Your browser does not support JavaScript!

Apa itu fitur kredit pada Deliveree (Ulasan Lengkap)

By Dudek Muljana - February 23, 2023

Pengemudi Deliveree Sedang Transaksi Cashless

Apa itu fitur kredit pada Deliveree – Berbicara mengenai kredit sudah pasti erat kaitannya dengan pembayaran cashless atau pembayaran non-tunai, tentu di era digitalisasi saat ini, proses pembayaran elektronik yang dilakukan melalui platform digital, seperti kartu kredit, debit, aplikasi pembayaran, e-wallet, dan lain sebagainya menjadi suatu pilihan yang menarik karena orang-orang tidak perlu repot untuk pergi mengambil uang ke ATM, mengingat dalam proses pembayaran cashless, uang tidak lagi berwujud fisik, dan transaksi pembayaran dapat dilakukan secara online dengan cepat dan mudah.

Sehingga tidak mengejutkan apabila pembayaran cashless itu sendiri kini sudah menjadi opsi pembayaran yang cukup populer untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk pembayaran jasa transportasi umum, makanan, perbelanjaan, ataupun logistik. Ya, dalam bidang logistik atau pengiriman kargo, banyak orang yang kini lebih tertarik untuk menggunakan metode transaksi cashless, dan meskipun penyedia jasa logistik konvensional pada umumnya belum menyediakan opsi pembayaran cashless, namun beberapa penyedia jasa ekspedisi yang berbasis teknologi seperti Deliveree ternyata sudah menyediakan metode pembayaran cashless melalui apa yang mereka sebut sebagai fitur kredit. Menarik sekali bukan? Lantas pasti timbul banyak pertanyaan di pikiran Anda, seperti apa itu fitur kredit pada Deliveree? apa keuntungannya? dan bagaimana cara menggunakannya? Tidak perlu khawatir, karena tim Logisticsbid akan menjelaskan secara rinci mengenai fitur kredit pada Deliveree melalui artikel dibawah ini, silakan di simak.

Apa Itu Fitur Kredit Deliveree dan Keuntungannya?

Fitur kredit Deliveree pada dasarnya merupakan opsi pembayaran cashless yang secara resmi ditawarkan oleh Deliveree melalui aplikasi mereka. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Deliveree pada umumnya menggunakan tunai sebagai metode utama pembayaran mereka, yang mana kita sebagai pelanggan bisa memilih untuk melakukan pembayaran di awal pengiriman, atau di salah satu titik tujuan dalam pengiriman tersebut. Nah, melalui metode pembayaran kredit, Anda tidak perlu repot memilih kapan akan melakukan pembayaran, dan siapa yang akan menyerahkan pembayarannya, karena jika menggunakan saldo kredit, maka secara otomatis pembayaran akan dilakukan setelah pesanan terdeteksi selesai. Untuk cara mengisi saldo atau kredit Deliveree juga cukup mudah seperti halnya melakukan cek ongkir.

Tampilan Menu Top-up Kredit Deliveree

Anda hanya perlu ke menu utama > klik tombol garis 3 di pojok kiri atas layar Anda, atau tombol menu jika di web app > pilih opsi dompet > tambah dana. Selanjutnya, seperti yang terlihat pada gambar diatas, Anda bisa menambahkan saldo Anda melalui transfer online atau setoran bank tanpa ada biaya administrasi, ataupun menggunakan kartu debit dan kredit, namun sepertinya untuk opsi yang kedua sementara ini sedang tidak tersedia karena ada maintainance dari Deliveree.

Nah, jika sudah tau cara mengisi saldonya, tentu Anda juga semakin penasaran akan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh jika menggunakan kredit Deliveree sebagai metode pembayaran, oleh karena itu, tim kami telah merangkum secara ringkas mengenai 5 keuntungan yang dapat diperoleh melalui pembayaran cashless dengan kredit Deliveree:

  1. Kemudahan dalam melakukan pembayaran: Pembayaran melalui metode cashless via kredit Deliveree tentunya akan memudahkan Anda untuk membayar jasa logistik tanpa harus mengeluarkan uang tunai secara langsung dan tanpa perlu repot menghitung jumlah uangnya satu per satu, lupa bawa dompet? Tidak perlu khawatir lagi, tinggal isi saldo kredit Deliveree Anda secara online.
  2. Transaksi menjadi lebih aman: Pembayaran melalui saldo kredit Deliveree tentu dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kehilangan atau pencurian uang tunai, karena dalam metode pembayaran ini, uang tidak lagi berwujud fisik melainkan tersimpan secara aman pada virtual akun kalian masing-masing.
  3. Akurasi pembayaran: Melalui metode pembayaran via kredit Deliveree, sistem mereka akan secara otomatis memproses pembayaran secara akurat dan menghindari kesalahan pembayaran, penyedia jasa logistik yang berbasis teknologi seperti Deliveree umumnya memang sudah menerapkan penghitungan otomatis tersebut langsung dari aplikasi mereka, lain ceritanya dengan penyedia logistik konvensional yang mungkin masih mengharuskan pelanggan untuk mentransfer pembayaran secara manual.
  4. Riwayat pembayaran mudah dilacak: Melalui metode pembayaran ini, semua riwayat pembayaran Anda dapat dengan mudah dilacak dan direkam melalui sistem, sehingga memudahkan proses akuntansi dan administrasi. Di aplikasi Deliveree, Anda bisa mengecek menu dompet Anda dan mensortir riwayat keluar/masuk nya kredit pada dompet Anda bahkan dari riwayat tahun-tahun sebelumnya.
  5. Fleksibilitas: Banyaknya opsi top-up saldo kredit yang disediakan oleh Deliveree seperti kartu kredit, debit, virtual account, dan transfer bank tentu memberikan fleksibilitas dan keleluasaan kepada kita sebagai konsumen untuk memilih metode yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

Bagaimana? Anda kini sudah tau cara mengisi saldo kredit Deliveree, dan juga keuntungan dari menggunakan kredit tersebut, maka hal terakhir yang harus Anda ketahui tentu saja adalah cara menggunakan kredit Deliveree untuk membayarkan jasa pengemudi dari pesanan Anda, simak terus informasi dibawah ini ya.

Baca juga: Indah Express Terdekat vs Deliveree

Cara Menggunakan Fitur Kredit Deliveree

Jika Anda sudah melakukan top-up saldo kredit Deliveree pada akun Anda, maka selanjutnya Anda hanya perlu untuk membuat pesanan Anda, namun yang perlu diketahui adalah untuk menggunakan kredit, maka Anda harus mengaktifkan opsinya saat berada di langkah ke-3 dalam pembuatan pesanan pada aplikasi seperti pada tampilan dibawah ini:

Tampilan Langkah 3 Pemesanan untuk Aktifkan Kredit

Untuk mendapatkan tampilan pada aplikasi seperti yang terlihat diatas, caranya mudah sekali, Anda hanya perlu membuat pesanan Anda. Tentu saja, kami juga akan jabarkan cara singkatnya agar kalian benar-benar paham ya, terutama bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Deliveree.

  1. Pada menu awal di aplikasi Deliveree Anda, pilih tipe layanan Pesan Kendaraan (FTL).
  2. Selanjutnya pilih tipe armada yang ingin digunakan.
  3. Tentukan waktu atau hari penjemputan, dan masukan titik penjemputan serta destinasi atau tujuan pengiriman dan tekan selanjutnya untuk menuju langkah ke-2 pembuatan pesanan.
  4. Pada langkah ke-2, Anda hanya perlu aktifkan layanan tambahan yang Anda inginkan jika diperlukan. Kalau tidak ada, maka Anda bisa langsung menekan tombol selanjutnya untuk menuju ke laman konfirmasi atau langkah ke-3 pembuatan pesanan.
  5. Nah, disinilah Anda akan melihat rincian pesanan Anda sebelum di-submit ke sistem pencarian pengemudi Deliveree. Untuk mengaktifkan metode pembayaran kredit, Anda hanya perlu untuk mencentang kolom ‘Pakai Kredit’ yang terletak tepat dibawah rincian total biaya pesanan Anda. Nantinya sistem Deliveree akan secara otomatis menghitung selisih kredit yang Anda miliki dengan biaya pesanan Anda.
  6. Jika kredit Anda mencukupi untuk membayarkan seluruh biaya pesanan Anda, maka total rincian biayanya akan berubah menjadi angka 0 dan Anda akan menerima tampilan ‘Dibayar Dengan Kredit’
  7. Jika kredit Anda hanya cukup untuk membayarkan setengah atau sejumlah porsi dari keseluruhan biaya pesanan Anda, maka total rincian biayanya akan dikurangi sejumlah kredit yang Anda miliki dan sisanya masih akan harus dibayarkan menggunakan tunai.

Baca juga: IMS Logistics Indonesia vs Deliveree (Favorit Bisnis 2023)

Kesimpulan

Begitulah kurang lebih pemaparan kami terkait dengan apa itu fitur kredit pada aplikasi Deliveree. Singkatnya, fitur tersebut memberikan opsi kepada para pelanggan Deliveree untuk menggunakan metode pembayaran cashless secara resmi, dan bukan hanya sebatas cashless, melainkan fitur kredit Deliveree ini juga bertindak sebagai dompet kita di Deliveree, serupa dengan metode pembayaran dompet terkenal lainnya seperti Ovo, Gopay, dan lain sebagainya yang bisa kita tunaikan kembali isi saldonya jika berkenan. Cara top-up yang mudah, dan penggunaan nya yang sangat simple dan memberikan kemudahan lebih, mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda untuk beralih ke pembayaran cashless via kredit sebagai metode pembayaran Anda selama menggunakan Deliveree. Akhir kata, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca juga:

  1. Info Pendapatan Mitra Driver Deliveree (Terbaru)
  2. Cara Cepat Daftar Pengemudi Deliveree
  3. Cara Termudah Menghubungi Kurir Deliveree (Terbaru)
  4. Ketahui Soal Layanan Pesan Kendaraan Deliveree di Sini
Cek Ongkir Deliveree