiriman Kargo Indonesia – Rental Truk

Rekomendasi Pabrik Berbeda

Pada mesin Cummins ISX dan X15, informasi servis merekomendasikan modifikasi awal pada jarak 500.000 mil.

Menurut Len Copeland, manajer pemasaran produk Detroit di Daimler Trucks North America, direkomendasikan pengaturan awal pada 100.000 mil, satu di 500.000, dan setelah itu direkomendasikan setiap 500.000 mil.

Menurut Magnus Gustafson, wakil presiden kualitas dan operasi aftermarket Volvo, penyesuaian awal harus dilakukan setelah satu tahun/150.000 mil, dan selanjutnya setiap 300.000 mil.

“Studi kami telah membuktikan bahwa penyesuaian 150.000 mil adalah periode optimal untuk melakukan penyesuaian setelah mesin rusak,” jawabnya ketika ditanya apakah ada manfaat dari penyesuaian yang lebih sering.

Manajer layanan armada regional Mack Trucks Tenggara, Phil Cary, membuat saran serupa.

“Setelah 150.000 mil pertama, Mack Trucks menyarankan untuk memodifikasi overhead pada mesin Mack MP7 dan MP8, dan kemudian setiap 300.000 mil,” katanya. “Untuk truk dengan jarak tempuh kecil, kami merekomendasikan untuk melakukan penyesuaian pertama pada 12 bulan, kemudian melakukan modifikasi setiap 24 bulan selama sisa umur truk.”

Ketika ditanya tentang implikasi potensial dari pengabaian di area ini, Gustafson dari Volvo mencatat bahwa tanda pertama pengabaian biasanya adalah penurunan penghematan bahan bakar, diikuti oleh peningkatan kebisingan di atas kepala. Mack’s Cary merasa bahwa mengikuti jadwal penyesuaian overhead yang disarankan sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan efisiensi dan kinerja bahan bakar.

“Penyetelan katup juga merupakan saat yang tepat untuk memeriksa kesehatan mesin secara keseluruhan dan memeriksa komponen lain dari keausan yang tidak wajar yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari,” jelasnya.

Baca juga: Ekspedisi Kobra Express & Deliveree: Layanan Terdekat

Prosedur yang Benar

Morrow menyarankan teknisi untuk mengambil beberapa tindakan.

“Luangkan waktu Anda dan kencangkan mur pengunci dengan lembut. Juga, sesuaikan jembatan,” sarannya, mengacu pada stud dan mur pengunci yang memastikan tekanan ke bawah merata pada dua katup yang dilayani oleh satu rocker.

“Jembatan katup harus terus disesuaikan,” Gustafson dari Volvo setuju, menambahkan, “Kami telah memperhatikan bahwa ini biasanya diabaikan.” Menyesuaikan injektor sesuai dengan metode yang benar juga harus diikuti.”

Selalu periksa buku pegangan perbaikan bengkel untuk pola dan standar torsi yang tepat, dan gunakan kunci torsi yang dikalibrasi, menurut Copeland Detroit. Karena ini adalah proses yang presisi, Mack’s Cary menekankan perlunya teknisi menerima pelatihan yang memadai. Rem Jake harus disetel sekaligus, menurut Roberts Jacobs, padahal remnya sendiri tidak memerlukan penyetelan hingga 1 juta kilometer. Jarak bebas dalam sistem rem Jake berubah ketika penyetelan katup diubah, sehingga harus dikembalikan ke toleransi dengan penyetelan rutin.

Ketika bagian terkait diganti, teknisi harus mengatur ulang biaya overhead, menurut Jack Legler, direktur teknis untuk Dewan Teknologi & Pemeliharaan Asosiasi Truk Amerika.

Karena tujuan pengurangan CO2 untuk tahun 2024 dan 2027 menantang pembuat mesin, segalanya mungkin menjadi lebih mudah di area ini. Roberts menggemakan percakapan berbisik di bisnis manufaktur tentang cara yang mungkin untuk menghilangkan persyaratan untuk koreksi overhead. Penyetel bulu mata hidraulik (HLA) telah digunakan di mobil penumpang selama bertahun-tahun. Tekanan oli diatur oleh katup periksa di dalam perangkat kecil dengan silinder dan pendorong yang menjaga katup tetap pada posisi nol sambil melakukan penyesuaian sederhana.

Menurut Roberts, teknologi seperti itu sebelumnya tidak diizinkan pada mesin diesel karena mesin diesel yang lebih tua cukup najis. HLA sensitif terhadap minyak, dan kecuali jika oli bersih, mereka akan menyumbat dan berhenti beroperasi. Namun, dia mengklaim bahwa semua kemajuan antara 2007 dan 2010, seperti peningkatan suspensi jelaga dalam oli, injektor yang lebih baik, dan filter yang lebih baik, berarti bahwa mesin diesel telah dibersihkan.

Rem Jake dan HLA juga tidak kompatibel, menurut Roberts. Meskipun Jake meningkatkan lash katup selama operasi, rangkaian katup tradisional mempertahankan penyesuaiannya. Ketika Jake digunakan, penyetel bulu mata hidraulik akan terlalu panjang, menyebabkan katup menggantung terbuka, mengakibatkan hilangnya kompresi dan kemungkinan katup rusak.

Jembatan titik tumpu dan jembatan pegas adalah dua jembatan teknologi baru yang ditemukan oleh Jacobs. Selama operasi Jake, ini mempertahankan ketegangan pada HLA, memastikan bahwa bulu mata tetap nol. HLA dapat digunakan dalam truk diesel seiring waktu, menurut Roberts, karena mereka mengurangi CO2, dan “setiap sedikit perbaikan akan diperlukan.” “Mereka akan menjaga cambuk dalam kondisi sempurna untuk kehidupan truk,” katanya.

Namun, menurut Copeland, Detroit Diesel tidak memiliki rencana untuk memasukkan penyetel bulu mata hidrolik di mesin tugas berat saat ini. Selain keruntuhan katup yang melayani HLA yang terbuka saat dimatikan karena tekanan pegas, yang menyebabkan ikatan katup yang sangat besar selama penyalaan, ada masalah lebih lanjut. Hal ini menyebabkan beban berat dan kebisingan sampai pengangkat diisi ulang dengan minyak, katanya.

Baca juga: Baraka Sarana Tama & Deliveree (Review Ekspedisi)