Your browser does not support JavaScript!

Usaha dalam Sentralisasi Pemenuhan

By Pandu Saputra - September 03, 2021

Usaha dalam Sentralisasi Pemenuhan

Berkat sistem pemenuhan pesanan yang sangat otomatis dari TGW yang menempati peringkat sebagai salah satu proyek integrator sistem terbesar di dunia, perusahaan barang olahraga Puma sekarang dapat memenuhi pesanan untuk klien di seluruh Eropa dari satu lokasi.

Banyak perusahaan telah mengubah strategi pemenuhan mereka untuk mencari model omnichannel yang sempurna—kerangka kerja yang memungkinkan mereka memenuhi pesanan eceran, grosir, dan langsung ke konsumen secara efisien dari satu lokasi, semuanya pada waktu yang sama—karena hiperakselerasi aktivitas e-commerce dalam beberapa tahun terakhir. Ini bukan tugas yang mudah, tetapi Puma bangkit untuk kesempatan itu, mengkonsolidasikan kegiatan 22 pusat distribusi (DC) di seluruh Eropa menjadi satu lokasi yang melayani semua klien perusahaan di wilayah tersebut.

Chad Zollman, chief sales officer, Amerika Utara, untuk integrator sistem TGW, yang mengembangkan dan memasang sistem pemenuhan pesanan otomatis yang menggerakkan Geiselwind, Jerman, DC omnichannel baru Puma, menjelaskan, “Kunci [untuk proyek ini] adalah konsolidasi 20 -plus DC—konsolidasi beberapa saluran—menjadi satu DC di Eropa.” “Itu adalah masalah yang harus kami jawab, dan itulah tantangan [yang diberikan kepada] tim solusi. Itu adalah usaha besar dalam dirinya sendiri.”

Musim semi yang lalu, DC dengan luas hampir 700.000 kaki persegi ditayangkan. Ini dapat menangani hingga 74 juta item per tahun dalam pengiriman dan memiliki kemampuan untuk menangani volume variabel di ketiga saluran dengan pertumbuhan tinggi.

“Sulit bagi Puma untuk memperkirakan bagaimana pesanan individu akan rusak di antara saluran pada hari tertentu,” kata Maximilian Molkenthin, kepala logistik senior Grup Puma. “Otomasi tingkat tinggi oleh karena itu merupakan salah satu tujuan desain yang paling signifikan, memungkinkan kami untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan dalam struktur pesanan sambil mempertahankan kualitas yang baik secara konsisten.”

Inilah cara Puma dan TGW mengatasi dilema pemenuhan omnichannel saat ini.

Baca juga: Jasa Angkut Terdekat: Bisnis Logistik {Rekomendasi}

Untuk Fleksibilitas dan Kecepatan Otomatis

Puma memiliki jaringan distribusi terdesentralisasi sebelum memperkenalkan DC omnichannel-nya, dengan DC lokal yang berbeda untuk pesanan eceran/grosir dan langsung ke konsumen. Karena tingkat persediaan yang tinggi dan pengeluaran yang menyertainya, manajemen perusahaan mencari solusi yang dapat menangani pesanan B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) di satu lokasi terpusat. Strategi terpusat, pada dasarnya, akan merampingkan inventaris dan mengelola peningkatan biaya pemrosesan berbagai permintaan di banyak DC. Puma membutuhkan sistem yang dapat beradaptasi, cepat, dan otomatis untuk mencapai hal ini.

Teknologi pemenuhan pesanan barang-ke-orang FlashPick TGW untuk pemilihan satu bagian terletak di jantung DC. Pekerja dapat mengisi pesanan e-niaga dan eceran dalam proses yang sama karena sistemnya cukup fleksibel untuk memungkinkan mereka memenuhi pesanan terlepas dari format pesanan. Hal ini juga memungkinkan fasilitas untuk meningkatkan atau menurunkan dalam menanggapi perubahan volume. Geiselwind DC memiliki 27 stasiun pick yang dapat dihidupkan atau dimatikan berdasarkan volume pesanan yang melewati fasilitas tersebut.

Eksekutif Puma mencirikan FlashPick sebagai “pembangkit tenaga” solusi pemenuhan ujung ke ujung. Ini berisi gudang antar-jemput dengan lebih dari 700.000 tempat penyimpanan untuk sepatu, pakaian, dan aksesori fesyen, yang berukuran sembilan lapangan sepak bola. Ratusan angkutan secara otomatis mengeluarkan karton dari penyimpanan dan mengirimkannya ke stasiun penjemputan. Lebih dari 13 mil konveyor hemat energi digunakan dalam sistem untuk memastikan bahwa barang tiba di tempat tujuan dengan aman dan sesuai jadwal. Secara keseluruhan, pemrosesan pesanan memakan waktu sekitar 10 menit.

Mekanik solusi ujung ke ujung otomatis memungkinkan alur kerja yang lancar: Sistem antar-jemput secara otomatis memulihkan komoditas dan mengirimkannya ke stasiun kerja pengambilan manual. Operator selanjutnya menyortir barang-barang tersebut ke dalam karton atau tas jinjing untuk diproses lebih lanjut. Setelah pengambilan, komoditas dibawa kembali ke penyimpanan, sementara pesanan dikirim ke fasilitas pengiriman atau pengemasan. Pesanan dirutekan ke buffer antar-jemput untuk penyimpanan sementara atau diteruskan langsung ke truk menggunakan penyortir keluar. Robot pembuat palet membuat karton campuran di atas palet untuk pesanan eceran, dan penyangga antar-jemput terpasang padanya.

Baca juga: Transporter Umum Cargo Tracking, Ship, Handling (Favorit)

Meningkat dan Tumbuh

Menurut Zollman, proyek Puma menggambarkan tren menuju sistem pemenuhan pesanan yang lebih canggih dan berskala besar. Geiselwind DC Puma adalah salah satu instalasi FlashPick terbesar TGW, dengan 713.000 tempat penyimpanan dan kemampuan untuk memproses 18.000 totes per jam. Beberapa instalasi terbesar perusahaan berada di Amerika Serikat, termasuk fasilitas seluas 880.000 kaki persegi dengan sekitar 50 stasiun pengambilan di pengecer mode Urban Outfitters.

Fleksibilitas FlashPick adalah daya tarik utama untuk bisnis besar ini, menurut Zollman. Klien dapat memperluas dengan menambahkan kapasitas dalam peningkatan 3K setelah konfigurasi sistem tipikal memproses 6.000 totes per jam, yang disebut sebagai sistem “6K”. Modul pengambilan potongan robot juga dapat ditambahkan ke stasiun pengambilan.

“Selama tiga tahun terakhir, ukuran proyek kami semakin meningkat,” tambah Zollman. “Skala proyek Puma tidak luar biasa. Ini lebih khas dari apa yang kami lihat, dan itu karena kemampuan FlashPick untuk menskalakan ke ukuran apa pun. Solusinya dapat diterapkan pada model bisnis apa pun dan tidak terbatas pada persyaratan throughput apa pun.”

Menurut Zollman, proyek sebesar dan seluas ini akan segera menjadi norma dalam pemenuhan pesanan otomatis.

“Kelangkaan tenaga kerja, serta [tuntutan untuk] standar layanan yang lebih besar, peningkatan produktivitas, dan fleksibilitas saluran, memerlukan perencanaan jangka panjang. Ini berarti penganggaran yang tepat untuk solusi ujung-ke-ujung yang terintegrasi daripada peningkatan sistem individual atau “pulau otomatisasi”, seperti yang dia maksudkan. “Pada skala penuh, otomatisasi tidak hanya menempatkan kaki Anda di dalam air. Manfaat dari jenis inisiatif [pengembalian investasi yang lebih lama] ini selalu melebihi harapan.”

Baca juga: Sewa Truk Barang – Pengiriman Ekspedisi Yang Murah